Jadilah Ahli dan Pakar di Bidang yang Paling Ga Dikuasai Orang Lain : #BelajarHidup

karya martin shreder

Semua Orang Jago Dibidangnya Masing-Masing
Apa Aja yang Harus Kita Lakuin Sama Keahliannya Kita?

Anak kecil sangat suka kalo diajak main
Tapi kalo kalah dia akan nangis sedih
Boleh sih mau lebih hebat dari orang lain
Jangan berusaha kayak mereka jadilah lebih

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Punya idola ga?

Kalo suka nyanyi pasti idolanya penyanyi. Suka olahraga idolanya olahragawan juga. Suka politik pasti suka sama politikus tertentu. Ga ada yang salah dengan itu. Tapi ga kita sadari kita sering kali ingin jadi seperti idola kita. Ada baiknya tapi bener 100%.

Kenapa?

Baca Juga : Lakuin Dengan Segenap Hati Ga Cukup, Lakuin Seperti Buat Tuhan Bukan Manusia

karya ravi roshan

Semua Orang Jago Dibidangnya Masing-Masing

Bahkan idola kita pun ga bisa seperti kita. Jadi mengidolakan mereka baik. Kita jadiin mereka bahan pembelajaran.

Kita harusnya lebih baik dari idola kita. Kita harusnya memperkuat kelebihan dengan meniru kebaikan mereka. Kita kurangi kekurangan dengan ga meniru kesalahan mereka.

Apapun kelebihan kita sekarang. Jangan merasa rendah diri. Karna merasa orang lain lebih hebat dari kita. Mas Bro dan Mbak Bro pasti lewati masa itu. Ato bahkan lewati masa-masa itu. Waktu SD, SMP, dan SMP misalnya. Ada temen yang juara kelas dan jago matematika. Dan dia disayang sama guru. Ada temen yang jago main gitar dan disukai sama banyak cewek-cewek. Sebaliknya, ada cewek yang jago main drum dan dikagumi sama cowok-cowok. Ada temen yang jago main bola di segani temen-temen sesama cowok.

Sedankan kita sendiri cuma jago nulis. Cuma bisa ngomong doang. Lah, itu mau jadi apa nantinya?

Ga ada kerennya.

Santai Mas Bro dan Mbak Bro. Semua orang jago dibidangnya masing-masing. Kita hanya perlu mendalaminya. Coba liat Raditya Dika, jago nulis. Siapa youtuber paling pelanggannya sekarang?

Bukan yang dulu jago matematika kan?

Trus gimana caranya buat jago dibidang kita sendiri?

Baca Juga : Pergaulan yang Buruk Merusak Kebiasaan Baik

karya iswanto arif

Apa Aja yang Harus Kita Lakuin Sama Keahliannya Kita?

Gimana pun keadaan kita jangan rendah diri. Kita semua adalah makhluk yang khusus. Kita semua spesial. Kita semua unik dibidangnya kita masing-masing. Cuma kita yang bisa jadi kita. Orang lain ga bisa. Itu kenyataan sederhana yang bermakna dalam. Itu kenyataan yang harus kita syukuri.

Jadi apa aja yang harus kita lakuin sama keahliannya kita?

1.Menerima

Menerima diri sendiri, apapun keadaannya adalah langkah pertama yang penting. Ini adalah langkah pertama yang harus kita pertahanin sampe akhir. Tanpa penerimaan sama diri sendiri ga akan ada perjalanan panjang.

Langkah ini ga hanya berlaku sama orang terlahir ato terbentuk menjadi pribadi yang hebat. Kita juga ga boleh berpuas diri. Kita masih harus lanjut ke langkah selanjutnya.

Setelah menerima kekurangan diri sendiri dan menyadari kelebihan kita, lalu apa lagi?

2. Berakar.

Seperti layaknya pohon yang tumbuh. Kita butuh untuk semakin kokoh dengan kekurangan dan kelebihan kita. Kita bisa aja kalah tinggi sama yang lainnya. Tapi pohon kurma memang sengaja tumbuh. Bambu juga lama  tingginya. Karna keduanya sama-sama memperkuat akarnya dulu. Sampe akhirnya pelan-pelan kejar tanaman lain yang lebih dulu tinggi. Sampe akhirnya saat ada angin kencang yang menghempas. Kedunya bertahan dan tanaman lain ga.

Kita mau pilih mana?

3. Bertumbuh.

Setelah kita udah punya dasar yang kuat menjalani hari-hari. Saat kita udah kuat menghadapi masalah dan tekanan. Jangan ragu untuk bertumbuh. Pelajari hal-hal baru yang mendukung kemampuan kita. Awalnya cuma jago nulis cerita, coba pelajari cara membuat skenario film. Dari atas kertas kita bisa pindah ke layar bioskop.

4. Bersyukur.

Bukan rahasia umum, kalo udah jadi lebih besar. Kita lupa sama “kecilnya” kita dulu. Itulah kenapa langkah pertama tadi penting. Kita harus menerima kekurangan kita terus dan mengakui kelebihan kita. Sehebat apapun kita selanjutnya kita selalu punya kekurangan. Kita juga ga bisa menjadi hebat seperti sekarang tanpa kita yang kecil dulu. Kita ga bisa seperti sekarang tanpa dukungan orang-orang disekitar kita. Paling penting kita ga bisa seperti sekarang tanpa Dia.

Jadi penting untuk selalu bersyukur untuk apa yang udah kita alami sekarang.

Baca Juga : Pengorbanan Ngalahin Segalanya

karya iswanto arif

Jadilah Ahli dan Pakar di Bidang yang Paling Ga Dikuasai Orang Lain

Jadi kembangin lah apa yang paling bisa kita lakuin sekarang. Jadi berusaha menjadi orang lain. Berusaha lah lebih daripada orang lain. Jadilah versi diri kita yang terbaik.

Kenali apa hal yang bisa kita lakuin dan tentu kita senangi. Setelah temuin, apapun kemampuan itu. Bergaul sama orang-orang ato lingkungan yang bisa kembangin kemampuan itu. Pelajari hal-hal yang berhubungan sama kemampuan itu. Mulai dari tulisan, gambar, dan video.

Setelah kemampuan itu udah berkembang. Bener-bener jadiin keahlian kita itu jadi bagian semua aspek hidup kita. Pelajari hal-hal yang berbanding dan masih berhubungan sama kemampuan itu.

Sampe akhirnya sehebat apapun kita nantinya. Jadilah pribadi yang dewasa di bidang kita masing-masing.

#

Semua orang bisa lakuin sesuatu lebih baik dari orang lain.
Tapi ga semua orang mau mendalami sesuatu itu.

#

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Semua orang harus mau ditata
Kalo mau lebih hebat kedepannya
Bukan karna kuat dan hebat kita
Ada kekuatan doa dibelakangnya

Sumber Tulisan
Pengalaman penulis

Sumber Gambar
unsplash.com dibuka pukul 14:27 WIB pada Hari Jumat tanggal 29 Juni 2018

Trackbacks & Pings

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *