#CaraRahasia Jujur Tapi Dapat Hasil yang Bagus : #BelajarHidup

Sumber Gambar : poskotanews.com

Jadi Orang Jujur Itu Susah, katanya.
Lah, Emang Jadi Orang Ga Jujur Itu Gampang?

Panjang suatu bidang namanya bujur
Suasana yang ada cahaya itu terang
Gimana sih caranya lakuin hal yang jujur
Tapi hasilnya ga kalah sama yang curang

Salam Mas Bro dan Mbak Bro?

Pernah ngerasa gitu ga?

Ada orang curang, mereka lebih gampang berhasil dan dapat hasil lebih bagus daripada kita.

Ada #KisahNyata nih dari #TemenKita. Katanya ini terkhusus buat temen-temen kita yang sedang ujian ato nunggu hasil ujian.

#

Waktu itu masih ingat betul, pas mata kuliah Hukum Perdata.

“Kuliah selesai, minggu depan ujiannya open book ya”, dosen berbunyi nyaring.

Susana kelas langsung heboh.

Ga kerasa hari ujian Hukum Perdata pun tiba. Sejam sebelum ujian entah kenapa, pengen rasanya baca-baca buku. Tapi buat apa kan open book. Rasanya kayak adegan pilem-pilem tuh. Ada malaikat ditelinga kanan dan si makhluk bertanduk ditelinga kiri.

Yah, daripada pusing. Kan ga ada ruginya juga baca-baca. Toh nanti jadi lebih gampang buat buka.

Dan, jam ujian pun mulai.

Dosennya masuk.

Semua keliatan santai aja. Ga keliatan kalo hari itu ada ujian.

Pintu dikunci.

“Okeh, simpan semua buku”.

Semua mahasiswa tiba-tiba diam dan melotot ke depan.

Lah ga salah denger nih?

“Simpan semua buku. Kita mulai ujian”, dosen berbunyi nyaring lagi.

Bener saudara-saudara dosennya yang ngomong, kirain ada yang jahil.

Yah, meski ada yang protes. Dosennya biasa aja tuh. Ga peduli dia.

Entah kuping 40 mahasiswa yang salah denger. Ato ada dosen kejeduk pintu kamar mandi. Lalu lupa ingatan. Kayak adegan sinetron tuh.

Tapi ya begitu kenyataannya, ujian pun dimulai.

Kita awalnya galau, sayangnya udah terlanjur milih duduk didepan. Mau ngapa-ngapain ga bisa. Sedangkan dibelakang udah terjadi aksi keterbukaan informasi publik secara berjamaah. (Baca : nyontek berjamaah).

Entah kenapa, saat itu doa langsung spontan aja tuh.

Berserah deh pokoknya.

Singkat cerita minggu depannya hasil ujian dibagiin.

Rata-rata temen-temen yang kita tau … . Yah begitulah, dapat nilai 80 keatas.

Sedangkan kita sendiri dapat nilai 65 doang.

Tapi tenang itu nilai UTS, nilai UASnya temen kita dapat A.

#

Kok bisa?

Gimana caranya?

Sebenernya cara jujur bisa diterapkan dalam banyak hal Mas Bro dan Mbak Bro.

Ga cuma untuk urusan ujian. Dalam kerjaan, pertemenan sehari-hari, dan keluarga juga bisa diterapin.

Jangan mau kalah sama gengsi sama orang lain, takut kehilangan temen, dan ga punya duit.

Itu tuh godaannya.

Belajar jujur ga dimulai dari hal besar tapi dari hal kecil.

@KataKita

Mereka yang kita gengsi-in aja belum tentu mikirin kita.

Temen yang kita takut kehilangan aja belum tentu takut kehilangan kita.

Duit mah bisa dicari, kalo sampe duit udah jadi Tuhan kita didunia. Lah, tunggu jatuhnya aja itu.

Meski gitu, kita harus sadar ya, ada masanya kita bakal alami kesulitan dan gagal.

Setelah kita gagal sedih itu boleh. Tapi jangan malah kecanduan. Langsung bangkitlah.

Kayak kejadian diatas tuh, sikawan langsung rajin. Mata kuliah hukum perdata besok dipelajari sebelumnya, masuk kelas lebih awal, ngerjain lebih daripada yang diminta dosen, dan aktif bertanya dan ngejawab dikelas.

Salah satu penulis kita juga, terapin itu waktu kerja di HRD disalah satu Perusahaan Kayu di Temanggung dan bisa cepet naik jabatan dalam 1 tahun.

Tunjukin kalo kita lebih baik daripada hasil yang udah kita dapatin sebelumnya.

Ngomong mah, gampang!!!

Betul banget.

Lebih gampang lagi, nyletuk nasehat orang. Tapi nyatanya ga lakuin apa-apa.

Mau pilih yang mana?

Si Tukang Komentar?

Ato orang yang mau gagal lalu berusaha?

Gimana?

Obrolan kita kali ini berguna dong?

Bagiin obrolan kita ini ke temen + keluarga ya Mas Bro dan Mbak Bro.

Jangan sampe mereka ikutan geng komentar.

Seneng bisa berbagi.

Semoga berguna.

Sebelum operasi perlu dibedah
Orang ga hadir bisa aja alpa
Jadi orang jujur emang ga mudah
Tapi ga jadi alasan buat lupa

Sumber Tulisan
Pengalaman #PembacaKita

Sumber Gambar
poskotanews.com diakses pada pukul 20:27 WIB hari Senin 12 Juni 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *