Ilmu Negara : Apa Aja Bentuk Negara dan Bentuk Pemerintahan yang Ada di Dunia? : #HukumKita

Sumber Gambar aliexpress.com

Apa Aja Bentuk Negara di Dunia?
Apa Aja Bentuk Pemerintahan Negara di Dunia?

Negara kita negara Indonesia
Punya alam yang sangat kaya
Udah pada tau bentuk negara?
Kalo belum, ya simak infonya

Salam Mas dan Mbak Bro!

Udah pada pernah belajar bentuk pemerintahan dari negara-negara yang ada di seluruh dunia belum?

Ngomong-ngomong, masalah yang ada di negara kita semakin hari semakin pelik nih. Banyak yang bilang karna bentuk negara kita yang ga karuan dan sedikit berantakan kalo dibandingin dengan negara lain. Emang nya gimana sih bentuk negara kita? Mas dan Mbak Bro udah pada tau belum? Parah banget nih kalo sampe ga tau! Daripada ga tau nya keterusan, kuy disimak penjelasan berikut ini.

Bicara tentang bentuk negara dan bentuk pemerintahan dari negara-negara di dunia, Mas dan Mbak Bro sering keliru ato bahkan mencampuradukkan makna dari bentuk negara dan bentuk pemerintahan itu sendiri. Sebelum bahas lebih lanjut, Mas Bro dan Mbak Bro harus tau dulu mengenai perbedaan antara bentuk negara dan bentuk pemerintahan yang ada di dunia.

Teori bentuk negara ngejelasin kalo istilah bentuk negara bermaksud membahas sistem penjelmaan politis dari pada unsur-unsur negara, sedangkan teori bentuk pemerintahan ninjau bentuk negara secara yuridis, yang mana dimaksudkan untuk ngungkapin sistem hubungan antara alat-alat perlengkapan negara dalam nentuin kebijaksanaan kenegaraan. Bentuk pemerintahan juga bisa dilukisin seperti cara kerja suatu organ (lembaga-lembaga negara) selama ngikutin ketentuan yang berlaku.

Karya @slavab

Apa Aja Bentuk Negara di Dunia?

Ngelanjutin pembahasan di atas pasti Mas Bro dan Mbak Bro sekalian masih bingung sebenernya apa sih yang dimaksud dengan penjelmaan politis dari unsur-unsur negara seperti yang dimaksudkan dari teori bentuk negara di atas. Jadi, bentuk negara di dunia itu sebenernya ada dua jenis yang masing-masing komponennya punya sub bagian lagi didalamnya.

1. Klasifikasi Bentuk Negara Tripartite

Jadi pada umumnya para ahli klasifikasiin bentuk negara menjadi tiga golongan yaitu monarki, aristokrasi, dan demokrasi. Bentuk ini biasa disebut dalam klasifikasi tripartite. Pendapat ini sering disebutkan dalam ajaran-ajaran dari Plato, Aristoteles, Polybios, dan Thomas Aquinas. Kriteria yang digunain dalam nentuin bentuk negara diatas adalah.

  • Susunan pemerintahannya. Maksudnya adalah jumlah orang yang memegang pemerintahan adalah satu orang (tunggal), sekelompok orang, ato pemerintahan itu dipegang oleh rakyat
  • Sifat dari pemerintahannya. Maksudnya adalah pemerintahan itu ditujuin untuk umum atau hanya untuk mereka yang memegang pemerintahan aja.

Baiklah Mas Bro dan Mbak Bro sekalian untuk menjabarkan apa itu negara Monarki, Aristokrasi, dan Demokrasi, maka akan dijelaskan ke-3 bentuk negara tersebut menurut pendapat Aristoteles. Jadi Aristoteles mengklasifikasikan bentuk negara sebagai berikut:

a. Monarki atau kerajaan, yaitu pemerintahan yang dipegang oleh satu orang yang berusaha mewujudkan kesejahteraan umum. Bentuk pemerosotan dari bentuk negara ini biasanya dalam memerintah didasarin pada kepentingan sendiri sehingga bentuknya menjadi diktatur atau tirani.

b. Aristokrasi, negara yang diperintah oleh beberapa orang terutama filsuf yang berusaha mewujudkan kesejahteraan umum. Bentuk pemerosotan dari Aristokrasi yaitu karna negara dipegang oleh beberapa orang maka akan riskan ngutamain kepentingan golongannya sendiri, dalam hal ini bentuk pemerosotannya menjadi negara yang oligarchi.

c. Polity, yaitu negara yang diatur oleh seluruh warganya untuk mewujudkan kesejahteraan umum. Bentuk pemerosotan dari Polity adalah demokrasi. Demokrasi berarti pemerintahan yang dipegang oleh rakyat. Menurut pengalaman empirik dari Aristoteles, bentuk negara demokrasi di negara kota (polis) Yunani banyak penguasanya yang sangat korup, seperti di Athena.

Berkaitan dengan bentuk negara demokrasi, pandangan Polybios berbeda dengan pandangan Aristoteles. Polybios memandang kalo demokrasi merupakan bentuk negara yang ideal dimana bentuk pemerosotannya adalah ochlocratie atau mobocratie (pemerintahan oleh rakyat yang hina). Hal ini berbeda pula dengan pandangan Plato yang nyebutin kalo bentuk pemerosotan dari demokrasi adalah motokrasi (pemerintahan rakyat jembel / miskin)

2. Klasifikasi Bentuk Negara Bipartite

Mas Bro dan Mbak Bro sekalian, klasifikasi bentuk negara dengan sistem di atas ternyata untuk zaman modern udah ga mungkin dipertahanin lagi. Contohnya aja negara Inggris. Menurut istilah Aristoteles negara Inggris ga negara monarki, namun menurut pengertian sekarang Inggris disebut sebagai negara monarki. Demikian juga menurut Leon Duguit, karna memang kepala negaranya diangkat berdasarkan stelsel pewarisan tahta.

Pengertian demokrasi yang dikemukakan Aristoteles juga ga bisa dipertahanin lagi pada zaman modern ini. Karna menurut pengertian sekarang negara demokrasi ga negara yang jelek seperti digambarkan Aristoteles, melainkan sebagai negara yang nunjukin adanya sistem pemerintahan rakyat yang representatif. Demikian pula dengan istilah-istilah Aristokrasi dan Oligarki, emang nya masih ada yang pake istilah tersebut? Istilah tersebut ga bisa dipertahanin lagi sekarang karena memang ga ada lagi pemerintahan yang demikian. Sejak datangnya zaman renaissance, Niccollo Machiavelli dengan bukunya II Principle (sang raja), telah ngemukain kalo bentuk negara hanya ada dua yaitu Republik dan Monarki. Bentuk negara ini biasa diklasifikasiin sebagai bentuk negara bipartite.

Georg Jellinek dalam bukunya Allgemeine Staatslehre ngebedain bentuk negara Republik dan Monarki berdasarkan pembentukan kemauan negara. Kalo pembentukan kemauan negara ditentuin oleh satu orang aja maka terjadilah Monarki, sedangkan kalo ditentuin oleh dewan (lebih dari seorang) maka terjadilah Republik.

Leon Duguit dalam bukunya “Traitede Droit Constitutionel” Jilid II halaman 607 ngutarain kalo untuk nentuin negara berbentuk Monarki ato Republik adalah dengan gunain cara penunjukkan / pengangkatan kepala negaranya. Kalo Monarki, kepala negaranya yang turun temurun diangkat berdasarkan keturunan. Kalo Republik diangkat berdasarkan pemilihan ga berdasar keturunan.

Otto koellreutter juga berpendapat kalo Monarki adalah suatu negara yang diperintah oleh suatu dinasti, dimana kepala negaranya diangkat berdasar keturunan, tapi kalo Republik berdasarkan asas kesamaan, karna kepala negaranya diangkat berdasarkan kemauan orang banyak dan setiap orang dianggap punya hak yang sama untuk jadi kepala negara. Dalam hal ini, Otto gunain ukuran kesamaan dan ketidaksamaan.

Oleh karna itu, berdasarkan penjelasan di atas, bentuk negara emang merupakan penjelmaan politis dari unsur-unsur negara. Hal ini sangat diperjelas dengan adanya bentuk monarki yang kepemimpinannya didasarin atas garis keturunan raja yang ditunjuk secara turun-temurun sedangkan Republik didasarin oleh pilihan rakyatnya itu sendiri.

Karya @fencing.com

Apa Aja Bentuk Pemerintahan Negara di Dunia?

Perlu Mas Bro dan Mbak Bro tau kalo bentuk pemerintahan di dunia terdiri dari 3 jenis, yaitu:

1. Sistem Pemerintahan Parlementer

Di dalam sistem pemerintahan parlementer ini terdapat hubungan erat antara eksekutif dengan parlemen. Eksekutif yang dipimpin oleh perdana menteri dibentuk oleh parlemen dari partai yang mayoritas di parlemen tersebut. Dalam hal ini, rakyat ga langsung milih perdana menteri dan kabinetnya, tetapi hanya milih anggota parlemen. Kalo kepala negara ingin ngebubarin parlemen maka harus atas permintaan perdana menteri. Dengan kata lain nih kalo pemerintahan parlementer berada ditangan partai yang nguasain legislatif.

Jadi Mas Bro dan Mbak Bro sekalian kelebihan dari sistem pemerintahan parlementer ini bisa dengan mudah mengganti kepala pemerintahan kalo semisal kinerjanya buruk, lebih menjamin keterwakilan aspirasi dalam pemrintahan karena pemerintah dibentuk atas dasar representasi mayoritas parlemen, dan potensi kecurangannya pun kecil. Nah, sedangkan kekurangan dari sistem ini yaitu pemerintahannnya terpusat di badan legislatif (parlemen) karna pemimpin partai mayoritas juga jadi pemimpin eksekutif. Selain itu, karna pemerintahan berada di tangan legislatif, kontrol kinerja pemerintahan relatif kecil. Dalam hal ini, bongkar pasang pemerintahan pun ga bakal sering terjadi, sehingga instabilitas dalam pemerintahan cukup tinggi.

2. Sistem Pemerintahan Presidensiil

Bentuk pemerintahan ini bisa dikatakan emang terdapat pemisahan antara badan legislatif (parlemen) dengan badan eksekutif dan yudikatif. Presiden dalam hal ini sebagai kepala negara juga sekaligus bentindak sebagai kepala pemerintahan (eksekutif). Presiden dan parlemen dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum ato pemilu. Oleh karena itu, presiden ga bertanggung jawab kepada parlemen sehingga presiden beserta kabinetnya ga dapat dijatuhin oleh parlemen begitu pula sebaliknya, presiden ga bisa ngebubarin parlemen. Bentuk pemerintahan seperti ini selalu ngelaksanain tugasnya sesuai konstitusi.

Adapun kelebihan sistem ini adalah antara eksekutif dan legislatif memiliki posisi yang setara sehingga proses check and balance lebih mungkin tercipta, pemerintahannya pun relatif stabil. Kemudian kelemahan sistem ini yaitu hambatan dalam roda pemerintahan sangat mudah terjadi antara legislatif dan eksekutif. Kalo kinerja kepala pemerintahan buruk, rakyat harus rela nungguin dalam waktu yang cukup lama supaya digantiin, karna sistem Presidensiil ini hanya dapat berakhir pada masa jabatannya aja kecuali emang bisa dihentikan kalo ada perbuatan tercela yang dilakukan oleh pemerintahan.

3. Sistem Pemerintahan Swiss

Bentuk pemerintahan ini merupakan bentuk pemerintahan yang mana badan legislatif  langsung diawasi oleh rakyat. Di dalam sistem ini parlemen tunduk terhadap kontrol langsung dari rakyat, kontrol ini dilakukan dengan 2 cara yaitu:

a. Referendum, yaitu kegiatan politik yang dilakukan oleh rakyat untuk memberikan keputusan setuju ato menolak atas kebijaksanaan yang ditempuh oleh parlemen.

b. Usul inisiatif rakyat, yaitu rakyat ngajuin rancangan undang-undang kepada parlemen dan pemerintah.

Baiklah Mas Bro dan Mbak Bro sekalian setelah dijelaskan apa aja bentuk negara dan bentuk pemerintahan yang ada didunia, pernah ga sih Mas Bro dan Mbak Bro mendengar ada negara kesatuan dan negara federasi? Nah, kalo pernah terus negara kesatuan ato negara federasi itu termasuk dalam bentuk yang mana? Apakah termasuk bentuk negara ato malah bentuk pemerintahan?

Nah jadi Mas Bro dan Mbak Bro sekalian  negara kesatuan dan negara federasi merupakan susunan negara. Susunan negara juga menyangkut bentuk negara yang ditinjau dari segi susunannya yaitu kalo negara kesatuan berarti negara yang tersusun tunggal, ga terdiri dari beberapa negara, berbeda halnya dengan negara federasi yang tersusun jamak ato terdiri dari beberapa negara (ada negara bagian), yang mempunyai wewenang untuk ngurus negaranya sendiri. Jadi bisa dibilang kalo negara federasi itu ada negara di dalam negara (serikat).

Baiklah Mas Bro dan Mbak Bro, semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk Mas Bro dan Mbak Bro semuanya. Nah bahan bacaan hukum ini juga sangat bermanfaat bagi Mas Bro dan Mbak Bro yang sedang belajar ilmu hukum di fakultas hukum tepatnya lagi di mata kuliah ilmu negara. Kalo Mas dan Mbak Bro rasa tulisan ini bermanfaat, jangan lupa sebar pengetahuan ini ke medsos-medsos Mas dan Mbak Bro semua ya. Kalo masih ada yang kurang, silahkan langsung komen ga perlu takut-takut.

Suka menulis?

Mahasiswa hukum?

Menulis aja disini. Sekarang lulusan apa aja bisa kerja dimana aja dan dapatin rupiahnya.

Hubungi kontak kita ya.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Mauliate.

Apa aja sih bentuk negara
Apa bentuk pemerintahan
Tuh di atas udah dijelasin
Semoga infonya berguna

#HukumKita
20180510 2010WIB Kamis
Rumah Semarang

Sumber Tulisan
ervanam.wordpress.com dibuka pukul 19:00 WIB pada Hari Kamis tanggal 10 Mei 2018
rahmiendah.wordpress.com dibuka pukul 19:20 WIB pada Hari Kamis tanggal 10 Mei 2018
simpulanilmu.blogspot.co.id dibuka pukul 19:35 WIB pada Hari Kamis tanggal 10 Mei 2018
ueu5483.weblog.esaunggul.ac.id dibuka pukul 19:50 WIB pada Hari Kamis tanggal 10 Mei 2018

Sumber Gambar
aliexpress.com dibuka pukul 19:55 WIB pada Hari Kamis tanggal 10 Mei 2018
unsplash.com dibuka pukul 20:00 WIB pada Hari Kamis tanggal 10 Mei 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *