Tempat Wisata di Jogja : Jika Ingin Merasakan Dinginnya Jogja, Datanglah ke Kaliurang : #HariKhusus11

Sumber Gambar : www.inilahtempatwisata.com

Apa Aja Sih Tempat Wisata yang Dianjurkan Di Kaliurang, Yogyakarta?

Naik delman pake kebaya
Beli minum usir dahaga
Lestarikan Jogja berbudaya
Agar kita semua berbahagia

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Udah pernah ke Yogya belum?

Udah pernah nginep di hotel Jogja?

Kadang disebut Jogja, Yogya, jogjakarta, dan kadang juga Yogyakarta. Apapun itu kita sama-sama ya cara bacanya ya Jogjakarta.

Jogja agaknya memang ga pernah berhenti menebarkan pesonanya. Setiap pengunjung baru diundang untuk datang ke tempat wisata Jogja. Hotel-hotel di Jogja pun selalu siap menampung orang-orang yang mau explore Jogja. Setiap hari, wilayah istimewa ini selalu suguhin daya tarik. Jadi keberadaanya ga pernah luput dari kedatangan para pelancong dari berbagai penjuru dunia. Umumnya, mereka memburu tempat wisata Jogja yang populer yang berada di pusat kota.

Kawasan tempat wisata Jogja semakin ramai dikunjungin karna adanya sarana transportasi kereta api. Kalo beberapa tahun lalu di Jogjakarta kita harus mengantri lama untuk mendapatkan tiket kereta api di stasiun, kini semuanya menjadi lebih mudah. Di Traveloka, pemesanan tiket kereta bisa kita lakukan di mana aja dan kapan aja. Hanya dalam hitungan menit, kode pemesanan sampe di tangan, kita pun siap berwisata dengan nyaman. Pemesanan hotel di yogyakarta juga semakin mudah dengan aplikasi ini. Banyak pilihan hotel murah di jogja. Tempat Wisata di Jogja seperti Air Terjun Tlogo Muncar, Museum Ullen Sentalu, Gardu Pandang, Gua Jepang, Kaliadem, dan Museum Gunung Api Merapi udah menunggu dimasukin dalam bingkai digital.

Tempat wisata di Jogja yang paling dikenal oleh seluruh wisatawan adalah Jalan Malioboro. Selain strategis, tempat wisata di jogja yang satu ini juga ga jauh dari stasiun kereta api. Namun sayangnya, kawasan Malioro dan sekitarnya sering panas di siang hari.

Apabila kita ingin menikmati wisata Jogja dengan suhu udara yang cukup dingin, datanglah ke tempat wisata kaliurang. Wilayah yang terletak di kaki Gunung Merapi ini memiliki berbagai tempat wisata menarik yang akan memberikan kita pengalaman berbeda selama di Jogja.

Baca Juga : 27 Tempat Wisata Paling Indah di Indonesia

Sumber Gambar : topindonesiaholidays.com

Apa Aja Sih TempatWisata yang Dianjurkan Di Kaliurang, Yogyakarta?

Saat berada di Kaliurang, berikut ini beberapa tempat wisata kaliurang yang bisa kita kunjungi.

1.Museum Ullen Sentalu

Langkah pertama kita explore jogja dimulai dari sini. Museum Ullen Sentalu berada di Jl. Boyong Taman Wisata Kaliurang. Ada banyak pilihan hotel kaliurang kalo Mas Bro dan Mbak Bro mau nginep. Jarak museum ini dari kota Yogyakarta kurang lebih 25 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30-45 menit. Kebanyakan orang biasanya nyewa jeep ato motor buat sekedar jalan-jalan serta menimati keindahan museum dan sekitarnya. Hotel murah di jogja disekitarnya siap menampung tubuh kita yang capek setelah perjalanan. Hotel di yogyakarta terbilang ga mahal kok jadi pilih aja yang terdekat ke tempat wisata biar hemat waktu. Hotel murah di jogja bukan yang sulit buat ditemuin.

Jangan lupa nyiapin uang, ya. Karna disini ada biaya masuknya juga. Buat pengunjung domestik Jogjakarta, dewasa dikenakan biaya sebesar Rp 30.000, anak-anak usia 5-16tahun Rp 15.000. beda sama pengunjung mancanegara, buat orang dewasaya kena sebesar Rp 50.000 dan anak-anak sebesar Rp 30.000

Museum cantik yang berlokasi di lereng Merapi ini menyajikan berbagai koleksi dari dinasti Mataram, seperti lukisan, pakaian adat, batik, dan silsilah keturunan raja. Museum ini juga memiliki desain yang unik dan menarik, serta dikelilingi pepohonan rindang sehingga menjadikannya senantiasa sejuk dan asri.

Saat memasuki museum, kita akan ditemani oleh seorang pemandu yang akan membimbing kita menuju ruang-ruang yang tersebar di seluruh penjuru museum. Selain itu, kita juga akan memperoleh penjelasan atas seluruh koleksi.

Di sana, kita juga bisa menikmati segarnya minuman tradisional yang bernama Jamu Ratu Mas. Konon, jamu tersebut bisa membuat siapa aja yang meminumnya akan tampak awet muda. Tentu aja, kita ga perlu membelinya karna Museum Ullen Sentalu memberikannya secara gratis kepada seluruh pengunjung. Jadi ga usah ragu buat beristirahat di hotel kaliurang, biar deket

Di deket Museum Ullen Sentalu ini juga banyak terdapat tempat/warung makan yang bisa kita cicipi, contohnya seperti tengkleng gajah, yang biasanya dipatok harga Rp 30.000. Tapi ga cuma tengkleng, kok. Masih ada menu lain seperti gule kambing, sate, dan kawan-kawannya yang bikin nagih dan laper seketika hilang.

Baca Juga : 27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah

Sumber Gambar : babatpost.com

2.Museum Gunung Api Merapi

Langkah kedua explore jogja ke tempat wisata Yogyakarta ini. Museum 2 lantai ini resmi berdiri pada 2010 silam. Tepatnya berada di kawasan lereng Merapi, di Jalan Boyong,Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Di daerah sini ada banyak pilihan hotel kaliurang.

Akses menuju ke Museum Gunung Api Merapi ini ga susah. Kalo dari arah Yogyakarta, menyusuri sepanjang Jalan Kaliurang. Sekitar 20 km menyusuri jalan, belok ke arah kiri dan tinggal ikutinajajalan menuju tempat wisata kaliurang dan masuk melalui pintu masuk sebelah barat.

Setelahnya, Mas Bro dan Mbak Bro akan nemuin gerbang masuk wisata. Kalo udah nemu, silahkan belok kanan. Museum ini terletak persis di ujung jalannya.

Buat biaya masuknya, orang dewasa dikenakan Rp 3.000 per tiket dan anak-anak Rp 2.000. disini juga nyediain tiket film yang bisa kita dapetin cuma dengan Rp 5.000.

Museum yang lebih dikenal dengan sebutan Museum Merapi ini adalah salah satu wisata edukasi yang berada di Desa Harjobinangun, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Jogjakarta. Museum ini memiliki desain bangunan yang cukup unik berbentuk kerucut, yang merupakan perpaduan antara desain modern dan tradisional.

Di Museum Gunung Api Merapi ini, kita bisa nyaksiin berbagai fenomena yang terjadi pada gunung teraktif di dunia, yaitu Gunung Merapi. Di sana, kita bisa mempelajari lapisan gunung dari kerak bumi, tipe-tipe letusan, lelehan erupsi, hingga proses mitigasi bencana letusan.

Setelah berkeliling melihat beragam jenis koleksi, kini saatnya kita duduk beristirahat di sebuah ruang teater mini. Di sana, kita akan menyaksikan sebuah film berdurasi sekitar 24 menit, yang bercerita tentang Gunung Merapi yang mampu menghasilkan kawasan subur hingga peristiwa letusan yang mampu membumihanguskan hampir seluruh kawasan di sekitar. Setelah capek dengan semua kegiatan fisik hotel di kaliurang mudah untuk dijangkau. Ada banyak alternatif hotel di Yogyakarta untuk pilihan mau beristirahat setelah “kelayapan”.

Setelah itu lanjutin lagi karna ga cuma wisata jalan-jalan, tapi di kaki merapi ini kita juga bisa wisata kuliner. Ada berbagai macam kuliner dekat sini yang menunya bervariasi. Mulai dari sate kelinci, jadah tempe, ingkung ayam, sampe wedang ronde. Harganya pun juga ga terlalu menguras dompet. Mulai dari Rp 10.000an aja!

Sumber Gambar :  namaku-prast.blogspot.com

3.Kaliadem

Kawasan Kaliadem adalah tujuan penting saat explore Jogja. Wisata Yogyakarta ini dahulu merupakan hutan lindung. Namun kini, kawasan tersebut sudah berubah menjadi hamparan bebatuan dan pasir-pasir kasar, hasil muntahan letusan. Di sana, kita bisa nyaksiin megahnya Gunung Merapi dari jarak yang cukup dekat. Dari hotel di kaliurang kita bisa liat pemandangan keren.

Di Kaliadem, terdapat sebuah ruangan bawah tanah yang bernama Bungker Kaliadem. Saat memasuki bungker, kita bisa melihat beberapa barang peninggalan yang menjadi saksi peristiwa letusan Merapi di tahun 2006.

Objek wisata Kaliadem ini ada di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Sekitar 35km dari Yogya. Kalo mau kesini bisa pake mobil ato bis yang beroperasi dari Kaliurang. Dan disarankan banget buat pake kendaraan pribadi.

Banyak kios yang jual makanan dan minuman bagi para pengunjung.  Rasanya capek berkeliling? Tenang, di tempat ini juga disediakan penginapan. Kalo menginap di daerah lereng, wisatawan bisa memesan kamar di salah satu hotel Kaliurang. Kalo mau deket kota ada banyak hotel murah di jogja bisa dipilih.

Kuliner disekitaran sini seperti tempe bacem dan sate kelinci, adalah khas wisata di kaliurang lainnya. Dijamin murah dan rasanya unik. Mulai dari harga Rp 2.000an sampe Rp 15.000 buat bacem dan sate kelincinya. Nginep aja di hotel di jogja biar bisa menikmati itu semua.

Kesini di siang hari ato pun malam hari sama serunya. Kalo malam, para wisatawan bisa menyaksikan lava yang bersinar keluar perlahan dari kawahnya. Biar ga kedinginan, jangan lupa pake jaket ato baju-baju hangat kalo minat berkunjung di malam hari.

Sumber Gambar : jurirakyat.net

4.Gua Jepang

Gua Jepang merupakan bekas tempat berlindung para tentara Jepang dari tentara sekutu pada Perang Dunia II. Gua yang dijadiin wisata yogyakarta ini terletak di sekitar kawasan Merapi ini memiliki 25 pintu, yang mana ruang-ruang di dalamnya saling berhubungan.

Untuk mencapai gua ini, kita harus mendaki selama sekitar 45 menit. Namun jangan khawatir, di sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi indahnya pemandangan hijau di sekitar dari pohon-pohon besar yang menjulang, serta panorama dari atas ketinggian.

Letak Gua Jepang ada di atas bukit Plawangan, memang bikin kita harus sedikit bersusah susah mendaki dahulu baru deh bisa menikmati peninggalan sejarah sekaligus indahnya pemandangan perbukitan wisata di kaliurang.

Mas Bro dan Mbak Bro pengen main ke sini?

Ga usah ribet mikirin penginapan, ada hotel di kaliurang yang bisa jadi pilihan. Kalo mau deket ke kota hotel di yogyakarta juga jadi pilihan kok.

Siapin stamina yang fit buat mendaki dan juga harus sedia payung sebelum hujan kalo kata pepatah. Berhati-hatilah di musim hujan karna jalannya becek dan licin.

Baca Juga : 27 Tempat Wisata Terbaik yang Dianjurkan Di Pulau Jawa

Sumber Gambar : tribunnews.com

5.Gardu Pandang

Nyaksiin kemegahan Gunung Merapi juga bisa kita lakuin di Gardu Pandang, Kaliurang. Di lokasi wisata Yogyakarta ini, kita bisa bersantai sambil menikmati indahnya alam sekitar, serta segarnya hawa Kaliurang. Ada beberapa hotel di jogja yang bisa suguhin pemandangan ini juga.

Selain gardu pandang, di tempat ini juga tersedia taman dan beberapa gazebo. Ada juga fasilitas lain seperti kantin, toilet, dan musala agar para pengunjung bisa menikmati area wisata dengan lebih nyaman.

Sekarang gardu pandang turgo, disulap jadi taman lampu / lampion yang konsepnya hampir mirip dengan taman pelangi di monumen jogja. Selalu dimeriahkan dengan taman lampion dan aneka wisata kuliner, pentas band lokal, dan hiburan lainnya tiap tanggal 31 Desember menjelang tahun baru.

Festival lampion di taman ini bisa dinikmati dari rumah-rumah warga Kaliurang mulai pukul 16.00 sampai 23.00 WIB.

Aksesnya kesini kalo dari arah barat Universitas Gadjah Mada, ada plang yang menuju Jalan Kaliurang dan lurus terus sampe ke patung udang. Trus Mas Bro dan Mbak Bro lurus ke atas sampe ke taman kaliurang, dari taman kaliurang bisa ambil ke kanan lurus terus ada pertigaan tetap lurus.

Setelah itu bisa ambil kiri dan akan nemuin prempatan. Pilih jalur kanan aja sampe deh di gerdu pandang jikalau malam sebagai taman lampion kaliurang. Bisa diakses pake kendaraan pribadi, motor ato pun mobil. Buat tiket masuknya cukup membayar Rp 15.000 di hari-hari biasa. Tapi kalo lagi akhir pekan ato hari libur tertentu dikenakan sebesar Rp 20.000.

Murahkan kan?

Jadi pilih aja salah satu hotel di kaliurang buat nginep.

Baca Juga : 27 Tempat Wisata Terbaik yang Dianjurkan Di Pulau Sumatera

Sumber Gambar : Slemanonline.com

6.Air Terjun Tlogo Muncar

Nyaksiin derasnya air terjun dipercaya mampu hilangin penat serta menyegarkan pikiran. Kalo kita ingin menikmati pesona air terjun di Jogja, tempat wisata yang harus kita kunjungi adalah Air Terjun Tlogo Muncar.

Lokasinya berjarak 28 kilometer dari pusat kota Jogjakarta ga susah buat menuju ke Air Terjun Tlogo Muncar. Dapat diakses dengan mudah pake kendaraan roda dua, mobil, ato bahkan bis pariwisata. Jalan menuju tempat wisata  Air Terjun Tlogo Muncar jugaudah beraspal sampe ke tempat lokasi.

Tujuan wisata yang dikenal dengan sebutan Air Terjun Kaliurang ini berada lereng Gunung Merapi, di ketinggian 878 mdpl. Sejak letusan Merapi di tahun 2006, debit air terjun ini menjadi berkurang. Agar bisa melihat derasnya air terjun, sebaiknya kita datang di musim penghujan.

Kaliurang yang terletak di sisi utara Jogja bisa menjadi pilihan wisata yang nawarin tempat wisata Jogja yang nyaman dengan udara yang masih bersih dan segar. kita juga ga perlu khawatir kesulitan menemukan tempat menginap. Sebab, hotel atau vila di Kaliurang yang kita inginkan bisa kita pesan melalui Traveloka.

Di hotel di jogja, ada banyak pilihan kamar yang menawarkan beragam fasilitas dengan harga yang cukup terjangkau.

Kawasan wisata berpadu dengan panorama alam yang indah dan berhawa sejuk. Didukung sama fasilitas camping ground, ada taman rekreasi anak, ada hutan wisata, ada hotel melati, ada pondok wisata, ada juga tempat pertemuan dan seminar, sarana olah raga dan juga warung telepon.

Pengunjung cuma perlu bayar retribusi wisata Rp 8.000 per orang buat dapet paket komplitnya wisata alam plus-plus dari Air Terjun Tlogo Muncar.

Selamat menikmati dinginnya Jogja di kawasan wisata Kaliurang. Hotel di jogja punya sensasi tersendiri dinginnya.

Kalo main ke tempat wisata di jogja jangan lupa mampir ke tempat wisata di kaliurang dan main bersama keindahan alamnya. Mulai dari sekarang bikin daftar prioritas dan sempetin berkunjung ke Daerah Istimewa nya Indonesia ini, ya! Kalo ada saran ato pertanyaan, kita nerima banget. Bisa langsung kontak kita dibawah ya.

Monggo, ojo isin-isin…

Matur nuwun sanget…

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Hari Minggu makan blewah
Duduk d
itemani sate kelinci
Jogjaku daerah istimewa
Di antara hamparan bumi

Tembalang, Semarang
20170318 0002WIB Rabu
Tulisan Temen kita – S

Sumber Tulisan
Admin. 2016. Rute Perjalanan Wisata Ke Taman Lampion Gardu Pandang Kaliurang Jogjatopiknugroho.com diakses pukul 11:31 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
Citra. 2012. Menengok Goa Jepang [Kaliurang-Yogyakarta]citraciprutworld.wordpress.com diakses pukul 11:28 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
Gulangguling. 2016. Informasi Jadwal dan Tiket Festival Taman Lampion Kaliurang 2016. gulangguling.com diakses pukul 11:32 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
Ksmtour. 2016. Air Terjun Tlogo Muncar Suasana Eksotis di Yogyakarta. ksmtour.com diakses pukul 11:43 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
Njogja. 2017. Ullen Sentalu, Museum Terbaik di Indonesianjogja.co.id diakses pukul 11:12 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
Outing Jogja. 2015. Museum Gunung Merapi Kaliurang, Tiket Masuk Museum Merapioutingjogja.com diakses pukul 11:15 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
Projesct02. 2013. Melihat Uniknya Museum Ullen Sentalupanduanwisatajogja.com diakses pukul 11:04 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
Rendewill Art. 2015. Tengkleng Gajah Yogyakarta (Menu dan Harga).jogjarove.com diakses pukul 11:10 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
SP, Ayu Dian. 2016. Air Terjun Tlogo Muncar, Wisata dan Budayaslemanonline.com diakses pukul 11:21 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
Uliel, Amie. 2015. Yuk Ngadem di Kaliadem, Yogyakarta! ngadem.com diakses pukul 11:26 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017

Sumber Gambar
babatpost.com diakses pukul 11:41 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
inilahtempatwisata.com 11:23 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
jurirakyat.netdiaksespukul 11:23 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
namaku-prast.blogspot.com diakses pukul 11:47 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
slemanonline.com diakses pukul 12:00 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
topindonesiaholidays.com diakses pukul 12:01 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
tribunnews.com diakses pukul 12:07 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017

3 Responses to “Tempat Wisata di Jogja : Jika Ingin Merasakan Dinginnya Jogja, Datanglah ke Kaliurang : #HariKhusus11

  • Yogya memang …, kereeen 👍
    Saking banyaknya destinasi wisata kadang malah bikin kebingungan mau nentuin ke arah lokasi mana duluan … hahahaha 😅

    Unik ya ke Ullen Sentalu …, tiketnya berikut free jamu.
    Bagus konsepnya, ikut mengenalkan budaya minum jamu untuk para turis.

    • Salam Mas Bro Himawan Sant
      Wuih, kayaknya hapal bnaget Yogya nih ya?
      Maulaite
      Terimakasih

  • Salam kembali, kak Maulaite ⚘
    Iya,kak aku cukup hafal lokasi-lokasi wisata di Jogja …, tapi belum kudatangin kesemuanya.
    Semoga kelak kesampaian mengeksplore seluruh wisata di Jogja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *