Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Kompensasi? : #ArtiIstilahHukum1

Sumber Gambar gomarketingstrategic.blogspot.co.id

Sumber Gambar gomarketingstrategic.blogspot.co.id

Apa Sih Defenisi Kompensasi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Para Ahli
Lalu Gimana Asal Usul dan Sejarah Kompensasi di Indonesia

Anak belajar budi pekerti
Semoga kayak Habibie
Kalau bingung sama arti
Langsung aja tanya KBBI

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Udah sering denger istilah kompensasi?

Udah tau artinya?

Dalam keseharian, kita setidaknya pasti pernah mendengar istilah ‘kompensasi’. Entah itu kita dapat di televisi, radio, maupun percakapan keseharian orang-orang. Kompensasi sendiri sangatlah berkaitan erat dengan bidang ekonomi dan kebanyakan kompensasi bersifat finansial serta berhubungan dengan pengeluaran moneter yang dijalankan organisasi ato perusahaan.

Karna  kebanyakan kompensasi bersifat hukum dan finansial. Maka, kebanyakan orang akan beranggapan bahwa kompensasi adalah gaji ato bayaran dari suatu perusahaan ato organisasi untuk para karyawan dan para pekerjanya atas hasil pekerjaannya.

Baca Juga
1. Apa Sih Sebenernya SEO – Search Engine Optimization?
2. Apa Sih Itu Pengertian Internet Marketing? 

Sebagian orang juga punya pemikiran yang berbeda kalo sebenernya pengertian kompensasi adalah pembayaran yang bersifat intensif untuk setiap individu. Katakanlah seperti bonus, komisi, opsi saham, ato lainnya. Tapi, sebenernya pengertian kompensasi tidaklah sekerucut itu, kompensasi punya makna yang sangat luas dan mendalam. Untuk itu di sini Kekitaan akan membahas seluk-beluk tentang kompensasi.

Definisi Kompensasi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Para Ahli

Jika kita berkiblat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengenai definisi kompensasi. Malah, kalo sebenernya pengertian kompensasi adalah pemberian piutang, ganti rugi, pemberian kepuasan di satu bidang agar mendapatkan keseimbangan dari kekacauan di satu bidang yang lain. Dalam hal ini makna kompensasi yang dalam pandangan Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sama saja.

Sedangkan beberapa ahli juga mengemukakan definisinya terkait kompensasi:

1. Menurut Sastrohadiwijoyo

Beliau mengungkapkan dalam bukunya yang berjudul Yuniarsih, bahwa defenisi kompensasi adalah “Imbalan jasa ato balas jasa yang diberikan oleh organisasi ato perusahaan kepada tenaga kerja,  Karna  para tenaga kerja tersebut telah memberikan bantuan tenaga ato pikiran untuk kemajuan perusahaan dan mencapai tujuan yang diharapkan”.

2. Menurut Hasibuan

Hasibuan tuh berperdapat gini Mas Bro dan Mbak Bro, kalo defenisi kompensasi adalah semua pendapatan itu yang berbentuk uang, barang langsung dan/ato ga langsung yang diterima pekerja sebagai balasan atas jasa yang telah diberikan kepada perusahaan tempatnya bekerja.

3. Menurut Siswanto

Pada tahun 2005 beliau menjelaskan tentang pengertian kompensasi “Bahwasaaya pengertian kompensasi ga sama dengan upah.  Karna , kompensasi dapat pula tunjangan inatura, tunjangan keluarga, fasilitas kendaraan, fasilitas kesehatan, fasilitas perumahan aataupun yang lainnya, yang bersifat materi”.

4. Menurut Ardana

Menurut pandangan beliau “Kompensasi ialah hal yang diterima oleh karyawan sebagai balasan jasa atas kontribusinya untuk organisasi atauperusahaan”.

5. Menurut Dessler

Dalam bukunya yang berjudul Manajemen Sumber Daya Manusiadan terbit pada tahun 1998, Dessler mengungkapkan definisi tentang kompensasi adalah “Setiap unsurpembayaran ato imbalan yang diberikan untuk para pekerja yang berasal dari pekerjaan pekerja itu, dan kompensasi karyawan mempunyai dua bagian.

Bagian yang pertama adalah kompensasi yang pembayarannya dalam bentuk upah, gaji, intensif, bonus, serta komisi. Dan bagian yang kedua adalah pembayaran ga langsung dalam bentuk tunjangan keuangan seperti asuransi maupun uang liburan yang dibayar oleh organisasi”.

6. Menurut Fillipo

Mas Bro yang satu ini didalam bukunya yang terbit tahun 1997 dengan judul Prinsiple of Personal Management, definisi kompensasi adalah “Harga untuk jasa dalam pekerjaan yang di tawarkan dan diterima oleh orang lain bagi kepentingan seseorang tersebut ato kepentingan badan hukum”.

Setelah kita membaca berbagai definisi tentang kompensasi, baik dari Kamus Besar Bahasa Indonesia maupun pendapat ahli, kita bisa menyimpulkan bahwa kompensasi sejatinya adalah unsur yang dikeluarkan oleh organisasi ato perusahaan.

Baik itu yang bersifat sumber daya seperti waktu, pikiran dan tenaga. Ato yang bersifat kompetensi, seperti wawasan, pengetahuan dan kemampuan. Unsur yang dikeluarkan oleh organisasi ato perusahaan ini sebagai balas jasa atas apa yang telah mereka kerjakan selama periode waktu tertentu sebagai pemberian demi tercapaianya tujuan organisasi ato perusahaan tempat ia bekerja. Dan ini tentu merupakan bagian dari hubungan hubungan yang dikemas dalam sistem tersebut.

Sumber Gambar gresnews.com

Sumber Gambar gresnews.com

Sejarah Kompensasi

1. Masa Kelam Kompensasi di Indonesia

Dalam sejarah dan juga perkembangannya, kompensasi tetaplah berhubungan erat dengan  kesejahteraan hidup para pekerja. Kompensasi merupakan salah satu faktor yang baik untuk mengetahui tinggi rendahnya kinerja para pekerja didepan atasannya. Karna nya agar dapat memperoleh hasil yang lebih baik, maka udah seharusnya pemberian kompensasi terhadap para pekerja diberikan perhatian lebih ekstra.

Sejarah kompensasi di Indonesia sendiri sangatlah rumit dan kompleks, sama seperti arti dari kompensasi itu sendiri. Saat Indonesia masih diduduki oleh bangsa asing, kompensasi seperti ga terlaksana apalagi terrealisasi. Saat masa kesusahan itu para pekerja pribumi ga mendapat kompensasi sama sekali dari para atasan mereka. Dimasa itu para pekerja juga bekerja diluar batas kewajaran manusia pada umumnya.

Dapat dibayangkang sendiri bagaimana kompensasi bisa muncul jika para pekerjanya sendiri dipaksa untuk bekerja. Para pekerja ini juga bekerja dibawah kepemimpinan bangsa lain yang jelas ga memiliki jiwa berbagi, apalagi memberi. Mereka bekerja di bawah pemimpin yang congkak, arogan dan berego tinggi. Tak ada imbalan saat itu, tak ada upah, tak ada kompensasi.

Saat belajar sejarah dimasa sekolah dulu, pasti akan teringat saat para penduduk pribumi yang dipaksa bekerja ga berhenti. Ada aja jenis dan nama pekerjaannya. Sebut aja beberapa contohnya ada kerja rodi yang membuat meninggal banyak kalangan pribumi. Tanam paksa yang menyuruh menanam tanaman sendiri dengan tanah sendiri tapi dinikmati bangsa lain. Kerja romusha yang juga banyak menewaskan banyak penduduk pribumi.

Karna  kerasnya bekerja, dan berbagai pekerjaan dengan paksaan dan tentu tanpa hadirnya kompensasi dari pekerjaan tersebut. Di masa tersebut para pekerja pribumi juga ga bisa menuntut apapun kepada para atasannya,  Karna  memang di masa itu ga ada perjanjian tertulis.

2. Titik Terang Hadirnya Kompensasi di Indonesia

Walaupun masih dimasa kekuasaan bangsa lain, dan belum dihinggapi dengan tanda- tanda kebebasan. Tapi, pertanda hadirnya kompensasi dalam syarat utama bekerja udah mulai terlihat. Buktinya adalah saat era Cou Sangi, saat era tersebut para pekerja pribumi di perintahkan untuk bekerja di perusahaan- perusahaannya saat itu. Meskipun pada nyatanya mereka ga lebih dari pekerja paksaan.

Di era tersebut sejarah kompensasi di Indonesia mulai terbuka, sang kapala perusahaan mulai memberika kompensasi kepada para pekerjanya meskipun dalam batas yang ga masuk akal juga. Pada masa tersebut para pekerja pribumi akan di beri kompensasi berupa barang dari hasil kerja keras mereka. Banyak dari mereka yang diberi padi, jagung, umbi-umbian dan berbagai macam tanaman yang tumbuh di daerah sekitar jawa.

Saat masa transisi kekuasaan di negri ini berlangsung, lama-kelamaan sejarah kompensasi di Indonesia mulai bisa diperbaiki. Para penduduknya mulai mendapat kompensasi yang setimpal dengan apa yang mereka kerjakan pada saat itu. Meskipun kompensasi tersebut belum dalam bentuk uang, tapi sedikitnya udah ada perbaikan sejarah.

Para pekerja pribumi yang bekerja di pabrik- pabrik akan mendapatkan kompensasi dari apa yang mereka kerjakan. Misal aja jika seorang pribumi bekerja di pabrik beras, maka ia akan mendapat beras ato padi sesuai pekerjaannya. Begitupun dengn pribumi yang bekerja di pabrik gula, dia akan mendapat gula maupun tebu dari hasil pekerjaannya itu.

Sumber Gambar nusabali.com

Sumber Gambar nusabali.com

Asal Usul Kompensasi di Indonesia

Definisi yang berkaitan erat dengn kompensasi sendiri adalah tentang finansial dan segala macam hal yang berhubungan dengn sistem ekonomi. Kompensasi dibangun atas asas saling bantu, saling tolong dan saling menghormati satu sama lain, dalam hal ini tentu aja para pekerja dengan para atasannya. Kompensasi merupakan bentuk ato juga rasa untuk menghormati sang pekerja dari atasan.

Tujuan hadirnya kompensasi ditengah orang luas ini berbagai macam. Mulai dari agar sang pekerja menghasilkan pekerjaan yang lebih maksimal. Biar sang pekerja mau dan betah bertahan di pekerjaannya yang sekarang, agar sang pekerja dapat menikmati pekerjaannya kini, dan masih banyak faktor yang mempengaruhi.

Kompensasi bukanlah barang baru lagi. Setiap pekerjaan kini pastilah mengharuskan adanya kompensasi. Jika kompensasi ditiadakan dalam syarat pekerjaan itu. Maka, sejatinya saat ini kita kembali ke masa lampau, masa dimana para pekerja bekerja dengan paksaan dan pekerjaan yang memberakan fisik dan jiwa tapi ga ada kompensasi didalamnya.

Jika ditilik dari arti katanya apa yang dimaksud kompensasi kini adalah sama dengan apa yang dimaksud upah.kedua kata tersebut mengacu pada arti yang sama. Pengertian kompensasi yaitu pemberian, timbal balik ato balas jasa atas jasanya dalam memajukan perusahaan atapun organisasi.

Kompensasi diberikan perusahaan sebegai kewajiban sebagai atasan ato tempat bekerjanya sang karyawan. Sedangkan kompensasi didapat oleh sang pekerja sebagai imbalan dari hasil pekerjaannya di dalam perusahaan tersebut.

Asal Usul Kompensasi di Kerajaan Romawi dan Britania

Jadi istilah kompensasi berbeda beda di tiap negara dan bangsa Mas Bro dan Mbak Bro. Asal usul kompensasi juga belum dapat diketahui secara pasti.  Karna , berbedaan tersebut dan  Karna  jarak dan waktu yang cukup lama dari negara negara satu kelainnya. Tapi istilah kompensasi yang paling terkenal mulai hadir sejak zaman Romawi kuno dulu.

Saat itu para pekerja kekaisaran belum mendapatkan apapun dari pekerjaan yang mereka kerjakan. Mereka hanya bekerja untuk mengabdi kepada sang raja, ratu dan sanak famili di kerajaan tersebut. Tapi lambat laun para pekerja tersebut mulai berfikir untuk dapat sesuatu yang lebih selain kepuasan batin setelah melayani keluarga kerajaan itu.

Mereka mulai menuntut hak-haknya sebagai manusia, agar ga hanya dijadikan sebegai pelayan kerajaan saja. Tapi juga dapat imbalan dari apa yang udah mereka kerjakan. Saat itu juga para keluarga kerajaan bersedia untuk menyanggupi keinginan sang pelayan kerajaan. Tapi dengan syarat bahwa imbalan yang diberikan adalah se ikhlasnya dan semaunya pihak kerajaan. Waktu pemberian imbalannya pun tak diberitahukan oleh pihak kerajaan.

Tuntutan tersebut juga terjadi dikerajaan Eropa terkhusus wilayah Inggris dan sekitarnya. Para pelayan istana kerajaan dulu hanya memberikan upah semaunya, dan imbalan tersebut juga biasanya berupa sesuatu yang bisa diolah menjadi makanan. Seperti gandum dan semacamnya.

Asal Usul Kompensasi di Asia

Tak hanya diwilayah Eropa dan daratan yang dikuasai Bangsa Romawi yang memiliki asal usul mengenai kompensasi sendiri. Wilayah di Asia juga memiliki riwayat yang sama dengan wilayah-wilayah tersebut. Kerajaan di sekitar Tiongkok dan Jepanglah yang memegang peranan penting dalam hadirnya istilah kompensasi di Asia pada umumnya.

Kerajaan-kerajaan di wilayah tersebut sama seperti wilayah Inggris dan sekitarnya dalam hal riwayat kompensasi. Para pelayan kerajaan dimasa itu juga melayani para pemilik istana dengan suka rela. Mereka tak sekedar membantu untuk wilayah istana saja. Tapi mereka juga rela mengorbankan jiwa mereka untuk sang pemilik istana kerajaan.

Saat itu mereka beranggapan bahwa jika mati membela sang empunya kerajaan maka, mati akan tenang dan masuk surga dengan gembira.

Salah satu perbedaan yang mencolok antara di dua wilayah di dengan di wilayah lain adalah cara sang pekerja menyuarakan aspirasinya. Jika di berbagai wilayah lain keributan dan baku bukul di laksanakan untuk menuntut hak-hak mendapatkan kompensasi. Di dua wilayah ini sepertinya lebih damai, lebih tentram dan ga ada ribut-ribut apalagu baku pukul sesama ras.

Di dua wilayah ini para pemangku kekuasaan bisa sadar sendiri jika para pekerjannya memerlukan hal untuk bertahan hidup, mereka perlu makan, minum, pakaian, tenpat tinggal dan hal hain untuk memenuhi kebutuhan keluarga sendiri.

Di dua wilayah ini para pekerja ato pelayan istana kerajaan udah dianggap sebagai satuan keluarga juga. Menjaga pekerja istana kerajaan berarti menjaga diri sendiri ato saudara sendiri.

Di dua wilayah ini para pekerja lebih menikmati pekerjaannya sebagai pelayan istana kerajaan. Waktu dan pekerjaan yang jelas, pelayanan kalangan keluarga kerajaan yang baik dan ramah serta kompensasi yang dijanjikan oleh pemilik istana kerajaan membuat mereka betah untuk berlama- lama ato selamanya bekerja dan menjadi pelayan istana kerajaan di dua wilayah ini.

Di dua wilayah ini kompensasi yang didapat memang masih sama seperti di berbagai wilayah yang lain, seperti di kerajaan Romawi, kerajaan Mesir ato kerajaan Inggris. Sesuatu yang didapat setelah bekerja menjadi pelayan istana adalah mendapat bahan makanan, bahan minuman bahkan untuk beberapa abdi istana kerajaan mendapat tempat tinggal yang sama seperti sang empunya kerajaan.

Itulah penyebab kerajaan di dua wilayah tersebut selalu damai. Karna , sang pemilik pekerjaan dan para pekerjannya memiliki visi dan misi yang sama, punya tujuan yang jelas dan dapat menghargai satu sama lain dalam membangun kerajaan yang lebih baik untuk waktu yang lama.

Istilah kompensasi juga turut hadir di Indonesia dan bebagai negara tetangga. Jika di Indonesia sendiri istilah ini baru dipakai ssetelah Indonesia terbebas dari dua Bangsa yang menjajah kita selama puluhan bahkan ratusan tahun, di Thailand dan Vietnam sendiri istilah ini juga udah digunakan di kalangan kerajaan dan para pekerjanya.

Sama seperti di wilayah yang lain, kompensasi mulai di berikan untuk para pekerja yang bekerja dan mengebdi sebagai pelayan Istana dan merelakan waktu, tenaga bahkan dalam kasus yang ekstrim dapat mengorbankan nyawa.

Baca Juga
1. 27 Manfaat Mengikuti dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman
2. 27 Cara  Membuat  Ulasan Produk yang Menarik dengan Persentasi 100 persen Disukai

Walaupun di Indonesia sendiri istilah kompensasi istilah kompensasi baru hadir setelah Indonesia lepas dari belenggu kekuasaan pihak asing. Tapi, berbagai istilah yang mungkin hampir mirip sebelumnya juga pernah terjadi di Indonesia ato  lebih tepatnya di Nusantara.

Saat era Kerajaan bertebaran di bumi Nusantara, para penduduk kerajaannya udah mulai mengenal istilah yang hampir mirip dangan kompensasi kompensasi. Para pelayan kerajaan akan mendapat imbalan apabila ia udah banyak berjasa dan berkorban besar untuk kemajuan kerajaan.

Tapi, jika belum berkorban dan berjasa besar maka pelayan tersebut haruslah tetap tunduk dan patuh melayani sang empunya kerajaan tanpa kompensasi sedikitpun dari kalangan keluarga kerajaan.

Bahasanya kali ini berat ya?

Kalo suka sama tulisannya silahkan berbagi di media sosial ya Mas Bro dan Mbak Bro. Tapi kalo ada yang mau diobrolin tinggalin aja komentar dibawah ya.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Kalau mau dapat ganti
Ga selalu ada untungnya
Namanya juga ganti tugi
Ada sakit pada awalnya

Sumber buku:
Nitisemoto, Alex S, 2007, Manajemen Personalia, Terbit Edisi Ketiga, Ghalia Indonesia, Jakarta
Siswonto HB, 2005, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta

Sumber Internet
Godaim64, 2008, Pengertian Kompensasi &Jenis/Macam Kompensasi SDM-Upah, Gaji, Intensif, Tunjangan, Dsb www.organisasi.org/1970/01/pengertian-kompensasi-jenis-macam-kompensasi-sdm-upah-gaji-insentif-tunjangan-dsb.html  diakses pukul 23.38 WIB pada hari Selasa, 11 Oktober 2016
Perbangan, 2012, Pengertian Kompensasi Financial, Tujuan, Kriteria, Pengaruh www.sarjanaku.com/2012/06/pengertian-kompensasi-financial-tujuan.html  diakses pukul 23. 55 WIB pada hari Selasa, 11 Oktober 2016
Satria Ase, 2016, Teori Konsep Kompensasi (Pengertian, Tujuan, Arti Upah Menurut Para Ahli) www.materibelajar.id/2016/04/teori-konsep-kompensasi-pengertian.htmldiakses pukul 23.48 WIB pada hari Selasa, 11 Oktober 2016

Sumber Gambar
Gomarketingstrategic.blogspot.co.id diakses pukul 00.45 WIB pada hari Rabu, 12 Oktober 2016
Gresnews.com diakses pukul 00.55 WIB pada hari Rabu, 12 Oktober 2016
Nusabali.com diakses pukul 01.30 WIB pada hari Rabu 12 Oktober 2016

13 Responses to “Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Kompensasi? : #ArtiIstilahHukum1

Trackbacks & Pings

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: