Pengorbanan Ngalahin Segalanya : #BelajarHidup

Karya Forrest Smith

Berkorban? Harus?
Seberapa Penting Kita Mau Berkorban Untuk Orang Lain

Kenapa ga semua mau berkorban
Mungkin karna selalu ada untungnya
Dari kita sekedar berasumsi teman
Kenapa ga tanya sama merekanya

Salam Mbak Bro dan Mbak Bro

Kapan terakhir berkorban buat orang lain?

Kita ambil contoh dari lingkungan yang ada disekitar kita setiaphari ya Mas Bro dan Mbak Bro. Pertama di KRL ya. Belum banyak orang yang duduk mau kasih tempat duduk sama yang berdiri. Khususnya buat anak muda ga semua mau kasih tempat duduk untuk orangtua. Kalo laki-laki kadang-kadang kasih duduk buat perempuan. Kalo cantik, kalo ga?

Kedua, di keluarga. Semua keluarga sih semoga ngajarin biar Abang/kakak ngalah sama adeknya. Bahkan kadang kalo sama-sama perlu Bapak harus mau ngalah sama istrinya. Apalagi Bapak ngalah sama anaknya. Itu wajib lah. Tapi selebihnya orangtua yang tau mana yang lebih baik.

Ketiga, di kantor misalnya. Apakah atasan udah ngalah sama bawahannya dan sebaliknya. Apakah sesama rekan kerja mau ngalah. Meski sama-sama penting.

Keempat dan terakhir, di pergaulan sehari-hari. Lagi capek-capeknya tapi apakah semua orang mau mau denger teman cerita. Duit lagi mepet tapi mau pinjemin teman. Mau minjemin barang meski kita sendiri lagi butuh.

Dan, pengorbanan-pengorbanan lainnya.

Pada akhirnya, dimanapun dan kapanpun. Apakah kita mau lakuin apa yang orang ga mau lakuin. Kita mau lakuin dengan seneng hati. Bahkan meskipun terpaksa tapi kita mau lakuin, lagi dan lagi. Itu baru namanya pengorbanan.

Ga usah ngomongin pengorbanan hidup dan mati dulu ya.

Baca Juga : Menolong Bukan Karna Ditolong

Karya Jose A. Thompson

Berkorban? Harus ?

Kalo ditanya kenapa kita harus berkorban buat orang lain?

Apakah yang bakal jadi jawaban Mas Bro dan Mbak Bro. Silahkan isi komentar dibawah ya. Apapun jawabannya, kalo kita sih jawabannya. Karna rindu dan seneng. Bukan karna terpaksa bahkan apalagi dipaksa. Coba bayangin aja deh. Indahnya kita mau bangun dan mau tidur tiap hari. Kalo kita sudah sadari kalo saat kita bangun dan mau tidur sepanjang hari akan mudah. Karna semua orang mau saling bantu.

Berkorban itu penting?

Pentinglah.

Seberapa penting kita mau berkorban untuk orang lain?

Beuh, seberapa penting semua urusan dan keperluan kita semua?

Semua kebutuhan setiap pribadi penting dong. Nah sepenting itulah kita mau berkorban. Karna saat kita mau berkorban buat orang lain. Orang lain akan mau berkorban untuk kita. Itu kenapa ada orang yang bantu ya karna mau dibantu.

Meski alasan itu ga 100% bener. Tapi ada benernya.

Jangan bantu karna dibantu.
Bantulah karna bantu.

#KataKita

Kalo kita bilang bantu karna mau. Gimana kalo ada orang yang ga mau. Kalo kita bilang bantu karna seneng. Gimana kalo ada orang yang ga seneng. Kalo kita bilang bantu karna rindu. Gimana kalo ada orang yang ga rindu.

Jadi apapun alasan mereka. Udah keliatan kan siapa yang mau berkorban dan siapa yang banyak alasan?

Baca Juga : Ga Cukup Lakuin Kebiasaan Baik Kebiasan Buruk Juga Harus Keluar Dari Kita

Karya Clem Onojeghuo

Pengorbanan Membuka Banyak Pintu

Kalo diibaratin kunci, pengorbanan membuka banyak pintu. Karna hanya saat kita mau berkorban untuk orang lain. Maka orang yang liat atau kita berkorban untuk mereka. Maka mereka akan mau ngobanin apa yang mereka punya untuk kita.

Meski besaran hal pengorbanannya ga sama besar ya. Karna nilainya bukan dibesar ato kecilnya. Tapi di pengorbanan yang dilakuin.

Apa Untungnya Berkorban Untuk Orang Lain?

Ada beberapa keuntungan saat kita mau berkorban:

  1. Bermusuhan jadi bertemen;
  2. Ga kenal jadi kenal;
  3. Ga deket jadi lebih deket;
  4. Mendapatkan rejeki mendadak.

Tapi diatas semua itu. Ada 1 hal keuntungan yang ga bisa dikalain sama keuntung-keuntungan lainnya. Rasa seneng saat liat orang terbantu atas pengorbanan kita.

Baca Juga : Pergaulan yang Buruk Merusak Kebiasaan Baik

Karya Marc-Olivier Jodoin

Pengorbanan Ngalahin Segalanya

Kita sama-sama taulah ya. Ada yang ngorbanin nyawanya untuk kita semua. Dan atas pengorbanannya itu Dia diingat sampe saat ini. Dia dijadiin tolak ukur. Kita segambar dan serupa dengannya.

Semua itu bisa terjadi karna hanya pengorbanan yang Dia lakuin. Pengorbanan yang ga pernah ada yang mau dan bisa lakuin. Kita cuma perlu meniru loh. Apa yang pernah Dia lakuin.

#

Kasih sayang itu adalah pengorbanan.

#

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Mauliate

Indahnya hari kan
Kalo saling berkorban
Ga perlu bingungkan
Apa setiap halangan

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis

Sumber Gambar
unsplash/Forrest Smith ..

3 Responses to “Pengorbanan Ngalahin Segalanya : #BelajarHidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *