Doyan Makan??? 27 Makanan Paling Enak Khas Indonesia : #MakanKita2

Sumber Gambar makanankhas21.blogspot.com

Apa Aja Sih Makanan Paling Enak di Indonesia?

Kita ga cuma kaya sama budaya
Tapi juga sama dunia kulinernya
Banyak negara yang potensi kaya
Tapi ga ada seperti Indonesia punya

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Suka makan ga?

Berhubung karna hobi kita adalah makan. Maka di situs ini, kita akan membahas tentang makanan. Aduh…membahas tentang makanan, kita jadi laper nih..Ehemm…kembali lagi.

Buat Food Lovers yang hobi makan apalagi jalan-jalan, pasti merasa ada yang kurang kalo kita ga nyobain makanan khas di tempat yang kita kunjungi.

Ye kan? Hahaha….

Mungkin dari sekian banyak tempat yang sering kita kunjungin ada beberapa tempat yang belum dicoba makanan khasnya. Maka dari itu kepo kepo yuk tentang makanan yang menggugah selera kita yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga : Wow, Ini Dia 27 Kota Terbesar di Indonesia

Sumber Gambar budayaIndonesia.com

1.Mie Bangka

Mie Bangka adalah salah satu makanan khas Indonesia dari Bangka. Nama masakan ini lebih familiar sebagai Mien di pulau asalnya dan merupakan jenis masakan Khek / Hakka. Kelezatan dan kemudahan penyajiaannya membuat masakan tersebut menjadi sangat popular sehingga tersebar di banyak kota Indonesia. Mie basah yang berwarna kuning adalah bahan dasar pembuatan mie. Mienya yang biasanya disiram dengan kuah berbumbu. Kuahnya terbuat dari campuran ikan, udang, cumi-cumi atau kepiting. Kadang mie ini juga ditambahin dengan toge ato kecambah, mentimun dan kerupuk. Lalu dihidangin dalam keadaan panas dengan kenikmatan sensasi rasa pedas dan lezat.

Sumber Gambar totoharyonto.com

2.Seruit Lampung

Seruit Lampung adalah salah satu makanan khas Indonesia dari daerah Lampung, Sumatera Selatan. Makanan ini berbahan dasar ikan yang digoreng atapun dibakar dengan dicampur terasi, tempoyan ataupun olahan durian yang udah difermentasi dengan racikan masyarakat lampung yang terkenal.

Jenis ikan yang digunakan sebagai dasar pembuatan makanan ini biasanya adalah ikan seperti belide, baung, layis, dan lain–lain. Makanan ini akan menjadi sangat lezat kalo disajiin dengan pake lalapan seperti tomat ato mentimun.

Eeemm..Yamiii..:)

Baca Juga : 27 Tempat Wisata yang Dianjurin Buat Dikunjungin di Pulau Kalimantan

Sumber Gambar kampungtaliwang.blogspot.com

3.Ayam Taliwang Lombok

Ayam Taliwang adalah salah satu makanan khas Lombok yang terpopuler didaerah tersebut. Bukan hanya di Lombok saja tapi sekarang udah menjadi menu andalan restoran dan rumah makan di setiap daerah. Dan udah jelas bahwa bahan dasarnya adalah Ayam. Ayam yang digunain adalah ayam kampong muda agar semakin enak. Ayamnya bisa diolah dengan dipanggang, dipakar, dan/ato digoreng.

Sumber Gambar resepcaramasak.com

4.Bubur Manado

Bubur manado adalah makanan khas dari Pulau Sulawesi. Bubur ini sering disebut juga sama orang lokal sebagai bubur Tinutuan. Tinutuan pengertiannya dalam bahasa Manado adalah campur aduk (semrawut). Jadi ga usah heran kesan pertama kali yang pasti kita dapatin. Waktu dihadapin satu lawan satu mangkok bubur khas manado tersebut. Karna dalam satu mangkok bubur tinutuan ada banyak macam bahan seperti ikan, tahu, dan tempe. Didalamnya juga ada sayuran yang menambah terkesan “semrawut”.

Tapi soal rasa jangan berprasangka buruk dulu. Rasa enaknya semangkok bubur manado ada dibalik rupanya yang buruk itu. Jadi kalo kita berkunjung ke Manado jangan lupa makan bubur Tinutuan ya. Rasa dan kelezatannya pasti terjamin. Hehehehe…

Sumber Gambar skingstone.wordpress,com

5.Gohu Ikan Maluku

Gohu Ikan Maluku merupakan makanan khas Maluku Utara, Ternate. Makanan khas Maluku ini berbahan dasar ikan tuna mentah. Biasanya orang menyebutnya sebagai Sashimi ala Ternate.

Cara pembuatannya juga ga sulit. Daging tuna segar dipotong kecil–kecil, dicuci, kemudian dilumuri dengan garam dan perasaan lemon(perlu revisi). Setelah itu, daun kemangi pun dicampurkan dan didiamkan beberapa saat. Sembari menunggu bumbu untuk meresap, kita dapat siapin rajangan bawang merah dan cabe rawit yang ditumis dengan sedikit minyak kelapa. Setelah aromanya muncul, maka tumisan minyak ini dapat langsung disiramkan ke dalam adonan ikan yang udah didiamin beberapa saat. Dan akhirnya Gohu Ikan dapat disajiin.

Kalo kita mau nyoba masakan ini, kita dilarang sebut kata sepenggal seperti “gohu” atau “ikan” saja. Gohu dalam penyebutan di Maluku memiliki arti tersendiri yaitu rujak asinan papaya muda yang juga menjadi kuliner khas daerah Ternate, Maluku. Penyebutan secara lengkap sangat dianjurkan untuk mengurangi kesalahapahaman makna ketika di Ternate.

Selain itu, kita terfikir ga bahwa nama makanan khas tersebut mirip dengan makanan jepang yaitu Sashimi Jepang. Hahaha..ternyata bukan di jepang aja ya ada yang lezat gini, Indonesia juga punya lo.. Jadi jangan lupa makan Gohu Ikan Maluku kalo kita liburan ke Maluku ya.

Sumber Gambar masteresep.com

6.Rendang Padang

Rendang Padang, siapa sih yang belum mengenal makanan khas yang satu ini, mungkin hampir di seluruh Indonesia udah menjualnya. Rendang atau bahasa Minangnya lebih dikenal dengan Randang. Ini adalah makanan Khas Indonesia yang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Rendang ini merupakan salah satu makanan tradisonal Minangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa yang sebagai bahan dasarnya. Daging ini biasanya diungkep, lalu ditambahkan dengan rempah–rempah pilihan sehingga menjadi makanan yang sangat enak dan lezat.

Eeemmm.. Yamiiii..

Eiitsss… Tahan selera dulu ya..

Kita juga ga perlu jauh–jauh juga kok pergi ke padang. Karna sekarang juga udah banyak tersedia masakan padang terutama rendang di Rumah Makan Padang apalagi di Semarang…Banyak Tuh..Harga juga terjangkau kok.. Tapi akan lebih lezat lagi kalo kita pergi ke daerahnya karna lebih alami gitu. Hehehehe…

Sumber Gambar masakandapurku.com

7.Gulai Ikan Patin Jambi

Gulai Ikan Patin Jambi menjadi salah satu makanan khas Indonesia. Karna meski banyak gulai ikan yang ada diluar sana. Gulai yang satu berbeda. Dimasak dengan pakek tempoyak, yaitu daging buah durian yang udah difermentasi.

Gulai ini juga bisa dikasih santan kelapa untuk menggantiin tempoyak. Karna bau dari rasa tempoyak itu cukup menyengat. Ciri khas gulai sama seperti gulai lainnya tetep berwarna kuning. Karna pengaruh sari kunyitnya. Makanan ini adalah sebagai bentuk lain dari kari. Secara Internasional Mas Bro dan Mbak Bro gulai sering disebut sebagai kari ala Indonesia. Yah meskipun sebenernya dalam seni kuliner Indonesia ya tetep bakal ditemuin kari.

Sumber Gambar masakandapurku.com

8.Gulai Belacan Riau

Buat kamu yang orang riau, pasti tahu dengan makanan yang satu ini yaitu Gulai Belacan. Gulai Belacan merupakan makanan khas dari Riau yang terbuat dari bahan udang. Gulai belacan yang berbahan dasar udang ini dicampur dengan berbagai macam bumbu rempah–rempah seperti lada, kemiri, asam jawa dan santai kelapa. Udang yang digunakan dalam membuat makanan yang satu ini dapat disesuaikan dengan selera masing-masing, bisa menggunakan udang sungai atau pun udang laut yang ukurannya lebih besar…

Waw…

Kenyang nih makan ikan yang gede–gede.. Makanan ini sangat spesial karna ketika kita mencicipi kuliner pedas yang satu ini. Dijamin akan menggoyang lidah kita dan membuat ketagihan lagi untuk menikmatinya.

Sumber Gambar vemale.com

9.Bandeng Presto Semarang

Oleh–oleh Semarang identik dengan bandeng Presto. Rasanya belum ke semarang kalau belum membawa oleh–oleh Bandeng Presto. Bandeng Presto adalah ikan bandeng yang dimasak dengan panci yang bertekanan tinggi. Biasanya disebut dengan Presto. Ini dilakukan agar duri ikan bandeng jadi lunak. Jadinya mudah untuk dimakan dan enak rasanya. Dan pastinya tahan lama walaupun disimpan dalam lemari es.

Biasanya disajiikan dengan sambal terasi dan ansi hangat. Kalo kebetulan kita berkunjung ke Semarang, jangan lupa mampir ya ke toko Bandeng Presto. Dan menikmatinya lebih enak kalo diasalnya. Kalo kita mau mampir sebentar kita boleh dating ke salah satu took yang berderet di sepanjang Jalan Pandanaran atau Mataram Semarang.

Sumber Gambar perutgendut.com

10.Ayam Betutu Bali

Ayam Betutu adalah salah satu masakan khas Indonesia yang bersal dari daerah Bali. Ayam betutu sangat banyak di produksi oleh orang–orang Bali didaerah Desa Melinggih, kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar. Bahan dasar makanan ini adalah daging ayam yang utuh lalu di bubuhi bumbu yang diletakkan dibagian tengah dari ayamnya. Setelah itu, daging ini dipanggang diatas api sedang dan akhirnya siap untuk dihidangin. Ga sedikit orang–orang heran cara memanggangnya. Karna daging yang terpanggang hasilnya begitu lembut seperti daging yang telah dikukus. Dan rasa dari Ayam Betutu Bali ini adalah sangat memuaskan dan lezat.

Sumber Gambar tribunnews,com

11.Bika Ambon

Bika Ambon adalah makanan Khas Indonesia yang berasal dari Daerah Medan, Sumatera Utara. Meskipun namanya Ambon tapi sekali lagi asalnya memang dari Medan ya. Bika ambon terbuat dari bahan telur, gula, santan kelapa. Usahain santannya yang beraroma pandan ya.

Sebagai salah salah satu makanan favorit daerah Medan. Soal rasa mah ga tak tertandingi dah. Karna siapapun yang pertama kali mencicipinya bakal ketagihan. Rasanya pengen nambah lagi dan lagi. Kita bakal rugi loh kalo berkunjung ke Medan tapi ga cicip–cicip Bika.. 😀

Tapi sayangnya sekarang khasnya itu mulai berkurang. Tingginya permintaan dari pasar. Sekarang Bika jadi mudah ditemuin di luar provinsi Sumatera Utara. jadinya rasa khasnya pelan-pelan berkurang. Berita baiknya karna cita rasa dari Bika Ambon memang cocok sama selera banyak orang dari daerah lain.

Tapi percaya ato ga cicipin aja Bika Ambon asli Medan, rasanya pasti beda.

Oh iya, Bika sekarang dijual dengan varian rasa lain seperti rasa durian dan keju. Emm rasanya manis dan lembut.

Sumber Gambar makanankhaskalimantan.blogspot.com

12.Bubur Pedas Sambas

Nama kuliner yang satu ini adalah Bubur Pedas Sambas. Sebenarnya masakan ini berasal dari Kalimantan Barat. Namun seiring perkembangan zaman, masakan ini udah menurun dalam masyarakat Pulau Kalimantan. Bubur pedas adalah makanan yang khas dari suku Melayu Sambas. Di daerah Melayu Sambas, pada zaman dulu bubur pedas ini cuma disajiin di kerajaan.

Makanan ini dinamain bubur pedas bukan karna menggunakan cabai yang banyak. Tapi karna aroma rempah–rempah dalam bubur ini yang kuat. Makanan ini dimasak dan dicampur pake beras sangria dan kelapa sangria yang ditumbuk halus pake berbagai bumbu–bumbu seperti lengkuas, cabe, bawang merah, bawang putih, lada hitam, ketumbar, kunyit, daun salam, sereh, jinten dan berbagai macam sayur yang sesuai dengan selera masing–masing.

Sumber Gambar resepcaramasak.com

13.Soto Banjar

Soto banjar merupakan salah satu makanan khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Masakan ini  terbuat dari bahan daging ayam dengan bahan–bahan bawang putih, bawang merah dan tambahan merica yang membuat jadi nikmat dan lezat. Sama halnya dengan soto-soto daerah lain. Soto banjar ini juga berisi daging ayam yang disuir dengan tambahan perkedel atau kentang rebus dan bahan pelengkap telur rebus potong serta ketupat. Dan soto banjar memiliki rasa yang khas dengan bahan rempah–rempah seperti pala, cengkeh dan kayu manis.

Sumber Gambar indonesiaitugue.com

14.Ayam Cincane            

Ayam Cincane adalah salah satu makanan khas dari daerah Kalimantan Timur di Samarinda. Ayam Cincane pake ayam sebagai bahan dasarnya. Kalo diliat, ayam cincane ini seperti ayam yang disambelin biasa seperti masakan–masakan rumah. Namun, ayam cincane ini dilumuri oleh bumbu cincane khas samarinda yang membuatnya kemerahan. Dan karna pilihan ayam kampung yang bercampur padu membuat kuliner khas samarinda ini menjadi lezat dan eeemmm maknyyooss deh. Masakan yang satu ini merupakan salah satu hidangan utama dalam berbagai acara adat di Kalimantan Timur.

Rujak Cingur

Sumber Gambar id.wikipedia.org

15.Rujak Cingur

Rujak Cingur adalah salah satu makanan khas dari daerah Surabaya, Jawa Timur. Arti dari kata Cingur adalah Mulut. Biasanya makanan ini dihidangkan dengan sayuran dan diberi bumbu yang dibuat dari petis udang, air matang, gula merah, cabai, bawang goring, garam, kacang tanah yang digoreng, dan irisan pisang klutuk yang masih muda.

Sumber Gambar qraved.com

16.Serabi

Siapa sih yang ga tahu apa itu kue serabi?

Pasti semua udah pada tahu bukan ?

Makanan yang berbentuk bulat dan kecil ini udah familiar sebagai makanan khas Jawa Barat. Walaupun serabi bukan hanya dari Jawa Barat aja.

Contohnya aja serabi Solo yang terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan santan. Lalu dimasak pake tungku dan wadah diatas arang. Walaupun demikian, pada kenyataannya serabi Bandung lah yang paling Populer. Dan rasa dari serabi itu sendiri juga lezat dan membuat kita yang mencicipinya ketagihan. Karna serabi itu sendiri terasa renyah, wangi dan bagian dalamnya empuk. Kini serabi di Bandung udah sangat bervariasi. Ada topping keju, coklat, telur, pisang, nangka, durian, dan lainnya. Tapi walaupun udah beragam, rasa serabi ga pernah berubah. Dia masih pertahanin kenikmatannya… Waw…ngomongin tentang makanan kita jadi tambah laper nih. Hihihihi…

Sumber Gambar twitter.com

17.Jagung Catemak

Jagung Catemak adalah makanan khas dari Nusa Tenggara Timur. Dan makanan ini juga udah sangat terkenal di daerah tersebut. Bahan dasar dari makanan ini sendiri adalah jagung yang dipaduin dengan bahan makanan lain dan dimasak dengan bumbu penyedap rasa. Bahan–bahan itu sendiri antara lain adalah jagung, kacang tanah, kacang hijau, labu lilin, dan sayur–sayuran seperti daun ubi, bunga papaya, pucuk labu dan jantung pisang.

Ga seperti warnanya yang terlihat manis, catemak rasanya asin. Makanan yang satu ini memiliki rasa asin yang disukai banyak orang. Dan manfaat dari catemak ini sendiri adalah dapat memperlancar pencernaan, memperkuat tulang pada tubuh, menangkal gejala kurang darah, dan menjaga kesehatan saraf. Dan makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi. Nah, kalau begitu ayo.

Kalo main ke NTT mampir ya membeli Jagung Catemak…..

Sumber Gambar masterresep.com

18.Mie Aceh

Dari namanya aja kita pasti udah pada tau ye kan Mie ini makanan khas daerah mana….

Mie ini adalah salah satu makanan khas dari Aceh yang merupakan makanan khas Indonesia. Bahan dasarnya adalah mie kuning yang tebal dan diirisi dengan daging sapi, daging kambing, ataupun makanan laut seperti cumi-cumi dan udang. Dan disajiin dalam bentuk sup dengan kari yang gurih dan pedas. Mie Aceh ada 2 jenis, yaitu Goreng dan Kuah. Biasanya disajiin dengan emping, bawang goring, mentimun, potongan bawang merah dan jeruk nipis. Kita sendiri udah sering lo makan Mie Aceh ini, rasanya enak lo. Jadi jangan lupa coba makanan ini ya..

Sumber Gambar youtube.com

19.Binte Biluhuta

Makanan ini adalah makanan khas dari Gorontalo, Sulawesi. Biasa juga disebut milu siram, karna mie ini terbuat dari milu (Bahasa setempat berarti jajung). Makanan ini terbuat dari jagung, udang, belimbing sayur, kelapa setengah tua, daun bawang, bawang merah, daun kemangi dan jeruk nipis.

Makanan yang berbentuk sup ini rasanya segar dan gurih. Sehingga cocok buat penikmatnya apalagi pada saat cuaca yang dingin terutama bagi kita yang sedang flu dan rasanya akan lebih nikmat kalo disajiin selagi masih hangat.

Makanan khas yang satu ini agak berbeda dengan sup yang lain. Mulai dari rasanya, ada rasa manis, pedas, pahit ataupun kecut. Penikmatnya memesannya menurut selera masing–masing.

Sumber Gambar jitunews,com

20.Ikan Bakar Manokwari

Papua ternyata ga hanya dianugerahi kekayaan alam yang melimpah, keindahan alam maupun perairannya. ternyata Papua memliki potensi kuliner yang mantap dan ga kalah dengan kuliner–kuliner daerah lainnya, yaitu Ikan Bakar Manokwari.

Ikan Bakar Manokwari adalah makanan khas dari Daerah Manokwari, Papua Barat. Ga seperti ikan bakar yang biasa kita temui di sebuah kafe atau restoran, ikan bakar ini memiliki rasa yang khas. Makanan ini membuat kita ketagihan dan menggoyang lidah bagi para penikmatnya, apalagi kalo ditambah sambal khas dari Papua.

Sumber Gambar perutgendut.com

21.Sup Konro

Mendengar namanya aja, kita mungkin udah tau kalo makanan ini khas dari Makasar dan Bugis, Sulawesi selatan. Dan berfikir bahwa sup yang satu ini sama dengan sup yang lain yaitu memiliki kuah yang bening dan dicampur dengan berbagai macam sayuran. Tapi tunggu dulu, Sup Konro ini ga seperti apa yang kita bayangin Mas Bro dan Mbak Bro. Salah satu jenis Sup Konro memang berkuah, tapi kuahnya ga bening tapi coklat kehitam–hitaman. Bahan dasar dari sup ini sendiri adalah Iga ato tulang rusuk sapi.

Selain itu,, makanan ini disajiin ga berkuah, yaitu sup konro bakar dan sup konro rica–rica. Namun, meskipun cara penyajiannya berbeda tapi bumbu dan rempah–rempah yang digunain tetap sama. Jadi, kita tinggal memilihnya, pengen yang berkuah ataupun yang kering. Kalo mau kedua–duanya juga boleh kok. Itu juga kalau perut kita muat…hahaha… Tapi jangan liat dari tampilannya aja ya, karna kalo kita mencicipinya bakal dijamin ketagihan.

Sumber Gambar beritagar.id

22.Kepiting Soka

Kepiting Soka adalah makanan khas dari Tarakan, Kalimantan Utara. Bagi penikmat makanan seafood terutama kepiting, ini patut dicoba karna kita dapat nemuin suatu yang istimewa dari makanan ini. Kepiting ini dapat kita makan seutuhnya (keseluruhan bagian tubuhnya). Kepiting Soka ini memiliki cangkang yang lunak yang dapat langsung dimakan. Dapat juga dijadiin sebagai camilan ataupun kerupuk. Arti dari kata soka itu sendiri adalah proses moulting (berganti kulit) sehingga seluruh bagian tubuhnya berkondisi lempek dan belum sempat mengeras.

Sumber Gambar nibufanda.blogspot.com

23.Sate Bandeng

Sate Bandeng adalah salah satu makanan dari Kota Serang, Banten. Sate ini berbeda dari sate yang lainnya. Sate biasanya pake daging sapi, ayam ataupun kerbau sebagai bahan dasar. Namun. Berbeda dengan kota ini. Kota ini ga menggunakan daging sapi ataupun ayam tapi bahan dasarnya adalah Ikan Bandeng. Unik bukan?

Inilah keunikan dari makanan khas dari daerah ini. Maka dari itu makanan ini disebut Sate Bandeng.

Seperti namanya, sate ini pake sate bande (Latin : Chnos chanos). Ikan ini memiliki duri yang sangat banyak dibagian dalam ikan tersebut. Sehingga, saat proses pembuatan sate ini duri durinya dibuang terlebih dahulu.

Sumber Gambar masakandapur.com

24.Pendap

Bila di daerah Jawa ada Botok maka di Bengkulu ada yang namanya Pendap. Pendap adalah salah satu makanan khas dari daerah Bengkulu. Makanan ini sering dicari wisatawan sebagai oleh–oleh untuk dibawa pulang ke tempat asal mereka. apalagi kalo udah musim Lebaran. Pendap itu sendiri terbuat dari bumbu–bumbu yang beragam seperti kencur, cabai giling dan bawang putih. Kemudian bahan yang udah tersedia dicampur dengn parutan kelapa muda secara merata.

Pendap dan Botok memiliki bentuk yang sama karna dibungkus dengan daun. Selain dari tampilannya, bahan–bahan yang digunain juga hampir sama yaitu kelapa dan daging. Hanya perbedaan dari kedua makanan ini adalah bumbunya. Pendap memiliki cita rasa yang kuat dan lebih asem. Dan tentunya kita juga bakal tergiur karna rasanya juga Lezat.

Baca Juga : 27 Tempat Wisata yang Dianjurin Buat Dikunjungin di Pulau ​Sulawesi

Sumber Gambar negerikuIndonesia.com

25.Kerak Telor Jakarta

Makanan khas kali ini adalah makanan khas Betawi, Jakarta. Eeemmmm sepertinya sih kalo kita yang sering bolak–balik ato berkunjung ke Jakarta harus coba makanan ini deh. Soalnya makanan ini adalah makanan yang berasal dari sana dan uniknya makanan ini adalah perpaduan dari kuliner Portugis. Makanan yang satu terbuat dari beras ketan yang di masak diatas wajan. Lalu dicampur dengan telur ayam atau telur bebek. Kemudian, dicampur lagi dengan bumbu dan bahan lainnya seperti udang, serundeng, bawang goring serta bahan lainnya. Rasanya agak manis dan gurih. Dan tentunya membuat lidah bergoyang. Jadi jangan takut mencoba ya.

Sumber Gambar cendananews.com

26.Lapa–Lapa

Lapa–lapa adalah makanan khas dari daerah Sulawesi Tenggara. Lapa–lapa ini gurih dan lezat, apalagi kalo dikonsumsi dengan ikan teri (ikan kaholeonarore) membuat penikmatnya selera makan dan tambah lagi. Makanan ini bila di Jawa lebih dikenal dengan sebuta lepat / lepet. Tapi cara memasaknya tentu berbeda dengan di Jawa. Karna Lapa–lapa, berasnya dimasak dengan santan sampai setengah matang lalu diangkat. Setelah itu didinginkan agar rasanya tuh lebih gurih dan makanan ini dikukus agak lama.

Baca Juga : 27 Hotel Terbesar dan Termurah di Semarang Milik Orang Indonesia

Sumber Gambar jadiberita.com

27.Empek–Empek

Siapa sih yang ga tau empek–empek ?

Eeemmm pasti semua tau lah ya makanan enak yang satu ini..hehehe..

Walaupun sebenarnya makanan yang satu ini udah tersebar ke berbagai kota. Tapi kita akan rasain sesuatu yang berbeda kalo mencicipi makanan ini secara langsung ke tempat asalnya yaitu Palembang, Sumatera Selatan.

Empek–empek adalah makanan yang terbuat dari olahan daging ikan dan tepung. Makanan ini disajiin dengan potongan mentimun yang kecil–kecil dengan kuah cuko. Cuko terbuat dari air yang dimasak mendidih kemudian ditambah gula merah, cabe rawit, udang ebi, bawang putih dan garam. Rasa yang dihasilin Empek–empek ini sangat gurih dan membuat orang–orang rela mengeluarkan uang demi dapat menikmati makanan tersebut.

Makanan yang satu ini memiliki beberapa jenis, tapi yang paling terkenal adalah Empek–empek kapam selam. Dan kita juga dapat nemuin makanan ini dengan mudah keseluruh penjuru Sumatera selatan sekalipun. Dan rasanya kurang pas kalo kita orang Indonesia dan pencinta kuliner kalo ga pernah rasain lezatnya makanan yang berasal dari salah satu wilayah yang ada di Indonesia. Jadi selamat mencoba ya.. 🙂

Suka jalan-jalan?

Suka nulis?

Berbagi aja tulisannya disini, dapatin pembaca dan rupiahnya.

Silahkan hubungi kita ya.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Pergi ke Sumatera ada Mie Bangka
Ke Timur ada Ikan Bakar Manokwari
Sebaik apapun luar negeri kita sangka
Kita itu lebih baik kok ga usah rasa iri

Rumah Tembalang, Semarang
Kamis, 20161222 1227WIB
Tulisan Temen Kita – DG

Sumber Tulisan
Foodcentrum. 2016. 21 Makanan Khas Indonesia Paling Enak dan Populer. foodcentrum.com/pages/artikel-13-21-makanan-khas-indonesia-paling-enak-dan-populer.html diakses pukul 09.00 WIB pada hari Sabtu, 18 Desember 2016
pubindo. 2016. Seruit Makanan Khas Lampung pubindo.com/artikel/kuliner/resep_makanan/seruit_makanan_khas_lampung/80-1-0-157 di akses pukul 20.00 WIB pada hari Sabtu, 18 Desember 2016
indonesiakaya. 2016. Gohu Ikan: Primadona Kuliner Ternate. indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/gohu-ikan-primadona-kuliner-ternate di akses pukul 20.20 WIB pada hari Sabtu, 18 Desember 2016

Amadea Azalia. 2016. Mengintip Sejarah Si Bulat “Serabi’Khas Jawa Barat. money.id/food/mengintip-sejarah-si-bulat-serabi-khas-jawa-barat-160517u.html di akses pukul 20.34 WIB pada hari Sabtu, 18 Desember 2016
nusatenggaradanpapua. 2016. Makanan Khas Nusa Tenggara Timur. nusatenggaradanpapua.wordpress.com/2016/04/18/makanan-khas-nusa-tenggara-timur/ di akses pukul 21.30 WIB pada hari Sabtu, 18 Desember 2016
Indonesiakaya. 2016. Sate Bandeng, Sate Khas Warga Serang.
indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/sate-bandeng-sate-khas-warga-serang
di akses pukul 22.05 WIB pada hari Sabtu, 18 Desember 2016
galeriwisata. 2016. Binte Biluhuta Makanan Khas Gorontalo.
galeriwisata.wordpress.com/wisata-sulawesi/wisata-gorontalo/binte-biluhuta-makanan-khas
gorontalo/
di akses pukul 02.00 WIB pada hari Minggu, 19 Desember 2016
Wisata Sulawesi. 2013. Sup Konro, Kuliner Khas Sulawesi Yang Bikin Ketagihan.
wisatasulawesi.com/sup-konro-kuliner-khas-sulawesi-yang-bikin-ketagihan/ di akses pukul 15.09
WIB pada hari Minggu, 19 Desember 2016
Dunia Pertanian. 2014. Kepiting Soka dari Tarakan Kalimantan Utara.
duniapertanian.net/kepiting-soka-dari-tarakan-kalimantan-utara/ di akses pukul 16.00 WIB pada
hari Rabu, 21 Desember 2016
Muid Abdul. 2016. 6 Makanan Khas Bengkulu : Pendap, Bagar Hiu DLL selain Tempoyak
beserta Gambarnya dan Penjelasannya.
wisatatempat.com/makanan-khas-bengkulu/ di akses
pukul 19.00 WIB pada hari Rabu, 21 Desember 2016

Sumber Gambar
makanankhas21.blogspot.com di akses pukul 09.00 WIB , pada hari Kamis 21 Desember 2016
budayaIndonesia.com di akses pukul 09.00 WIB, pada hari Kamis 21 Desember 2016
totoharyonto.com di akses pukul 09.12 WIB, pada hari Kamis 21 Desember 2016
kampungtaliwang.blogspot.com di akses pukul 09.12 WIB, pada hari Kamis 21 Desember 2016
resepcaramasak.com di akses pukul 09.12 WIB, pada hari Kamis 21 Desember 2016
skingstone.wordpress,com di akses pukul 10.00 WIB, pada hari Kamis 21 Desember 2016
masteresep.com di akses pukul 10.02 WIB, pada hari Kamis 21 Desember 2016
masakandapurku.com di akses pukul 10.05 WIB, pada hari Kamis 21 Desember 2016
vemale.com di akses pukul 10.15 WIB, pada hari Kamis 21 Desember 2016
skingstone.wordpress,com di akses pukul 10.15 WIB, pada hari Kamis 21 Desember 2016
tribunnews,com di akses pukul 10.26 WIB, pada hari Kamis 21 Desember 2016
makanankhaskalimantan.blogspot.com di akses pukul 10.35 WIB, pada hari Kamis 21 Desember
2016
indonesiaitugue.com di akses pukul 10.36 WIB, pada hari Kamis 21 Desember 2016
id.wikipedia.org di akses pukul 10.36 WIB, pada hari Kamis 21 Desember 2016
qraved.com di akses pukul 10.40 WIB, pada hari Kamis 21 Desember 2016
twitter.com di akses pukul 10.40 WIB, pada hari Kamis 21 Desember 2016
youtube.com di akses pukul 15.00 WIB, pada hari Jumat 31 Maret 2017
jitunews,com di akses pukul 15.00 WIB, pada hari Jumat 31 Maret 2017
nibufanda.blogspot.com di akses pukul 16.08 WIB, pada hari Sabtu 1 April 2017
cendananews.com di akses pukul 16.13 WIB, pada hari Sabtu 1 April 2017
jadiberita.com di akses pukul 17.08 WIB, pada hari Sabtu 1 April 2017

2 tanggapan pada “Doyan Makan??? 27 Makanan Paling Enak Khas Indonesia : #MakanKita2”

  1. Weiis…kayaknya enak nih. kalau nantinya jalan jalan kekota orang jadinya lebih mudah cari makanan khas daerah itu. Makasi infonya min

Tinggalkan Balasan