Kenapa Orang Suka Mengeluh? : #SosialKita6

Kenapa Orang Suka Mengeluh?
Apakah ada yang suka mendengar orang lain mengeluh?

Banyak gelandangan berpakaian lusuh
Banyak koruptor jelas sudah jadi musuh
Jangan biarkan rekening mereka jadi penuh
Kita juga jangan malah cuma mengeluh

Hallo Mas Bro dan Mbak Bro, gimana kabarnya?

Masih suka mengeluh?

Apapun alasannya baiknya sih kalau ada unek-unek ya disampaikan dengan cara yang baik. Uang 1 juta tuh banyak dan semua orang mau dikasih 1 juta. Tapi kalau caranya dengan melemparkan ke muka ga akan semua orang mau menerimanya. Begitu pun dengan mengeluh. Banyak orang yang mau mendengarkan curhatan Kita. Tapi kalau Kita ngomong-nya asal. Isinya cuma menjelek-jelekkan orang lain. Ya, ga semua orang akan mendengar.

Kalau tidak suka misalnya dengan seseorang. Apakah ga lebih baik kalau menyampaikannya langsung kepada orangnya?. Daripada main belakang. Karena bukan menyelesaikan masalah justru nambahin 1 masalah lagi. Masalah pertama, sudah bad mood dengan kelakuan orang yang tidak disukai. Masalah kedua, ngomongin orang yang tidak disukai itu sama orang lain. Otomatis orang yang diomongin kalau tahu akan berbalik ga suka.


Baca Juga

  1. Kenapa Kita Harus Panik Menghadapi Masalah? : #SosialKita27

  2. Cara Mendekati Seseorang yang Belum Dikenal dengan Mudah dan Cepat : #TipsKita8

Kalau tidak sesuai dengan budaya, sistem, dan/atau metode tertentu. Baiknya sih sampaikan dengan orang bertanggung jawab langsung. Sampaikan apa keluhannyan dan jangan lupa SOLUSI. Ga suka dengan sesuatu DIPASTIKAN karena merasa ada yang LEBIH BAIK. Betul? Sekarang sudah ga zamannya lagi untuk berkomentar tanpa solusi. Karena cuma sekedar ngomong semua orang bisa melakukannya. Bisa lewat facebook, twitter, path, bbm, line, instragram, blog, dan jejaring sosial lainnya. Cukuplah kasus orang kasih komentar negatif malah kena kasus hukum. Saat semua orang bertidak positif dan kasih kritik dan saran dengan “saringan” yang lobangnya lebih kecil. Supaya yang keluar cuma sarinya saja.

“Segala sesuatu yang baik kalau tidak dilakukan dengan cara yang baik hasilnya tidak akan 100% baik.”

@kekitaan

Gampangnya, bagaimana kalau dibalik. Apakah ada yang suka kalau dimaki-maki. Jika melakukan kesalahan. Pasti ga ada. Semua orang mau ditegur dengan lembut. Kita mau ditegur dengan baik dan juga dikasih solusi gimana caranya agar ga melakukan kesalahan yang sama.

Ketika masalah pas sedang diubun-ubun. Posisi dikantor baru aja dimarahin bos gara-gara melakukan kesalahan. Posisi disekolah diomelin guru gara-gara ga ngerjain soal. Kita ada solusi, ambil waktu untuk sendiri. Toilet, kamar pribadi, ruang rapat, dan tempat sepi lainnya adalah tempat paling pas untuk dituju. Ambil waktu 10-15 menit untuk menenangkan diri. Tarik nafas dan pikirkan apa sedang terjadi. Kenapa bisa terjadi dan apa solusinya. Kewajiban Kita setelah ada masalah adalah. Jangan pernah mencari kambing hitam atas suatu masalah. Karena kambing hitam bukan solusi. Cukuplah sudah kambing hitam jadi qurban di Idul Adha doang. Jangan ikut-ikutkan dia lagi dalam masalah Kita. Karena sekali lagi kambing hitam bukan solusi tapi hewan.

Menulis memakai pena
Bawahan harus pakai celana
Masa depan Kita akan sirna
Karena banyak mengeluh ga ada guna

Semoga berguna.
Senang bisa berbagi cerita dengan kalian.

Pawiyatan Duhur, Semarang
16:16 WIB 30 September 2015
Tulisan Kita

Suka tulisannya?
Jangan lupa berbagi sama temen di sosial media ya 

Ada yang mau didiskusiin?
Kasih komentar dibawah aja Mas Bro / Mbak Bro

#SosialKita
#KaryaKita
#KaryaAnakIndonesia

Tentang Kita
Twitter : kekitaan_
Line : @jat6583f
Facebook : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Instagram : kekitaan_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *