Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian SEO Search Engine Optimization? : #KitaTanya3

apa-sih-itu-sebenarnya-pengertian-seo-sumber-gambar-verticalresponsescom

Sumber Gambar verticalresponses.com

Gimana Sih Asal Usul dan Sejarah SEO (Search Engine Optimization)?
Apa Pengertian Pengertian SEO (Search Engine Optimization)?
Trus Gimana Perkembangan SEO (Search Engine Optimization)?

Ada yang tanya apa sih itu sebenarnya SEO
S
earch engine optimization kepanjangannya
Buat yang ga tau seharusnya kita pada kepo
Ini berguna buat yang usaha didunia maya

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Tau ga sih itu sebenarnya pengertian SEO?

SEO yang merupakan singkatan dari search engine optimization udah barang biasa di dunia internet. Tapi SEO bagi orang yang jarang ngeblog pasti ga familiar sama istilah internet satu ini. Buat kita republik blogging dan internet marketing SEO adalah temen sekaligus lawan.

Karna SEO adalah pasangan yang ga terpisahkan sama internet marketing. Saat ngomongin SEO ini kita ambil kesimpulan kalo Mas Bro dan Mbak Bro udah ngerti apa itu internet marketing ya. Buat yang belum tau dengan jelas. Kita udah ernah ngobrol apa sih itu sebenernya-pengertian internet marketing?.

Kita lanjut ya, SEO saat ini dipake sama pengusaha sebagai cara menaikkan omset penjualan. Sedangkan untuk blogger SEO adalah alat menaikkan jumlah pengunjung. Disini kita akan ngobrol soal belajar SEO dan internet marketing sampe jelas.

Nah, buat blogger SEO biasanya dilakukan sendiri. Karna  memang mereka meluangkan waktunya untuk belajar dan punya banyak temen yang bisa jadi tempat bertanya. Buat pengusaha biasanya karna alasan “sibuk” lebih memilih dibantu sama pihak ketiga.

Cara ini memang terbilang mudah, kita tinggal bilang apa mau kita, berapa lama, dan bayar. Kita tinggal tunggu, menerima laporan, dan mengawasi kerjaan mereka. Sisanya grafik akan tunjukkan omset kita meningkat. Kalo suka sama hasilnya maka kita bisa pake jasanya seumur hidup. Saat ini indotrading jadi salah satu layanan meningkatkan omset penjualan yang dianjurkan.

Baca Juga : Apa Sih Itu Sebenarnya Pengertian Sales Letter?

karya fancycrave

Asal Usul dan Sejarah SEO (Search Engine Optimization)

SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization adalah  suatu proses buat mengoptimalkan sebuah situs web atau blog supaya terlihat di halaman utama dan teratas dalam mesin pencari.

Sejarah mencatat, awal mula mulai digunakannya istilah SEO (Search Engine Optimization) yaitu pada tahun 1997, tepatnya tanggal 26 Juli 1997. Awalnya SEO digunakan oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada tahun-tahun tersebut algoritma dari sebuah mesin pencari belum sebaik dan selengkap sekarang, akibatnya mudah buat dimanipulasi.

Karna memang algoritma pada versi-versi awal, pencarian hanya berdasarkan pada informasi yang disediakan oleh webmaster dengan apa yang saat ini kita kenal dengan istilah meta tag yang ada pada kode html di situs web para webmaster tersebut.

Tetapi berkat perkembangan teknologi dari tahun ke tahun, sebuah mesin pencari selalu menemukan cara buat meyempurnakan algoritmanya sehingga ga mudah buat dimanipulasi. Sehingga sekarang ini kita bisa merasakan nikmatnya mencari dan mendapatkan informasi seperti apa yang kita inginkan.

Baca Juga : Apa Sih  Itu Sebenernya Pengertian Internet Marketing?

Sumber Gambar jrind,com

Sumber Gambar jrind,com

Apa Itu Sebenarnya Pengertian SEO (Search Engine Optimization)?

Pengertian SEO adalah rangkaian usaha yang bisa dikalukan sama blogger, layanan SEO, bahkan webmaster pada situs ato blog. Sederhananya tujuan SEO adalah buat ningkatin kemampuan sebuah situs, kualitas situs, dan bair gampang ditemukan sama mesin pencari.

Search Engine Optimization (SEO) dalam istilah bahasa Indonesia pengertian optimisasi mesin pencari adalah beberapa cara dan usaha yang dilakukan dengan perencanaan yang matang buat menaikkan kualitas konten dan menaikkan jumlah kunjungan ke situs ato blog melalui mesin pencari.

Gimana Mas Bro dan Mbak Bro masih belum jelas?

Gampangnya defenisi SEO adalah cara biar situs ato blog kita banyak pengunjung. Nah, caranya gimana?

Kita bahas pelan-pelan.

SEO ga bisa dilepaskan dengan yang namanya search engine atau mesin pencari. Pengertian Search Engine (mesin pencari) itu adalah sistem ato software yang dibuat bertujuan buat nyari segala macam informasi yang ada tersimpan didalam layanan yang namanya World Wide Web (www). Udah sering buka situs lah ya. Selain data dari www tadi, mesin pencari juga bisa mencari informasi dari News Group, File Transfer Protocol (FTP), ato mailing list yang ada tersimpan dalam sebuah server suatu jaringan. Hasil pencarian itu bisa nampilin berbagai jenis informasi berupa tulisan, gambar, video yang berasal dari sebuah blog, situs web, dan lain-lain.

Sebelum kita lanjut ke pembahasan selanjutnya, terlebih dahulu kita harus tau apa itu situs dan apa itu blog.

Website atau biasa disebut situs web adalah sekumpulan halaman yang berisi segala macam informasi atau data yang berbentuk tulisan, animasi, gambar, video, suara, atau gabungan dari semua jenis data tersebut.

Sedangkan, blog sebenarnya adalah singkatan dari web log yang merupakan sebuah aplikasi situs yang memuat beraneka ragam tulisan, gambar, video yang diajang dalam sebuah halaman situs umum.

Udah paham kan mengenai pengertian situs dan blog?

Lanjut ke optimisasi web, optimisasi web atau web seo tujuannya adalah agar supaya situs kita udah nongol di halaman utama bahkan di deretan teratas halaman pada search engine. Dengan demikian peluang situs web kita buat dikunjungi semakin besar. Dan pastinya ini sangat menguntungkan bagi kita juga. Karna banyak peselancar dunia maya yang akan mampir di blog ataupun situs kita.

SEO sebagai suatu proses optimisasi situs buat mesin pencari yang juga sering digunakan dalam internet marketing. Di zaman yang selalu mengandalkan internet seperti sekarang ini, strategi pemasaran pun kini tak lepas dari memanfaatkan internet buat keperluan memasarkan suatu barang atau produk.

Sumber Gambar blog.pauluswinarto,com

Sumber Gambar blog.pauluswinarto,com

Tujuan Optimasi Mesin Pencari

Tujuan sebuah situs dioptimisasi antara lain :

  1. Pengunjung gampang buat cari sesuatu;
  2. Pengunjung situs merasa nyaman dan betah waktu mengakses konten yang ada di dalam situs tersebut. Baik itu tulisan, gambar, ato pun video;
  3. Membantu mesin pencari buat tau struktur dari situs kita;
  4. Paling penting optimasi mesin pencari harus bisa kasih manfaat yang lebih sama orang lain.

Oleh sebab itu, salah satu contohnya penggunaan SEO pada suatu situs web buat memasarkan produk dan menarik pengunjung buat masuk ke situs web yang sudah dioptimisasi.

Mungkin di antara kalian masih bertanya-tanya bagaimana proses seorang pengunjung bisa menemukan blog atau situs tersebut.

Pertama, seperti yang dilakukan oleh kebanyakan orang ketika mau mencari sesuatu di mesin pencari, hal yang dilakukan pertama kali pasti mengetikkan beberapa kata yang mewakili apa yang sedang mereka cari. Misalnya ketika kita mencari informasi semua hal tentang SEO, nah seterusnya ketika kita mengetikkan kata kunci misalkan “pengertian SEO” lalu situs atau blog yang berisi konten tentang SEO akan muncul di halaman utama atau di halaman 1.

Pasti kita akan lebih dulu mengutamakan buat mengklik situs atau blog yang posisinya di deretas atas kan?

Itulah bukti dari manfaat yang didapatkan dari SEO website atau situs web yang sudah di optimisasi.

Search engine atau mesin pencari akan memprioritaskan blog atau situs website yang sudah mengalami proses SEO. Meskipun memang buat melakukan proses SEO, disamping harus memiliki kemampuan dan ketekunan, seseorang juga harus sabar. Karna biasanya secara teknis SEO memerlukan waktu yang lumayan lama, yakni sekitar 3 bulan buat melihatkan hasilnya secara maksimal.

Sumber Gambar mazibra,com

Sumber Gambar mazibra,com

Meskipun ada cara lain supaya sebuah situs web dapat tampil di posisi paling puncak di halaman utama mesin pencari, yaitu dengan cara mengoptimisasi dengan cara non-SEO. Kenapa situs yang tanpa melewati proses SEO bisa muncul di halaman utama atau bahkan di posisi teratas hasil pencarian?

Situs atau halaman tersebut bisa langsung muncul di bagian teratas dari halaman utama hasil pencarian. Karna situs atau halaman tersebut adalah termasuk iklan berbayar. Kelemahan dari cara ini adalah selama kita bayar maka akan muncul dihalaman 1 posisi 1. Tapi kalo ga maka situs lain yang bayar yang akan gantikan posisi kita.

Biar lebih gampang kita pahami ini perbedaan jelas keduanya. Perhatikan baik-baik kelemahan dan kelebihan SEO dibandingkan iklan berbayar.

Perbandingan SEO dan Iklan Berbayar

No Keterangan Search Engine Optimization Iklan Berbayar
1 Masuk halaman 1 posisi 1 mesin pencari Lama

Butuh waktu lama antara 1-3 bulan

Dalam kasus tertentu bisa 2-4 minggu

Cepat

Begitu bayar langsung kejadian

2 Bertahan di halaman 1 posisi 1 mesin pencari Lama

Dengan konten yang bagus maka bisa bertahan selamanya

Cepat

Begitu kita ga bayar langsung hilang

3 Butuh Perawatan

Perlu dilakukan pembaharuan konten minimal 1 kali 1 minggu

Bayar

Selama kita bayar semua diurus sama mesin

4 Pengunjung Lebih disukai pengunjung

Kalo konten kita bermanfaat maka pengunjung akan meningkat.

Kurang disukai

Kalo konten iklannya hard selling maka siap-siap ditinggal pembeli dan pembaca.

5 Dwi fungsi

Bisa jualan sekaligus kasih manfaat sama pengunjung.

Cuma bisa jualan

Dibandingkan konten maka iklan akan selalu jadi pilihan kedua

6 Kekuatan Konten Dianjurkan

Dengan isi yang bermanfaat maka konten yang bagus akan selalu punya peluang diajurkan sama orang lain

Tidak Dianjurkan

Kecuali udah ada pembelian baru sebuah iklan menjadi dianjurkan

7 Bermanfaat Terus Menerus

Konten yang bagus ga akan selalu bisa dikuasai sama pengunjung.

Selalu ada kesempatan konten yang sama buat dikunjungi berulang kali

Sekali Liat

Iklan hanya akan menjadi perhatian saat pertama kali tayang. Setelah itu akan membosankan.

Kalo lagi kebelet, kita selalu pilih manfaatkan waktu iklan pergi ke toilet kan?

Jadi Mas Bro dan Mbak Bro buat menampilkan situs atau halaman web di posisi teratas dibutuhkan biaya iklan yang harus dikeluarkan oleh pemilik dari situs tersebut.

Tapi kalo anggaran biaya buat iklan habis maka situs atau halaman tersebut akan hilang dari posisi atas di halaman utama pencarian. Berbeda dengan situs atau halaman yang menggunakan SEO. Meskipun harus membutuhkan keterampilan dan ketekunan dalam pemprosesannya tapi kemunculannya di halaman utama bisa permanen.

Kembali ke optimisasi website, dalam proses SEO terdapat faktor-faktor yang menentukan apakah sebuah situs teroptimisasi atau ga terhadap mesin pencari di mana seseorang yang melakukan optimisasi dari dalam situs orang itu sendiri. Dan faktor-faktor tersebut di namakan SEO on page atau On-Page SEO.

On-Page SEO bertujuan supaya search engine atau mesin pencari bisa tahu apakah suatu situs mungkin situs punya kita sesuai atau  ga dengan apa yang dicari oleh pengguna internet. Dan juga buat mastiin bahwa situs tersebut memiliki kualitas yang baik.

Sumber Gambar www.ronnydepu,com

Sumber Gambar www.ronnydepu,com

Untuk mendapatkan kualitas terbaik pada situs kita, kita harus perhatiin 2 kunci, yaitu relevan (sesuai) dan kualitas. Itulah 2 kunci penting buat menjadikan situs web kita menjadi nomor 1 dan urutan teratas di halaman mesin pencari. kalo kita mengabaikan kunci-kunci tersebut, sulit rasanya buat membuat situs web atau blog kita menduduki posisi teratas.

Di dalam dunia per-SEO-an, optimisasi menggunakan konsep SEO on page merupakan hal pokok dan penting buat kita ketahui. Karnatujuan-tujuan optimisasi SEO salah satu cara buat mencapainya adalah menggunakan konsep optimisasi On-Page SEO.

Dalam optimisasi suatu situs salah satu yang kurang diperhatikan bahkan cenderung diabaikan oleh si pemilik situs adalah kepuasan pengunjung. Karna itu tujuan optimisasi salah satunya adalah membuat pengunjung situs merasa nyaman dan betah ketika mengakses konten yang ada di dalam situs tersebut. Intinya, tujuan kalian mengoptimisasi situs web atau blog jangan hanya fokus pada mesin pencarinya saja.

Kenapa  kepuasan pengunjung adalah tujuan penting?

Karna ternyata mesin pencari ga buta terhadap tingkat kepuasan pengunjung saat mereka membuka suatu website.

Si mesin pencari emang kenyataannya bisa mengetahui apakah pengunjung puas atau ga dengan situs yang sedang mereka kunjungi. Ketika misalkan kita mengunjungi ke sebuah situs web dan kita sadar bahwa isi dari situs situs tersebut kurang memuaskan. Apa yang akan kita lakukan?

Ya benar, secepat mungkin kita pasti akan keluar meninggalkan situs web tersebut. Dalam hitungan detik kita mengklik tombol “kembali (back)” buat benar-benar mastiin bahwa kita udah keluar dari halaman web tersebut.

Sumber Gambar www.teknikhidup,com

Sumber Gambar www.teknikhidup,com

Dari situlah si mesin pencari atau search engine mengetahui kepuasan seorang pengunjung terhadap sebuah situs web. Sederhana bukan?

Karna itu sangat penting buat mengutamakan kepuasan pengunjung dengan mengoptimisasi situs web atau blog punya kita. Karna sebenernya, mesin mencari akan memunculkan situs web ataupun blog kita yang memuaskan pengguna atau pengunjung.

Faktor-faktor apa aja sih yang akan mempengaruhi kepuasan pengunjung terhadap suatu website?

Ada beberapa faktor yang membuat pengunjung akan merasa tertarik pada suatu situs web yaitu:

  1. Konten atau isi situs web;
    Termasuk didalamnya tulisan, gambar, dan video ya.
  1. Kata kunci atau keyword,
  2. Judul,
  3. Alamat url,
  4. Meta description,
  5. Outbound link
  6. Internal link;
  7. Social sharing;
  8. Kecepatan situs web.

Kita bahas rinciannya dilain waktu ya.

Dengan perhatiin faktor-faktor di atas, Kita bisa banyak belajar SEO dan menerapkannya pada situs web kita. Sehingga selain memuaskan pengunjung, kita juga sudah menjadikan situs web kita menjadi SEO sehingga mudah untuk mendapatkan pengunjung.

Sumber Gambar batam.tribunnewscom

Sumber Gambar batam.tribunnewscom

Setelah kita sedikit membahas sedikit tentang pengertian search engine, apa itu seo, apa itu website, apa itu blog, dan tentang konsep On-Page SEO buat optimisasi sebuah website. Ada satu lagi konsep lain buat pengoptimisasian sebuah situs web yang juga akan dibahas, yaitu Off-Page SEO atau SEO off page.

Jika konsep optimisasi SEO on page mengoptimisasi sebuah situs web dari dalam yang bisa dilakukan oleh pengelola situs web itu sendiri, lain halnya dengan Off-Page SEO.

Secara garis besar Off-Page SEO mempunyai pengertian salah satu cara mengoptimisasi mesin pencari dari luar situs web buat menaikkan posisi suatu situs web atau blog di halaman utama hasil pencarian.

Salah satu cara optimisasi suatu situs web atau blog yaitu dengan free url submission. Cara ini adalah dengan mendaftarkan link url dari sebuah situs web atau blog ke situs yang menyediakan sebuah mesin pencari dan web directory.

Manfaat dari free url submission adalah menjadikan situs web atau blog kita semakin terkenal dan dikenal. Karna akan ditampilkan di mesin pencari atau yang lebih dikenal dengan search engine.

Supaya lebih jelas bagaimana cara melakukannya proses free url submission ini, kita ambil contoh kita submit url dari situs web atau blog kita secara manual di beberapa mesin pencari. Tapi kalo kita mau supaya situs web atau blog kita ditampilkan di mesin pencari dan ingin semakin dikenal. Kita bisa melakukan submit url situs kita ke lebih banyak lagi mesin pencari.

Baca Juga : Cara Membuat Ulasan Produk yang Menarik dengan Persentasi 100 persen Disukai

Sumber Gambar anneahira,com

Sumber Gambar anneahira,com

Perkembangan SEO (Search Engine Optimization) di Indonesia

Dengan didukung oleh perkembangan teknologi dan internet yang luas, perkembangan SEO di Indonesia sangatlah pesat dan mempunyai peranan yang semakin penting. Kita tahu sekarang ini pertumbuhan dari penggunaan internet sangatlah tinggi.

Internet adalah alat yang efektif buat menyampaikan informasi secara cepat dan mencangkup wilayah atau jaringan yang luas. Keefektifan yang lain adalah murahnya biaya yang harus dikeluarkan selama menggunakan jasa internet.

Bagi yang menggeluti bisnis pasti sudah ga asing dengan yang namanya internet marketing. Internet marketing adalah strategi pemasaran dengan menggunakan internet sebagai sarana promosi dan transaksinya.

Namun bukan berarti bisnis secara online ga ada saingannya, justru persaingan dalam bisnis online semakin hari semakin ketat. buat itulah dibutuhkan apa yang namanya disebut dengan strategi pemasaran online.

SEO atau Search Engine Optimization lalu muncul sebagai bagian penting dari strategi pemasaran online. Kenapa SEO memegang peranan penting dalam strategi pemasaran online tersebut? kalo kita sudah belajar SEO, mengetahui apa itu SEO, apa itu website, apa itu blog, dan apa itu pengertian search engine, maka langsung tahu  kenapa  SEO mempunyai peranan penting dalam pemasaran online.

Salah satu bagian strategi pemasaran online adalah dengan melalui pengoptimasian sebuah situs web atau blog yang digunakan dalam pemasaran produk online. Dengan proses optimisasi tersebut suatu situs web akan menjadi SEO website atau web SEO. Yang mana secara sistematis akan menarik pengunjung atau pengguna internet buat mengunjungi suatu situs web yang sudah dioptimisasi tersebut. Tentunya ini akan sangat menguntungkan buat promosi produk yang diposting di situs web tersebut.

Pengerjaan optimisasi biasanya dilakukan oleh perusahaan SEO dengan mengoptimalkan kata kunci atau keyword yang telah disepakati antara pihak perusahaan SEO dan pihak klien atau mitra jasa SEO yang telah memberi wewenang kepada perusahaan SEO tersebut.

Baca Juga : Apa  Akibatnya Kalo Situs  Ato Blog Kita Ga Rajin Posting Setiap Hari?

Sumber Gambar indobo.com

Sumber Gambar indobo.com

Dengan pengerjaan optimisasi suatu situs web dari mitra, diharapkan situs web tersebut dapat muncul di deretan teratas dari halaman utama pada mesin pencari sehingga dapat bersaing dengan situs pemasaran online lainnya.

Pengerjaan yang dilakukan oleh jasa SEO yang profesional biasanya mencangkup analisa terhadap keyword yang bisa membuat situs web tersebut bisa bersaing dengan para kompetitornya yang lain. Pengerjaan yang baik dan profesional bisa membuat situs kita bisa menembus dan tampil di halaman 1 dan posisi teratas mesin pencari.

Pada akhirnya Mas Bro dan Mbak Bro perkembangan SEO di Indonesia cukup baik dan cenderung meningkat. Mengingat semakin banyaknya pebisnis yang menggunakan internet dan juga situs web sebagai sarana buat promosi dan pemasaran produk mereka.

Kalo Mas Bro dan Mbak Bro butuh bantuan buat layanan SEO, maka kita bisa bantu. Dalam 1-3 bulan kata kunci target pembaca akan berada di halaman 1 dan posisi 1 mesin pencari. Tergantung sulitnya persiangan. Lengkapnya silahkan baca disini.

Kita adalah tim gabungan dari:

  1. Penulis;
  2. Blogger;
  3. Internet marketer;
    • Social Media Marketer
    • Content Marketer
  1. Fotografer dan tukang edit gambar;
  2. Videografer, dan tukang.

Kita bisa bantu menaikkan peringkat situs, masuk halaman 1 posisi 1 mesin pencari, dan menaikkan pengikut sosial media. Kita gunakan cara yang alami ya. Cara apa yang terbaik menarik pengunjung, pembeli, dan pengikut buat datang kalo kita ga kasih tulisan, gambar, dan video yang bagus duluan?

Pada akhirnya nanti layanan SEO apapun yang Mas Bro dan Mbak Bro pilih tetaplah teliti dulu. Sekarang banyak pake nama penyedia jasa SEO tapi dalam melakukan pekerjaan malah asal-asalan dan bahkan menyalahi aturan. Akibatnya bukannya situs ato blog kita malah zonk. Bukannya muncul di halaman mesin pencari tapi malah jarang dikunjungi oleh pengunjung bahkan malah kena tendang sama mesin pencari.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Search engine optimization memang penting
Tapi konten yang bagus itu jangan dikorting
Pengunjung bisa pergi karna merasa banting
Pemilik situs cuma mikir uang ga pake insting

Rumah Tembalang, Semarang
20:35 WIB Minggu, 15 Oktober 2016
Ka2016/10/15/10-
Tulisan Temen Kita

Sumber Tulisan:
Darmawan. 2016. On-Page SEO: Mengoptimasi Halaman dan Konten Website buat Mesin Pencari http://panduanim.com/on-page-seo diakses pukul 07.34 WIB pada hari Kamis, 13 Oktober 2016
Darmawan. 2015. Belajar SEO: Panduan buat Pemula dalam Memahami dan Menerapkan SEO http://panduanim.com/seo/ diakses pukul 16:32 WIB pada hari Kamis, 13 Oktober 2016
Darmawan. 2015. Off-Page SEO: Membangun Link dan Popularitas http://panduanim.com/off-page-seo/ diakses pukul 23:22 WIB pada hari Kamis, 13 Oktober 2016
Seeone. 2013. Perkembangan SEO di Indonesia http://seoone.co.id/perkembangan-seo-di-indonesia diakses pukul 23:51 WIB pada hari Kamis, 13 Oktober 2016

Sumber Gambar:
batam.tribunnews,com diakses pukul 16:09 WIB pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016
blog.pauluswinarto,com diakses pukul 16:03 WIB pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016
indobo.com diakses pukul 01:54 WIB pada hari Jumat, 14 Oktober 2016
indramayu-it.blogspot.com diakses pukul 16:10 WIB pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016
jrind,com diakses pukul 16:05 WIB pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016
satujam.com diakses pukul 01:54 WIB pada hari Jumat, 14 Oktober 2016
verticalresponses.com diakses pukul 01:54 WIB pada hari Jumat, 14 Oktober 2016
www.ronnydepu,com diakses pukul 16:02 WIB pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016
www.teknikhidup,com diakses pukul 16:09 WIB pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016
mazibra,com diakses pukul 16:06 WIB pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016

4 Responses to “Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian SEO Search Engine Optimization? : #KitaTanya3

Trackbacks & Pings

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *