Motivasi Menata Hidup Kembali Bukan Sekedar Kata-Kata Bijak : #BelajarHidup

karya camille orgel

Kata-Kata Bijak dan Mutiara Sebagai Motivasi Menata Hidup?

Ada kata-kata bijak
Ada juga kata mutiara
Kalo kita mau berpijak
Janganlah diatas bara

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Udah nonton film titanic kan?

Inside Out, apa yang ada dalam hati dan pikiran. Itulah yang kita omongin dan lakuin. Mas Bro dan Mbak Bro, dalam film titanic kan ada gunung es tuh. Nah, bagian es yang nampak diatas air adalah hal-hal yang kita lakuin tiap hari. Es yang nampak diatas air itu adalah kesalahan terbesar pernah kita lakuin. Bagian es menjadi penghalang dalam hidup kira. Bagian es itulah yang akhirnya membuat kapal kita sendiri nabrak dan tenggelam. Lalu, kesalahan besar itu yang akhirnya kita akui dimasa dewasa kita. Kita mengakuinya dan itu menjadi pemicu perubahan hidup kita. Setelah itu kita jadi pribadi yang lebih baik dan ga lakuin lagi kesalahan itu.

Baca Juga : Memberi Itu Bisa Apa Aja Kapan Aja Dimana Aja

karya rawpixel

Kata-Kata Bijak dan Mutiara Sebagai Motivasi Menata Hidup?

Entah apa yang menjadi pemicu perubahan hidup kita ya. Bisa aja kita baca kata-kata bijak ato kata-kata mutiara.

1 hal yang jelas, setelah “itu” kita jalani hari-hari kita dengan rutinitas. Sampai akhirnya melewati 1/2 tahun 2018 ini. Kita udah ninggalin kan masa lalu buruk dan dosa masa lalu itu. Kita berpikir hidup kedepan akan lebih baik. Ternyata Mas Bro dan Mbak Bro masih aja hadapin masalah. Masalah-masalah yang masih berhubungan sama “gunung es” itu.

Ternyata Mas Bro dan Mbak Bro, motivasi menata hidup kembali bukan dengan sekedar kata-kata bijak. Kata-kata mutiara, kata-kata motivasi, dan kata-kata semangat ga cukup. Kata bijak kehidupan darimanapun ga akan membuat kita lebih baik.

Karna ga kita sadari, gunung es itu ditopang sama bongkahan es besar dibawah air. Kesalahan terbesar kita yang dulu itu, ditopang sama kesalahan kecil, kebiasan buruk, pola pikir, dan sikap hati yang salah. Yap, sama kayak bongkahan es dalam air itu. Semua itu ga keliatan sama mata.

Di saat inilah Mas Bro dan Mbak Bro, kita harus berhenti dulu. Lalu merenung dan menata hidup kembali. Menata “bagian es” yang ga keliatan itu.

Baca Juga : Bebas Itu Sebenernya Kayak Gimana Sih Bebasnya?

karya johnson wang

Motivasi Menata Hidup Kembali Bukan Sekedar Kata-Kata Bijak

Nah, kalo gitu apa yang harus kita lakuin?

Motivasi hidup kayak apa yang bisa jadi pegangan kita. Biar kita menjalani hari-hari ini. Ada semangat hidup untuk “menata kembali”.

1.Berubah Jadi Bijaksana (Hikmat)

Bijak disini maksudnya ga sekedar karakter ya Mas Bro dan Mbak Bro. Untuk bahasan soal karakter itu. Ada dalam obrolan kita selanjutnya.

Nah, dalam obrolan ini, menjadi pribadi bijak itu seperti membangun rumah dengan 7 tiang utama. Apa itu ke 7 tiangnya?

Tetapi kebijaksanaan itu dari atas:

1.murni;

Murni disini maksudnya Mas Bro dan Mbak Bro. Kita dalam lakuin segala sesuatu ga ada embel-embelnya. Apalagi dalam ambil keputusan ya. Kalo kita baik sama orang lain, baik ya baik ajaGa ada tujuan biar kita disukai ato berharap dapat imbalan.

Jangan sok-sokan pake kata bijak tapi ada maunya. Boleh aja ber kata mutiara asal tujuannya murni.

2.pendamai;

Dari kata-kata aja udah jelas ya. Jadi gimanapun keadaannya, dimanapun kita, dan dengan siapapun. Kita harus jadi pribadi yang penegah dan berpengaruh baik.

Kita bisa ber kata-kata motivasi dan menjadi jalan keluar untuk masalah orang lain.

3.peramah;

Disini maksudnya ga sekedar ramah ya. Kita bukan resepsionis ato penerima tamu. Tapi bener-bener dari dalam hati dan pikiran, kita memang lembut dalam meresponi segala sesuatu.

Kita bener-bener bisa keluarin kata mutiara kehidupan. Dan diterima dengan lembut sama orang lain. Perkataan kita jadi kata-kata penyemangat buat orang lain.

4.penurut;

Jangan dipikir disini. Penurut adalah mau lakuin apa aja yang dimintai tolong ato disuruh orang lain. Asal ada orang bilang kata bijak apa. Kita langsung ikutin.

Tapi arti penurut lebih dalam lagi justru. Kita bisa diajak ngobrol serius. Kita bisa diminta tolong saat orang lain. Nah, obrolan serius dan minta tolong itu bisa dilakuin bukan hanya sekedar saat orang lain ga bisa. Tapi meski saat ada orang lain juga bisa, tapi kita yang lebih dipilih.

5.penuh cinta (belas kasihan) dan berbuah baik;

Disini cinta yang kita bahas bukan sekedar hubungan asmara ya. Tapi hubungan saling menyayangi semua orang. Dan berbuah baik itu bukan typo dari berbuat baik.

Kita punya belas kasihan. Kita mencintai semua orang kenal dan ga kenal, saudara ato pun bukan. Lalu, rasa cinta, rasa belas kasihan itu berbuah baik. Bisa dirasain orang lain manfaatnya. Jadi bukan sekedar berbuat baik. Tapi ada buahnya, ada hasilnya.

6.ga memihak;

Disini maksudnya bukan sekedar ga memihak sesuai suku, agama, ras, dan kelompok ato komunitas tertentu ya. Tapi dalam segala hal kita memang ga pilih kasih. Bahkan meskipun orang dirugiin adalah orang yang sama dengan kita. Dasarnya ya tadi cinta semua orang.

Jadi kata bijak kehidupan yang kita keluarin berpihak sama semua orang.

7.ga munafik.

Baik ato buruk pun kita harus terbuka. Karna keterbukaan adalah kunci permasalahannya. Kalo semua orang terbuka kita bisa jelas liat hitam dan putihnya.

Jangan sampe kata motivasi hidup yang keluar dari mulut kita. Tapi dalam hati dan pikiran berbeda. Jangan sampe kata-kata penyemangat cuma pemanis dimulut.

Baca Juga : Mulai Aja Dulu Lalu Perbaiki Kemudian

karya nathan anderson

2.Berubah Jadi Besar

Seiring perkembangan fisik kita yang semakin besar kan banyak hal yang kita lalui. Banyak hal baik dan buruk kita hadapin. Nah, selama menjalani itu karna kita udah jalani dengan bijak (7 tiang utama tadi). Bukan hanya badan kita aja yang semakin besar. Tapi nama kita juga akan semakin besar. Kita semakin dihormati karna sikap hati dan pikiran kita udah berbuah perkataan dan perbuatan bijaksana, berhikmat. Perkataan dan perbuatan itu yang membuat kita pantas dihormati.

Nah, itu semua ga bisa dibangun dalam 1 hari.

Pernah merasa ga ada orang yang lebih dihormati daripada kita sendiri?

Kata-kata semangat dan kata mutiara mereka lebih didenger.

Kenapa bisa gitu?

Apa yang beda?

Coba Mas Bro dan Mbak Bro buat daftar. Apa aja perubahan yang kita alami dari sekarang sampe 5 tahun lalu. Buat tabel perbandingan. Hasilnya nanti bisa jadi semangat hidup sendiri buat kita. Kita jadi ada motivasi hidup baru. Karna ternyata ada perubahan yang ga kita sadari.

Baca Juga : Terserah Itu Bukan Keputusan Orang Bertanggung Jawab

karya social cut

3.Berubah Secara Rohani

Pertumbuhan secara rohani ini Mas Bro dan Mbak Bro adalah hubungan kita secara vertikal. Hubungan dengan Dia. Kita ga bisa bilang kita sayang sama horisontal kalo sebenernya sama vertikal aja kita belum. Itu udah bentrok sama tiang nomor 7.

Kita ga bisa ngomong kata-kata motivasi hidup secara vertical tapi hubungan sama temen dan keluarga ga baik.

Kalo sayang sama yang vertikal kita juga akan sayang sama horisontal. Ambil sikap hati sayang sama vertikal ini sebagai rasa takut. Takut bukan karna takut secara manusiawi. Tapi gimana kita takut menyakiti orang yang sangat kita sayangi. Karna kita juga ikut terluka. Kita berpikir, berkata, dan bersikap bener-bener dijaga. Setiap pemikiran kita bisa menjadi motivasi hidup untuk orang lain. Setiap perilaku kita seolah menjadi kata-kata motivasi hidup untuk orang lain.

Jadi kita menghormati Dia yang besar. Baru kita menghormati dia yang kecil. Kita menghormati biar ga mengecewain. Nah, seberapa besar kita takut dan hormat sama Dia itu kita nunjukin sama dia lewat pikiran, perkataan, dan perbuatan.

Baca Juga : Ceritain Kejelekan Orang Lain Ga Merubahnya Lebih Baik

karya marco secchi

4.Berubah Secara Sosial

Manusia itu melihat sejarah. Karna lewat sejarah bakal ketauan reputasi kita. Itu kenapa bisa dibilang kalo nama baik itu lebih berharga daripada harta. Disayangi orang lebih baik daripada perak dan emas.

Sama seperti brand, mereka dikenal baik bukan karna kerjaan 1 hari. Tapi sejarah yang bekerja. Sampe akhirnya orang kalo mau beli minum mintanya aqua. Karna kuatnya brand aqua. Sampe akhirnya kata-kata motivasi hidup Mario Teguh dicari orang bukan karna 1 seminar motivasi.

Nah, karna itu kita ga boleh nih kita anggap sepele sama setiap keputusan sama yang kita ambil. Karna bakal berdampak besar sama masa depan kita.

Nah, meski begitu bagian penting lainnya yang harus kita sadari adalah keluarga mengasihi lebih daripada oranglain. Orang lain menyukai belum tentu mengasihi layaknya keluarga. Nah, karna itu untuk berubah seperti sosial. Kita harus bersikap menaruh “cinta” sama orang lain seperti sama keluarga sendiri.

Apa aja yang kita pikirin bias jadi semangat hidup untuk orang lain. Setiap ucapan kita harus menjadi kata-kata penyemangat untuk orang lain. Setiap apa yang kita lakuin bias menjadi bermanfaat untuk orang lain.

Karna sia-sia dong kita berpikir, berkata, dan lakuin hal yang bijaksana kalo ga bermanfaat untuk orang lain. Dan, apapun motivasi menata hidup kembali bukan sekedar kata-kata bijak. Kita harus bisa lakuinnya.

#

Gunainlah waktu yang ada, karna hari-hari ini adalah jahat.

#

Seneng bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Mauliate

Asik liburan ke bali
Ada suasana desa kota
Menata hidup kembali
Bukan cuma kata-kata

Rumah Syahdan, Kemanggisan
20180709 0711WIB Senin
TulisanKita

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis

Sumber Gambar
unsplash.com dibuka pukul 16:27 WIB pada Hari Senin tanggal 09 Juli 2018

4 Responses to “Motivasi Menata Hidup Kembali Bukan Sekedar Kata-Kata Bijak : #BelajarHidup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *