Donor Darah Ga Untung Ada 5 Alasannya Kenapa Kita Ga Harus : #PanduanKita9

Donor Darah Ga Untung Ada 5 Alasannya Kenapa Kita Ga Harus - #TipsKita - Sumber Gambar babloglo.blogspot.co.id

Sumber Gambar : babloglo.blogspot.co.id

Apa Untungnya Jadi Relawan Donor Darah?
PMI, Di manapun untuk Siapapun
#TipsKita

Jadi kenapa kita harus jadi relawan?
Karena ga semua didunia ini bisa dibeli
Apa untungnya donor darah ga bayaran?
Ada yang ga punya hati meskipun dia ahli

Halo Mas Bro dan Mbak Bro.

Ada yang bilang donor darah ga untung, ada 5 alasannya kenapa kita ga harus.

Udah pernah donor darah belum?

Baik, ada yang pernah dan ada yang ga pernah.

Apa untungnya jadi relawan donor darah?

Kegiatan donor darah yang merupakan agenda hidup dan mati dari Palang Merah Indonesia (PMI) ini ga akan ada matinya. Selama manusia hidup maka selama itu pula donor darah dilakukan. Selama manusia hidup selama itu pula Mas Bro dan Mbak Bro PMI akan lakukan acara donor darah. PMI akan membantu dimanapun dan siapapun.

Sayangnya acara donor yang suka rela ini banyak dinilai komersial. Sehingga muncul anggapan apa untungnya ikutan.

Apa untungnya jadi relawan donor darah?

Darah kita berkurang dan cuma dapat mie instan, susu kemasan, dan roti kering yang paling harganya cuma Rp. 5000. Kan ga sesuai. Yah, paling untung kalau dapat barang kenang-kenangan dari panitia. Itu pun kalau donor dilembaga besar.

“Donor darah bukan buat orang yang cari untung”

@kekitaan

Tapi kenapa masih banyak sih orang yang “bodoh” mau merelakan air merah kehidupannya untuk dibagikan murah sama orang lain?

Hahaha, itulah anggapan orang yang ga tau nilai kata “rela” dan “donor”. Mereka perlu kita kasih pengertian Mas Bro dan Mbak Bro.

Coba kita bantah kata orang ini, donor darah ga untung ada 5 alasannya kenapa kita ga harus. Ayo kita bantai satu persatu.

Donor Darah Ga Untung Ada 5 Alasannya Kenapa Kita Ga Harus - #TipsKita - Sumber Gambar www.grouphub.me

Sumber Gambar : www.grouphub.me

1. Alasan Takut

#

“Mbak sini”, salah satu dari panitia donor memanggil seorang karyawan.

Ga ah, aku takut sama jarum”, jawabnya sambil menjauh dengan muka yang sinis.

“Ini bukan disuntik Mbak tapi donor”, seorang temen cowok menggoda.

Temen-temen yang lain langsung tertawa mendengar itu.

#

Alasan pertama ini terbilang cemen dibanding dengan alasan-alasan lainnya. Alasan takut sama jarum yang paling sering kita denger kalau cewek-cewek mau donor. Sayangnya ada juga cowok yang pake alasan sama.

Pantas ga?

Pantas ga alasan takut kenapa kita ga harus donor darah?

Donor Darah Ga Untung Ada 5 Alasannya Kenapa Kita Ga Harus - #TipsKita - Sumber Gambar health.detik.com

Sumber Gambar : health.detik.com

2. Alasan Badan Kurus

Hahaha.

Selain alasan takut diatas, alasan badan kurus ini juga sering dijadikan alasan. Badan kurus ga menjadi patokan untuk melakukan donor atau ga. Karena selama badan kita diatas 45 kg maka ga akan ada masalah untuk melakukan donor darah.

Memang kalau kita donor diambil 450 mL darah kita. Nah, 450 mL ini setara dengan proses pembakaran kurang lebih 650 kalori kita. Buat yang berbadan subur dan berniat diet mah ini berita baik. Tapi buat yang merasa kurus akan mendengar berita buruk. Tapi tenang selama badan kita diatas 45 kg tadi. Maka ga ada masalah.

Jadi masih pake alasan “badan kurus” kenapa kita ga harus donor darah?

Sumber Gambar : news.okezone.com

Sumber Gambar : news.okezone.com

PMI membantu dimanapun dan untuk siapapun

@kekitaan

Baca Juga
8 Suku Termahal Harganya di Indonesia Versi kekitaan.com : #SeninberBahasaDaerah7
Kenapa Kita Harus Panik Menghadapi Masalah? : #SosialKita27

3. Alasan Rugi

Buat manusia dengan perhitungan lembaran rupiah, harus kita akui kalau secara materi kita rugi. Ya, kita rugi.

Dengan harga satu kantong darah Rp. 360.000 untuk 450mL yang kita donorkan. Setelah donor kita hanya dikasih satu bungkus mie instan, minuman susu kemasan, dan roti kemasan. Buat yang donor dilembaga besar biasanya dapat kenang-kenangan berupa barang.

Kalau kita buat hitung-hitungan ekonomi, mie instan Rp. 6000, susu kemasan Rp. 5000, dan roti Rp. 3500. Totalnya cuma Rp. 14.500.

Sumber Gambar : health.liputan6.com

Sumber Gambar : health.liputan6.com

4. Alasan Sakit

Ada sakit yang disengaja dan sakit ga disengaja.

Haa?

Yap, kalau kita berencana untuk donor darah tapi ga jaga kesehatan maka sama aja sebenarnya kita ga mau buat donor.

Betul atau betul?

Kalau udah tau mau donor ya pola makan dan pola tidur dijaga. Jangan makan makanan yang bisa membuat kita sakit. Jangan makan makanan yang berlemak dan beralkohol dulu. Jangan minum obat tertentu sampai kita selesai donor.

Pola tidur juga sama, kalau mau donor ya jangan begadang. Meskipun pertandingan klub bola favorit udah menunggu ya.

Soal alasan sakit, sebenarnya ga masuk dalam hitungan disini ya Mas Bro dan Mbak Bro. Karena kalau sakit bukan sengaja sebenarnya.

Karena ada alasan sakit yang ga bisa memaksa kita untuk donor darah. Beberapa diantaranya:

No Penyakit Masa tunggu
1 Cabut gigi 5 hari

Setelah sembuh

2 Demam 1 minggu

Setelah sembuh

3 Gejala alergi 1 minggu
4 Infeksi kulit pada daerah yang akan disuntik 1 minggu

Setelah sembuh

5 Influenza 1 minggu

Setelah sembuh

6 Menyusui 3 bulan

Setelah berhenti

7 Hamil 6 bulan

Setelah melahirkan

8 Operasi kecil 6 bulan
9 Sakit tipus 6 bulan
10 Setelah vaksin 8 minggu
11 Operasi besar 12 bulan
12 Penderita hepatitis 12 bulan

Setelah sembuh

13 Tato, tindik,tusuk jarum dan transplantasi 12 tahun
14 Transfusi darah 12 tahun
15 Setelah berkunjung pulang dari daerah endemis malaria 12 bulan
16 Sakit malaria 3 tahun

Setelah bebas dari gejala malaria

Sumber Gambar : news.okezone.com

Sumber Gambar : news.okezone.com

5. Alasan Ga Niat

Kalau udah peduli ya ga peduli aja. Kalau udah ga niat ya ga niat aja.

Soalnya ada aja alasan orang. Diajakin donor, adalah yang bilang harus kerja dulu, harus izin siapa dulu, harus bla bla bla.

Apapun halangannya kalau udah niat donor ya donor aja.

Kecuali makhluk cantik yang halangan ya. Mereka memang udah dijatah ga bisa.

Arti kata donor menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pemberi sumbangan. Ingat ya pemberi. Namanya pemberi ga mengharapkan imbalan.

Kalau kita donor yang harus rela, menurut KBBI rela adalah kita mau dan bersedia dengan ikhlas hati tanpa embel-embel apapun. Pengertiannya lainnya:

  1. Mengizinkan, setuju, dan berkenan;
  2. Dapat diterima dengan senang hati;
  3. Ga mengharap imbalan;
  4. Dengan kehendak atau kemauan sendiri.

Jadi masih bilang donor darah ga untung, ada 5 alasannya kenapa kita ga harus donor darah?

Masa sama nyamuk aja kita mau donor sama manusia ga?”

@kekitaan

Masa kita samakan PMI sama nyamuk. PMI mau membantu dimanapun dan untuk siapapun. Tanpa terkecuali. Begitu pula dengan nyamuk mengambil darah kita dimanapun dan ga peduli siapapun kita?

Hahahah.

Lalu masih tanya apa untungnya jadi relawan donor darah?

Kalau kita masih tanya apa untungnya jadi relawan donor darah. Berarti kita ga memahami apa esensi dan inti dari jadi pendonor darah.

Apa bedanya kita sama nyamuk?

Kalau ada pertanyaan silahkan komentar dibawah ya.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Anak kecil menangis buat kita terharu
Begitulah kebiasaan anak Indonesia
Bukan hal yang sulit cati temen baru
Asal Kita tau cara mereka bahagia

Sumber Gambar : babloglo.blogspot.co.id

Sumber Gambar : www.katalogibu.com

Suka tulisannya?
Jangan lupa berbagi sama temen di sosial media ya
Ada yang mau didiskusiin?
Kasih komentar dibawah aja Mas Bro / Mbak Bro

Tembalang, Semarang
10:51 WIB Rabu, 01 Juni 2016
2016/06/01/6-162
Tulisan Kita

Sumber
Faris Firmansyah. 2014. 7 Alasan Kenapa Kita Harus Donor Darahhttps://farisfirmansyah.wordpress.com/2013/04/21/7-alasan-kenapa-kita-harus-donor-darah/ diakses pukul 10:18 WIB pada hari Jumat, 03 Juni 2016
Mia. 2013. 12 Alasan Kenapa Harus Tunda Donor Darah http://health.liputan6.com/read/612883/12-alasan-kenapa-harus-tunda-donor-darah diakses pukul 10:18 WIB pada hari Jumat, 03 Juni 2016
Zunainah, 2016. Mengapa Harus Donor Darah?. http://www.cleo.co.id/helath-fitness/mengapa-harus-donor-darah- diakses pukul 10:18 WIB pada hari Jumat, 03 Juni 2016

Sumber Gambar
babloglo.blogspot.co.id diakses pukul 13:26 WIB pada hari Jumat, 03 Juni 2016
health.detik.com diakses pukul 13:26 WIB pada hari Jumat, 03 Juni 2016
health.liputan6.com diakses pukul 13:26 WIB pada hari Jumat, 03 Juni 2016
news.okezone.com diakses pukul 13:26 WIB pada hari Jumat, 03 Juni 2016
www.katalogibu.com diakses pukul 13:26 WIB pada hari Jumat, 03 Juni 2016
www.grouphub.me diakses pukul 13:26 WIB pada hari Jumat, 03 Juni 2016

Tentang Kita
Twitter : kekitaan_
Line : @jat6583f
Facebook : Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Instagram : kekitaan_

16 Responses to “Donor Darah Ga Untung Ada 5 Alasannya Kenapa Kita Ga Harus : #PanduanKita9

  • Terimaksih banget buat artikel ini..
    Sekarng aku paham pntingnya donor darah

    • Salam Diel

      Terimakasih ya.
      Senang bisa berguna.

      Dapat hal apa dari artikelnya?

      Mauliate
      Terimakasih

  • Jelita Safitri Nababan
    1 tahun ago

    Mari donor darah. Terimakasih artikelnya.

    • Salam Mas Bro

      Mari Mbak Bro.
      Sama-sama.
      Sudah pernah donor sebelumnya?

      Mauliate
      Terimakasih

  • lina cute
    1 tahun ago

    Blum pernah donor darah sih,tpi setelah baca artikel ini jd pengen donor darah aja deh.heheh
    Sangat bermanfaat. Thanks gun

    • Salam Mbak Bro

      Hmm, ok Mbak Bro.
      Wah baguslah kalau dampak artikelnya sampai segitu.

      Mauliate
      Terimakasih

  • Alasan kenapa gak mau donor darah bener bangettt nih, pengalaman aja sih sering tanya sama temen temen yuk donor tapi alasana nya aku takut ini dan itu. Padahal donor itu sehat banget bagi Tubuh kita. Makasih mas bro

    • Salam Mbak Bro Tika

      Nah, Mbak Bro sendiri takutnya apa?
      Kenapa?
      Udah pernah donor belum?

      nah itu tau Mbak Bro.

      Mauliate
      Terimakasih

  • Julia Ester Lumbantoruan
    1 tahun ago

    Hahahahaha…
    yang ini aku kasih komentar Bahasa Indonesia dulu yah Mas/ Mbak Bro…
    Agak tersinggung juga sih aku, soalnya setiap pribadi emang punya sifat, pembawaan yang berbeda. Mungkin artikel nya mengena pada saya, karena jujur, saya belum pernah donor darah, dan alasan nya mungkin tepat dari beberapa reason dari artikel anda…
    Sebenarnya kalo belum berani donor darah… jangan dikatakan cupu lah.. mungkin belum saatny… dan akan ada saatnya.

    Hahhaha…
    but, terimakasih buat point of view nya yang berbeda… mungkin kedepannya saya akan berusaha menaklukkan rasa takut sama jarum …. ^~^ ***

    • Salam Mbak Bro JEL

      Hahaha, salah satu dari pelakunya ya?
      Senang banget bisa kasih gambaran yang apa adanya.

      Kenapa bisa takut jarum ya Mbak Bro?

      Mauliate
      Terimakasih

  • Julia Ester Lumbantoruan
    1 tahun ago

    Hahaha…
    Nah.. takut aja liat jarumnya Mas Bro, kecil memang tapi sakit nya luar biasa dan ngak kuat lihat darah .

    • Salam Mbak Bro JEL

      Hahaha, baiklah Mbak Bro.
      Semoga segera ada keberanian untuk donor darah ya.

      Setetes darah kta sangat berharga untuk mereka.

      Mauliate
      Terimakasih

  • Wahh terimakasih infonya bang, semogalah aku gak takut lagi sama jarum suntik biar bisa donor darah 🙂

    • Salam Mbak Bro Lidya

      Sama-sama Mbak Bro.
      Hahaha, semoga ya.

      Kapan rencana mau donor?

      Mauliate
      Terimakasih

  • Vovan P. Hutasoit
    1 tahun ago

    Jadi ingat sama film ini “chronicle of a blood merchants”.

    • Salam Mas Bro VPH

      Hahaha, film tentang apa itu Mas Bro?

      Mauliate
      Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *