Jika Ingin Merasakan Dinginnya Jogja, Datanglah ke Kaliurang : #HariKhusus11

Sumber Gambar : www.inilahtempatwisata.com

Apa Aja Sih Tempat Wisata yang Dianjurkan Di Kaliurang, Yogyakarta?

Naik delman pake kebaya
Beli minum usir dahaga
Lestarikan Jogja berbudaya
Agar kita semua berbahagia

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Udah pernah ke Yogya belum?

Jogja agaknya memang ga pernah berhenti menebarkan pesonanya. Setiap hari, wilayah istimewa ini selalu suguhin daya tarik. Jadikeberadaanya ga pernah luput dari kedatangan para pelancong dari berbagai penjuru dunia. Umumnya, mereka memburu wisata-wisata populer yang berada di pusat kota.

Kawasan wisata Jogja semakin ramai dikunjungin karna adanya sarana transportasi kereta api. Jika beberapa tahun lalu kita harus mengantre lama untuk mendapatkan tiket kereta apidi stasiun, kini semuanya menjadi lebih mudah. Di Traveloka, pemesanan tiket keretabisa kita lakukan di mana saja dan kapan saja. Hanya dalam hitungan menit, kode pemesanan sampe di tangan, kita pun siap berwisata dengan nyaman.

Baca Juga
1. 
27 Tempat Wisata Paling Indah di Indonesia
2. 
27 Tempat Wisata yang dianjurkan Untuk Dikunjungi di Provinsi Jawa Tengah

Tempat wisata yang paling dikenal oleh seluruh wisatawan adalah Jalan Malioboro. Selain strategis, kawasan tersebut juga ga jauh dari stasiun kereta api. Namun sayangnya, kawasan Malioro dan sekitarnya sering panas di siang hari.

Apabila kita ingin menikmati wisata Jogja dengan suhu udara yang cukup dingin, datanglah ke Kaliurang. Wilayah yang terletak di kaki Gunung Merapi ini memiliki berbagai tempat wisata menarik yang akan memberikan kita pengalaman berbeda selama di Jogja.

Apa Aja Sih TempatWisata yang Dianjurkan Di Kaliurang, Yogyakarta?

Saat berada di Kaliurang, berikut ini beberapa lokasi wisata yang bisa kita kunjungi.

Sumber Gambar : topindonesiaholidays.com

1.Museum Ullen Sentalu

Berada di Jl. Boyong Taman Wisata Kaliurang. Jarak museum ini dari kota Yogyakarta kurang lebih 25 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30-45 menit. Kebanyakan orang biasanya nyewa jeep ato motor buat sekedar jalan-jalan serta menimati keindahan museum dan sekitarnya.

Jangan lupa nyiapin uang, ya. Karna disini ada biaya masuknya juga. Buat pengunjung domestik dewasa dikenakan biaya sebesar Rp 30.000, anak-anak usia 5-16tahun Rp 15.000. beda sama pengunjung mancanegara, buat orang dewasaya kena sebesar Rp 50.000 dan anak-anak sebesar Rp 30.000

Museum cantik yang berlokasi di lereng Merapi ini menyajikan berbagai koleksi dari dinasti Mataram, seperti lukisan, pakaian adat, batik, dan silsilah keturunan raja. Museum ini juga memiliki desain yang unik dan menarik, serta dikelilingi pepohonan rindang sehingga menjadikannya senantiasa sejuk dan asri.

Saat memasuki museum, kita akan ditemani oleh seorang pemandu yang akan membimbing kita menuju ruang-ruang yang tersebar di seluruh penjuru museum. Selain itu, kita juga akan memperoleh penjelasan atas seluruh koleksi.

Di sana, kita juga bisa menikmati segarnya minuman tradisional yang bernama Jamu Ratu Mas. Konon, jamu tersebut bisa membuat siapa saja yang meminumnya akan tampak awet muda. Tentu saja, kita ga perlu membelinya karna Museum Ullen Sentalu memberikannya secara gratis kepada seluruh pengunjung.

Di deket museum ini juga banyak terdapat tempat/warung makan yang bisa kita cicipi, contohnya seperti tengkleng gajah, yang biasanya dipatok harga Rp 30.000. Tapi ga cuma tengkleng, kok. Masih ada menu lain seperti gule kambing, sate, dan kawan-kawannya yang bikin nagih dan laper seketika hilang.

Sumber Gambar : babatpost.com

2.Museum Gunung Api Merapi

Museum 2 lantai ini resmi berdiri pada 2010 silam. Tepatnya berada di kawasan lereng Merapi, di Jalan Boyong,Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

 Akses menuju kesini ga susah. Kalo dari arah Yogyakarta, menyusuri sepanjang Jalan Kaliurang. Sekitar 20 km menyusuri jalan, belok ke arah kiri dan tinggal ikutinajajalan menuju objek wisata Kaliurang dan masuk melalui pintu masuk sebelah barat.

Setelahnya, Mas Bro dan Mbak Bro akan nemuin gerbang masuk wisata. Kalo udah nemu, silahkan belok kanan. Museum ini terletak persis di ujung jalannya.

Buat biaya masuknya, orang dewasa dikenakan Rp 3.000 per tiket dan anak-anak Rp 2.000. disini juga nyediain tiket film yang bisa kita dapetin cuma dengan Rp 5.000.

Museum yang lebih dikenal dengan sebutan Museum Merapi ini adalah salah satu wisata edukasi yang berada di Desa Harjobinangun, Kecamatan Cangkringan, Sleman, Jogja. Museum ini memiliki desain bangunan yang cukup unik berbentuk kerucut, yang merupakan perpaduan antara desain modern dan tradisional.

Di museum ini, kita bisa menyaksikan berbagai fenomena yang terjadi pada gunung teraktif di dunia, yaitu Gunung Merapi. Di sana, kita bisa mempelajari lapisan gunung dari kerak bumi, tipe-tipe letusan, lelehan erupsi, hingga proses mitigasi bencana letusan.

Setelah berkeliling melihat beragam jenis koleksi, kini saatnya kita duduk beristirahat di sebuah ruang teater mini. Di sana, kita akan menyaksikan sebuah film berdurasi sekitar 24 menit, yang bercerita tentang Gunung Merapi yang mampu menghasilkan kawasan subur hingga peristiwa letusan yang mampu membumihanguskan hampir seluruh kawasan di sekitar.

Ga cuma wisata jalan-jalan, tapi di kaki merapi ini kita juga bisa wisata kuliner. Ada berbagai macam kuliner dekat sini yang menunya bervariasi. Mulai dari sate kelinci, jadah tempe, ingkung ayam, sampe wedang ronde. Harganya pun juga ga terlalu menguras dompet. Mulai dari Rp 10.000an aja!

Sumber Gambar :  namaku-prast.blogspot.com

3.Kaliadem

Kawasan Kaliadem, dahulu merupakan hutan lindung. Namun kini, kawasan tersebut sudah berubah menjadi hamparan bebatuan dan pasir-pasir kasar, hasil muntahan letusan. Di sana, kita bisa menyaksikan megahnya Gunung Merapi dari jarak yang cukup dekat.

Di Kaliadem, terdapat sebuah ruangan bawah tanah yang bernama Bungker Kaliadem. Saat memasuki bungker, kita bisa melihat beberapa barang peninggalan yang menjadi saksi peristiwa letusan Merapi di tahun 2006.

Objek wisata Kaliadem ini ada di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Sekitar 35km dari Yogya. Kalo mau kesini bisa pake mobil ato bis yang beroperasi dari Kaliurang. Dan disarankan banget buat pake kendaraan pribadi.

Banyak kios yang jual makanan dan minuman bagi para pengunjung.  Rasanya capek berkeliling? Tenang, di tempat ini juga disediakan penginapan. Kalo menginap di daerah lereng, wisatawan bisa memesan kamar di salah satu penginapan di Kaliurang.

Kuliner disekitaran sini seperti tempe bacem, sate kelinci, dan makanan khas kaliurang lainnya. Dijamin murah dan rasanya unik. Mulai dari harga Rp 2.000an sampe Rp 15.000 buat bacem dan sate kelincinya.

Kesini di siang hari ato pun malam hari sama serunya. Kalo malam, para wisatawan bisa menyaksikan lava yang bersinar keluar perlahan dari kawahnya. Biar ga kedinginan, jangan lupa pake jaket ato baju-baju hangat kalo minat berkunjung di malam hari.

Sumber Gambar : jurirakyat.net

4.Gua Jepang

Gua Jepang merupakan bekas tempat berlindung para tentara Jepang dari tentara sekutu pada Perang Dunia II. Gua yang terletak di sekitar kawasan Merapi ini memiliki 25 pintu, yang mana ruang-ruang di dalamnya saling berhubungan.

Untuk mencapai gua ini, kita harus mendaki selama sekitar 45 menit. Namun jangan khawatir, di sepanjang perjalanan, kita akan disuguhi indahnya pemandangan hijau di sekitar dari pohon-pohon besar yang menjulang, serta panorama dari atas ketinggian.

Letak guanya yang ada di atas bukit Plawangan, memang bikin kita harus sedikit bersusah susah mendaki dahulu baru deh bisa menikmati peninggalan sejarah sekaligus indahnya pemandangan perbukitan di Kaliurang.

Mas Bro dan Mbak Bro pengen main ke sini? Siapin stamina yang fit buat mendaki dan juga harus sedia payung sebelum hujan kalo kata pepatah. Berhati-hatilah di musim hujankarna jalannya becek dan licin.

Sumber Gambar : tribunnews.com

5.Gardu Pandang

Menyaksikan kemegahan Gunung Merapi juga bisa kita lakukan di Gardu Pandang, Kaliurang. Di lokasi wisata ini, kita bisa bersantai sambil menikmati indahnya alam sekitar, serta segarnya hawa Kaliurang.

Selain gardu pandang, di tempat ini juga tersedia taman dan beberapa gazebo. Ada juga fasilitas lain seperti kantin, toilet, dan musala agar para pengunjung bisa menikmati area wisata dengan lebih nyaman.

Sekarang gardu pandang turgo, disulap jadi taman lampu / lampion yang konsepnya hampir mirip dengan taman pelangi di monumen jogja. Selalu dimeriahkan dengan taman lampion dan aneka wisata kuliner, pentas band lokal, dan hiburan lainnya tiap tanggal 31 Desember menjelang tahun baru.

Festival lampion di taman ini bisa dinikmati dari rumah-rumah warga Kaliurang mulai pukul 16.00 sampai 23.00 WIB.

Aksesnya kesini kalo dari arah barat Universitas Gadjah Mada, ada plang yang menuju Jalan Kaliurang dan lurus terus sampe ke patung udang. Terus Mas Bro dan Mbak Bro lurus ke atas sampe ke taman kaliurang, dari taman kaliurang bisa ambil ke kanan lurus terus ada pertigaan tetap lurus.

Setelah itu bisa ambil kiri dan akan nemuin prempatan. Pilih jalur kanan aja sampe deh di gerdu pandang jikalau malam sebagai taman lampion kaliurang. Bisa diakses pake kendaraan pribadi, motor ato pun mobil. Buat tiket masuknya cukup membayar Rp 15.000 di hari-hari biasa. Tapi kalo lagi akhir pekan ato hari libur tertentu dikenakan sebesar Rp 20.000.

Sumber Gambar : Slemanonline.com

6.Air Terjun Tlogo Muncar

Menyaksikan derasnya air terjun dipercaya mampu menghilangkan penat serta menyegarkan pikiran.Kalo kita ingin menikmati pesona air terjun di Jogja, tempat wisata yang harus kita kunjungi adalah Air Terjun Tlogo Muncar.

Lokasinya berjarak 28 kilometer dari pusat kota Yogyakarta ga susah buat menuju ke Air Terjun Tlogo Muncar. Dapat diakses dengan mudah pake kendaraan roda dua, mobil, ato bahkan bis pariwisata. Jalan menuju tempat wisata  Air Terjun Tlogo Muncar jugaudah beraspal sampe ke tempat lokasi.

Tujuan wisata yang dikenal dengan sebutan Air Terjun Kaliurang ini berada lereng Gunung Merapi, di ketinggian 878 mdpl. Sejak letusan Merapi di tahun 2006, debit air terjun ini menjadi berkurang. Agar bisa melihat derasnya air terjun, sebaiknya kita datang di musim penghujan.

Kaliurang yang terletak di sisi utara Jogja bisa menjadi pilihan wisata yang menawarkan tempat-tempat wisata yang nyaman dengan udara yang masih bersih dan segar. kita juga ga perlu khawatir kesulitan menemukan tempat menginap. Sebab, hotel atau vila di Kaliurang yang kita inginkan bisa kita pesan melalui Traveloka.

Di sana, ada banyak pilihan kamar yang menawarkan beragam fasilitas dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca Juga
1. 
27 Tempat Wisata Terbaik yang Dianjurkan Di Pulau Jawa
2. 27 Tempat Wisata Terbaik yang Dianjurkan Di Pulau Sumatera

Kawasan wisata berpadu dengan panorama alam yang indah dan berhawa sejuk. Didukung sama fasilitas camping ground, ada taman rekreasi anak, ada hutan wisata, ada hotel melati, ada pondok wisata, ada juga tempat pertemuan dan seminar, sarana olah raga dan juga warung telepon.

Pengunjung cumaperlu bayar retribusi wisata Rp 8.000 per orang buat dapet paket komplitnya wisata alam plus-plusdari Air Terjun Tlogo Muncar.

Selamat menikmati dinginnya Jogja di kawasan wisata Kaliurang.

Kalo ke Yogya jangan lupa mampir ke Kaliurang dan main bersama keindahan alamnya. Mulai dari sekarang bikin daftar prioritas dan sempetin berkunjung ke Daerah Istimewa nya Indonesia ini, ya! Kalo ada saran ato pertanyaan, kita nerima banget. Bisa langsung kontak kita dibawah ya.

Monggo, ojo isin-isin…

Matur nuwun sanget…

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Hari Minggu makan blewah
Duduk d
itemani sate kelinci
Jogjaku daerah istimewa
Di antara hamparan bumi

Tembalang, Semarang
Rabu 00.02 WIB 18 Maret 2017
Tulisan Temen kita – S

Sumber Tulisan
Admin. 2016. Rute Perjalanan Wisata Ke Taman Lampion Gardu Pandang Kaliurang Jogja.topiknugroho.com/taman.lampion.gardu.pandang.htmldiaksespukul 11:31 padahariSabtu, 25 Maret 2017
Citra. 2012. Menengok Goa Jepang [Kaliurang-Yogyakarta].citraciprutworld.wordpress.com/2012/11/09/menengok-goa-jepang-kaliurang-yogyakarta/diaksespukul 11:28 padahariSabtu, 25 Maret 2017
Gulangguling. 2016. Informasi Jadwal dan Tiket Festival Taman Lampion Kaliurang 2016. gulangguling.com/2016/12/13/informasi-jadwal-dan-tiket-festival-taman-lampion-kaliurang-2016/diaksespukul 11:32 padahariSabtu, 25 Maret 2017
Ksmtour. 2016. Air Terjun Tlogo Muncar Suasana Eksotis di Yogyakarta. ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/yogyakarta/air-terjun-tlogo-muncar-suasana-eksotis-di-yogyakarta.htmldiaksespukul 11:43 padahariSabtu, 25 Maret 2017
Njogja. 2017. Ullen Sentalu, Museum Terbaik di Indonesia.njogja.co.id/museum-dan-monumen/ullen-sentalu-museum-terbaik-di-indonesia/diaksespukul 11:12 padahariSabtu, 25 Maret 2017
Outing Jogja. 2015. Museum Gunung Merapi Kaliurang, Tiket Masuk Museum Merapi.outingjogja.com/2016/05/museum-gunung-merapi-kaliurang-tiket.htmldiaksespukul 11:15 padahariSabtu, 25 Maret 2017
Projesct02. 2013. Melihat Uniknya Museum Ullen Sentalu.panduanwisatajogja.com/melihat-uniknya-museum-ullen-sentalu/diaksespukul 11:04padahariSabtu, 25 Maret 2017
Rendewill Art. 2015. Tengkleng Gajah Yogyakarta (Menu dan Harga).jogjarove.com//2015/11/tengkleng-gajah-yogyakarta-menu-dan.htmldiaksespukul 11:10padahariSabtu, 25 Maret 2017
SP, Ayu Dian. 2016. Air Terjun Tlogo Muncar, Wisata dan Budaya.slemanonline.com/air-terjun-tlogo-muncar.htmldiaksespukul 11:21padahariSabtu, 25 Maret 2017
Uliel, Amie. 2015. Yuk Ngadem di Kaliadem, Yogyakarta!ngadem.com/yuk-ngadem-di-kaliadem-yogyakarta/diaksespukul 11:26padahariSabtu, 25 Maret 2017

Sumber Gambar
babatpost.com diakses pukul 11:41 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
inilahtempatwisata.com 11:23 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
jurirakyat.netdiaksespukul 11:23 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
namaku-prast.blogspot.com diakses pukul 11:47 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
slemanonline.com diakses pukul 12:00 pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
topindonesiaholidays.com diakses pukul 12:01 WIB pada hari Sabtu, 25 Maret 2017
tribunnews.com diakses pukul 12:07 pada hari Sabtu, 25 Maret 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *