Ilmu Negara : Apa Tujuan Negara Dibentuk? : #HukumKita

 

Sumber Gambar jonet.com

Apa Itu Negara?
Apa Tujuan Negara Indonesia Dibentuk?

Ada turis liburan ke Indonesia
Turis tersebut tersenyum manis
Ketika ditanyain kenapa dia
Si turis jawab dengan optimis

Salam Mas dan Mbak Bro

Apa sih pengertian negara?

Selaku warga negara Indonesia, udah tau belum ilmu dasar tentang pembentukan negara?

Di era modern seperti sekarang, banyak warga negara yang ga tau apa itu negara? Apa tujuan pembentukan dari negara? Padahal pertanyaan kayak gini adalah ilmu paling dasar yang wajib banget diketahui oleh semua orang. Buat kita, orang-orang yang menempati suatu negara. Kalo masyarakatnya aja ga tau, gimana mungkin mau ngejelasin ke orang lain kalo semisal ada yang tanyain?

Daripada ntar jadi pada malu-maluin di hadapan banyak orang. Kuy Mas Bro dan Mbak Bro kenali apa itu negara dan poin-poin pentingnya.

Karya @emilymorter

Apa Itu Negara?

Sebelum lanjut nih ke pembahasan lain, apa sih negara itu? Menurut O.Hood Philips, Paul Jackson, dan Patricia Leopold negara adalah “daerah teritorial yang didiami oleh masyarakat, dimana masyarakat berkumpul dan bekerja sama untuk nggapai tujuan eksternal dan internal”

Dari pengertian di atas, ada 3 poin yang ndefenisiin apa itu negara :

  • Negara adalah sebuah masyarakat politik independen
  • Yang menduduki wilayah tertentu
  • Yang para anggota masyarakatnya disatukan untuk ngelawan kekuatan eksternal dan memelihara tatanan internal

Pandangan lain dari Robert Morrison MacIver seorang ilmuan politik asal Skotlandia bilang kalo negara adalah:

  • Suatu struktur kelas
  • Suatu sistem kekuasaan
  • Suatu sistem kesejahteraan
  • Suatu konstruksi hukum

Pengertian-pengertian diatas telah ngebuka wawasan Mas dan Mbak Bro kalo memang negara merupakan suatu kumpulan masyarakat yang disatuin untuk ngebentuk sistem kekuasaan ato sistem kesejahteraan, lalu apa sebenernya tujuan dibentuknya negara itu?

Karya @rawpixel.com

Apa Tujuan Pembentukan Negara?

Tujuan negara itu nentuin segala keadaan dalam negara, karna dengan tau tujuan negara Mas dan Mbak Bro bisa ngejawab tentang legitimasi kekuasaan serta sifat dari organisasi negara tersebut.

Kirdi Dipoyudo bilang kalo tujuan negara merupakan masalah utama buat para negarawan dan ahli politik jaman kuno. Kenapa begini? Ngutip dari Plato kalo negara timbul karna kebutuhan banyak orang. Ga seorang pun dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Oleh karna itu, untuk memenuhi kebutuhannya yang ga dapat dipenuhi oleh masing-masing orang tersebut disusunlah sebuah negara. Adanya negara selain untuk memenuhi kebutuhan individu juga untuk sejahterain hidup yang baik bagi semua wargannya.

Tujuan negara pada intinya adalah masih tetap sama dari  dulu sampe  sekarang bahkan di masa depan nanti, yaitu untuk kesejahteraan umum (bonun commune ato common welfare). Negara dibentuk tentunya untuk ngejamin kesejahteraan lahir dan batin semua warga negaranya, itu lah tujuan negara dan alasan adanya negara.

Pandangan di atas sama dengan apa yang dibilang oleh Aristoteles kalo tujuan negara adalah untuk sejahterain hidup yang baik bagi semua warga negaranya. Roger H. Soltau juga ngungkapin kalo tujuan negara sejelas-jelasnya adalah untuk buat rakyat berkembang terus serta nyelenggarain daya cipta warga negara sebebas mungkin. Dikit beda dari hal diatas, Emmanuel Kant nyatain kalo tujuan negara adalah membentuk dan pertahanin hukum dengan menjamin kedudukan hukum dari individu-individu di dalam masyarakatnya.

Bertolak dari tujuan negara menurut beberapa ahli yang nyebutin kalo negara dibentuk untuk kesejahteraan rakyat, kebahagiaan rakyat, ato untuk menjamin kepentingan hukum masyarakatnya, maka berbeda halnya dengan apa yang disampein oleh Shang Yang dan Machiavelli. Shang Yang bilang kalo tujuan negara untuk membentuk kekuasaan, oleh karna itu negara harus kuat dan berkuasa mutlak. Begitu pun dengan Machiavelli yang mengungkapkan kalo untuk memperoleh dan menjalankan kekuasaan sebagai tujuan negara maka moral kebudayaan, agama dan sebagainya dipinggirkan dulu.

Baiklah Mas Bro dan Mbak Bro karna banyaknya pendapat ahli hukum terkait tujuan negara, maka berikutnya akan dijelasin nih terkait teori tujuan negara apa aja yang mewakili pendapat-pendapat ahli hukum diatas.

Karya @dead_____artist

Teori Tujuan Negara

Dalam ilmu negara, masalah tujuan negara dapat dilihat dari 3 sudut peninjauan, yaitu:

  1. Tujuan negara berkaitan dengan tujuan akhir manusia
  2. Tujuan Kekuasaan
  3. Tujuan Kemakmuran

Dari ketiga teori tersebut akan dijelaskan satu per satu nih kalo:

1. Tujuan Negara Berkaitan dengan Tujuan Akhir Manusia

Teori ini erat banget kaitannya dengan ajaran agama, yaitu menuntun manusia untuk mencapai keselamatan, ketenangan serta kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Dalam teori tujuan negara yang dikaitkan dengan tujuan akhir manusia, pada dasarnya negara diharapin dapat menjadi fasilitator bagi rakyatnya. Fasilitator yang gimana? Dalam hal ini, negara memberi jaminan dan kesempatan pada setiap warganya untuk dapat mencapai tujuan akhir hidupnya sesuai tuntunan ajaran agama masing-masing.

2. Tujuan Kekuasaan

Teori ini mau bilang kalo tujuan negara bukan semata untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan (machtstaat) aja. Teori ini sangat sejalan dengan pendapat yang dikemukakan oleh Shang Yang dan Machiavelli. Shang Yang mengemukakan dalam slogannya  “supaya negara kuat, rakyatnya harus lemah dan bodoh”. Caranya penguasa harus mengumpulkan kekuatan sebesar-besarnya dengan menjauhkan aspek kebudayaan yang hanya akan membuat lemah dan merugikan penguasa.

Sedangkan Nicolo Machiavelli mengatakan kalo tujuan negara adalah ketertiban, keamanan, dan ketentraman. Semua itu akan didapatkan kalo ada kekuasaan yang absolut, menyusun kekuasaan sentral dengan menghimpun kekuasaan sebesar-besarnya di tangan raja. Machiavelli berpendapat bahwa hukum dan kekuasaan itu sama, karna siapa yang mempunyai kekuasaan, ia akan mempunyai hukum, begitupun sebaliknya.

3. Tujuan Kemakmuran

Ada 3 tujuan kemakmuran dari teori ini yaitu teori tujuan kemakmuran negara, teori tujuan kemakmuran individu, dan teori tujuan kemakmuran rakyat. Di dalam teori kemakmuran negara, secara teoritis tujuan negara adalah kemakmuran rakyat tapi yang laksanain secara absolut adalah negara. Sedangkan yang diartiin negara dalam hal ini adalah raja beserta jajarannya ato para bangsawan. Jadi, disini negara ato raja yang aktif mencari kemakmuran, sementara rakyat hanya diam, menunggu piring kemakmuran raja penuh dan mendapat tumpahan kemakmuran dari raja.

Sedangkan teori tujuan kemakmuran individu muncul akibat dari tidak dilibatkannya kaum borjuis ato pengusaha dalam kegiatan mencari kemakmuran. Kelompok ini penganut liberalisme. kaum borjuis menuntut agar setiap warga diberi kebebasan secara penuh dalam mencari kemakmuran sendiri-sendiri, namun tetap dijamin oleh hukum dan negara hanya bertugas menjaga keamanan dan ketertiban. Di dalam teori ini rakyatlah yang bersifat aktif mencari kemakmuran secara individual. Sehingga dengan adanya teori ini terbentuknya negara liberal.

Seiring berjalannya waktu ternyata paham liberalisme ini nimbulin gejolak dari golongan kaya dan miskin, karena rakyat sibuk mencari kemakmurannya sendiri sehingga kurang memperhatikan kepentingan umum. Oleh karena itu, penguasa ­ato pemerintah diikutsertakan untuk melaksanakan kepentingan umum, dan untuk pengadaan dananya harus mendapat persetujuan rakyat dalam bentuk undang-undang. Kondisi inilah yang sukses munculin bentuk negara hukum formal.

Selanjutnya adalah tujuan kemakmuran rakyat, yang nimbulin negara hukum material. Pada teori ini yang lebih diutamain adalah isi ato materi dari ketentuan hukum yaitu untuk kemakmuran rakyat, jadi tugas utama negara adalah ciptain kesejahteraan. Dalam hal ini pemerintah tidak terlalu terikat pada bentuk formal undang-undang, contohnya nih ada bencana alam, pemerintah langsung bertindak tanpa harus ada undang-undang yang mengaturnya terlebih dahulu. Tujuan negara ini selaras dengan pendapat plato dan aristoteles.

Karya @ayahya09

Apa Tujuan Negara Indonesia Dibentuk?

Oke Mas Bro dan Mbak Bro dari penjelasan berbagai ahli dan teori diatas tentunya Mas Bro dan Mbak Bro penasaran apa aja sebenernya tujuan negara kita ini? Tujuan negara kita ini pada dasarnya sudah tercantum dalam alinea ke-4 pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yang meliputi:

  1. Melindungi segenap bangsa Indonesia & seluruh tumpah darah Indonesia
  2. Majuin kesejahteraan umum
  3. Cerdasin kehidupan bangsa
  4. Ikut laksanain ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi & keadilan sosial.

Keempat tujuan negara Indonesia diatas ga melu-melu ato ikut-ikutan teori dari tujuan negara lain. Misalnya kayak negara eropa kontinental ­ato pun barat yang pada awalnya bertujuan mencari kekuasaan doang. Kemudian berkembang jadi tujuan individu (liberal).

Tujuan negara kita terwujud karena sejarah dengan perjuangan bangsa yang dulunya dijajah selama 3½ abad oleh penjajah akhirnya dapat terlepas dan merdeka. Tujuan negara Indonesia sendiri selalu berdasar pada nilai-nilai pancasila yang menjadi sumber dari segala sumber hukum negara.

Itu aja Mas Bro dan Mbak Bro sedikit yang dapat dipaparkan dari bahan kuliah Ilmu Negara. Semoga ada manfaatnya ya pembaca sekalian. Nah, terkhusus lagi bagi Mas Bro dan Mbak Bro yang sedang belajar hukum pas banget nih buat bahan belajar. Kalo gitu, jangan lupa dibagi ato sebar sedikit pengetahuan ini ke medsos-medsos Mas Bro dan Mbak Bro sekalian ya. Kalo mau tanya juga boleh nih, langsung aja isi kolom dibawah ini.

Suka menulis?

Mahasiswa hukum?

Menulis aja disini. Sekarang lulusan apa aja bisa kerja dimana aja dan dapatin rupiahnya.

Hubungi kontak kita ya.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Mauliate.

#

Berikan apa yang harus dikasih sama negara.
Berikan apa yang harus dikasih samaNya

#

Apa itu negara Indonesia
Udah pasti pada tau kan
Kalo info ini dirasa berguna
Jangan lupa ya disebarkan

#HukumKita
20180504 0927WIB Jumat
Rumah Semarang

Sumber Tulisan
www.plengdut.com dibuka pukul 09:00 WIB pada Hari Jumat tanggal 04 Mei 2018
www.rocketmanajemen.com dibuka pukul 09:30 WIB pada Hari Jumat tanggal 04 Mei 2018
www.sekolahpendidikan.com dibuka pukul 10:00 WIB pada Hari Jumat tanggal 04 Mei 2018

Sumber Gambar
www.jonet.com dibuka pukul 10:20 WIB pada hari Jumat tanggal 04 Mei 2018
www.unsplash.com dibuka pukul 10:30 WIB pada hari Jumat tanggal 04 Mei 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *