Gimana Cara Jadi Pengusaha Kaya? Mulai Darimana? Ngapain Dulu? : #PanduanKita

Karya : Ben Roselt

Apa Aja Cara Memulai Usaha dari Nol?
Apa Aja Hal yang Harus Dihindari Pengusaha?

Pernah mimpi jadi pengusaha
Pengusaha yang banjir harta
Gimana sih ngerealisasiinnya
Tenang ya, Kita punya tipsnya

Salam Mas dan Mbak Bro!

Pernah mimpi jadi pengusaha muda ga?

Ntah itu pengusaha makanan, minuman, pakaian, atau apapun lah, pernah ga? Hidup pengusaha yang bergelimang harta emang buat siapapun iri, soalnya nih para pengusaha ga perlu mikir lagi kalo mau beli ini dan itu. Tinggal tarik, bayar, dan siap digunakan deh barangnya.

Kehidupan mewah para pengusaha muda ternyata diawali dengan cucuran keringat yang sangat banyak lho! Ada banyak tantangan yang harus dihadapi, salah satunya adalah modal. Modal disini memiliki pengaruh yang amat krusial dalam perkembangan bisnis, kalo gak ada modal, mau jadi apa bisnis itu kelak? Untungnya ada beberapa bisnis yang bisa dimulai dengan modal nol. Misalnya nih menjadi dropshipper, youtuber, komikus, dan banyak lagi. Yang penting adalah gimana cara Mas dan Mbak Bro memulai bisnis tersebut supaya bisa jadi lebih berkembang dan tentunya sukses di kemudian hari.

Karya : @gradikaa_

Apa Aja Cara Memulai Usaha dari Nol?

1. Jadi sosok yang lebih proaktif

Proaktif disini maksudnya lebih berinisiatif saat mau ngelakuin sesuatu. Walaupun ide-ide brilian gakterlintas di dalam kepala, tapi orang yang proaktif bakal berpikir keras untuk dapetin yang namanya ide brilian tersebut. Hal yang sama ketika Mas Bro dan Mbak Bro ga ada ide buat nentuin jenis bisnis, Mas dan Mbak Bro bisa luangin waktu sedikit aja untuk sekedar cari informasi di internet tentang bisnis yang paling pas untuk jaman sekarang. Informasi yang didapat bisa jadi ide brilian lho, jadi manfaatin setiap detik yang dimiliki untuk dijadiin peluang bisnis.

2. Pikirkan hal-hal yang kreatif

Untuk dapetin ide kreatif, Mas Bro dan Mbak Bro gak boleh hanya duduk santai di tempat yang sama selama berjam-jam. Ada baiknya Mas Bro dan Mbak Bro keluar deh sekedar hirup angin segar dan jalan-jalan di sekitar komplek. Nah aktivitas sederhana nan kreatif ini bisa jadi akar kemunculan ide-ide brilian untuk ngembangin bisnis.

3. Pilih usaha (bisnis) yang sesuai passion

Meski ada banyak bisnis yang bisa dijadiin pilihan, tapi pilih lah satu jenis bisnis yang paling pas untuk Mas dan Mbak Bro. Usahain bisnis tersebut sesuai dengan minat dan bakat supaya proses pengembangan bisnis jadi lebih mudah. Mas dan Mbak Bro juga gak berat hati ketika mau ngejalanin bisnis karna pada dasarnya Mas dan Mbak Bro suka pada bisnis tersebut.

4. Punya percaya diri yang tinggi

Mas dan Mbak Bro percaya gak kalo bisnis yang bakal digeluti menuai sukses? Kebanyakan pebisnis pemula terlalu takut sama yang namanya kegagalan. Nah rasa takut ini lah yang akhirnya membunuh rasa percaya diri, sehingga bisnis pun gak maju-maju. Mas dan Mbak Bro harus ingat kalo hidup itu adalah sugesti. Jadi ketika Mas dan Mbak Bro bilang gak bisa, hasilnya memang gak bisa. Tapi kalo Mas dan Mbak Bro bilang bisa, percaya deh kalo apapun yang bakal Mas dan Mbak Bro lakuin pasti bakal menuai sukses. Yang penting percaya diri aja dulu.

5. Membuat tujuan bisnis yang jelas

Apa tujuan Mas Bro dan Mbak Bro terjun ke dunia bisnis?

Hanya sekedar ikut-ikutan ato emang pengen jadi salah satu orang sukses?

Ga segelintir orang yang ngejalanin bisnis bermodal ikut-ikutan, alhasil perkembangan bisnis pun jadi ga maksimal. Jadi sebelum semuanya dimulai, tentuin dulu apa yang jadi tujuan Mas dan Mbak Bro. Entah keuntungan dari bisnis bakal di-pake buat beli rumah baru, kendaraan baru, ato hari tua yang aman dan tenteram, yang penting punya tujuan ya!

Karya : @rawpixel

6. Rencana Usaha (Business plan) itu penting

Sebelum ngejalanin bisnis, Mas Bro dan Mbak Bro juga harus buat yang namanya rencana ato rancangan bisnis. Nah rancangan ini berisi daftar kegiatan apa aja yang bakal dilakuin dalam proses pengembangan bisnis, yang bisa meliputi manajemen, produksi, ato pemasaran. Bisnis yang punya rancangan yang jelas akan lebih mudah dikembangin ketimbang bisnis yang gak punya rancangan sama sekali. So, jangan lupain poin yang satu ini ya.

7. Pilih tempat usaha (lokasi binsis) yang strategis

Sukses gak nya sebuah bisnis juga bergantung dari lokasi bisnis itu sendiri. Bisnis yang terletak di lokasi strategis lebih mudah menuai sukses ketimbang bisnis yang terletak di lokasi pedalaman. Kenapa? Karna aksesnya udah beda. Bisnis yang terletak di lokasi strategis tentu lebih mudah dijangkau dan diakses oleh banyak orang, sehingga bisnis tersebut pun cepat dikenal. Sedangkan bisnis yang terletak di pedalaman? Jangankan cepat terkenal, wong akses menuju lokasi bisnisnya aja susahnya minta ampun. Emang sih biaya sewa untuk bisnis di lokasi strategis lebih mahal, tapi kalo ternyata bisnis itu lebih ceat berkembang, ya apa salahnya. Keuntungan yang didapat dari bisnis nantinya kan bisa di-pake untuk bayar sewa.

8. Mau belajar dari orang lain (ATM)

Tiap orang punya pola pikir yang berbeda-beda. Ada orang yang open minded, ada pula orang yang close minded. Nah pola pikir yang dimiliki akan senantiasa mempengaruhi cara kita dalam ngambil keputusan. Dengan pola pikir yang baik, maka persepsi kita di bidang bisnis juga akan berubah, sehingga kita lebih tau peluang mana yang diambil dan peluang mana yang gak perlu demi perkembangan bisnis. Kalo Mas dan Mbak Bro sama sekali belum paham mengenai bisnis, luangin waktu buat beajar dari orang yang sudah ahli di bidangnya. Kelilingi pula diri Mas dan Mbak Bro dengan orang-orang yang udah sukses supaya kesuksesan mereka seenggaknya bisa terciprat dikit sama kita.

9. Susun rencana keuangan yang matang

Yang namanya bisnis emang gak pernah luput dari namanya modal. Untuk bisnis kecil-kecilan, modal yang dibutuhin tentu lebih sedikit ketimbang bisnis besar. Tapi jangan salah, bisnis yang butuh modal kecil juga perlu perencanaan keuangan yang matang. Karna kalo asal-asalan, Mas dan Mbak Bro jadi kesulitan untuk ngalokasiin uang untuk bagian ini dan itu. Penggunaan uang juga jadi gak tepat guna, sehingga uang yang ada gak dipergunain secara maksimal untuk pengembangan bisnis itu sendiri. Jadi susun rencana keuangan sebaik mungkin supaya masing-masing bagian bisa mendapat suntikan dana yang pas sesuai dengan porsinya.

10. Beraksi, jalanin bisnis yang udah dirancang

Rencana bisnis sebagus apapun, modal sebesar apapun pada akhirnya bakal sia-sial kalo Mas Bro dan Mbak Bro gak ada nyali buat terjun langsung ke dunia bisnis. Karna pada dasarnya dunia bisnis itu perlu aksi, bukan hanya omongan semata. Kalo semisal hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan bisnis udah matang, sekarang waktunya untuk memulai.

#MulaiAjaDulu lalu perbaiki kemudian.

Karya : @isaiahrustad

Apa Aja Hal yang Harus Dihindari Pengusaha?

1. Takut ambil risiko

Seperti yang udah dijelasin di atas, yang namanya bisnis gak akan pernah luput dari namanya risiko. Tapi yang namanya pengusaha sukses harus berani ngadepin semua risiko yang ada, baik itu risiko kecil maupun risiko besar. Nah untuk meminimalisir risiko yang ada, Mas dan Mbak Bro bisa pikirin dulu dampak dari keputusan yang diambil. Selain itu, ambil keputusan dari semua sudut pandang jadi gak cuma satu sudut pandang aja ya.

2. Ga membuka diri pada hal-hal baru

Jadilah pengusaha yang membuka diri pada hal-hal baru, bukan malah nutup diri. Jangan pernah puas pada hasil yang udah Mas dan Mbak Bro capai. Karna di balik hasil yang baik, masih ada hasil yang lebih baik lagi yang bisa dicapai. Sebab pengusaha yang sukses itu memiliki kemauan yang tinggi untuk keluar dari zona nyaman.

3. Meniru usaha orang lain

Para plagiat ada dimana-mana, gak hanya plagiat dalam hal gaya hidup aja tapi juga plagiat dalam urusan bisnis. Tapi kalo Mas dan Mbak Bro mau bisnisnya sukses, jadilah diri sendiri. Jalanin bisnis yang menurut Mas dan Mbak Bro bisa menuai kesuksesan, jalanin bisnis yang sesuai dengan minat. Jangan karna orang lain sukses di bisnis yang satu, Mas dan Mbak Bro jadi ikut-ikutan. Yang ada kalo bisnis tersebut gak sesuai selera, bisa hancur berantakan rencana bisnis yang sebelumnya udah disusun rapih.

4. Ga mau belajar dari kesalahan

Hanya segelintir orang aja yang mau memperbaiki kesalahan yang dibuatnya. Nah orang ini lah yang masuk dalam kategori orang sukses. Karna kesalahan yang berujung pada sebuah kegagalan itu bukan lah hal yang perlu disesali sampe bertahun-tahun, melainkan sebagai hal yang harus disyukuri. Sebab kegagalan ini lah yang nantinya bisa membuat Mas dan Mbak Bro sukses.

5. Ga ngelakuin riset dengan baik

Dan cara jadi pengusaha yang terakhir adalah lakuin riset dengan baik. Riset disini mencakup seluruh proses, fungsi, dan bagian dalam bisnis. Riset yang dilakuin secara menyeluruh pasti akan menuai hasil yang baik karna hanya dengan riset lah seluruh arus perjalanan bisnis dapat diketahui secara lebih detail.

Setelah membaca cara memulai usaha dari nol di atas, apakah Mas dan Mbak Bro tertarik buat terjun ke dunia bisnis dan jadi pengusaha muda di Indonesia?

Jangan takut, kegigihan dan kerja keras yang Mas dan Mbak Bro lakuin pasti akan terbayarkan setelah bisnis dimulai. Yang penting #MulaiAjaDulu, soal gagal ato sukses jadi urusan belakangan.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Mauliate.

Ragu-ragu saat mulai bisnis
Ga akan buat kita bisa main
Lagipula kenapa pada pesimis
Cara di atas kan bisa dilakuin

#InformasiKita
20180530 0701 WIB Rabu
Rumah Semarang

Sumber Tulisan
buattokoonline.id dibuka pukul 06:05 WIB pada Hari Rabu tanggal 30 Mei 2018
finansialku.com dibuka pukul 06:20 WIB pada Hari Rabu tanggal 30 Mei 2018
generali.co.id dibuka pukul 06:27 WIB pada Hari Rabu tanggal 30 Mei 2018
hipwee.com dibuka pukul 06:38 WIB pada Hari Rabu tanggal 30 Mei 2018
kudo.co.id dibuka pukul 06:50 WIB pada Hari Rabu tanggal 30 Mei 2018

Sumber Gambar
unsplash.com dibuka pukul 06:55 WIB pada Hari Rabu tanggal 30 Mei 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *