Udah Tau Usaha Apa? Terus Selanjutnya Ngapain?

Karya : @rawpixel

Apa Langkah Selanjutnya Kalo Udah Nemuin Ide Usaha?
Gimana Cara Supaya Bisnis Berkembang Pesat?

Ide bisnis lebih baik dimanfaatin
Demi mewujudkan kesuksesan
Kalo kamu stuck saat berbisnis
Lakuin aja cara di bawah ini, cus

Salam Mas dan Mbak Bro!

Punya bisnis sendiri itu merupakan tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis. Tantangan yang ada bukan hanya tentang modal, tapi juga tentang perancangan bisnis karna sukses ato tidaknya bisnis tergantung dari cara pebisnis saat mengelola bisnis itu sendiri. Mas dan Mbak Bro mungkin sering bingung langkah apa aja yang perlu dilakuin setelah menemukan ide usaha yang paling tepat. Kalo mau tau, baca penjelasannya di bawah ini.

Karya : @martenbjork

Apa Langkah Selanjutnya Kalo Udah Nemuin Ide Usaha?

1. Merancang bisnis seunik mungkin

Setelah nemuin ide yang sesuai dengan bidang yang diminati, sekarang saatnya untuk merancang bisnis tersebut. Mulai dari proses produksi, pemasaran, bagian manajemen, dan jumlah karyawan yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis. Perancangan bisnis yang sudah ada bisa dijadiin pedoman agar Mas dan Mbak Bro yang terlibat dalam perjalanan bisnis dapat ngejalanin bisnis dengan mudah.

Rancangan bisnis sebaiknya dibuat seunik mungkin, tujuannya apalagi kalo bukan untuk ngalahin pesaing yang bergerak di bidang bisnis yang sama. Sebab dengan keunikan seperti ini, bisnismu jadi semakin mudah dikenali oleh konsumen. Apalagi kalo bisnis Mas dan Mbak Bro punya yel-yel ato logo unik yang menjadi simbol keunikan tersebut.

2. Membentuk tim yang utuh

Kesuksesan dalam berbisnis gak pernah lepas dari peran tim yang selalu ada untuk memberikan masukan, kritik, dan saran supaya bisnis lebih maju dan pastinya bisa lebih sukses di kemudian hari. Nah Mas dan Mbak Bro butuh yang namanya tim kerja seperti ini supaya bisnis jadi lebih mudah dijalanin.

Memiliki tim yang utuh dan bersinergi menjadi kunci kesuksesan dari proses bisnis. Dalam hal ini, Mas dan Mbak Bro boleh tuh ngadain perekrutan karyawan untuk mengisi divisi ato bagian yang ada dalam bisnis. Proses seleksi harus dilakukan secara ketat untuk menemukan kandidat terbaik dalam mengembangkan bisnis. Emang sih bisnisnya belum seberapa, tapi jika bisnis diisi oleh sumber daya yang berkualitas, gak menutup kemungkinan kalo bisnis dapat berkembang sangat pesat hanya dalam beberapa bulan setelah bisnis tersebut resmi diperkenalkan kepada masyarakat.

3. Gigih mencari modal

Poin yang satu ini berguna banget buat Mas dan Mbak Bro yang kepengen ngejalanin bisnis tapi selalu terhambat karna modal. Untungnya banyak lembaga yang bersedia ngedanain bisnis yang akan dijalankan. Bukan hanya lembaga perbankan ato koperasi, tapi juga lembaga pendanaan lewat internet. Misalnya pendanaan dengan sistem crowd-funding.

Nah sistem crowd-funding ini bisa dibilang cukup unik karna Mas dan Mbak Bro yang mau ngejalanin bisnis bisa ngajuin dana dalam jumlah tertentu kepada perusahaan ato investor yang ada di luar sana. Mas dan Mbak Bro tinggal serahin proposal pengajuan dana yang udah berisi tentang rancangan bisnis secara utuh, setelah itu kirimkan deh ke alamat email. Biarkan perusahaan ato investor memeriksa proposal yang dikirimkan sebelum akhirnya dana yang diajuin benar-benar diterima. Dana yang didapat dari sistem crowd-funding lumayan besar, lho! Kalo Mas dan Mbak Bro lagi butuh modal untuk ngembangin bisnis, jangan ragu untuk coba cara yang satu ini ya!

Sumber Gambar : unsplash.com

4. Beli peralatan yang dibutuhkan

Langkah berbisnis selanjutnya adalah membeli peralatan apa aja yang dibutuhkan sesuai dengan bidang bisnis yang bakal digeluti. Nah, jika Mas dan Mbak Bro tertarik untuk berbisnis online shop, maka Mas dan Mbak Bro perlu persiapin gadget dan koneksi internet supaya bisnis bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Sedangkan buat Mas dan Mbak Bro yang kepengen buka usaha kuliner, bisa persiapin tempat, alat-alat memasak, dekorasi yang menarik, daftar buku menu yang unik, dan layanan tambahan seperti Wi-Fi. Yang pasti Mas dan Mbak Bro harus punya semua peralatan tersebut selengkap mungkin.

5. Mulai berjualan

Kalo semuanya udah lengkap, sekarang saatnya untuk berjualan. Selain menjajakan produk kepada khalayak banyak, jangan lupa tawarkan produk yang Mas dan Mbak Bro jual kepada orang-orang terdekat juga, seperti tetangga, kerabat kerja, keluarga, ato teman sepermainan. Dengan pendekatan seperti ini, bisnis pun dapat semakin dikenal. Apalagi kalo bisnis yang digeluti menawarkan produk yang benar-benar berkualitas, dijamin pembeli yang udah pernah membeli bakal jadi pelanggan setia Mas dan Mbak Bro.

Pada saat awal-awal berjualan Mas dan Mbak Bro bakal ngadepin banyak tantangan. Wajar aja karna ini kali pertama Mas dan Mbak Bro terjun di dunia bisnis. Kalo ada tantangan ato masalah, sebaiknya diskusikan dengan orang-orang terdekat untuk nemuin cara pemecahan masalah yang tepat. Jangan pernah menunda-nunda bisnis karna takut tantangan yang seperti ini. Karna gimana pun juga, tantangan itu lah yang nantinya akan mendewasakan Mas dan Mbak Bro dalam mengembangkan bisnis ke depannya.

6. Berikan pelayanan terbaik

Banyak pengusaha muda sering mengabaikan poin yang satu ini. Padahal sukses gak nya bisnis sangat bergantung pada konsumen ato pembeli. Kalo gak dilayani dengan baik, apa Mas dan Mbak Bro yakin pembeli tersebut bakal kembali membeli produk yang dijual di kemudian hari? Tentu aja gak, karna mereka lebih baik cari-cari penjual ato pebisnis lain yang bisa ngelayanin mereka dengan baik.

Oleh karna itu, berikan pelayanan terbaik dari yang terbaik yang bisa Mas dan Mbak Bro berikan kepada seluruh pembeli. Memberikan pelayanan terbaik itu gak sulit kok, cukup dengan membalas chat dengan sopan, menyediakan informasi yang bermanfaat, dan kemudahan dalam akses, udah itu aja. Gak sulit kan?

Sumber Gambar : unsplash.com

Gimana Cara Supaya Bisnis Berkembang Pesat?

Mas dan Mbak Bro pasti gak mau kan kalo bisnis gak berkembang padahal udah berbulan-bulan beroperasi? Nah Mas dan Mbak Bro harus terapin cara ngembangin bisnis yang benar supaya bisnis tersebut bisa berkembang dengan pesat. Gimana caranya?

1. Perluas pangsa pasar lewat internet

Internet merupakan media yang gak boleh diremehkan di era digital seperti sekarang. Sebagus apapun bisnis yang dijalankan kalo gak didukung dengan media online, hasilnya nihil. Gunain media online untuk memperkenalkan produk kepada masyaraka luas supaya mereka tau kalo di kota tempat mereka tinggal ternyata ada bisnis terbaru yang layak untuk dikunjungi.

Untuk sektor bisnis seperti barang-barang fisik, seperti gadget, snack, ato pakaian, Mas dan Mbak Bro bisa pergunain internet untuk berjualan. Jadi Mas dan Mbak Bro gak hanya berjualan lewat toko offline saja, tapi juga lewat online untuk meningkatkan penjualan dan omzet. Sedangkan buat Mas dan Mbak Bro yang bisnis kuliner, bisa tuh promosiin bisnis kuliner yang dibuka lewat Instagram ato Facebook untuk mengajak masyarakat pada mampir sekaligus cobain aneka makanan yang Mas dan Mbak Bro jual.

2. Adakan promo menarik

Kalo poin ini bisa digunain untuk semua jenis bisnis, baik bisnis online maupun bisni offline. Promo yang diberikan bisa berupa potongan harga, pemberian voucher, hadiah, cashback, ato yang paling baru yaitu dengan memberikan stiker. Nah pembeli yang berhasil ngumpulin stiker dalam jumlah yang udah ditentuin boleh mendapat hadiah menarik dari Mas dan Mbak Bro. Dengan demikian, pembeli pun semakin antusias untuk berbelanja lebih banyak.

Demikianlah informasi mengenai peluang bisnis dan langkah-langkah yang harus dilakuin saat berbisnis. Bisnis apapun yang akan dijalankan yang pasti sesuai dengan kemampuan, keahlian, dan hal-hal yang disenangi. Mau usaha apapun bisa, karna udah ada internet yang siap menolong dan yang paling penting #MulaiAjaDulu.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Mauliate.

Ide bisnis udah ketemu
Strateginya juga udah
Apa lagi mau ditunggu
Mulai sekarang aja gih

#InformasiKita
20180601 0701 WIB Jumat
Rumah Semarang

Sumber Tulisan
id.wikihow.com dibuka pukul 06:10 WIB pada Hari Jumat tanggal 01 Juni 2018
webhostmu.com dibuka pukul 06:35 WIB pada Hari Jumat tanggal 01 Juni 2018

Sumber Gambar
unsplash.com dibuka pukul 06:50 WIB pada Hari Jumat tanggal 01 Juni 2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *