Mau Sewa ato Beli Apartemen? Pertimbangkan 27 Hal Ini Sebelumnya : #PanduanKita23

Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar www.hariandepok,com

Sumber Gambar www.hariandepok,com

27 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Sewa Ato Membeli Apartemen
Apa yang Harus Dipikirkan Sebelum Apatemen Dijual?

Mau sewa ato beli apartemen
Jangan lupa buat pertimbangan
Salah satunya bisa tanya temen
Minimal untuk bagi pengalaman

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Ada niat mau beli ato sewa apartemen?

Sebelum terlalu jauh Mas Bro dan Mbak Bro, kita jelaskan sedikit ya. Kalo apartemen itu pengertiannya adalah bentuk lain dari rumah yang tersusun dalam sebuah bangunan besar. Jadi sebuah gedung bertingkat dibagi dalam beberapa ruangan lalu dijual dan/atau disewakan. Yah, kayak rumah susun, tapi fasilitasnya lebih baik.

Dengan penduduk yang mencapai 250 juta jiwa per tahun 2015. Indonesia menjadi lahan yang subur untuk usaha apartemen. Sayangnya orang bertambah tapi luas tanah ya segitu-gitu aja, khususnya diperkotaan. Jadinya pembangunan apartemen adalah jalan keluar atas masalah lahan.

27 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli Ato Sewa Apartemen - Mau Sewa ato Beli Apartemen? Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar www.gagasanku,com

Sumber Gambar www.gagasanku,com

27 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli Ato Sewa Apartemen

Kalo di Indonesia biasanya apartemen dibeli dan sewa oleh kalangan menengah keatas. Meski begitu, ga semua yang disebut kalangan atas itu punya alasan kuat memilih apartemen. Untuk Indonesia saat ini kebanyakan kita adalah anak muda yang berumur dibawah 30 tahun. Bayangkan ada 50% kita anak muda Indonesia yang akan membeli rumah ato apartemen pertama kali.

Jadi perlu ada pertimbangan yang jelas dong.

Nah, berdasarkan kenyataan yang kita sebutkan diatas. Pasti pengen tau caranya memilih apartemen dengan harga terjangkau tapi tetap berkelas dong.  Jadi kalo mau sewa ato beli apartemen pertimbangkan 27 hal ini.

Lakukan Penelitian Pribadi Sebelum Sewa ato Membeli Apartemen - Mau Sewa ato Beli Apartemen? Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar www.kajianpustaka,com

Sumber Gambar www.kajianpustaka,com

1. Lakukan Penelitian Pribadi Sebelum Sewa ato Membeli Apartemen

Yah, mungkin terlalu berat menjadi contoh yang sama. Tapi sewa ato membeli sebuah apartemen itu sama seperti mencari jodoh. Semuanya harus jelas bibit bebet dan bobotnya. Kita tau kemampuan dan kebutuhan kita. Jadi pastikan melakukan penelitian pribadi sebelum membeli apartemen.

Seperti yang saat ini Mas Bro dan Mbak Bro lakukan sekarang ini. Membaca tulisan ini adalah langkah pertama penelitian yang wajib dilakukan. Mencari tau seperti apa pertimbangan yang jelas sebelum sewa dan membeli sebuah apartemen.

Baiknya memang begitu sebelum ke tempat kejadian perkara (baca: TKP) mending ke tempat kejadian online (baca: TKO). Kalo cari apartemen dijual ato sewa. Tinggal klik aja di mesin pencari sesuai kebutuhan Mas Bro dan  Mbak Bro.

Cari tau apartemen yang bagus itu seperti apa. Cari paling ga 2 apartemen ya. Jadi Mas Bro dan Mbak Bro ada perbandingan. Kalo udah dapat pengetahuan tentang apartemen yang Mas Bro dan Mbak Bro rasa cukup. Lalu lakukan langkah yang kedua.

Tentukan Syarat Sendiri Mau Sewa ato Membeli Apartemen yang Seperti Apa? - Mau Sewa ato Beli Apartemen? Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar www.cermati,com

Sumber Gambar www.cermati,com

2. Tentukan Syarat Sendiri Mau Sewa ato Membeli Apartemen yang Seperti Apa?

Ga ada salahnya bertanya sama temen ato keluarga yang udah ada pengalaman sewa ato beli apartemen. Tapi jangan terlalu terpengaruh sama persyaratan mereka. Kita yang lebih tau kebutuhan kita.

Contohnya meskipun udah punya kendaraan sendiri. Kalo ga mau ribet berangkat dan pulang kantor. Cari yang deket sama kantor. Kalo mau yang deket ke semua keperluan kita dan tempat umum. Jadinya harus cari yang dipusat kota. Tapi kalo ga suka sama keramaian kota. Silahkan cari daerah yang tenang.

Baca Juga
1. 10 Panduan Sebelum Melakukan Sewa Rumah Biar Ga Salah Pilih
2. Gimana Cara dan Panduan Untuk Meningkatkan Omset Penjualan

Sekali lagi kita yang lebih tau kebutuhan kita. Jadi cari dengan baik, khususnya untuk urusan jalan keluar masuk ya. Cari yang deket dengan kendaraan umum kalo ga punya kendaraan pribadi. Jadi apartemen yang mudah keluar masuk untuk yang punya kesibukan tinggi.

Nah, apa lagi kebutuhan kita. Silahkan buat dan tentukan sendiri. Ada baiknya sih dicatat ya, biar jelas.

Selanjutnya langkah pentingnya adalah …

Pilih Tempat Sesuai Kebutuhan Pekerjaan - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar news.okezone,com

Sumber Gambar news.okezone,com

3. Pilih Tempat Sesuai Kebutuhan Pekerjaan

Kalo Mas Bro dan Mbak Bro udah menentukan sesuai kebutuhan masing-masing. Ada beberapa kebutuhan wajib yang perlu diperhatikan ya.

Pertama adalah tempatnya harus dekat dengan tempat kerja. Kedua mudah untuk keluar masuk ke daerah kerja. Meski begitu pertimbangan jarak yang deket itu sangat penting. Untuk menghemat tenaga, waktu dan biaya transportasi kita.

Terkadang kalo pun jauh ga masalah asalkan perhatikan pertimbangan selanjutnya ini.

Keamanan adalah Nomor 1 - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini 4 - Sumber Gambar news.okezone,com

Sumber Gambar news.okezone,com

4. Keamanan adalah Nomor 1

Baiknya sebelum keperluan pribadi terpenuhi perhatikan dulu urusan keamanan. Apartemen yang bagus salah satu syaratnya adalah ada keamanan dengan penjagaan satpam dan pemasangan CCTV.

Pengamanan dilakukan 24 jam, jadi ga perlu ada kekhawatiran atas urusan kehilangan dan urusan kejahatan lainnya.

Jauh dari Urusan Macet - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar www.djogjasumberberita,com

Sumber Gambar www.djogjasumberberita,com

5. Jauh dari Urusan Macet

Ini harus jadi pertimbangan untuk yang memilih tempat kerja dan sekolah jauh. Udah jauh dan macet lagi. Waduh, tua dijalan kitanya.

Pulang-pulang udah keriput, rambut putih, salon menunggu.

Alasan ke 4 ini akan berkaitan erat dengan alasan ke 8.

Hindari Masalah Banjir - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar mediakonsumen,com

Sumber Gambar mediakonsumen,com

6. Hindari Masalah Banjir

Kan kita tinggalnya dilantai atas, ga masalah dong?

Betul sih tapi kan keperluan kita semuanya ada tanah. Urusan pekerjaan dan sekolah harus turun ke lantai 1.

Apartemen kena banjir itu belum pernah kedengeran sih. Tapi kalo jalan yang akan dilalui untuk urusan pekerjaan, sekolah, dan kesehatan lewatnya daerah banjir kan sama aja.

Jadi pertimbangkan baik-baik ya.

Pertimbangkan Fasilitas Tempat Khususnya Kesehatan dan Pendidikan - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar asuransikesehatanjiwa.blogspot,com

Sumber Gambar asuransikesehatanjiwa.blogspot,com

7. Pertimbangkan Fasilitas Tempat Khususnya Kesehatan dan Pendidikan

Beberapa apartemen punya fasilitas kesehatan seperti tempat fitnes, “pasar kecil”, rumah makan, dan tempat parkir. Sedangkan untuk fasilitas pendidikan ada beberapa apartemen yang besar satu lingkungan dengan SD, SMP, dan SMA.

Buat yang menjadikan alasan kesehatan dan pendidikan itu hasil penting. Maka jangan lewatkan apartemen yang punya fasilitas ini.

Biaya Perawatan Apartemen - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar properti.liputan6,com

Sumber Gambar properti.liputan6,com

8. Biaya Perawatan Apartemen

Kesannya gampang dan sederhana tapi akan bertumpuk-tumpuk. Kalo biaya perawatan apartemen itu berjalan terus. Nah, kalo dulu kita punya rumah sendiri kan ada biaya iuran RT RW, iuran kebersihan, listrik, telpon, dan dana kecil-kecil lainnya.

Kalo di apartemen itu masih ada Mas Bro dan Mbak Bro, sayangnya dijatuhkan dalam sekali tagihan. Ada yang tagih sekali sebulan tapi ada lagi yang sekali dalam 6 bulan. Bisa kenanya jutaan sampai belasan juta sekali ditagih tuh. Jadi pertimbangkan baik-baik urusan uang ini.

Ga cuma cewek yang suka sensitif soal urusan uang ini. Pak Bro dan Bu Bro yang punya apartemen juga bisa jadi rewel untuk yang satu ini. Karna jelas biaya perawatan apartemen akan lebih mahal daripada biaya perawatan rumah sendiri.

Jangan Kompromi - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar www.merdeka,com

Sumber Gambar www.merdeka,com

9. Jangan Kompromi

Sering kali kita ga menemukan apa yang kita cari. Contohnya dalam mencari tempat tinggal seperti sekarang. Saat baru mencari apartemen tapi belum sesuai sama kebutuhan kita. Itu belum jaminan kalo apartemennya belum jodoh kita.

Jadi kalo udah capek-capek buat penelitian soal syarat apartemen yang bagus dan cocok buat kita. Udah tentukan juga keperluan sesuai kebutuha pribadi dan pekerjaan. Masa mundur gitu aja?

Karna itu, perlu ingat hal yang selanjutnya yang penting adalah …

Jangan Cari Apartemen Dalam Waktu yang Mepet - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar lifeblogid,com

Sumber Gambar lifeblogid,com

10. Jangan Cari Apartemen Dalam Waktu yang Mepet

Yah, kesibukan memang terkadang ga bisa diprediksi ya. Tapi ada baiknya untuk mencari tempat tinggal. Jangan lakukan dalam waktu yang mendadak. Karna besar kemungkinan kita akan kecewa. Meski begitu jelinya mata usaha dan insting uang para pengusaha udah melihat peluang ini.

Kalo harus mendadak cari tempat tinggal, sekarang udah ada sewa apartemen harian. Sementara menunggu kita punya waktu yang cukup untuk mencari apartemen yang tepat untuk keperluan kita.

Jangan Cari Apartemen Dalam Waktu yang Mepet - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini 3 - Sumber Gambar news.okezone,com

Sumber Gambar news.okezone,com

11. Sediakan Waktu Untuk Berkunjung ke TKP

Biaya pemasaran biasanya bisa memakan dana 30% bahkan 50% sebuah karya. Jadi untuk 1 gambar yang suka nongol dipinggir jalan bisa berharga jutaan sampai puluhan juta. Begitu juga dengan video. Pastinya sesuai harga maka hasilnya harus bagus.

Tapi manusia aja bisa menipu apalagi foto ato video. Bagus dan kerennya sebuah apartemen dalam layar kaca ga selalu sesuai dengan kenyatannya. Jadi pastikan Mas Bro dan Mbak Bro sediakan waktu untuk berkunjung langsung ke TKP.

Pastikan Keabsahan dari Apartemen yang akan Kita Sewa ato Beli - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar www.bimakuru,com

Sumber Gambar www.bimakuru,com

12. Pastikan Keabsahan dari Apartemen yang akan Kita Sewa ato Beli

Buat orang hukum ini adalah yang terpenting. Nah, buat yang mau beli dan sewa apartemen ini harusnya juga. Karna sebuah apartemen akan diakui menjadi milik kita kalo kita punya buktinya.

Nah, dalam pertimbangan yang ke 12 ini. Kita harus punya Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) ato Sertifikat HGB diatas Hak Pengelolaan Lahan (HPL). Bedanya HGB dengan HGB diatas HPL terletak pada tanahnya. Kalo HGB itu kita memakai hanya bangunannya aja dengan batasan waktu 20 tahun. Untuk tanah adalah milik pengembang apartemen. Setelah lewat 20 tahun masih bisa diperpanjang. Sedangkan HGB diatas HPL adalah tanah apartemen adalah bukan milik pengembang. Apartemen berdiri diatas tanah hasil kerjasama. Selanjutnya kalo kerjasama selesai maka hak atas bangunan jadi punya pemilik tanah.

Ini bahasanya masih agak berat ya, masih soal urusan hukum. Baiknya sih Mas Bro dan Mbak Bro pilih apartemen dengan kepemilikan strata title. Nah, bahasanya beratkan.

Jadi pengertian dari strata title adalah kepemilikan bersama gedung apartemen keatas dan kesamping. Jadi apartemen itu adalah milih bersama dengan penghuni lainnya. Haknya semua orang sama termasuk kepemilikan atas tanah dimana gedung apartemen berdiri.

Kalo masih kurang jelas, jangan ragu untuk hubungi notaris ya. Daripada salah-salah.

Sewa ato Beli Apartemen dari Pengembang yang Bisa Dipercaya - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar linpoin.xyz

Sumber Gambar linpoin.xyz

13. Sewa ato Beli Apartemen dari Pengembang yang Bisa Dipercaya

Internet udah menyediakan banyak berita tentang hasil pekerjaan dari pengembang apartemen. Jadikan apartemen dan pekerjaan properti lainnya dari pengembang untuk dasar sewa ato beli apartemen mereka.

Pastikan rekan jejak mereka bersih dan bertanggungjawab. Kalo sempat adalah masalah pastikan mereka bertanggungjawab. Khususnya atas keamanan dan kenyamanan dari penghuni.

Kalo belum yakin, baiknya pilih pengembang lain. Meski harga sedikit itu lebih baik daripada murah taruhannya nyawa.

Sewa ato Beli Apartemen yang Aman dari Sengketa - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar topsy.fr

Sumber Gambar topsy.fr

14. Sewa ato Beli Apartemen yang Aman dari Sengketa

Status tanah atas apartemen ini sangat penting. Apakah beli, sewa, ato kerjasama antara pemilik tanah dengan pengembang. Apapun statusnya itu ga masalah, asalkan sah secara hukum. Karna kalo ga sah secara hukum, kita bisa aja terseret masalah hukum.

Uh, jangan sampe.

Yah, penjara mungkin jauh tapi kerugian jelas akan ada.

Untuk memastikan hal ini akan sedikit sulit dan memakan waktu. Kalo ga menemukan data disitus pengembangnya, kantor pertanahan bisa jadi pertimbangan. Tapi kalo mau cara yang mudah silahkan lakukan dengan cara berikut dibawah ini.

Malu Bertanya Sesak di Apartemen - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar www.terasjatim,com

Sumber Gambar www.terasjatim,com

15. Malu Bertanya Sesak di Apartemen

Kalo akhirnya udah sediakan waktu ke TKP, pastikan bertanya sama si Pak Bro ato Bu Bro penjual ato yang menyewakan apartemen semua keperluan kita. Mulai dari harga, apa fasilitas yang kita dapat, dan paling penting apa keuntungan dan kelebihan apartemen itu dari apartemen lainnya.

Termasuk soal bebasnya dari urusan sengketa ya.

Baiklah, cari apartemen kayak cari jodoh. Yah, kalo apartemen bisa diganti-ganti. Sayangnya jodoh ga. Meski ada yang putus nyambung dan kawin cerai ya.

Baiklah daripada melebar, gonta-ganti apartemen sih ga masalah ya. Tapi kan kita ga selalu ada waktu untuk mencari. Jadi lebih baik tentukan dengan jelas. Saat udah di TKP pastikan syarat yang udah kita tentukan diatas terpenuhi semua.

Ingat, kita udah sediakan waktu, tenaga, pikiran, dan biaya untuk tentukan syarat apartemen yang bagus. Jadi jangan disia-siakan.

Kalo saat kita datang ternyata fasilitas yang kita butuhkan ga ada. Jangan ragu untuk meminta dan bertanya. Apakah bisa dipenuhi kalo kita mau tinggal disitu. Kalo iya, maka masalah selesai. Kalo ga TKP lain udah menunggu.

Jangan Jadi Penyewa ato Pembeli yang Egois - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini 2 - Sumber Gambar news.okezone,com

Sumber Gambar news.okezone,com

16. Jangan Jadi Penyewa ato Pembeli yang Egois

Pertimbangan ke 16 ini sangat penting diperhatikan sama yang mau sewa ato beli apartemen yang masih bujang. Ga menutup kemungkinan apartemen itu akan menjadi tempat tinggal kita dengan pasangan nantinya. Termasuk dengan anak kita. Waktu 20 tahun masa sewa ato beli apartemen itu ga sebentar loh.

Jadi baiknya dari awal udah menentukan syarat apartemen yang bagus ga hanya untuk anak muda yang pengen hidup bebas. Tapi juga untuk lawan jenis kita dan anak-anak kita nantinya.

Perbandingan - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar www.deherba,com

Sumber Gambar www.deherba,com

17. Perbandingan

Seperti kita sebutkan dalam bagian pertama untuk lakukan penelitian pribadi sebelum sewa ato membeli apartemen. Kita harus sediakan minimal 2 apartemen untuk perbandingan. Kalo lebih justru itu bagus. Pastikan mengunjungi semua apartemen yang udah kita pilih tadi. Apa yang ada dalam gambar ato video ga selalu sama dengan kenyataannya.

Yah, terkadang saat baru berkunjung ke apartemen yang 1 kita sudah merasa bagus. Tapi jangan langsung kecantol ya. Selalu ada kemungkinan ketemu yang lebih bagus lagi.

Pilih Tempat Sesuai Kebutuhan Pekerjaan - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar news.okezone,com

Sumber Gambar news.okezone,com

18. Jangan Mau Diwakilkan Sama Orang Lain

Urusan tidur dan kegiatan pribadi lainnya kita lakukan dalam rumah. Jadi kita yang lebih tau seperti apa tempat yang nyaman untuk kita. Yah, baiknya sih jangan mau diwakilkan sama orang lain untuk kunjungan apartemennya.

Tapi kalo memang harus terpaksa pastikan orang itu bener-bener mengerti kita. Buat yang berpasangan pastikan sepakat dengan syarat-syarat yang udah dibuat diatas ya.

Nasehat penting untuk bagian ini adalah kalo udah kasih kepercayaan dari awal untuk dicarikan sama orang lain. Jadi gimana pun nanti pilihannya. Jangan jadi alasan untuk bermasalah ya. Sedangkan buat Mas Bro dan Mbak Bro yang diminta tolong mencarikan, pastikan selalu bertanya dan kasih berita gimana keadaan di TKP apa adanya.

Sepakat!!!?

Periksa Lingkungan Sekitar - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar beritalamongan,com

Sumber Gambar beritalamongan,com

19. Periksa Lingkungan Sekitar

Dalam kunjungan ke TKP nih Mas Bro dan Mbak Bro udah menentukan pilihan nih. Biar ga nyesel dikemudian hari. Silahkan cari tau apa aja fasilitas yang ada diluar lingkungan apartemen.

Buat yang suka olahraga bisa cari yang ada tamannya. Buat yang suka kegiatan malam silahkan disesuaikan. Khusus untuk pasangan suami istri, misalnya sedang dalam keadaan hamil pastikan dekat dari rumah sakit dan jauh dari tempat hiburan malam.

Jangan sampe nanti udah suka sama apartemennya. Eh ternyata kalo malam istirahatnya ga nyaman. Sayang sekali pemirsa.

Bertanya Sama Tetangga - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini 2 - Sumber Gambar www.merdeka,com

Sumber Gambar www.merdeka,com

20. Bertanya Sama Tetangga

Udah yakin nih sama semua fasilitas kebutuhan kita. Udah denger juga jawaban langsung yang punya apartemen. Lalu selanjutnya apa?

Gimana dengan tetangga. Udah denger belum pengalaman mereka selama tinggal disitu. Penting banget itu untuk semakin meyakinkan kita kalo lingkungannya bagus untuk kita.

Jangan tunggu nanti ya, segera aja ketuk pintunya.

Si Bangunan Masih ABG ato Udah Tua - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar www.jual-apartemen,com

Sumber Gambar www.jual-apartemen,com

21. Si Bangunan Masih ABG ato Udah Tua

Semua orang suka yang baru. Ga terkecuali dalam urusan apartemen. Usahakan sewa ato membeli apartemen yang terbilang baru. Kalo baru nanti kita ga ada pertimbangan untuk bertanya sama tetangga. Ini penting untuk rencana jangka panjang kita tinggal disana.

Untuk yang sewa ato membeli dari gedung apartemen yang baru. Satu-satunya bahan untuk pertimbangan adalah gimana sejarahnya pengembang apartemen. Baik ato buruk?

Hiburan Itu Penting - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar ozip.com,au

Sumber Gambar ozip.com,au

22. Hiburan Itu Penting

Buat yang suka acara santai tapi ga mau keluar-keluar apartemen. Juga buat keluarga yang mau buat acara kumpul. Pertimbangkan untuk memilih apartemen yang ada balkon dengan teras yang luas. Bagus lagi kalo ada kolam renang dan tamannya.

Jadi suasana kekeluargaan terbangun meskipun jauh dari daratan. Enaknya acara seperti itu dilakukan pagi hari ato sore hari. Sambil menikmati cahaya matahari yang lembut.

Urusan Parkiran Jangan Lupa dan Biaya Masuk Apartemen - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar klikbekasi.co

Sumber Gambar klikbekasi.co

23. Urusan Parkiran Jangan Lupa dan Biaya Masuk Apartemen

Ada beberapa apartemen yang menerapkan peraturan keluar masuk apartemen itu harus bayar. Nah, perlu tanyakan apakah kalo udah sewa ato beli apartemen disitu masih diterapkan peraturan yang sama.

Kalo ya, silahkan pertimbangkan sendiri apakah akan memilih disitu ato ga. Karena misalnya kalo biaya masuk udah Rp. 2.000 maka 1 bulan udah Rp. 60.000. Itu kalo sendiri, gimana kalo 1 keluarga ada 3 orang?

Silahkan hitung sendiri.

Selain biaya masuk seperti diatas. Ada juga kebijakan bayar lain, parkir.

Buat yang sibuk diluar mungkin ga terlalu menjadi bahan pikiran. Lalu gimana dengan yang kerjanya online dan bisa seharian adanya dirumah?

Gimana lagi kalo kita kedatangan tamu?

Buat acara diapartemen?

Huh, biayanya berapa lagi itu?

Ini rumah sendiri ato mall?

Silahkan pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan Mas Bro dan Mbak Bro ya.

Pastikan Udah Tau Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Apartemen - Mau Sewa ato Beli Apartemen Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar caracariku.blogspot,com

Sumber Gambar caracariku.blogspot,com

24. Pastikan Udah Tau Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Apartemen

Kalo memilih tinggal di apartemen daripada rumah biasanya. Maka dipastikan kita untuk urusan biaya diawal pembelian ato sewa akan jauh lebih murah. Kita juga bebas milih tempatnya, bebas memilih fasilitas sesuai dengan kebutuhan kita, dan terakhir aman.

Sayangnya buat jangka panjang harus disadari kalo biaya perawatan dan biaya tambahan lain akan besar setiap bulannya. Lalu buat yang suka bercocok tanam ga ada tempat luas. Apalagi yang suka dengan hewan peliharaan. Kebanyakan apartemen itu melarang hewan. Sedangkan yang terakhir yang berencana untuk jangka panjang maka nilai investasi apartemen lebih rendah daripada rumah.

Untuk lebih rinci dan jelasnya bagian ini akan kita jelaskan dilain waktu ya. Saat ini pastikan Mas Bro dan Mbak Bro menyadari 25 hal diatas. Termasuk keuntungan dan kerugian membeli dan/ato menyewa apartemen.

Pastikan Punya Cukup Uang Untuk Hidup di Apartemen - Mau Sewa ato Beli Apartemen? Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar poskotanews,com

Sumber Gambar poskotanews,com

25. Pastikan Punya Cukup Uang Untuk Hidup di Apartemen

Hidup di apartemen itu udah bagus. Tapi jangan lupa untuk biaya rawat inap ya. Pastikan punya cukup uang untuk hidup di apartemen. Karna masih banyak dana-dana tambahan yang akan menunggu didepan pintu setiap bulannya.

Jangan gara-gara pengen gampang kekantor ato keliatan keren. Eh, malah tekor diakhirnya.

Ambil Waktu Sebelum Melakukan Pembayaran - Mau Sewa ato Beli Apartemen? Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar www.donibastian,com

Sumber Gambar www.donibastian,com

26. Ambil Waktu Sebelum Melakukan Pembayaran

Kalo udah paham dengan semua pertimbangan diatas. Jangan buru-buru untuk membayar. Ambil waktu sebelum pembayaran. Ngobrol dengan keluarga ato temen bisa membuka pikiran kita.

Karna ga menutup kemungkinan, kita bisa tunda rencana untuk sewa ato beli apartemen. Karna alasan yang ga terduga.

Lakukan Pembayaran dengan Adanya Notaris - Mau Sewa ato Beli Apartemen? Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar harga.web.id

Sumber Gambar harga.web.id

27. Lakukan Pembayaran dengan Adanya Notaris

Kalo udah memastikan semuanya aman khususnya dokumennya ga bermasalah. Mintalah bantuan notaris untuk melakukan pemeriksaan ulang. Perlu dipastikan semua dokumen itu aman dan sah secara hukum.

Notaris juga baiknya membantu kita saat pembayaran. Supaya semuanya aman mencegah dari kemungkinan resiko kejahatan.

Apa yang Harus Dipikirkan Sebelum Apatemen Dijual? - Mau Sewa ato Beli Apartemen? Pertimbangkan 27 Hal Ini - Sumber Gambar cararahasia,com

Sumber Gambar cararahasia,com

Apa yang Harus Dipikirkan Sebelum Apatemen Dijual?

Oh ya, daritadi kebanyakan membantu calon penyewa dan/ato pembeli apartemen ya. Sebenarnya bisa juga dijadikan pertimbangan sebelum ada rencana apartemen dijual Mas Bro dan Mbak Bro.

Baca Juga
1. Apa Akibatnya Kalau Website Ga Rajin Diperbaharui dan Posting Setiap Hari?
2. 7 Kegiatan Produktif Biar Akhir Minggumu Ga Sia-sia

Udah terbuka setelah baca tulisannya Mas Bro dan Mbak Bro?

Jangan ragu buat bagikan tulisannya di media sosial ya. Kalo ada pertanyaan tinggalkan komentar dibawah ya.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Ada rencana sewa ato beli apartemen
Disini jelas udah 27 hal pertimbangan
Kalo ragu sama jawabannya temen
Punya apartemen ga lagi kenangan

Tembalang, Semarang
17:28 WIB, Minggu  04 September 2016
Tulisan Kita

Sumber tulisan :
cermati.com diakses pukul 16:38 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
freshome.com diakses pukul 21:46 WIB pada hari Sabtu, 03 September 2016
Gianetti. 2016. Tips Dalam Memilih Apartemen. gianetti.casa-goya.com/memilih-apartemen/ diakses pukul 16:38 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
Indonesia Investments. 2016. Analisis Pasar Properti Indonesia; Overview dan Kepemilikan Asing.  www.indonesia-investments.com/id/berita/kolom-berita/analisis-pasar-properti-indonesia-overview-kepemilikan-asing/item5728 diakses pukul 22:00 WIB pada hari Sabtu, 03 September 2016
Kadiranti, Maulina. 2010. 10 Hal Sebelum Membeli Apartemen. www.ideaonline.co.id/iDEA2013/Tips-Trik/10-Hal-Sebelum-Membeli-Apartemen diakses pukul 21:46 WIB pada hari Sabtu, 03 September 2016
Kumpulan Info. 2016. Plus Minus Tinggal Diapartemen. kumpulan.info/rumah/tips-rumah/241-keuntungan-kerugian-tinggal-di-apartemen.html diakses pukul 17:10 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
Maulana, Donny. 2010. Mengapa Memilih Apartment dan Apa Perbedaan Antara Apartment, Rusunami, Rusunawa dan Condotel. rusunamisubsidi.wordpress.com/2010/01/26/mengapa-memilih-apartment-dan-apa-perbedaan-antara-apartment-rusunami-rusunawa-dan-condotel/ diakses pukul 21:27 WIB pada hari Sabtu, 03 September 2016
Situs Apartemen. 2014. Pengertian Apartemen? Bagaimana Cara Memilih Apartemen. www.kompasiana.com/situsapartemen/pengertian-apartemen-bagaimana-cara-memilih-apartemen_54f951eca33311ac048b4cc7 diakses pukul 21:48 WIB pada hari Sabtu, 03 September 2016

Sumber Gambar :
asuransikesehatanjiwa.blogspot,com diakses pukul 18:12 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
beritalamongan,com diakses pukul 18:57 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
caracariku.blogspot.com diakses pukul 18:57 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
cararahasia.com diakses pukul 19:25 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
harga.web.id diakses pukul 19:01 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
www.donibastian.com diakses pukul 19:00 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
www.deherba.com diakses pukul 18:56 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
klikbekasi.co diakses pukul 18:55 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
lifeblogid.com diakses pukul 18:25 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
linpoin.xyz diakses pukul 18:35 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
medan.tribunnews.com diakses pukul 18:01 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
mediakonsumen.com diakses pukul 18:01 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
ozip.com,au diakses pukul 18:55 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
poskotanews,com diakses pukul 18:15 WIB pada Minggu, 04 September 2016
properti.liputan6,com diakses pukul 18:14 WIB pada Minggu, 04 September 2016
topsy.fr diakses pukul 18:30 WIB pada Minggu, 04 September 2016
www.cermati.com diakses pukul 18:03 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
www.djogjasumberberita.com diakses pukul 18:12 WIB pada Minggu, 04 September 2016
www.gagasanku.com diakses pukul 18:01 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
www.jual-apartemen,com diakses pukul 18:18 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
www.kajianpustaka.com diakses pukul 18:01 WIB pada Minggu, 04 September 2016
www.merdeka.com diakses pukul 18:21 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016
www.terasjatim.com diakses pukul 18:36 WIB pada hari Minggu, 04 September 2016

Tentang Kita
Twitter : kekitaan_
Line : @kekitaan
Facebook : Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Linkedin : kekitaan_
Pinterest : kekitaan_
Instagram : kekitaan_

3 Responses to “Mau Sewa ato Beli Apartemen? Pertimbangkan 27 Hal Ini Sebelumnya : #PanduanKita23

  • Woowww ini infonya sangat detail. Oh ya mungkin di masa mendatang ditambah lagi dong cara cek keabsahan sertifikat kepemilikan apartemen. Jadi kita beli secara aman

    • Salam Mas Bro / Mbak Bro

      Wah, makasih atas pujiannya.
      Jadi semangat untuk membuat tulisan lanjutannya.

      Makasih masukannya, kita udah buat kerangka tulisan tentang “cara cek keabsahan sertifikat kepemilikan apartemen”.
      Karna buat tulisannya ga boleh asal. Jadi butuh waktu buat penelitian dulu.
      Silahkan daftar jadi pelanggan tulisan aja.
      Nanti akan muncul pemberitahuan untuk tulisan terbaru.

      Salam kenal Dana Jakarta

      Mauliate
      Makasih

Trackbacks & Pings

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *