Bebas Itu Sebenernya Kayak Gimana Sih Bebasnya? : #BelajarHidup

Karya Blake Wheeler

Pengertian Bebas Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Memang hari ga terduga
Selalu berserah ke Tuhan
Aku mau bebas kau juga
Sama mereka juga kawan

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Bebas itu kayak gimana sih?

Buat yang udah lewati masa mudanya pasti tau gimana rasanya bebas yang kebablasan. Saat bebas kita berbenturan sama bebasnya orang lain. Kita merasa pengen bebas eh malah nyakitin orang lain, ngerugiin orang lain. Bahkan bisa nyakitiin dan ngerugiin diri sendiri.

Yah, gitulah masa-masa dosa masa lalu ye kan.

Baca Juga : Mulai Aja Dulu Lalu Perbaiki Kemudian

Karya Nine Kopfer

Pengertian Bebas Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian bebas adalah lepas sama sekali dengan ga terhalang dan terganggu apapun. Persamaan kata bebas ada beberapa yaitu

1.Leluasa;
2.Lepas dari kewajiban, tuntutan, dan perasaan takut
3.Ga dikenain pajak, hukuman, dan hal yang memberatin;
4.Ga terikat ato terbatas aturan;
5.Merdeka dengan ga dijajah, diperintah, ato ga dipengaruhi oleh pengaruh lain.

Nah, setelah ngerti makna bebas sebenernya.

Baca Juga : Memberi Itu Bisa Apa Aja Kapan Aja Dimana Aja

Karya Eugene Triguba

Bebas Itu Sebenernya Kayak Gimana Sih Bebasnya?

Bebas itu ga asal Mas Bro dan Mbak Bro.

Bebas itu harus sehat.

#KataKita

Nah bebas yang sehat itu gimana?

Bebas yang sehat adalah bebas yang terkendali dan ga lewati batas. Bebas memang bebas. Tapi harus kita sadari kalo yang mau hidup bebas bukan kita aja. Orang lain juga.

Ada masanya orang tuh ngira kalo bebas itu adalah bebas yang sebebas-bebasnya. Bebas yang suka-suka. Pola pikir ini sekilas bener. Tapi sebenernya salah.

Kalo berpola pikir adalah yang sebebas-bebasnya. Coba kita ambil contoh. Kita lagi kemudiin mobil trus ga peduli sama mobil lain. Ga peduli sama rambu lalu lintas. Sampe akhirnya baru sadar setelah ada orang lain yang dirugiin. Saat udah ada masalah ga cuma sama sesama mobil tapi juga sama pengguna jalan lainnya.

Sampe pada titik ini jelas dong.

Kalo bebas yang kelewat bebas = egois.

Kalo bebas yang kelewat bebas = bukan bebas yang sejati.

Bebas yang sehat adalah bebas yang terkendali. Ada hati nurani yang sehat yang menjadi pondasi bebas maka bebas itulah bebas yang sebenernya.

Bebas itu ga egois.

Bebas harus menjadi berkat buat orang lain.

Bebas itu sebenernya bisa sebebas-bebasnya kalo kita artiin dalam berbuat baik dan berkarya. Tapi tetep dalam konteks yang terbatas ya. Cara sebebas-bebasnya nanti malah bebas yang ga sehat lagi.

Kita boleh aja hidup sesuai dengan hobi, pola hidup, cara pikir, budaya, dan suku masing-masing. Tapi demi bebasnya kita dan bebasnya orang lain maka kebebasan itu harus dikendaliin.

Bebas adalah seimbang.

#KataKita

Bebas itu harus bisa sama-sama menang. Bebas bisa menangin sebanyak-banyaknya hati dan pola pikir. Dalam rasa bebas ada unsur rasa mau nyesuaiin diri sama bedanya orang lain, sama bebasnya orang lain.

Hati dan pola pikir seimbang kedudukannya menjadi pengendali bebas.

Pada akhirnya, bebas seperti itulah yang harus terus menyertai kita saat lewati hari-hari.

Senang bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Mauliate.

#

Bebas sehat itu bisa menangin sebanyak mungkin orang.

#

#KitaUlas
20180506 0013WIB Minggu
Rumah Syahdan

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis

Sumber Gambar
unsplash.com dibuka pukul 01:44 WIB pada hari Minggu tanggal 06 Mei 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *