Gimana Sih Asal Mula Negara Terbentuk? : #HukumKita

Sumber Gambar dream.co.id

Apa Aja Teori Asal Mula Negara Terbentuk?

Cepat nian berlalu hari ganti hari
Banyak masalah yang terantuk
Dalam ilmu hukum kita pelajari
Gimana negara bisa terbentuk

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Gimana sih asal mula negara terbentuk?

Pertama, selamat di fakultas hukum Mas Bro dan Mbak Bro. Semester 1, ilmu negara adalah mata kuliah yang wajib dipelajari.

Secara sederhana Mas Bro dan Mbak Bro, teori asal mula negara ada 8 yaitu teori perjanjian masyarakat, teori ketuhanan, teori kekuatan, teori patriakhal matriakhal, teori organis, teori daluarsa, teori alamiah, dan teori idealistik.

Baca Juga : Indonesia Tinggal Tunggu Hancurnya Aja Kalo Masih Bertengkar Karna Agama

Sumber Gambar globalnews.co.id

Apa Aja Teori Asal Mula Negara Terbentuk?

Kita bahas satu per satu ya.

1. Teori Perjanjian Masyarakat

Pengertian dari teori perjanjian masyarakat adalah perjanjian yang dipake sebagai dasar negara dan masyarakat.

Tokoh hukum yang berpendapat mengenai teori ini yaitu:

a. Thomas Hobbes

Pengertian Pactum Subyectionis adalah ada perjanjian antara masyarakat sama penguasa, setiap individu serahin semua hak-haknya yang kodrati miliknya kepada seseorang ato kelompok yang ditunjuk dan diberi pula kekuasaan.

b. John Locke

Sedangkan John Locke yang dikenal sebagai Bapak HAM punya teori status naturalis. Pengertian status naturalis adalah keadaan yang damai, manusia hidup berbeda dan sederajat. Manusia juga hidup rukun sesuai dengan akal kalo manusia ga boleh ganggu kebebasan dan milik sesamanya.

Manusia itu punya hukum kodrat yaitu hak alamiah. Beberapa yang termasuk hak alamiah adalah hak untuk hidup dan hak kebebasan, hak kemerdekaan dan hak milik.

c. JJ. Rosseau

Pengertian Pactum union adalah individu dengan individu lainnya ngadain suatu perjanjian untuk membentuk masyarakat politik ato Negara.

2.Teori Ketuhanan

Teori Ketuhanan ini bersifat naturalis dan statusnya juga naturalis. Contoh gampangnya doktrin gini, Raja itu bertahta karna kehendak Tuhan dan hak-hak raja berasal dari Tuhan untuk memerintah dan bertahta sebagai Raja.

Selanjutnya, dalam teori ketunanan percaya kalo negara dibentuk oleh Tuhan dan pemimpin negara ditunjuk oleh Tuhan. Teori ketunanan percaya kalo raja dan pemimpin negara hanya bertanggung jawab kepada Tuhan dan ga kepada siapapun.

Paling penting adalah kekuasaan raja itu bersifat Suci. Jadi pelanggaran terhadap kekuasaan Raja adalah pelanggaran sama Tuhan. Ingat, raja adalah wakil Tuhan ato bayangan Tuhan.

Tokoh yang terkenal dalam teori ketunanan adalah Agustinus, Thomas Aquinas, Dante Aleghieri dan Marsillius.

3. Teori Kekuatan

Dalam teori kekuatan doktrin adalah negara yang pertama adalah hasil dominasi dari kelompok yang kuat terhadap kelompok yang lemah. Untung di masa sekarang ga pake teori ini ya. Berat nih kita.

Dalam teori kekuatan, negara terbentuk karna hasil naklukin dan menduduki daerah tertentu. Faktor kekuatanlah yang dianggap sebagai faktor tunggal yang nimbulin negara. Udah kayak main game aja ya buat suatu negara.

Ada 3 faktor kekuatan yang ada untuk membentuk sebuah negara yaitu kekuatan fisik, kekuatan ekonomi, dan kekuatan sosial politik.

Dalam teori kekuatan tokoh: Georg Simmel. Howard, A.W, Small, Gustav R, Gumplowitz, dan Frans Oppenheimer.

Baca Juga : 

Sumber Gambar Alessio Lin

4. Teori Patriakhal Matriakhal

Dalam Teori Patriakhal Matriakhal ada teori Wilken dan Aristoteles tentang evolusi manusia. Dalam teori mereka disebutin kalo evolusi manusia berkembang lewat 4 tahap:

a. Promiscuiteit

Dalam tahap promiscuiteit, manusia hidup kayak kawanan binatang yang berkelompok, laki-laki dan perempuan punya keturunan tanpa ikatan, keluarga batih sebagai inti masyarakat ga ada.

b. Matriachaat

Dalam tahap matriachaat, mulai dikenal adanya kesadaran antara ibu dan anaknya sebagai suatu kelompok inti masyarakat. Ibu menajadi kepala keluarga dan anak ga mengenal bapaknya.

c. Patriachaal

Dalam tahap patriachaal, para laki-laki ambil istri di luar kelompok mereka (eksogami), lalu dapat keturunan yang tetap dan tinggal dalam kelompok laki-laki. Ayah jadi kepala keluarga.

d. Parental

Dalam tahap parental, mulailah perkawinan berubah menjadi endogami.

5. Teori Organis

Dalam teori teori organis negara lahir dari konsep biologis. Negara disamain dengan makhluk hidup. Jadinya setiap individu adalah komponen negara. Asal mula negara sama dengan makhluk hidup yang lahir, tumbuh, berkembang, dan mati.

Nicolas ngomong kalo kehidupan “korporal” negara sama dengan otonomi manusia. Nicolas nyatain konsep kalo pemerintah adalah tulang, undang-undang (UU) adalah urat syaraf, raja adalah kepala, dan individu itu adalah daging.

Ada 4 macam Teori Organis yaitu :

a. Teori Organisme Moral (Fighte, Hegel)

Negara ga dibuat oleh manusia, tapi adalah pribadi moral yang adalah akibat kodrat manusia sebagai makhluk moral. Negara sebagai makhluk termulia harus dipuja dan didewa-dewain.

b. Teori Organisme Biologi (Constantin Franze)

Dalam Teori Organisme Biologi, asal mula perkembangan negara itu diselidiki kayak kelahiran, struktur, dan fungsi organisme biologis.

c. Teori Organisme Psikis (Joseph Von Gores)

Dalam Teori Organisme Psikis, negara sebagai makhluk hidup yang punya kepribadian rohaniah. Pertumbuhan dan perkembangan negara sama kayak perkembangan intelektual individu.

d. Teori Organisme Sosial (Auguste Comte, H. Spencer)

Dalam Teori Organisme Sosial, negara sebagai salah satu bentuk pengelompok sosial, juga bersifat organis.

Baca Juga : 

Sumber Gambar dream.co.id

6. Teori Daluarsa

Doktrin dalam teori daluarsa, raja bertahta karna kebijaksanaannya. Raja dan organisasinya timbul karna adanya milik yang sudah lama yang lemudian menjadi hak milik. Raja dapatin kekuasaan karna daluarsa.

7. Teori Alamiah

Teori alamiah didukung oleh tokoh seperti Aristoteles. Doktrin teori alamiah, negara adalah ciptaan alam. Kodrat manusia sebagai makhluk politik (zoon politicon), lalu kemudian makhluk sosial.

Pengertian zoon politicon adalah manusia dan menjadi manusia sempurna dan beretnis baik apabila manusia hidup dalam suatu ikatan kenegaraan. Negara adalah organisasi yang rasional dan etnis, dengan tujuan beri dan pertahanin hidup yang baik bagi individu sebagai komponen negara. Negara ialah negara kota ato polis.

8. Teori Idealistik

Pengertian teori idealistik adalah negara itu kesatuan ideal yang lambangin manusia dalam bentuk yang megah dan sempurna. Teori idealistik juga dikenal dengan sebutan teori mutlak, teori filosofis, dan teori metafisis.

Pengertian teori mutlak adalah melihat negara sebagai kesatuan yang omnipoten dan omni kompetent. Kalo teori filosofis pengertiannya adalah perenungan tentang negara dan bagaimana negara itu seharusnya ada. Sedangkan pengertian teori metafisis adalah negara dianggap terlepas dari individu yang menjadi bagian bangsa. Sedangkan negara mempunyai kemauan, kepentingan dan nilai moralitas sendiri.

Pemikiran tentang negara, sebagaimana negara itu seharusnya ada negara sebagai “ide”. Negara sebagai kesatuan mistis yang bersifat supranatural. Negara punya hakekat tersendiri, terlepas dari komponen-komponennya.

Senang bisa berbagi.

Semoga berguna.

Mauliate

Ada orang yang disuka
Ada rasa lain didada
Sekarang jadi terbuka
Gimana negara itu ada

Sumber Tulisan
Catatan Kuliah

Sumber Gambar
dream.co.id dibuka pukul 00:27 WIB pada hari Minggu tanggal 15 April 2018
globalnews.co.id dibuka pukul 00:27 WIB pada hari Minggu tanggal 15 April 2018
unsplash.com/Alessio Lin dibuka pukul 00:27 WIB pada hari Minggu tanggal 15 April 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *