27 Hal yang Pasti Dialami Blogger Penuh Waktu dan Profesional: #KenyataanKita72

Sumber Gambar arenalte.com

Apa Aja yang Blogger Alami Setiap Harinya?
Apa Aja Masalah yang Sering Dihadapi Sama Blogger?

Jadi blogger itu bukan kerjaan gampang
Banyak waktu yang harus kita habiskan
Asal kita kerjain dengan hati yang senang
Maka kita pasti ga akan merasa tertekan

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Suka menulis?

Berminat jadi blogger?

Ato malah udah jadi blogger sekarang?

Kalo gitu obrolan kali ini bakal akrab buat kita ya.

Bukan pilihan yang gampang untuk meninggal kerjaan kita. Lalu memutuskan jadi blogger. Karna ini bukan ATM berjalan yang bisa langsung menghasilkan uang. Butuh waktu bulanan paling cepet buat menghasilkan. Banyak juga blogger yang udah curhat baru menghasilkan setelah tahunan.

Apalagi saat udah ambil kesempatan jadi blogger penuh waktu. Mengaku jadi blogger profesional. Kita akan jalani rutinitas yang baru. Berpindah dari rutinitas bangun, mandi, absen jari, kerja, pulang, absen jari, dan sampe rumah. Menjadi bangun, didepan komputer, makan, didepan komputer, dan tidur.

Apa Aja yang Blogger Alami Setiap Harinya?

Nah, dipastikan Mas Bro dan Mbak Bro akan kejadian 27 hal yang pasti dialami blogger penuh waktu dan profesional. Lalu apa aja itu?

Sumber Gambar cermati.com

1.Bingung Nentuin Tujuan Awal Ngeblog

90% Blogger Penuh Waktu yang kita wawancara bilang, ngeblog hanya sekedar berbagi. 10% sisanya ngeblog buat cari uang. Lalu setelah tiap hari berbagi lewat tulisan dan udah dapat penghasilan. Lalu apa lagi?

Baca Juga
1. 
Apa Akibatnya Kalo Situs ato Blog Kita Ga Rajin Posting Setiap Hari?
2. Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Internet Marketing?

Ini lah yag jarang sekali terpikirkan sama blogger. Sering kali blognya udah masuk peringkat ratusan nasional tapi ya gitu-gitu aja. Ngeblog jadi hanya rutinitas bukan sesuatu yang berdampak baik sama lingkungan. Berdampak baik sama keluarga udah pasti ya. Kan hasil ngeblog dimakan bareng-bareng.

Apa sih kita blogger bisa lakuin buat lingkungan kita?

Terus terang aja sekarang ini suka malas sama blogger baru yang hanya mikirin pengunjung banyak. Mereka ga plagiat itu bagus. Tapi itu baru nilai 7 loh. Untuk itu kita punya penelitian sendiri. Ada 2 tipe blogger saat ini yaitu:

a.Blogger jangan cuma buat tulisan asal banyak pembaca;

Kita harus mikirin tulisan, gambar, dan video yang mendidik Indonesia. Jangan hanya buat tulisan tentang kehebatan luar negeri. Lupa dimana kita duduk mengetik tiap hari.

b.Blogger jangan buat tema tulisan itu-itu aja.

Tulisan blogger paling banyak tersebar diluar sana ada 3 yaitu fakta unik, bagaimana cara, berita artis, dan berita hanya ikut tren. Ga banyak yang membuat tulisan tentang hasil pemikiran sendiri melawan masalah yang sedang terjadi. Saat banyak tipi bahas kasus sianida. Semua blogger bahas tentang itu.

Apa kita ga sadar kalo pembaca bosen dengan yang itu-itu aja.

Sumber Gambar cerita.picmix.it

2.Blogger Disepelein

Buat orang Indonesia pada umumnya blogger itu masih asing. Blogger masih dianggap hobi bukan kerjaan.

Bahkan parahnya buat orang awam blogger = penggangguran. Karna memang diawalnya ga menghasilkan sama sekali. Untuk itu sebelum memutuskan menjadi blogger. Kita udah punya tabungan untuk menjalani masa paceklik gajian.

Kita yang mutusin jadi blogger kan ga bodoh ya. Kita sadar ada orang yang sekilas ga punya kerjaan. Tapi kerjaannya hanya sekedar duduk-duduk didepan komputer.

Sumber Gambar downloadebookindonesia.com

3.Blogger Banyak Baca

Banyak baca banyak menulis. Itulah yang kita blogger lakukan tiap hari. Baca blog, ebook, email, status sosial media, dan situs-stus. Karna lewat baca ini kita ada ide-ide baru untuk dibuatkan menjadi tulisan.

Meski kita terkadang belasan bahkan puluhan lembar yang kita baca cuma jadi beberapa lembar tulisan aja.

Karna kita hanya ambil isi dari berbagai tulisan dan membuatnya jadi tulisan lain yang lebih bagus.

Untuk keadaan tertentu, kita juga bisa menulis sesuatu hanya berpatokan sama apa yang ada dalam kepala. Tanpa harus mengisi sumber tulisan.

Sumber Gambar www.finansialku.com

4.Blogger Ga Pernah Libur

Setuju sekali sama yang satu ini. Karna kita ga terikat sama atasan manapun. Kita juga bukan bawahan siapapun. Kita juga ga takut sama kertas ato pun mesin absen. Paling penting kita bukan budak dari budaya titip absen. Jadinya setiap hari itu liburan dan setiap hari juga kerja.

Saat orang lain pengen libur. Kita malah suka bingung hari ini mau libur ato ga. Tapi disitulah asiknya jadi blogger.

Sumber Gambar khoirul205.wordpress.com

5.Menulis Hanya 10% Dari Pekerjaan Blogger

Untuk blogger baru memang menulis itu jadi hal yang menyenangkan. Tapi saat blog udah kebanjiran pembaca. Udah saatnya membayar penulis untuk kerja sama kita.

Karna akan sangat penting merencanakan tulisan apa yang harus dikerjaan setiap hari. Supaya sesuai sama kebutuhan pembaca setia kita.

Karna tulisan bagus harus berdasarkan penelitian, menulis, promosi tulisan, dan teliti lagi. Meski menulis itu penting tapi terkadang tulisan bagus itu kuncinya. Adanya pada penelitian awal dan pada promosi tulisan. Karna kita ingin tulisan dibaca banyak orang tentunya.

Bahasan tentang seberapa pra penelitian sebelum membuat tulisan dan promosi tulisan. Kita obrolin lain kali ya.

Sumber Gambar asmarainjogja.id

6.Tiap Hari Hadapi Tekanan

Buat yang baru mulai jadi blogger pasti sangat ngerti sama keadaan ini. Baru-baru nulis tuh, segala sesuatu diurus sendiri. Jadi kalo ada salah ya urus sendiri. Misal tulisan kita dibilang plagiat sama orang lain misalnya. Kita harus berani jawab iya dan ga. Enaknya sih kalo dapat seneng kita bisa nikmatin sepuasnya tanpa diganggu sama orang lain. Dapat pesanan iklan misalnya.

Yah, apapun itu semua kerjaan ada baik dan buruknya. Tinggal pilih mana buruknya yang paling bisa kita atasi. Kalo udah pilih jadi blogger ya siap sama tekanan itu.

Sumber Gambar hanamera.com

7.Temen Kita adalah Laptop dan Komputer

Terkadang keren sih Mas Bro dan Mbak Bro. Kita cuma duduk didepan layar tapi kita bisa punya temen dimana-mana, diseluruh Indonesia.

Ruang chat, sms, dan email akan jadi temen sehari-hari kita. Selain blog dan situs kita sama akun sosial media kita.

Sumber Gambar bangka.tribunnews.com

8.Makan, Minum, dan Tidur Didepan Komputer

Paling sering sih makan, minum, tidur, dan ganti baju tuh didepan komputer ya.

Kalo bisa sih semua hal itu dilakuin persis didepan komputer. Pengennya. Sayangnya mandi dan buang air itu ga bisa ya.

Yap, meski aneh. Tapi kalo lagi pas asik menulis tapi panggilan alam untuk ke toilet memanggil. Kita bisa tahan meski sekebelet apapun itu. Hmm, terkadang.

9.Blogger Bekerja Sendiri

Kita boleh punya temen yang tersebar diberbagai penjuru. Tapi ujung-ujungnya kita tetep aja sendiri.

Itulah kenapa blogger suka kumpul sama temen-temennya satu kelompok. Sesama blogger misalnya, sesama penulis, dan sesama internet marketer.

Tapi tenang Mas Bro dan Mbak Bro, dibalik semua kesendirian kita itu. Kita ga sendiri. Karna temen-temen kita disana juga pada sendiri.

Sumber Gambar cms.facetofeet.com

10.Seneng Banget Kalo “Ketemu” Orang Baru

Ini bukan cuma terjadi didunia nyata. Tapi kalo didunia maya ketemu orang baru kita blogger seneng banget. Meski ketemu hanya lewat chat, sms, email, bahkan kolom komentar.

Alasan seneng ada 3 yaitu:

a.Kita punya kesempatan menjadikannya sebagai pembeli karya ato jasa kita;

b.Dia bisa menjadi rekan ga langsung untuk promosi gratis. Karna hasil obrolan kita akan diceritakan sama orang lain. Karya ato jasa kita akan disebarkan.

c.Ketiga, ada temen baru untuk bertukar pikiran dan mendapatkan ilmu baru.

Sumber Gambar arifmuzazin2.blogspot.co.id

11.Cuma Ibadah dan Kebelet yang Bisa Pindahkan Kita dari Depan Komputer

Yah, urusan keluarga juga. Tapi itu jarang banget.

Paling sering adalah urusan ibadah. Kalo ini memang ga  bisa ditinggalin ya untuk alasan apapun. Selanjutnya kalo kebelet, meski tulisan sepenting apapun. Urusan yang satu ini suka bandel ganggu jari-jari menari diatas keyboard.

Sumber Gambar ariepinoci.web.id

12.Kerja Ga Harus Mandi dan Rapi

Saat temen-temen kita pada sibuk bersihkan diri mau berangkat kerja. Kita cuma perlu geser pantat sedikit dan mulai kerja.

Ga perlu harus ke kamar mandi dulu. Kecuali panggilan alam sudah menanti.

Kalo pun tiba-tiba harus bertatap muka sama rekan kerja. Cukup rapikan bagian atas aja.

Lalu saat orang lain sibuk kerja kekantor. Blogger kerja itu ga harus ke kantor. Kerja juga bisa pake kolor.

Untuk urusan videoconfrence dan webinar. Atasan kita boleh pake kemeja dan jas. Tapi bagain bawah cukup dihiasi sama celana bola.

Sumber Gambar mamangadsense.blogspot.com

13.Jawab “Apa Sih Itu Blogger”

Banyak yang ga tau apa itu blogger. Nah, ini akan jadi bahan obrolan yang sering kita alami. Karna kita jarang keluar rumah. Pas kita keluar rumah maka akan ditanya “Kemana aja, kerja apa sekarang?”. “Oh, dirumah. Blogger”, kita jawab. “Blogger!?”,kening temen kita mengkerut.

Nah, silahkan jelaskan dengan singkat dan gampang dicerna.

Jawab aja penulis online. Kalo masih ditanya apa itu. Jawab aja, “suka baca tulisan disitus-situs kan?. Nah, itu kerjaan kita blogger”. Selesai.

Sumber Gambar dailysocial.id

14.Sulit Dapatin Persetujuan Jadi Pengiklan (Publisher)

Salah satu penghasilan utama kita blogger adalah menjadi pengiklan. Kita mendaftar situs ato blog kita sama situs pengiklan, supaya mereka bisa menampilkan iklan disitus kita.

Tapi sering kali ini sulit buat blogger baru. Padahal kita hanya perlu membuat tulisan, gambar, dan video yang asli karya kita sendiri ato membuat ulang karya orang lain dengan sebutkan sumbernya.

Itu aja maka dipastikan kita akan dapatkan persetujuan jadi pengiklan.

Masih bingung?

Kita bisa ngobrol soal itu. Silahkan hubungi kita lewat kontak dibawah ya. Kita nanti akan ngobrol soal itu ditulisan lain ya.

Sumber Gambar foseha.blogspot.com

15.Blogger Itu Santai dan Ga Kaku

Ga menutup kemungkinan memang ada blogger yang kaku. Tapi dia pasti jenis blogger yang lari dari jalur Pancasila dan UUD-nya Blogger.

Kebanyakan yang mau jadi blogger karna pengen hidup bebas dengan menjadi bos untuk diri sendiri. Jadinya kehidupan kita tiap hari bebas nentuin waktu, tempat, dan orang. Kita bebas nentuin mau kerja kapan, mau kerja dimana, dan mau ketemu sama siapa.

Sumber Gambar kitamuda.id

16.Blogger Itu Banyak Tahu Pengetahuan Umum

Bukan berarti kita pintar tapi seperti tadi dibilang. Kerjaanya blogger tuh membaca tiap hari.  Jadinya banyak hal baru yang kita tau setiap hari. Terkadang sehar-hari kita adalah kuliah bukan kita. Karna harus belajar hal baru tiap hari.

Sering kita kita nyambung mau ngomong sama siapa aja. Karna kita memang punya stok ilmu yang tersimpan diotak kita.

Hmm, blogger pas Bapak yang baik mendidik anak ya?

Kode.

Sumber Gambar poskotanews.com

17.Setiap Hari adalah Persaingan

Seperti tadi kita bilang, kalo tiap hari kita selalu didepan komputer. Mencari ide dengan membaca berbagai sumber tulisan. Jadinya kita tau seberapa jauh perkembangan para blogger. Kita juga tau seberapa hebatnya para saingan kita.

Meski kita bisa libur kapan aja dan ninggalin meja kerja. Tapi karna sadar sama persaingan ini. Maka membuat tulisan, gambar, dan video yang bagus tiap hari adalah keharusan. Kita harus bisa bersaing sama blogger lainnya.

Sumber Gambar aktual.com

18.Blogger Berhasil Itu Butuh Waktu

Buat yang udah bisa menulis. Menjadi blogger terkadang menjadi sangat mudah. Tapi untuk menghasilkan itu beda lagi ceritanya. Butuh bulanan bahkan tahunan.

Nah, apalagi yang pengen jadi blogger tapi ga bisa menulis sama sekali. Maka pada awalnya dia harus belajar dong menulis yang baik. Tenang menulis itu sebenernya ga susah kok. Mas Bro dan Mbak Bro cuma perlu Belajar Panduan Menulis. Khususnya pemula harus baca tentang 27 Cara dan Langkah Membuat Tulisan yang Bagus dan 100% dibaca banyak orang.

Sumber Gambar inet.detik.com

19.Blogger Itu Dididik Menghargai Orang Lain

Setiap kita kerja keras membaca dan membuat tulisan-tulisan berkualitas. Kita tau itu ga mudah. Oleh karna itu kita juga selalu menghargai karya orang lain dengan sebutkan sumbernya. Kita ga mau asal copy paste. Karna itu kerjaan blogger karbitan. Karna kita juga ga mau karya diambil orang lain tanpa sebutkan sumbernya.

Sumber Gambar doktersehat.com

20.Blogger Ga Ada Libur Tapi Kerja 24 Jam

Ironi kan ya?

Bisa libur kapan aja tapi bisa kerja 24 jam tanpa berhenti. Itu kenyataan yang harus kita terima. Karna ga kerja ga makan. Kalo orang bisa titip absen. Buat kita itu haram, karna memang ga bisa.

Apalagi kalo dapat kerjaan menulis dari perusahaan dan mereka minta kerjaanya selesai dalam 1 hari. Siap-siap lah begadang.

Anehnya, saat banyak pekerja kantoran dan PNS yang ngantuk di jam kerja. Kita justru melek ditengah malah buat ngisi kantong kita.

Sumber Gambar blog.tokopedia.com

21.Sering Kali Habiskan Waktu Berjam-jam Hanya Untuk 1 Tulisan Aja

Satu-satunya dan hanya 1 alasan pengunjung datang ke situs kita adalah membaca tulisan kita. Jadi kalo tulisan ga bagus maka hilanglah pendapatan kita. Jadi kalo Mas Bro dan Mbak Bro denger istilah “konten adalah raja” itu ga berlebihan ya.

Konten disini maksudnya adalah tulisan, gambar, dan video ya Mas Bro dan Mbak Bro. Penampilan itu memang penting tapi apa jadinya kalo cantik-cantik hmm beg*. Apalagi anak baru tuh, blogger baru suka terlalu mikirin penampilan tapi ga kerja keras untuk membuat tulisan yang bagus. Maka hasilnya akan nol besar.

Belum tau ada yang bisa menghasilkan ratusan juta hanya dengan blog gratis dengan penampilan biasa.

Sumber Gambar hipwee.com.jpg

22.Suka Bosen dan Malas Jadi Blogger

Semua itu ada masanya.

Termasuk jadi blogger, saat pengunjung masih segitu-gitu aja. Pasti ada rasa bosen dan malas. Biasanya ada 2 alasan kenapa kita tiba-tiba semangat menulis lagi. Kalo bukan karna liat saingan kita lagi gencar-gencarnya buat tulisan. Pasti karna blog kita tiba-tiba dapat pengunjung banyak ato pengunjung yang banyak tanya.

Kita ingin segera menyaingi dan ingin segera memuaskan para pembaca. 2 kenyataan ini yang udah kita alami di kekitaan.com.

Kita suka sama apa yang kita kerjain sebagai blogger. Tapi bukan berarti masa-masa bosen dan malas ini bisa kita hindari ya.

Sumber Gambar detak-unsyiah.com

23.Makan dan Istirahat Ga Teratur

Ini sering kali baru kita sadari saat udah mulai menikmati masa-masa menulis. Pada awal-awalnya tuh kita ga peduli dan ga terlalu mikirin. Sampe akhirnya kita sadari beberapa pemicu berikut:

a.Berat badan berkurang ato berlebihan.

b.Badan tiba-tiba kurus ato tiba-tiba gemuk.

c.Kita suka ngatuk tiba-tiba.

d.Bertemu sama temen ato keluarga yang jarang ketemuan.

Sampe saat ini jujur aja susah ngatur waktu untuk menulis. Kalo bukan karna ada acara keluarga dan kerjaan diluar. Maka kita bakal tetep milih buat duduk didepan komputer membiarkan jari-jari menari diatas papan berhuruf ini.

Panduan Kita

Saat ini jalan keluar terbaik untuk ini yaitu menentukan jadwal yang ga terlalu ketat untuk diri sendiri.

a.Sediakan waktu buat makan;

Terserah mau menulis kapan aja. Tapi pastiin jam makan sarapan, makan siang, dan makan malam ga terlewat. Karna terus terang logika tanpa logistik itu ga bisa jalan.

b.Sediakan waktu buat istirahat;

Kalo mau sehat ya 6-8 jam tiap hari. Kalo kita sih pake istirahat dari pukul 22:00 – 05:00 WIB.

c.Sediakan waktu buat jalan-jalan;

Waktu paling baik sih diakhir minggu. Tapi buat yang ga suka keramaian. Pake aja waktu awal minggu buat jalan-jalan. Saat orang-orang pada sibuk mulai kerja. Kita mulai jalan-jalan.

Sumber Gambar hipwee.com

24.Blogger Juga Bisa Bingung

Bahasa umumnya sih stres dan frustasi. Tapi kita lebih suka sebut bingung. Karna saat jadi blogger kita alami masa-masa bingung mau menulis ato ga, mau menulis kapan, dan mau menulis apa. Biasanya sih ini disebabkan karna beberapa hal yaitu:

a.Kita kerja lewati batas kemampuan;

b.Telat lapor hasil kerjaan sama rekanan diluar;

c.Sulit mutusin kerjasama dengan rekanan dengan bayaran mepet;

d.Buru-buru pengen selesai menulis;

e.Terima banyak kerjaan tapi ga bisa ngatur waktu;

f.Kebanyakan kerjaan jadi lupa janji sama rekanan;

g.Takut kecewain rekanan karna udah terlanjut terima kerjaan;

Kenyataanya 3 dari 10 orang pasti alami stress karna kerjaan. Lalu hanya 36% tempat kerja yang kasih waktu, tempat, dan orang buat ngatasi itu.

Nah, ada baiknya Mas Bro dan Mbak Bro bisa atur waktu, tempat, dan mau ketemu siapa. Kalo lagi bingung sama kerjaan. Lebih berhenti sebentar dan tau harus ngapain. Daripada kerja terus tapi tenggelam. Ingat aja ilustrasi renang ya. Sepandai apapun renang kalo capek dan bingung ya menepi.

Sumber Gambar republika.co.id

25.Ada Situs Tertentu yang Selalu Kita Kunjungi Tiap Hari

Yap, pasti pada ngangguk sama yang satu ini. Karna ada beberapa situs yang pasti kita kunjungi tiap hari yaitu:

a.Situs penganalisis kata kunci;

b.Situs periksa peringkat blog;

c.Situs pemeriksa tren;

d.Situs pemeriksa plagiat dan typo;

Keempat situs diatas itu situs wajib untuk hasilkan tulisan yang bagus dan 100% akan dibaca banyak orang.

Sumber Gambar teknikhidup.com

26.Lupa Tujuan Ngeblog

Nah, ini nih. Pernah ga sih gara-gara kebanyakan pikiran. Ga sadar suka kelewatan kalo berkendara. Itu kejadian juga sama blogger.

Karna keasikan ngejar pembaca sebanyak mungkin. Kita suka lupa diri sama tujuan awal ngeblog.

Jangan sampe ngeblog bertahun-tahun sia-sia ya. Mulia sekarang belajar membuat catatan sendiri. Apa yang kita alami selama ngeblog karna itu akan menjadi tulisan yang bagus nantinya.

Sumber Gambar nazmilaura.blogspot.co.id

27.Ngeblog Itu Penghasilan Ga Menentu

Ini sengaja kita obrolin terakhir ya. Biar kita bahas sampe tuntas.

Jadi tuh sejak 27 Oktober 2007 disahkan adanya Hari Blogger Nasional. Berarti sejak 2007 lalu kita udah diakui sebagai kerjaan buat hidup. Tapi meski gitu ga banyak yang bahas tentang suka dukanya menjadi blogger.

Jadi blogger memang punya penghasilan besar tapi tuh itu bisa naik drastis dan turun drastis. Nah, untuk itu kita ada 2 jalan keluar yaitu:

1.Punya Kerjaan Sampingan

Selain ngeblog baiknya Mas Bro dan Mbak Bro punya peliharaan ATM lain. Baiknya kalo kerjaan itu bisa dipromosiin lewat blog kita.  Jadi saling melengkapi. Bisa misalnya toko online ato jasa yang bisa dijual lewat online.

Kalo Mas Bro dan Mbak Bro bingung, kita obrolin itu dalam 27 Peluang Usaha Online dengan Ngeblog dan 27 Pekerjaan Online Menghasilkan Pake Blog dan Situs.

2.Rajin Menulis Tiap Hari

Supaya penghasilan kita ga menurun mendadak. Pastikan raja selalu diterbitkan setiap hari ya.

Baca Juga
1. Apa yang Ga Boleh Dilakukan Sama Blogger Pemula?

2. Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Content Marketing?

Obrolan kita ini aja contohnya dikerjain sampe 2 hari. Sempat ditinggal bentar diatas meja kerja. Lalu mata melek langsung dikerjain. Biar penghasilan ga turun drastis.

Sebarin ya Mas Bro dan Mbak Bro sama temen-temen sesama blogger ya. Apalagi yang berminat jadi blogger.

Kalo masih ada pertanyaan, silahkan isi kolom komentar dibawah ya

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Semua kerjaan bisa menghasilkan
Termasuk menjadi seorang blogger
Kalo masih ada yang dipertanyakan
Jangan tunggu sampe bulan desember

Tembalang, Semarang
12:59 WIB, Rabu 14 Desember 2016
Tulisan Kita

Sumber Tulisan:

Blogooblok.  2016. 20 Hal Yang Dirasakan Full Time Blogger. www.blogooblok.com/2016/10/20-hal-yang-dirasakan-full-time-blogger.html diakses pukul 03:04 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
Lumbantobing, Linda Ria. 2015. Stres di Tempat Kerja. www.bppk.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel/150-artikel-keuangan-umum/20279-stres-di-tempat-kerja diakses pukul 12:56 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
Rizkiansyah, Wahyu Titian. 2016. Ini 6 Kesulitan yang Sering Dialami Blogger Masih Pengen-Ngeblog?. www.murahvps.com/ini-6-kesulitan-yang-sering-dialami-blogger-masih-pengen-ngeblog diakses pukul 11:12 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016

Sumber Gambar:
arifmuzazin2.blogspot.co.id diakses pukul 15:00 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
ariepinoci.web.id diakses pukul 15:02 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
arenalte.com diakses pukul 13:32 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
asmarainjogja.id diakses pukul 14:28 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
bangka.tribunnews.com diakses pukul 14:36 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
blog.tokopedia.com diakses pukul 15:50 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
cerita.picmix.it diakses pukul 14:01 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
cermati.com diakses pukul 13:54 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
cms.facetofeet.com diakses pukul 14:52 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
dailysocial.id diakses pukul 15:15 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
detak-unsyiah.com diakses pukul 16:03 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
doktersehat.com diakses pukul 15:45 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
downloadebookindonesia.com diakses pukul 14:03 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
foseha.blogspot.com diakses pukul 15:03 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
hipwee.com diakses pukul 13:54 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
inet.detik.com diakses pukul 15:35 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
health.detik.com diakses pukul 14:39 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
internasional.republika.co.id diakses pukul 16:01 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
khoirul205.wordpress.com diakses pukul 14:22 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
kitamuda.id diakses pukul 14:22 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
mamangadsense.blogspot.com diakses pukul 15:04 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
nazmilaura.blogspot.co.id diakses pukul 16:04 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
poskotanews.com diakses pukul 15:30 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
republika.co.id diakses pukul 16:04 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
teknikhidup.com diakses pukul 16:07 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
suara.com diakses pukul 13:32 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016
www.finansialku.com diakses pukul 14:14 WIB pada hari Rabu, 14 Desember 2016

Tentang Kita
Twitter :
kekitaan_
Line :
@kekitaan
Facebook :
Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Linkedin : Kekitaaan Kita
Pinterest : Kekitaan Kita
Instagram : kekitaan_

19 Responses to “27 Hal yang Pasti Dialami Blogger Penuh Waktu dan Profesional: #KenyataanKita72

  • Waw menarik sekali, pengen deh jadi blogger hihihi 😀
    Boleh dong minta panduannya 😉
    Salam perkenalan, dari akun fb Junanto Viseroi atau email Junantoviseroi@yahoo.com

    • Salam Mas Bro Junanto

      Wah, makasih nih kalo suka.
      Mas Bro silahkan add aja akun sosial media kita dipaling bawah ya.
      Klik aja linknya.

      Mau panduan gimana nih?
      Udah ada dasar menulis belum ya?

      Mauliate
      Makasih

  • waw, sebagian besar ada di diri saya, hahaha.
    Tapi ini jadi pemicu untuk lebih mau membuat tulisan yang lebih bagus
    thanks ya atas sharingnya

    • Salam Mas Bro Artha N Johar

      Wah, seneng nih kalo Mas Bro suka.
      Yang mana nih yang paling pas sama Mas Bro?

      Mauliate
      Makasih

  • Yang ngeblognya jarang-jarang seperti saya saja sudah mengalami beberapa hal di atas. Apalagi yang fulltime yah …

    • Salam Mbak Bro Dyah

      Hahaha, bener banget.
      Mbak sendiri ngalamin yang nomor berapa nih?

      Mauliate
      Makasih

  • Hihihi 😀 Saya sendiri sibuk kerja, tidak bisa fokus ngeblog :p

    • Salam Mas Bro Junanto

      Wah, sayang banget Mas Bro.
      Dulu awal ngeblog, alasannya apa?
      alamat blognya apa Mas Bro?

      Mauliate
      Makasih

  • yang sedang saya alami #22

    • Salam Mas Bro / Mbak Bro BT

      Hahaha, semangat Mas Bro.
      Blogger yang udah hasilin puluhan 000 rupiah dari blog pernah rasain itu kok.

      Mauliate
      Makasih

  • Salam kenal mas. Saya Faisol Abrori, admin SURGA BLOGGING. Hehehe… Abis jalan-jalan nih, artikel nya lebih lengkap. Hehehehe… Iya deh, moga sering-sering mampir ke Surgablogging.com ya ?

    • Salam Mas Bro

      Makasih Mas Bro.
      Lebih lengkapnya gimana maksudnya ya?

      Yoa Mas Bro.

      Mauliate
      Makasih

  • halo mauliate

    saya melihat tulisan saudara bagus dngn refernsi yang kuat

    saya tidak salah

    pasti penulisnya nulis dengan usaha untuk bisa sebagus ini.

    bener luar biasa

    salam dari karanganyar

    mukhofas

    • Salam Mas Bro M

      Wah makasih pujiannya Mas Bro M.
      Salam juga dari Semarang.

      Kenal sama salah satu bloggernya ga nih?

      Mauliate
      Makasih

  • rasanya… baca ini… kok,,,, agak…. mengganggguuu saya yakk….

    hahaha

    saya bukan blogger profesional, cuma blogger biasa om. bukan juga newbie, saat ini cuma kepikiran sharing tips n review. pengen sih dapat penghasilan tetap, tapi saya sbiuk dengan pekerjaan saya.

    cinta sebagai blogger, saya suka

    • Salam Mas Bro / Mbak Bro SA

      Hahaha, kok mengganggu?
      Kalo mau menghasilkan dari ngeblog sih harus berani terjun 100%.

      Mauliate
      Makasih

  • sebagian besar poin-poin yang disebutkan Saya pun merasakanny. enaknya jd blogger ga terikat dan bisa travelling kapanpun. selagi ada uang
    hehehhe, tp sengsaranya klo lg sepi job…duh..duhh harus kencangkan ikat pinggang

    • Salam Mbak Bro STN

      Wah, ngerasain yang mana aja nih Mbak Bro?
      Memang biasanya dapat kerjaan yang seperti apa Mbak Bro?

      Mauliate
      Makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *