27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah : #TempatWisataKita24

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar initempatwisata.com

Sumber Gambar initempatwisata.com

Apa Aja Tempat Wisata yang Dianjurkan di Jawa Tengah?
Kenapa Kita Harus Wisata Ke Jawa Tengah?

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Musim liburan sudah tiba, tapi enaknya berlibur kemana ya?

Buat Mas Bro dan Mbak Bro yang tinggal di daerah Jawa Tengah ga perlu khawatir. Karna di Jawa Tengah kita bisa menemukan berbagai macam tempat rekreasi murah meriah. Berikut 27 tempat wisata jawa tengah yang wajib kita kunjungi.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar seputarsemarang.com

Sumber Gambar seputarsemarang.com

1.Pantai Marina

Pantai Marina merupakan tempat wisata yang dianjurkan di Jawa Tengah, Semarang.  Pantai ini punya daya tarik panoramanya yang asri serta teduh. Pantai ini awalnya cuma hutan bakau serta tambak. hingga pemerintah mengubah menjadi tempat rekreasi. Kalo pengen kesana kita butuh waktu 20 sampe 30 menit dari pusat kota.

Baca Juga
1. 
4 Tempat Wisata yang Direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara
2. 27 Tempat Wisata Paling Indah di Indonesia

Pantai ini dibuka selama 24 jadi kita bisa kesana kapan aja. Pantai di Jawa Tengah ini menawarkan banyak kegiatan, seperti memancing ato berkeliling menggunakan perahu. Disana juga ada persewaan mobil balap. Kawasan Pantai ini ga panas karna ditumbuhi pepohonan yang rindang. Sehingga kita bisa bersantai sambil menikmati debur ombak serta berfoto.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar bookandsunset.wordpress.com

Sumber Gambar bookandsunset.wordpress.com

2.Pantai di Karimunjawa

Pantai di Karimun Jawa sangat  indah dan terkenal hingga ke mancanegara.  Pantai Karimunjawa merupakan tempat wisata yang direkomendasikan di Jawa Tengah. Wisata ini memiliki 90 jenis karang laut serta 240 jenis ikan. Kalo kesana kita wajib merasakan berenang dan bermain dengan  ikan hiu. Jangan lupa juga mengunjungi Pulau Menjangan Besar, karna disana banyak spot yang menarik untuk snorkeling.

Kalo pengen lagi cari gambar wajib menjelajahi bangkai-bangkai kapal karam. Pantai Karimunjawa berada cukup jauh dari pusat kota Jepara. Kesana kita butuh waktu yang cukup lama untuk tiba disana. Pantai ini memiliki pasir putih yang lembut serta bersih dan  nyaman  digunakan untuk berjemur.

Untuk biaya perjalanan dari Surabaya ke Jepara kita perlu menyiapkan mulai dari Rp. 90.000. Sedangkan untuk harga tiket kapal kita perlu menyiapkan uang mulai dari Rp. 44.000. Dan lama perjalanan membutuhkan waktu 4-5 jam. Makanan disana banyak warung yang menyediakan makanan mulai dari 10 ribuan termasuk minum. Kalo pengen menyewa motor kita perlu menyiapkan mulai dari Rp. 75.000.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar kreasitekno.com

Sumber Gambar kreasitekno.com

3.Wisata Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah

Tempat wisata Jawa Tengah ini nawarin pemandangan landscape yang menakjubkan. Tempat ini memiliki udara yang segar dan bersih karna berada di dataran tinggi. Ditempat ini kita juga bisa melihat beberapa candi hindu. Kita juga wajib mengunjungi Bukit Sikunir Dieng serta Telaga Warna Dieng dan Sumur Jalatunda disana. Wisata ini berjarak 30 km dari Wonosobo, sehingga ga memakan waktu yang lama diperjalanan.

Kalo pengen berkunjung kesana kita perlu menyiapkan biaya mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 250.000 untuk wisatawan asing. Dan menyiapkan biaya Rp. 7500 hingga Rp. 250.000 Untuk tiket masuk ke berbagai tempat wisata di Dieng.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar kreasitekno.com

Sumber Gambar kreasitekno.com

4.Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah

Tempat wisata di Jawa Tengah tepatnya Banyumas ini merupakan destinasi wisata keluarga yang wajib kamu kunjungi. kita bisa mengunjungi Wisata Baturaden, sebuah hutan alam yang cocok banget buat berkemah. kita bisa berkemah bersama keluarga ato temen-temen kita. Kita juga bisa ke Taman Kaloka Widya Mandala merupakan sebuah kebun binatang di Baturaden. Serta punya museum untuk nyimpen kerangka satwa khas Indonesia.

Kalo kita ke Baturaden kita wajib ke Teater Alam. Selama disana kita bakal disuguhin pesawat terbang milik Garuda Indonesia tipe Foxer 28. Kita bisa masuk ke dalam pesawat, serta bisa melihat film tentang potensi wisata Banyumas.  Kita bisa menyaksikan film itu selama 15 menit. Untuk harga tiket kita harus nyiapin Rp. 14.000 untuk tiket masuk.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar kreasitekno.com

Sumber Gambar kreasitekno.com

5.Museum Fosil Purbakala Sangiran

Museum Fosil Purbakala Sangiran merupakan tempat wisata yang direkomendasikan di Jawa Tengah. Tempat ini merupakan museum purbakala terbesar di Asia hingga UNESCO menyatakan bahwa ini merupakan warisan dunia (World Heritage). Kita bisa menemukan banyak informasi mengenai sejarah manusia purba. Kita bisa menemukan  sekitar 13.809 fosil manusia purba dan informasinya.

Tempat ini bakal menambah pengetahuan yang sangat berguna untuk kita loh. Kita bisa menemukan ilmu geologi, arkeologi, paleoanthropologi serta biologi. Museum ini terletak di desa Krikilan, Kalijambe. Karna nyimpan banyak informasi tempat ini sangat dijaga kebersihan dan keamanannya.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar initempatwisata.com

Sumber Gambar initempatwisata.com

Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

6. Lawang Sewu di Semarang

Tempat wisata ini merupakan bangunan kuno peninggalan Belanda. Bangunan ini dibangun pada 1904 ini adalah dan menjadi tempat wisata yang populer. Pada awalnya, tempat wisata ini merupakan kantor pusat perusahaan kereta api Belanda. Karna memiliki pintu banyak dan punya jumlah lubang pintu sebanyak 429 buah.

Dan jumlah daun pintu berjumlah lebih dari Rp. 1.200.  Sehingga masyarakat Semarang member nama Lawang Sewu. Yang berarti berarti seribu pintu. Tempat ini sering didatangi untuk pemotretan pre-wedding bagi pasangan yang ingin menikah.

Kalo pengen kesana kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000.  Dan kalo pengen memasuki ruangan bawah tananhya, kita perlu  membayar Rp. 30.000. Kita perlu nyiapin biaya transportasi mulai dari Rp. 40.000an tergantung kota asal kita.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar initempatwisata.com

Sumber Gambar initempatwisata.com

7. Candi Borobudur di Magelang

Candi Borobudur merupakan tempat wisata yang direkomendasikan di Jawa Tengah. Candi ini memiliki struktur bangunan yang mengagumkan.  Serta bernilai seni yang tinggi sehingga tempat wisata ini terkenal hingga mancanegara. Candi ini juga dinyatakan sebagai World Heritage Sites oleh UNESCO. Tempat wisata ini mudah dijangkau dengan kendaraan kecil sampe besar.

Candi ini memiliki 1460 relief dan 504 stupa Budha di didalam kompleksnya. Untuk bisa masuk, kita harus membayar tiket sebesar Rp. 30.000 untuk dewasa.  Dan membayar harga tiket sebesar Rp. 12.500 untuk anak-anak. Bagi turis mancanegara perlu membayar sebesar USD 20  untuk dewasa serta USD 10 untuk anak-anak.

Tempat ini juga menjadi area yang sempurna kalo pengen berfoto-foto. Tempat rekreasi ini buka dari jam 6 pagi sampe jam 5 sore. Kalo pengen melihat festival lampion kita perlu ngunjungin saat peringatan hari raya waisak. Kita juga bisa menerbangkan lampion sendiri kok saat festival berlangsung.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar initempatwisata.com

Sumber Gambar initempatwisata.com

8. Ketep Pass di Magelang

Wisata Jawa Tengah ini merupakan tempat rekreasi yang  pas untuk menikmati pemandangan gunung dan bukit. Kita bisa melihat hamparan pertanian yang menarik. Dari tempat rekreasi ini kita bisa secara langsung  ngeliat  luncuran awan panas gunung Merapi. Ketep Pass juga memiliki  museum vulkanologi, gardu pandang, bioskop mini, teropong,  serta pelataran panca arga.

Ga hanya merapi, kita juga bisa menikmati lima gunung sekaligus. Ada Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Slamet, serta Sumbing. Tempat liburan di Jawa Tengah ini menjadi wisata favorit di Magelang. Buat masuk kesana kita cukup membayar sebesar Rp. 7.500. Ga heran kalo tempat ini merupakan salah satu tempat wisata murah Jawa Tengah. Untuk kesana kita bisa pake mobil. Untuk makanan disana banyak warung yang menyediakan mendoan dan indomie dengan harga mulai Rp. 10.000an.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar initempatwisata.com

Sumber Gambar initempatwisata.com

9.Kota Lama Kota Semarang

Objek wisata Jawa Tengah lainnya adalah kota lama Semarang yang wajib kita kunjungi.  Di Objek wisata ini kita bisa liat berbagai desain bangunan. Terutama bangunan-bangunan peninggalan Belanda zaman dulu.  Sehingga objek wisata ini menarik wisatawan dari mana aja.

Kalo menelusuri Kota Lama kita wajib nih mengunjungi Gereja Blenduk yang berusia lebih dari 2,5 abad. Blenduk berasal dari Bahasa Jawa yang berarti kubah,  objek wisata ini buka dari jam 9 pagi sampe 4 sore. Atap bangunan ini punya lengkungan serta didesain dengan warna merah.  Dan memiliki dinding berwarna putih serta bagian depannya yang punya menara kembar. Sert memiliki  pilar kokoh yang berjumlah 4 buah.

Selain itu kita wajib mengunjungi Polder Air Tawang dan Stasiun Tawang. Lalu kalian bisa menemukan objek wisata lain seperti Prau Layar ato yang dikenal sebagai  Praoe Lajar. Yang merupakan sebuah pabrik rokok yang masih berdiri hingga sekarang.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar bp.blogspot.com

Sumber Gambar bp.blogspot.com

10.Teluk Penyu

Kalo kita berpergian ke Cilacap ga ada salahnya mampir ke Teluk Penyu loh. Objek wisata dengan luas 18 hektar ini merupakan salah satu tempat wisata murah Jawa Tengah. Tapi kenapa sih dinamai Teluk Penyu? Konon katanya dulu banyak penyu yang berkembangbiak dan tinggal disini. Karna ga terlalu panas serta jauh dari hewan pemangsa jadi sangat cocok untuk tempat hidup mereka.

Teluk ini punya panorama alam yang memukau, indah, serta hawa yang sejuk. Kita juga bebas untuk memancing, main sepak bola, serta berjalan-jalan disana. Tempat ini dilengkapi dengan fasilitas seperti area bermain anak, kolam pemancingan, dan oleh-oleh khas Cilacap. Kalo berkunjung kesana kita wajib mampir ke warung makan seafoodnya.  Untuk harga seafoodnya kita harus nyiapin biaya mulai dari Rp. 20.000an

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar bp.blogspot.com

Sumber Gambar bp.blogspot.com

11.Hutan Pinus Kragilan Magelang

Ini dia tempat liburan di Jawa Tengah murah meriah lainnya yaitu Hutan Pinus Kragilan Magelang. berada di Kaponan, Kecamatan Pakis. Kalo kita berkunjung kesana kita ga perlu membayar tiket masuk loh. Kita cukup membayar parkir sebesar Rp. 2.000 untuk sepeda motor serta Rp. 5.000 untuk parkir mobil.

Di tempat ini kita akan merasakan hawa yang sejuk serta menyegarkan. Karena tempat itu dikelilingi oleh pohon pinus. Untuk pergi kesana kita bisa pake motor ato mobil. Disana juga terdapat warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga mulai dari Rp. 5.000an.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar bp.blogspot.com

Sumber Gambar bp.blogspot.com

12.Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit merupakan wisata alam di provinsi Jawa Tengah yang wajib kita kunjungi. Tempat rekreasi ini terletak di Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Magelang. Air terjun ini punya ketinggian kurang lebih 30 meter dari permukaan bawah.

Kita ga dianjurkan berkunjung kesana kalo mendung dan menjelang turun hujan. Karna pada musim penghujan sering terjadi air bah dari hulu. Sedangkan jalan menuju lokasi memiliki jalan yang berliku dan curam jurang.  Kalo dari Kopeng kita akan menempuh jarak sejauh 5 km  dengan mobil ato motor. Kalo dari kota Magelang, kita bisa lewat jalan grabag dan memakan waktu 15 menit.

Dari pintu gerbang hanya berjarak 500 meter untuk sampai lokasi. Selanjutnya kita bisa berjalan menapaki jalan setapak serta melewati jembatan yang dikeliling pohon pinus.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar picture.triptrus.com

Sumber Gambar picture.triptrus.com

13.Curug Silawe

Curug  silawe merupakan sebuah objek wisata air terjun di dusun Kopeng Kulon, Kecamatan Kajoran, Magelang.  Curug Silawe merupakan tempat wisata di Jawa Tengah yang wajib dikunjungi lainnya. Lokasinya cukup jauh kalo ditempuh dari Kota Magelang loh. Akses jalannya pun terbilang cukup sulit dilalui.

Ini karna letaknya tersembunyi serta berada di lereng gunung  jadi ga heran kalo jalannya cukup sulit. Ketinggian lokasi wisata ini berada di sekitar 500 m dari permukaan laut. Walau akses jalan yang cukup sulit. Tapi ga buat para wisatawan yang datang kesini sedikit loh. Karna banyak wisatawan yang pengen melihat keasrian dari tempat rekreasi ini.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar panomario.com

Sumber Gambar panomario.com

14.Kali Progo

Kalo seneng dengan wisata arung jeram, kita wajib mengunjungi Kali Progo di Magelang.  Objek wisata ini memiliki tiga bentuk tantangan arus air. Pertama adalah kali progo atas di belakang Hotel Puri Asri Magelang. Objek wisata ini cocok buat pemula serta dijamin keamanannya. Objek ini memiliki panjang sekitar 9 km.

Yang kedua adalah progo hulu, yang berawal dari temanggung dan berakhir di jembatan payaman. Arung jeram bisa kok dilakukan saat musim hujan turun, Peserta yang ga bisa berenang  juga tetap boleh ikut dengan syarat umur diatas 15 tahun ya. Kita akan melewati dua dam dengan ketinggian 3 serta 5 meter. Kita bisa nikmatin pemandangan dataran tinggi. Serta bebatuan di sungai yang menjadi tantangan bagi para peserta arung jeram.

Yang ketiga adalah progo bawah, medan ini punya tantang paling sulit bagi pecinta arung jeram. Dan pemula ga dianjurkan untuk berada di medan ini. Arung jeram ini berawal dari Jembatan Klangon dan berakhir di jembatan Dekso. Debit air ditempat ini lumayan besar karna air yang mengalir merupakan luapan dari kali-kali terbesar di sekitar progo. Untuk biaya arung jeram kita harus menyiapkan angaran mulai dari Rp. 750.000.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar nursyamsu05.files.wordpress.com

Sumber Gambar nursyamsu05.files.wordpress.com

15.Kali Elo

Selain objek wisata arung jeram Kali Progo, kita bisa nih nyobain wisata Kali Elo magelang ini. Kita bisa bermain arung jeram sepanjang musim dengan trip yang cocok banget buat pemula. Dilengkapi pemandangan yang indah serta jeram yang goyang perahu. Objek wisata ini punya jarak tempuh sekitar 10 sampe 11 km.  Serta memiliki durasi waktu selama lebih dari 3 jam.

Obyek wisata air di Kali Elo ini sudah berjalan mulai dari tahun 1997 loh. Jadi ga heran kalo uda banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai penjuru. Untuk kita yang akan melakukan arung jeram bakalan dipandu serta didampingi oleh operator professional kok. Jadi kita ga perlu takut kalo pengen nyoba pertama kali. Harga paket wisatanya kita perlu nyiapin dompet mulai dari Rp. 650.000.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar njogja.co.id

Sumber Gambar njogja.co.id

16.Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu merupakan wisata yang terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang. Objek wisata alam di provinsi Jawa Tengah  merupakan bukit ato tempat yang cocok untuk ngeliat sunrise borobudur.

Waktu subuh pun kita bisa melihat pemandangan yang luar biasa. Lautan kabut putih serta kerlip lampu. Pemandangan itu dilatar belakangi pegunungan gunung merapi dan gunung merbabu. Tempat ini selalu selimut kabut tebal baik dimalam maupun dipagi hari. Jadi ga bakalan nyesel deh kalo berkunjung ke tempat wisata di Jawa Tengah ini.

Walaupun bukitnya  ga tinggi-tinggi banget. Tapi buat ke puncak bukit kita harus berjalan kaki loh. Untuk tiket masuk kesana kita harus merogoh kocek sebesar Rp. 15.000 serta Rp. 25.000 bagi wisatawan asing.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar piknikasik.com

Sumber Gambar piknikasik.com

17.Gunung Andong

Tempat liburan di Jawa Tengah memang memiliki beragam destinasi.  Salah satunya yaitu Gunung Andong dengan puncak ketinggian 1.726 mdpl. Kalo berada di puncak kita bakal liat pemandangan Kota Magelang, ambarawa serta salatiga. Selain itu kita bisa ngeliat Gunung Merapi, Sindoro serta Gunung Sumbing.

Objek wisata ini sering  dikunjungi para pendaki pemula. Karna kita hanya membutuhkan waktu dua jam untuk tiba dipuncaknya. Untuk mencapai lokasi basecamp pendakian kita bisa menyewa kendaraan ato diantar tukang ojek. Setibanya disana kita perlu melakukan registrasi seharga Rp. 3.000. Tapi kalo kita pake motor akan dikenakan biaya parkir Rp.3.000. Serta dikenai biaya untuk penitipan helm seharga Rp. 1.000.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar kompasiana.com

Sumber Gambar kompasiana.com

18.Rumah Kamera

Kalo kita seneng berfoto ato memiliki hobi fotografi kita wajib ngunjungin tempat wisata Magelang ini. Rumah kamera, ini merupakan wisata baru yang terletak Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Magelang. Walaupun cuma bangunan biasa, tempat ini dijadikan sebagai  tempat pameran koleksi bapak Tanggol Angien Jatie Kusumo.  Rumah kamera sendiri sering dikunjungi oleh wisatawan untuk melihat bentuknya yang unik.

Dan ternyata setiap ornamen dari rumah itu memiliki fungsinya sendiri-sendiri loh .Pada bagian lampu flash merupakan pintu masuk bagi wisatawan yang berkunjung. Sedangkan mode pengaturan dan LCD kamera dijadikan jendela. Selain itu, ternyata bangunan itu memiliki empat lantai loh.

Tempat itu juga dilengkapi fasilitasi kursi mungil serta unik dan tempat beristirahat. Rumah kamera termasuk tempat wisata murah Jawa Tengah. Karna tiket masuk ke rumah kamera sangat murah yaitu Rp. 5.000 aja. Rumah kamera sangat dekat dengan candi Borobudur karna hanya berjarak tempuh 5 menit aja loh. Tunggu apalagi Mas Bro dan Mbak Bro.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar panomario.com

Sumber Gambar panomario.com

19.Telaga Bleder

Wisata Jawa Tengah Telaga bleder adalah tempat wisata Magelang di Desa Ngasinan, Kecamatan Grabag.  Tempat rekreasi ini memiliki udara yang sejuk serta jauh dari polusi udara. Tempat ini dilengkapi dengan fasilitas lain seperti speed boat, sepeda air, becak air serta sampan. Telaga bleder ternyata merupakan danau alami yang memiliki ukuran kecil.

Danau ini terisi air dari berbagai sumber mata air yang ada di sekitar lokasi. Dan menarik perhatian pemerintah untuk mengembangkan lokasi lebih lanjut sebagai tempat wisata. Telaga bleder cocok banget nih buat keluarga yang sedang mencari tempat wisata. Untuk biaya masuk kita akan dikenakan biaya Rp. 3.000 untuk dewasa dan Rp. 2.000 untuk anak-anak.

Cukup murahkan Mas Bro dan Mbak Bro?

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar yukpiknik.com

Sumber Gambar yukpiknik.com

20.Candi Prambanan

Candi yang satu ini suka banyak yang salah kaprah. Karna lebih deket ke Jogja. Banyak yang kirain candi ini masuk wilayah Provinsi Yogyakarta. Masih masuk Jawa Tengah ya.

Candi Prambanan merupakan salah satu candi bercorak Hindu terbesar di Asia Tenggara loh. Candi ini berlokasi 17 km ke arah utara dari Kota Yogyakarta. Mitologi Hindu mengatakan bahwa candi ini dipersembahkan untuk tiga dewa utama hindu yaitu Wishnu, Brahma dan Siwa.  Ato sering juga disebut dengan Trimurti. Objek wisata ini juga ternyata ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO.

Untuk bisa masuk, kita harus membayar tiket sebesar Rp. 30.000 untuk dewasa.  Dan membayar harga tiket sebesar Rp. 12.500 untuk anak-anak. Bagi turis mancanegara perlu membayar sebesar USD 18  untuk dewasa serta USD 9 untuk anak-anak. Tempat ini juga sering diadakan acara seperti Indihome Prambanan Jazz 2016 dengan harga tiket masuk mulai dari Rp. 200.000 hingga Rp. 1.500.000

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar yukpiknik.com

Sumber Gambar yukpiknik.com

21. Candi Gedhong Songo

Selain di daerah Magelang, kita juga bisa menemukan candi di Semarang loh. Kita bisa menemukan kompleks percandian di lereng Gunung Ungaran. Candi tersebut ialah Candi Gedhong Songo. Candi ini termasuk candi bagi agama Hindu dan suasananya mirip dengan Percandian Arjuna di Dieng. Objek wisata ini berada di ketinggian 1.200 mdpl di lereng Gunung Ungaran.

Berlokasi di Desa Candi, Kecamatan Bandungan. Objek wisata ini punya  9 buah candi tapi yang masih utuh hanya tersisa  5 aja.  Berada di lereng gunung membuat suasana di sekitar Candi Gedhong Songo sangat sejuk.  Selain itu kita bisa melihat pemandangan beberapa gunung di sekitar Ungaran.  Salah satunya adalah Gunung Andong dan juga Gunung Merapi. Harga tiket masuk kesana cukup murah, kita hanya perlu merogoh kocek Rp. 6.000.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar coretanpetualang.wordpress.com

Sumber Gambar coretanpetualang.wordpress.com

22. Museum Kereta Api Ambarawa

Saat dijajah Belanda, Ambarawa ternyata kota militer di bawah komando Raja Willem I. Sebuah benteng  masih kokoh merupakan peninggalan masa itu.  Selain itu stasiun militer masih berdiri kokoh merupakan salah satu stasiun yang sering digunakan untuk mengangkut tentara pada jaman dulu. Kini  stasiun militer telah dijadikan museum kereta api.

Di Museum ini kita bisa melihat koleksi-koleksi lokomotif kereta api dan peralatan komunikasi kuno.  Kita juga bisa naik kereta rute Ambarawa-Bedono yang melewati rel bergerigi loh.  Rel bergerigi hanya bisa  dijumpai di Ambarawa dan Sawahlunto aja.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar panomario.com

Sumber Gambar Panoramio.com

23.Lasem

Walaupun terdengar asing ditelinga. Ternyata Lasem merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Rembang yang memiliki nilai sejarah tinggi. Objek wisata ini sering dijuluki sebagai Tiongkok Kecil.  Karna konon katanya tempat itu merupakan pendaratan pertama komunitas Tionghoa di Indonesia. Lasem sendiri ternyata berasal dari dialek Tiongkok yaitu Lak-sam yang berarti nomor 63.

Katanya 63 kapal armada Jung pernah diterpa badai lalu terdampar di tempat kini bernama Lasem. Beberapa bangunan klenteng  bisa kita temukan sekitar Lasem loh. Walaupun begitu kawasan yang dikenal sebagai kawasan islami. Bahkan dijuluki sebagai Kota Santri karna terdapat beberapa pondok pesantren disana.  Untuk kesana kita bisa menggunakan bus  seharga mulai dari Rp. 50.000an. Untuk penginapan disana kita bisa menyiapkan dana mulai dari Rp. 90.000an.

Jadi penasaran kan dengan tempat ini?

 27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar travelblog.ticktab.com

Sumber Gambar travelblog.ticktab.com

24. Museum Batik Pekalongan

Mungkin Mas Bro dan Mbak Bro ga tau kalo Pekalongan merupakan kota pertama di Indonesia menjadi kota kreatif yang diakui UNESCO. Pekalongan ternyata kota yang diakui secara global sebagai Kota Batik loh. Julukan kota ini sendiri ternyata World’s City of Batik. Jadi ga heran kalo sebuah museum batik dibangun di kota ini. Objek wisata ini diresmikan oleh mantan presiden SBY  pada tahun 2006.

Terdapat sekitar 1149 batik dari berbagai daerah yang diperliatkan di museum ini. Beberapa tokoh Indonesia seperti SBY, Ibu Ainun Habibie, mantan wakil presiden Budiono menjadi salah satu penyumbang di museum ini. Harga tiket masuk ke museum ini kita hanya perlu keluarin uang sebesar Rp. 5.000.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar yukpiknik.com

Sumber Gambar yukpiknik.com

25. Benteng Van der Wijck

Kalo Mas Bro dan Mbak Bro berkunjung ke  Kebumen kita wajib nih mengunjungi Benteng Van der Wijck. Benteng berwarna merah ini adalah bekas benteng pertahanan Belanda saat melawan pasukan Diponegoro. Benteng ini pernah loh dijadikan lokasi syuting film The Raid 2: Berandal. Benteng ini memiliki tinggi 9,6 meter serta punya luas area 3.606 m².

Kita bisa menemukan sekitar 16 barak didalam benteng ini. Di beberapa kita bisa menikmati foto-foto  vintage tokoh-tokoh sejarah. Benteng Van der Wijck merupakan tempat wisata murah Jawa Tengah. Karna untuk masuk ke tempat ini kita cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 6.000.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar pisangkremes.wordpress.com

Sumber Gambar pisangkremes.wordpress.com

26. Umbul Sidomukti

Di Bandungan, Semarang Mas Bro dan Mbak Bro bisa nih berkunjung ke Umbul Sidomukti.  Tempat ini berada di lereng Gunung Ungaran loh.  Umbul Sidomukti merupakan kawasan wisata yang terdiri atas beberapa bagian. Tapi yang paling dikenal adalah kolam renang di lereng Gunung Ungarannya. Kolam renang ini yang berada pada ketinggian 1.200 mdpl.

Sebenernya terdapat 4 buah kolam renang, masing-masing berada di tingkatan yang berbeda. Air di kolam ini berasal dari sumber alami lereng Gunung Ungaran.  Ga hanya itu, Umbul Sidomukti juga punya spot berupa tempat nongkrong yang dinamakan Pondok Kopi.

Tempat ini sediain menu ala kafe. Jadi kita bisa menikmati pemandangan di sekitar lereng Gunung Ungaran sambil makan dan minum dengan santai.

Kalo ingin kesana kita perlu sipain dompet untuk tiket masuk sebesar Rp. 5.000-10.000. Lalu untuk flying fox harus menyiapkan sebesar Rp. 12.000 dan marine bridge sebesar Rp. 7.000. Untuk sewa ATV kita harus mengeluarkan sebesar Rp. 15.000-20.000 untuk 3 kali putaran. Dan menyiapkan Rp. 50.000-100.000 untuk sewa kuda selama 30 menit hingga 1 jam. Untuk tiket parkir mobil kita cukup membayar Rp. 2.000 aja.

27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah - Sumber Gambar initempatwisata.com

Sumber Gambar initempatwisata.com

27.Kampung Batik Laweyan Solo

Kalo Mas Bro dan Mbak Bro senang berburu dan mengoleksi batik. Kita sangat disarankan mengunjungi Kampung Batik Laweyan di Solo. Tempat ini telah ada semenjak masa kekuasaan Kerajaan Pajang  pada abad ke-16. Saat memasuki area Kampung,  kita akan menemukan arsitektural Eropa yang sangat berkesan. Bangunan-bangunan ini akan membuat kita serasa berada di Eropa . Bangunannya sangat kokoh dan megah dulunya ditinggali saudagar-saudagar batik.

Baca Juga
1. 
10 Tempat Wisata Terbaik yang Direkomendasikan di Sumatera Utara
2. 27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan

Begitu sampai di Laweyan kita bisa langsung menjelajahi satu per satu toko-toko disana. Kita disana juga bisa belajar membatik loh. Harga batik yang ditawarkan di kampong ini cukup bervariasi dan sangat relative. Harga batik cap dibanderol mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. Sedangkan untuk batik tulis akan diharga hingga jutaan loh.

Ajak dong temen  ke 27 tempat wisata yang dianjurkan untuk dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah diatas. Sebarin obrolan  kita ini sama mereka ya. Sebarin di sosial media.

Ada pertanyaan Mas Bro dan Mbak Bro. Tinggalin aja jejak di kolom komentar ya.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Tembalang, Semarang
06:30 WIB, Minggu 25 Desember 2016
Tulisan Temen Kita – E

Sumber Gambar
Ini Tempat Wisata. 2015. Inilah 14 Tempat Wisata di Jawa Tengah Paling Terkenal. initempatwisata.com/wisata-indonesia/jawa-tengah/inilah-14-tempat-wisata-di-jawa-tengah-paling-terkenal/2554/3/ diakses pukul 02.14 WIB, pada hari Rabu 21 Desember 2016
Kreasitekno.com. 2015. 10  Tempat Wisata di Jawa Tengah. kreasitekno.co/tempat-wisata-di-jawa-tengah.html. diakses pukul 02.14 WIB, pada hari Rabu 21 Desember 2016Panduaji.net.2014. Backpacker ke Karimun Jawa. panduaji.net/2014/10/backpacker-ke-karimunjawa-eps-01.html diakses pukul 01.10 WIB, pada hari Rabu 21 Desember 2016
Magelangarungjeram..2015. Paket Rafting Arung Jeram Magelang Sungai Kali Progo. magelangarungjeram.com/paket-rafting/arung-jeram-magelang-sungai-kali-progo-atas-magelang.html. diakses pukul 02.37 WIB, pada hari Rabu 21 Desember 2016.
Penginapan.net.2015. Harga Tiket di tempat Wisata Umbul Sidomukti Semarang 2015. penginapan.net/harga-tiket-di-tempat-wisata-umbul-sidomukti-semarang-update-desember-2015/ diakses pukul 01.14 WIB, pada hari Rabu 21 Desember 2016

Sumber Gambar
Bp.blogspot.com diakses pukul 15.14 WIB, pada hari Kamis 22 Desember 2016
Bookandsunset.wordpress.com 15.27 WIB, pada hari Kamis 22 Desember 2016
Coretanpetualang.wordpress.com 14.14 WIB, pada hari Kamis 22 Desember 2016
Initempatwisata.com 15.48 WIB, pada hari Kamis 22 Desember 2016
Kreasitekno.com 16.12 WIB, pada hari Kamis 22 Desember 2016
Kompasiana.com 16.14 WIB, pada hari Kamis 22 Desember 2016
Njogja.co.id 16.38 WIB, pada hari Kamis 22 Desember 2016
Nursyamsu05.files.wordpress.com 16.44 WIB, pada hari Kamis 22 Desember 2016
Panoramio.com 16.49 WIB, pada hari Kamis 22 Desember 2016
Picture.triptrus.com 16.53 WIB, pada hari Kamis 22 Desember 2016
Piknikasik.com 17.12 WIB, pada hari Kamis 22 Desember 2016
Pisangkremes.wordpress.com 17.39 WIB, pada hari Kamis 22 Desember 2016
Seputarsemarang.com 20.19 WIB, pada hari Kamis 22 Desember 2016
Travelblog.ticktab.com 20.36 WIB, pada hari Kamis 22 Desember 2016
Yukpiknik.com 21.29 WIB, pada hari Kamis 22 Desember 2016

Tentang Kita
Twitter :
kekitaan_
Line :
@kekitaan
Facebook :
Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Linkedin : Kekitaan Kita
Pinterest : Kekitaan Kita
Instagram : kekitaan_

Trackbacks & Pings

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *