Ternyata #CallBackTour Ga Bener-Bener? – Ulasan Tentang Alur dan Baik Buruknya : #SabtuBerkawan

Sumber Gambar : @standupindosmg

Gimana Sih Cerita Soal #CallBackTour di Semarang?
Apa yang Bisa Dipelajari Dari #CallBackTour di Semarang?

Pelawak namanya Jarwo Kwat
Ada lagi namanya Jaja Miharja
Lucu itu ga perlu dibuat-buat
Cukup ngomong keresahan aja

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Udah pernah nonton stand up comedy live?

Karna beda loh.

Beda banget sama yang nonton di tipi ato diinternet.

Meskipun kita nonton rekaman dari penampilan live.

Sumber Gambar : bimbimblitar.web.id/2014/08/25/5-jalan-terbaik-di-indonesia/

Gimana Sih Cerita Soal #CallBackTour di Semarang?

Sebelumnya jam 18:00-an WIB udah mulai ada yang datang loh.

Padahal tadi malam hari Jumat, 12 Mei 2017 pukul 19:00 WIB lewat sedikit banyak. Acara baru dimulai.

Biar penonton ga diphp. Panitia langsung kasih tau berita buruk dari awal. Kalo @rahmetababil. Keracunan makan di Kudus, setelah makan pecel. Mas Bro Rahmet ga muncul langsung tapi muncul lewat video durasi kurang lebih 1 menit. Dia minta maaf ga bisa membuat penonton Semarang. Minta didoain biar cepet sehat dan berdoa juga buat penonton.

Penonton kayaknya belum terlalu ngeh sama isi video. Sampe video diputar 2 kali.

Dan … pertunjukan harus berjalan.

Diawali dari voice over MC. Sambutan lucu-lucu kecil dimulai sama penonton.

“Siap buat #CallBackTour?” katanya dengan sedikit medok jawanya.

Penonton hening.

[1]Iki ditakoni loh?”, MC ngomong lagi.

Ada tawa-tawa kecil mulai keluar.

“Siap buat #CallBackTour?” katanya lagi.

“iiiiaaappppp”, kata beberapa dengan ga niat. Kayak masih bingung sama keadaan BallRoom Hotel Semesta.

Paling kita ingat dari sambutan tadi malam adalah, “Udah pamitan sebelum datang kesini?”.

Penonton jawab “udahhhh”.

Udah pamitan sama pacar?”

Kompak pada jawab, “udahhh”.

[2]Parah ki, moso pacare ra di jak?. Lah meriki karo sopo?”, MC membalas lagi.

Ketawa penonton semakin kuat dan kompak.

Perhatian mereka udah mulai menyatu sama voice over.

Cara ini bagus buat menarik perhatian penonton.

Supaya pas komikanya masuk. Semua langsung nangkep sama komedi yang disampein.

Sumber Gambar : @standupindosmg

MC pun kenalin opener 1, Rizqy Fazaaaaa.

Lagu Fly Away dari J-Rocks pun berkumandang.

Faza masuk dengan baju warna hijau.

Paling teringat adalah materi soal pengandaian “kalo misal kita udah tau masuk neraka. Di dunia kita bakal berbuat baik ga?”

Oh ya, sama 1 lagi soal malaikat yang ngamen didepan pintu Surga.

Malaikat ngamen tapi dengan gaya banci coba.

Malaikat loh.

Mau tau rinciannya materinya. Ikuti aja kegiatan Mas Bro Faza dan temen komika Semarang lainnya setiap minggu di Open Mic. Rincian kegiatannya bisa diliat di sosial media “dalamstagram” dan “tukang kicau” @standupindosmg .

Selanjutnya, setelah materi soal malaikat ngamen yang diakhiri dengan nada Faza yang susah dapetnya. Eh malah lucu.

Opener 1 pun selesai.

Sejauh penyampaian materi Mas Bro Faza penyampaiannya (bahasa kerennya delivery) tenang. Tapi karna penonton datang dari berbagai latar belakang. Materinya soalnya Pondok Pesantren dan Tampang Arab hanya bener-bener memikat ke beberapa orang.

Merek yang pernah alami ato pernah bersinggungan sama materi itu. Pasti seneng banget dan ingat banget materi itu.

Itulah kenapa materi yang bener-bener kerucut, tajam banget punya pengikut setia.

Karna tadi malam ada yang bener-bener ketawa terpingkal-pingkal. Meski ada yang ketawanya sekedar lucu. Tapi ga menikmati keresahan dari Mas Bro Faza itu.

Lanjut, …

Sumber Gambar : @standupindosmg

MC kembali kenalin, opener 2 “si Rising Star, Thariq Kamallll”, sebut MC kenceng.

Kalo materi Mas Bro satu ini paling banyak kita ingat.

Materi si kawan ini bener-bener jujur.

Lucunya barengan sama miris sih. Tapi asik dan enak diikuti dari awal sampe akhir.

Harus kita akui, materinya lebih mudah diingat daripada Mas Bro Faza. Ini bukan perbandingan baik dan buruk ya. Tapi lebih kearah selera dan isu sosial yang diangkat jadi materi.

Dia cerita soal dulu kerja di sebuah perusahaan ekspedisi.

“Sebut aja JNE”, katanya. Ketawa tiba-tiba pecah

“Biar kita ga ketauan apa nama perusahaan sebenernya”, katanya lagi. Ketawa pecah lagi.

Dulu dia kerja sebagai IT Support di JNE.

Jadi kalo komputer pegawai yang bermasalah itu jadi jobdesc-nya.

Nah, kalo ada komputer pegawainya yang bermasalah. Dia deketin pegawainya, pegang pundaknya. Trus bilang, “semangat”.

Sejenak penontom diam lalu pecah ketawa.

“Kan IT support”, Mas Bro Thariq Kamal menimpali lagi.

Ketawa lebih pecah lagi.

Itu dulu kerjaannya tapi sekarang ga lagi.

Karna dia udah fokus pengangguran.

Meski gitu dia ga pengen dicap buruk.

Dia rajin bangun pagi.

Setiap pagi dia menikmati pemandangan indah. Liat buruh sama guru yang berangkat kerja.

Dulu waktu masih kerja, Mas Bro Thariq ngaku kalo Bapaknya ulang taun dia kasih hadiah.

“Pak, mau kado apa? Baju, celana, sepatu?”

Ga nak, kamu semangat kerja aja

Eh, sekarang meski udah pengangguran. Thariq tetap ngomong ke bapaknya.

“Pak, semangat kerjanya ya”, katanya pelan.

“Biar bisa beli aku baju, celana, sepatu.”

Seharusnya teknik callback[3] ini pecah sih. Tapi sayangnya kurang karna penyebutan kalimatnya yang sempet blibet.

Saat lagi asik menikmati keresahannya Mas Bro Thariq dipanggung tiba-tiba dia udahan aja.

Jujur sih, kita kaget ya. Ken-tang.

Kita tuh masih pengen terus gitu.

Tapi apa daya, Mas Bro Thariq Kamal ga kuat main lama.

Cepet banget selesainya.

Yah, meski penyampaiannya keliatan grogi. Tapi asik ngikutinnya. Tau tau selesai aja.

Lalu ada jeda beberapa belasan sampe puluhan detik. Setelah opener kedua turun panggung.

Panggung kosong. Penonton diam.

MC lewat voice over kembali berbunyi, “Iyaaa, sengaja dilama-lamain”.

Sumber Gambar : @standupindosmg

MC lalu kenalin Artis #CallBackTour Pertama, Rigennnnn

Diiringi lagu beat yang ga sesuai sama tampak sangarnya. Rigen naik ke panggung.

Buat materinya kita ga mau banyak obrolin disini ya Mas Bro dan Mbak Bro. Kan abis ini masih ada lagi pertujukan ngomong keresahan secara berdiri mereka di kota-kota lain.

Tepatnya malam ini Stand Up Indo Ungaran jadi panitinya. Acaranya ada di Auditorium Universitas Ngudi Waluyo, Ungaran. Acaranya dimulai pukul 19:00 WIB sama seperti acara tadi malam di Hotel Semesta.

Nah kalo dari sisi lain, sayangnya sih materi toiletnya Rigen tadi malam terlalu banyak. Trus ga kasih pesan moral / kritik sosial tertentu untuk dibawa pulang sama penonton. Terbilang sekedar menghibur. Ga ada pesan kuat yang bisa kita jadiin pegangan.

Tapi tadi malam cerita soal materi Rigen di panggung tuh asik dan jujur.

Ga usah terlalu mikirin soal teknik. Meski ada beberapa yang terselip ya.

Rigen cuma ngomongin apa adanya soal masalahnya.

Tampil apa adanya.

Dia ngomongin soal temennya yang sakit.

Ngomongin soal ga dimintai foto

Dan ini paling penting

Ngomongin soal deg-degan di kamar mandi yang ga bisa dikunci.

Secara keseluruhan dari penampilannya tadi malam. Khusunya dari sisi penyampaian, ketenangan, dan tampil apa adanya, Rigen bisa jadi contoh.

Sumber Gambar : @standupindosmg

MC lalu kenalin Artis #CallBackTour Kedua, Indra Frimawan

Komika yang dianggap ganteng ini ternyata masuk dengan penampilan yang ga layak disebut ganteng. Dari sisi pakean.

Indra Frimawan itu jadi salah Komika yang kita sukai di Stand Up Comedy Indonesia 5 yang tayang di kompastv. 2 tahun lalu.

Tau penyanyi dangdut Annisa Bahar dengan ciri khasnya Goyang Patah-Patah.

Nah, kalo Indra Frimawan komedinya itu patah-patah dan twistnya yang selalu masuk akal. Tapi ga kebetak.

Kita bakal sering bilang, “apa sih?”. Setelah denger buah pikirnya.

Anehnya kita ketawa.

Itulah yang terjadi tadi malam.

“Apa sih?”, selalu diikuti ketawa.

Kalo dalam sehari-hari komedi yang disampein Mas Bro Frimawan kita kenal receh. Tapi mencari materi seperti itu sebenernya ga mudah. Apalagi harus cari puluhan materi. Apalagi kalo disampein dalam sebuah pertunjukan puluhan menit.

Seberapa banyak coba kemodi kecil coba yang harus disampein.

Belum lagi kalo ada yang kelupaan. Yah, meski kejadian ya.

Secara keseluruhan tadi malam Mas Bro Indra bisa menghibur kita. Kalo dari kepadatan tawa Mas Bro Indra wokaylah.

Nah, setelah selesai sampein materinya.

Mas Bro Rigen naik panggung lagi.

Lagi asik ngobrol sama penonton.

Mas Bro Indra ternyata masih ada senjata yang belum dikeluarin.

Kayaknya ada materi yang kelupaan sih. Lalu dibacain satu persatu sambil ditemenin sama Rigen.

Kayaknya sih itu sengaja mereka buat deh buat nutupin waktu dari Rahmet yang ga jadi tampil.

Tapi soal penampilan.

Materi Mas Bro Indra Frimawan yang paling kita ingat tadi malam adalah saat tiba-tiba …

Indra Frimawan berjalan mundur

Lalu bilang, “Aku pengen kenal kamu lebih jauh”.

Penonton pecah.

Meski ada beberapa yang diam sedang memikirkan sesuatu.

Seperti lagi ngecap rasa makanan dan mikir.

Indra Frimawan selesaiinnya materinya terbilang lama.

Jadi enak dia.

Ga cepet keluarnya.

Setelah materi kelupaan tadi keluar satu per satu.

Mas Bro Rigen dan Mas Bro Indra ucapin terimakasih.

Lalu tiba-tiba muncul kue ultah dari panitia buat Indra Frimawan. Dia ngaku malam pergantian 12 Mei ke 13 Mei 2017 umurnya bakal 26 taun.

Mas Bro  Thariq Kamal dan Rizqy Faza bawa kuenya dan foto bersama dipanggung.

Saat doa sebelum tiup lilin tuh seru lagi.

Mas Bro Indra Frimawan berdoa buat Indonesia dulu sebelum buat dirinya.

Kalo pejabat doa kayak gitu kan kita bakal salut ato muak.

Tapi kalo komedian yang doa kayak gitu. Jadi lucu semua ketawa, penonton dan panitia termasuk Rigennnnn.

Acara pun ditutup dengan foto bersama dengan artis.

Pertama yang beli tiket VIP dulu baru penontoh lainnya.

Apa yang Bisa Dipelajari Dari #CallBackTour di Semarang?

Pertama, melihat perbandingan materi antara artis utama dan artis pembuka tadi malam. Komika lokal harus semangat. Karna perbedaannya ga jauh dan ga berat-berat amat.

Bedanya cuma di jam terbang aja.

Jadi Mas Bro dan Mbak Bro semangat menulis buat open mic ya.

Sumber Gambar upstudioits.blogspot.co.id

Kok Bisa #CallBackTour ?

Soal nama, ternyata #CallBackTour ga bener-bener berhubungan sama materi. Tadi malam juga ga ada materi khusus soal callback. Buat selanjutnya ini harusnya jadi catatan buat penampil kalo buat pertunjukan keliling (bahasa kerennya : tour).

Jadi penonton bisa menangkap sesuatu.

Karna kalo ibarat film, tadi malam tuh. Nonton film aja. Ga pedulu judulnya apa. Pokoknya lucu aja.

Mau judulnya #CallBackTour , #CallTourBack , #CallTour Budaya ga ada bedanya.

Pokoknya lucu aja.

Sebagai contoh Tur Keliling Dunia, Juru Bicara misalnya. Kenapa namanya Juru Bicara. Karna Si Kawan Itu, Pandji Pragiwaksono menyampaikan materi yang dipikirin dan dialami sama banyak orang. Dia menganggap diri sebagai juru bicara banyak orang.

Nah, itu terjawab saat penyampaian materi.

Itu dijelaskan saat penampilannya.

Kalo dari pertunjukan tadi malam.

Nama #CallBackTour ternyata cuma sekedar penampilan kembali Rahmet, Rigen, dan Indra.

Trus terang sebagai penikmat komedi kita menikmati dan seneng sama #CallBackTour Semarang.

Tapi kita juga mencari apa sih maksudnya nama #CallBackTour nya tadi malam.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Ga ada gunanya pake klenik
Ujung-ujungnya semua bakal mati
Stand Up ga usah mikir susah teknik
Ngomong aja apa adanya isi hati

Tembalang, Semarang
07 :01 WIB, Sabtu 13 Mei 2016
Tulisan Kita

Sumber Tulisan
Menonton Langsung #CallBackTour Semarang

Sumber Gambar
Sosial Media @stanupindosmg
bimbimblitar.web.id/2014/08/25/5-jalan-terbaik-di-indonesia/ diakses pukul 18:14 WIB pada hari Sabtu, 13 Mei 2017
upstudioits.blogspot.co.id/2011/11/sesuatu-tentang-kreatifitas.html diakses pukul 17:55 WIB pada hari Sabtu, 13 Mei 2017

[1] Bahasa jawa, artinya “Ini ditanyain loh”.

[2] Bahasa jawa, artinya “Ini parah, masa ga ajak pacarnya. Lah kesini sama siapa?”.

[3] Teknik yang menyebutkan ulang kata ato kalimat sebelumnya untuk dapatkan tawa.

2 Responses to “Ternyata #CallBackTour Ga Bener-Bener? – Ulasan Tentang Alur dan Baik Buruknya : #SabtuBerkawan

  • @Yudha_SKAlatiga
    2 bulan ago

    Saya nonton ini .
    Sedikit kecewa tanpa Rahmet 🙁

    • Salam Mas Bro @Yudha_SKAlatiga

      Yah, mau gimana Mas Bro.
      Namanya musibah.
      Tapi menikmati acaranya dong?

      Paling suka siapa nih kemarin?

      Mauliate
      Makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *