Beuh!!!, 12 Tanda Kalo Kita Salah Gunain Sosial Media : #PanduanKita

karya rawpixel

Apa Tanda Kalau Kita Salah Gunain Sosial Media?
Gimana Cara Manfaatin Sosmed dengan Benar?

Semua orang pada candu sosmed
Parahnya lagi sampe disalahgunain
Apa sih tanda salahgunain sosmed
Di bawah ini langsung Kita sebutin

Salam Mas Bro dan Mbak Bro!

Suka main instagram ga?

Udah posting rutin belum?

Pasti pada punya media sosial kan dong ya. Kalo sampe ga punya siap-siap bakal dikatain kudet nih. Jaman sekarang sosmed itu penting banget, gak hanya sekedar posting status, foto, ato video aja, tapi juga untuk mempertemukan Mas Bro dan Mbak Bro dengan kawan-kawan lama yang mungkin udah lama gak saling ketemu. Tapi fungsi sosmed yang begitu baiknya kadang-kadang malah disalahgunain oleh pemilik sosmed itu sendiri. Kalo udah begini ceritanya, gak hanya ngerugiin diri sendiri tapi juga bakal ngerugiin orang lain juga.

Ulasan mengenai tanda-tanda kalo Mas Bro dan Mbak Bro pernah salah gunain sosmed akan Kita bahas di bawah ini ya!

Baca Juga : Pengusaha!!! Berhenti Lakuin 17 Kesalahan Dari Akun Official Brand Sosial Media Ini

karya john noonan

Apa Tanda Kalau Kita Salah Gunain Sosial Media?

Ulasan mengenai tanda-tanda kalo Mas Bro dan Mbak Bro pernah salah gunain sosmed akan Kita bahas di bawah ini ya! Lumayan kan supaya Mas Bro dan Mbak Bro tau dan pastinya gak bakal ngelakuin kesalahan ini lagi untuk ke depannya.

1. Asal Terbitin Konten

Sosmed itu gak hanya Facebook, Instagram, dan Twitter aja ya Mas Bro dan Mbak Bro, tapi ada juga Pinterest dan Blog yang bisa Mas Bro dan Mbak Bro gunain untuk bagi-bagi konten kepada pembaca ato teman-teman yang ada di luar sana. Banyak pengguna sosmed yang nyebar konten sesuka hati, sampe konten yang sering nimbulin kontroversi pun ada. Mas Bro dan Mbak Bro pernah ngelakuin hal ini? Kalo pernah sih ada baiknya jangan dilakuin lagi ya. Gak enak tau jadi sorotan banyak orang hanya gara-gara konten yang sifatnya kontroversi.

2. Ga Rutin Posting

Asal terbitin konten salah, apalagi kalo sama sekali gak pernah terbitin konten alias posting. Wajar aja ya Mas Bro dan Mbak Bro karna pada dasarnya hidup itu serba salah (canda). Jangan biarin akun sosmed Mas Bro dan Mbak Bro seperti kuburan gak ada isinya ato sama sekali gak pernah digunain. Sesekali gapapa kok kalo mau posting. Kalo pun postingannya kurang berbobot ato gak berkualitas, ya gapapa sih asalkan gak terlalu sering. Sesekali masih bisa dimaklumi lah daripada sama sekali gak pernah posting apapun.

3. Konten Bertema

Nah, maksud dari konten bertema ini misalnya kayak konten yang isinya curhatan semua ato konten yang isinya endorse mulu. Emang sih ini akun sosial Mas Bro dan Mbak Bro sekalian, tapi ngepost sesuatu yang sifatnya pribadi itu sebaiknya jangan terlalu sering dilakuin. Iya kalo semisal orang lain suka dan mendoakan yang terbaik buat Mas Bro dan Mbak Bro sekalian, kalo semisal orang lain mendoakan yang jahat-jahat gimana dong? Yang datang ke Mas Bro dan Mbak Bro pun bakalan jahat juga kan?

Tingkat profesionalitas Mas Bro dan Mbak Bro juga bakal berkurang, apalagi kalo sampe orang kantor ato manajer di perusahaan sampe tau semua tentang Mas Bro dan Mbak Bro rasain.

4. Ga Perhatiin Kebutuhan Followers

Followers alias pengikut di sosmed butuh sesuatu yang berbeda, istilahnya yang unik lah untuk dijadiin inspirasi ato apa kek. Nah, kalo Mas dan Mbak Bro asal posting konten tanpa merhatiin kebutuhan para followers, yang ada followers tersebut bakal ngeunfollow akun sosmed Mas dan Mbak Bro. Untuk itu, posting lah sesuatu yang gak hanya bermanfaat ato menghibur diri sendiri tapi juga (setidaknya) bermanfaat dan bisa menghibur orang lain, terutama followers.

5. Ga Maksimalin Fungsi Sosmed Lain

Jangan jadiin sosmed untuk meng-alay aja. Mas dan Mbak Bro bisa maksimalin fungsi sosmed untuk dapetin pundi-pundi rupiah. Tapi caranya bukan dengan sebarin hal-hal yang gak penting ya, tapi lebih ke berbagi informasi yang bermanfaat dan pastinya menginspirasi bagi semua pengikut. Misalnya Mbak Bro nih yang hobi di bidang fashion ato make up bisa bagi-bagi tips tentang gaya berbusana yang lagi ngetrend melalui postingan di sosmed. Begitu juga dengan Mas Bro yang mungkin hobi di bidang otomotif.

6. Pake Autopost

Siapa sih yang gak kepingin tetap dekat dengan para fans ato pengikutnya di sosmed? Mas dan Mbak Bro pasti kepingin kan? Keinginan ini bisa Mas dan Mbak Bro wujudkan dengan memberi informasi yang informatif bagi seluruh pengikut dan followers di sosmed, bukan malah nyebarin hal yang aneh-aneh. Kalo semisal Mas dan Mbak Bro lagi sibuk banget nih sampe-sampe gak bisa post apa-apa, sebaiknya biarin akun sosmed diam untuk sementara waktu. Jangan pernah andalin sistem autopost untuk akun sosmed apapun yang Mas dan Mbak Bro gunain.

7. Asal Punya Sosmed, Gak Punya Tujuan Jelas

Apapun yang bakal kita lakuin pada dasarnya dilandasi dengan tujuan yang jelas. Bener, gak? Nah, tujuan Mas dan Mbak Bro gunain sosmed untuk apa? Apakah untuk popularitas semata, untuk dekat dengan followers, ato gak punya tujuan jelas, ya yang penting punya sosmed, ngikut teman-teman yang lain. Kalo Mas dan Mbak Bro gak punya tujuan jelas tentang penggunaan sosmed, sama aja dengan buang-buang waktu. Meskipun sosmed tersebut hanya sebagai media untuk bersenang-senang, seenggaknya udah ada tujuan yang mau Mas dan Mbak Bro capai yaitu senang-senang.

8. Plagiat Postingan Orang Lain

Akun sosmed Mas dan Mbak Bro harus punya keunikan masing-masing, jangan mau plagiat kalo Mas dan Mbak Bro gak siap nerima komentar pedas dari para netizen yang ada di luar sana. Jadi diri sendiri jauh lebih menyenangkan karna Mas dan Mbak Bro bisa ngelakuin apapun yang disukain asal masih dalam batasan wajar. Apalagi kalo Mas Bro dan Mbak Bro orangnya asik tuh, pasti deh bakal disukain sama banyak orang tanpa harus bersusah payah untuk ngerubah diri Mas dan Mbak Bro yang sebenernya.

9. Kurang Akrab dengan Pengikut

Popularitas yang Mas dan Mbak Bro dapetin dari sosmed gak bakal kayak sekarang tanpa para pengikut. Gimana pun juga, Mas dan Mbak Bro harus selalu menjalin hubungan baik dengan semua pengikut. Kalo semisal Mas dan Mbak Bro butuh bantuan entah dalam konteks apapun itu, para followers tersebut pun akan dengan senang hati membantu tanpa ngarepin imbalan apapun. Enak kan?

10. Kurang Manfaatin Artis Idola

Orang yang hidup di jaman modern seperti sekarang pasti punya deh yang namanya sosial media, entah itu satu ato dua sosmed, pasti punya. Sosmed ini gak hanya digunain untuk beralay-alay dengan teman, tapi bisa juga untuk semakin dekat dengan artis idola. Gimana caranya? Mudah banget, tinggal komen, likes, dan mention artis idola. Kalo semisal Mas dan Mbak Bro lagi beruntung, bisa aja artis idola tersebut menyukai ato membalas komen yang Mas dan Mbak Bro berikan. Kalo udah begini caranya, Mas dan Mbak Bro pun bakal ikut hits soalnya para pengikut yang melihat aktivitas yang dilakuin sang artis idola pun pasti penasaran tentang Mas dan Mbak Bro sehingga ngebuat mereka follow Mas dan Mbak Bro di sosmed. Hal ini juga termasuk salah satu trik nambahin followers kalo Mas dan Mbak Bro emang tertarik.

11. Ngiraukan Komentar Negatif

Yang namanya sosial media, banyak yang suka, banyak pula yang benci. Mas dan Mbak Bro pasti bakal ngalamin hal yang gak mengenakkan di sosmed, misalnya nyinyir ato sindiran, ato komentar negatif yang biasanya diberikan oleh netizen maupun haters yang suka ngiri sama kehidupan yang Mas dan Mbak Bro jalanin sekarang. Komentar negatif seperti itu emang gak terlalu penting buat diladenin, tapi kalo semisal udah keterlaluan, Mas dan Mbak Bro boleh angkat bicara dan ngebalas komentar tersebut dengan sopan ato balas nyinyir lagi tapi dengan cara yang sedikit berkelas. Jangan pernah ngehapus komentar negatif tersebut kalo Mas dan Mbak Bro gak mau nambahin masalah.

12. Terlalu Lama Balas Komentar

Kalo sosial media Mas dan Mbak Bro udah diisi dengan bisnis yang menjanjikan, Mas dan Mbak Bro boleh nyewa orang untuk ngelola akun sosmed yang Mas dan Mbak Bro punya. Sehingga komentar ato pesan yang masuk bisa segera ditanggapi. Apapun isi komentar tersebut, baik ato pun buruk, balas lah secepat mungkin karna gimana pun juga Mas dan Mbak Bro tetap harus berikan yang terbaik buat followers atau pengikut di sosmed.

Baca Juga : Lengkap!!! 27 Cara Menambah Followers Instagram Termasuk Beli Insta Followers

karya leio mclaren

Gimana Cara Manfaatin Sosmed dengan Benar?

Cara manfaatin sosmed dengan benar itu gampang aja. Mas Bro dan Mbak Bro cukup ninggalin tanda-tanda yang udah kita jelasin  di atas. Pastiin media sosial nya Mas Bro dan Mbak Bro udah dimanfaatin dengan baik. Bagiin konten (tulisan, gambar, dan video) yang bermanfaat dan menghibur. Jangan asal terbitin dan secara ga sadar. Kita udah dibiarin media sosial kita gitu aja tanpa tujuan yang jelas.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Mauliate.

Mau tidur main sosmed
Bangun tidur pun serupa
Boleh aja candu sosmed
Asal ga disalahgunain ya

#PanduanKita
20180701 0701 WIB Minggu
Rumah Semarang

Sumber Tulisan
fathconsulting.co.id dibuka pukul 06:00 WIB pada Hari Minggu tanggal 01 Juli 2018
mebiso.com dibuka pukul 06:30 WIB pada Hari Minggu tanggal 01 Juli 2018

Sumber Gambar
unsplash.com dibuka pukul 06:45 WIB pada Hari Minggu tanggal 01 Juli 2018

5 Responses to “Beuh!!!, 12 Tanda Kalo Kita Salah Gunain Sosial Media : #PanduanKita

  • selama ini saya manfaatin sosmed untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang sudah berjauhan. paling banter promosi tulisan blog melalui sosmed, jadi saya ga terlalu memerhatikan soal follower, konten yang saya share, wahhhh saya ga expert

    • Salam Mas Bro Blog Sabda
      Wah, sayang banget ya Mas Bro.
      Ga dimaksimalin media sosialnya.
      Boleh tau akunnya apa?
      Biar kita saling mengikuti.
      Mauliate
      Terimakasih

Trackbacks & Pings

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *