Peluang Usaha Ternyata Gini 12 Cara Bisnis Online Pake Media Sosial : #PanduanKita

Sumber Gambar : unsplash.com

Bisa Ga Sosial Media Digunain untuk Bisnis?
Gimana Cara Pake Sosial Media untuk Bisnis?

Jaman sudah semakin modern
Kembangin bisnis juga mudah
Gak perlu ribet buka toko deh
Ada sosmed bisa dimanfaatin

Salam Mas dan Mbak Bro

Bisnis online mu mudah punya akun media sosial kan?

Udah dimanfaatin dengan baik dan benar, belom?

Sosial media jangan dimanfaatin hanya posting-postingan, beralay ria, ato pamer aja. Karna ada peluang usaha besar dibaliknya. Ga usah muluk-muluk yang wah. Karna usaha rumahan, usaha sampingan, dan bisnis modal kecil bisa kita mulai dari media sosial. Tapi ada tapinya manfaatin media sosial dengan cara yang serius.

Apapun objek usahanya. Semua bisa menjadi usaha yang menjanjikan. Mau wirausaha, mau waralaba, mau ukm, ato mau investasi semua bisa dimulai dari online. Sekarang bukan hal yang sulit kok, cari tau cara mendapatkan uang dari internet.

Lalu gimana cara bisnis online?

Cara ngembangin usaha bisa lewat mana aja. Disini kita bakal ngobrol lewat media sosial.

Baca Juga : Hei Mau Nambah Pengikut IG Hindari Hal Ini

Sumber Gambar katadata.co.id

Bisa Ga Sosial Media Digunain untuk Bisnis?

Tentu aja bisa!

Banyak orang yang kini maksimalin media sosial untuk ngembangin usaha. Bukan cuma usaha baru bahkan usaha  yang udah digeluti selama beberapa bulan ato tahun. Selain bisa jadi bahan pemasaran media sosial pun bisa jadi peluang usaha baru perusahaan. Perusahaan yang bergerak di offline bisa menjadi bisnis online. Media sosial seperti Facebook, Instagram. LinkedIn, Twitter, dan Blog, semuanya bisa dimanfaatin buat usaha kita. Seperti kita singgung pake media sosial jadi wadah buat promosiin produk kita.

Setelah ada pasar online, ada potensi 20 Triliun pajak yang bisa didapatin. Itu baru pajaknya, nah bayangin berapa pendapat yang bisa kita dapatin, Masa 1% dari pajak itu ga bisa kita dapatin. Jadi mau usaha/bisnis modal kecil, usaha/bisnis rumahan, usaha/bisnis sampingan, investasi online dan apapun cara mendapatkan uang dari internet yang mau kita lakuin. Semua sama-sama punya peluang bagus.

Ga tanggung-tanggung kan?

Jumlah keuntungan yang bisa diraup dari usaha lewat sosial media sangat besar. Masa bukalapak, tokopedia, traveloka, dan kawan-kawannya aja yang rasain manisnya bisnis online?

Jadi ga heran kalo banyak anak muda jaman sekarang manfaatin betul sosial media yang dia punya untuk cari duit, lumayan buat jajan dan nongki bareng teman. Kalo bisnis ini ditekuni dengan baik, bisnis yang tadinya kecil sekalipun bisa berubah jadi bisnis yang sangat besar yang tentunya bisa datangin keuntungan yang sangat gede.

Baca Juga : Haaa!!! Gini Ternyata Cara Tambah Followers Instagram dan Sosial Media Lainnya

Karya : @rawpixel

Peluang Usaha Ternyata Gini 12 Cara Bisnis Online Pake Media Sosial

Nah, pertanyaan yang sering diajuin oleh banyak orang “gimana cara pake sosial media untuk bisnis?” Kita akan coba bahas disini ya!

1. Cari Tau Kebutuhan Pembeli

Yang namanya bisnis pastilah ngedepanin kebutuhan pembeli ya. Entah itu bisnis/usaha modal kecil, bisnis/usaha rumahan, dan bisnis/usaha sampingan. Apapun usahanya ya usaha yang menjanjikan tau jelas kebutuhan pelanggannya. Baru pelanggan menjadi pelanggan tetap.

Ga beda antara usaha online dan usaha offline. Supaya bisnis yang Mas Bro dan Mbak Bro bisa laris manis di pasaran. Cara bisnis online juga sama. Selain keperluan barang / jasa, cari tau juga hal-hal apa yang dibutuhin dan disukai sama pembeli. Oh ya, sesuain juga sama hal-hal yang lagi ngetrend dan viral. Ini penting. Apalagi kalo sasaran utama Mas Bro dan Mbak Bro sekalian adalah anak muda.

2. Lakuin Sesuatu yang Baru

Belajar dari pengusaha lama itu baik.

Tapi sekarang lakuin sesuatu yang baru terbukti ampuh. Sejarah buktiin gimana usaha kecil-kecil bisa kalahin usaha besar. Usaha yang dimulai dari sebuah garasi bisa ngalahin usaha yang udah berjalan tahunan. Cara mendapatkan uang sekarang ga hanya harus ke kantor. Cara mendapatkan uang dari internet bisa dilakuin dengan hanya duduk didepan komputer pake kolor.

Ditengah persaingan bisnis yang sangat ketat. Media sosial menjadi hal baru yang bisa dijadiin peluang. Bukan  sekedar menjadi peluang promosi. Peluang usaha/bisnis baru pun bisa dari media sosial.

Gimana pun juga baiknya sekarang strategi pemasaran yang sedang dilakuin. Mas Bro dan Mbak Bro harus terus mencoba sudut pandang baru. Berusaha untuk bisa lakuin sesuatu yang beda, lain dari pada pesaing yang lain. Gunain kreatifitas yang Mas Bro dan Mbak Bro punya untuk ngasilin cara, metode, barang, dan ajsa unik buat nunjukin identitas usaha ke pelanggan. Dengan sesuatu yang unik dan baru, pembeli pun jadi lebih mudah untuk mengenal barang yang Mas dan Mbak Bro jual.

Saat tokopedia, traveloka, dan blibli berusaha tampil makin banyak di media tv. Saat ketiga membuat iklan yang keren-keren. Bukalapak fokus ke media digital khususnya media sosial. Bukalapak malah membuat iklan aneh dan lucu yang malah lebih disukai anak muda.

Liat iklan dibawah, langsung bedakan sama iklan lainnya.

Baca Juga : Salah Kaprah, Ternyata Ini Alasan Kenapa Sebenernya Followers di Sosial Media Itu Penting

3. Jual Barang/Jasa yang Dibutuhin Pembeli

Sekarang makin banyak anak muda yang mau ber wirausaha. Entah buka usaha waralaba biar ga repot-repot. Mulai dengan UKM dengan modal lumayan. Ato mulai usaha/bisnis modal kecil, usaha/bisnis rumahan, dan usaha/bisnis sampingan, semua sama aja. Semua itu bisa menjadi peluang bisnis. Semua bisa menjadi usaha yang menjajikan kalo kita bisa menjual manfaat. Pelanggan bisa mendapat barang dari barang / jasa yang kita jual. Karna kita jual barang/jasa yang dibutuhin pembeli.

Mulai aja dulu dengan apa yang kita punya. Kalo baru punya waktu, ya jadiin waktu itu sebagai investasi awal.

Setiap pembeli butuhin barang yang beda-beda. Kalo Mas Bro dan Mbak Bro ga bisa menuhin semua kebutuhan itu. Maka kita akan kalah sama pesaing. Tapi kebutuhan tersebut itu bisa kita penuhi sesuai sama karakteristik pelanggan. Karna kita bisa nganalisis kebutuhan seperti apa yang paling banyak dicari oleh pasar ato pembeli. Maka setiap barang/jasa yang nantinya kita jual bakal laku.

Jangan lupa buat tetep nampilin perkembangan usaha kita di emdia sosial. Kita bakal banyak dicari lewat media. Itu berhubungan sama langkah selanjutnya.

Baca Juga : Sah-Sah Aja, Kenapa Harus Malu Kalo Beli Menambah Followers Instagram

Karya : @christianw

4. Lebih Sering Update

Mas Bro dan Mbak Bro punya barang ato koleksi terbaru?

Silahkan update di sosial media ya! Masukkan foto ato video yang ngejelasin barang tersebut. Dengan demikian, pembeli bisa mempertimbangkan apakah barang/jasa terbaru itu akan dibeli ato ga.

Nah, tapi jangan sekedar jualan aja melalui media sosial. Kasih manfaat lain, kasih informasi yang menghibur dan bermanfaat yang masih berhubungan sama usaha kita. Seperti yang kekitaan lakuin kita adalah konsultan digital marketing. Jangan jualan mulu. Kita berbagi informasi tentang kiat-kiat bermedia sosial yang baik. Kita berbagi lewat situs ini dan juga instagram seperti gambar dibawah.

Baca Juga : Alami!!! Cara Tambah Followers Instagram Tanpa Beli Follower Instagram

karya kekitaan

 5.Jelasin Sistem Kerjanya

Bisnis yang Mas dan Mbak Bro gelutin punya sistem kerja yang berbeda-beda, misalnya saat order barang dan melunasi transaksi. Supaya pembeli gak salah kaprah, jelasin gimana sistem kerja dari bisnis yang Mas dan Mbak Bro jalankan. Kalo perlu posting ke sosial media berbentuk foto supaya pembeli yang akan membeli barang bisa mengetahui mekanismenya dengan jelas.

6. Buka Situs Bisnis Khusus

Sekarang zamannya semua serba online. Itu kenapa peluang bisnis online sangat besar. Investasi juga lewat situs khusus. Kalo Mas Bro dan Mbak Bro, kesulitan kita bisa membantu. Silahkan hubungi kontak dibawah ya.

Untuk memperluas pangsa pasar bisnis, Mas Bro dan Mbak Bro bisa bukain situs khusus nih. Tujuannya supaya pembeli yang sekedar ingin liat-liat ato ingin beli. Bisa langsung main di halaman situs kita tanpa harus bertanya repot. Ga perlu tanya-tanya ke Mimin Customer Service ato ngirim pesan lewat sosmed.

Baca Juga : Jual Beli Tambah Followers Instagram, Salah Satu 27 Cara Menghasilkan Uang dari Sosial Media

karya kekitaan

Apapun usaha Mas Bro dan Mbak Bro. Seperti tadi udah kita sebut, mau itu bisnis/usaha modal kecil, bisnis/usaha rumahan, dan bisnis/usaha sampingan sekalipun. Semua bisa dimulai dengan investasi dana dari online. Buat situs bisnis khusus, buat akun media sosial, dan pajang barang/jasa kita di e-commerce.

Sisipkan link website tersebut ke bio sosmed yang Mas dan Mbak Bro jadiin untuk berbisnis.

Baca Juga : Unfollowers Instagram, Siapa Aja yang Bakal Unfollow Media Sosial Kita dan Kenapa?

7. Adain Giveaway untuk Memperbanyak Pembeli

Nah, ini nih yang gak boleh dilupain sama Mas dan Mbak Bro yang berbisnis di sosial media. Sekali-sekali adain giveaway untuk membuat bisnis Mas dan Mbak Bro semakin dikenal sama orang. Kalo udah dikenal, bisnis Mas dan Mbak Bro pasti bakal kedatangan banyak pembeli kan? Modal yang dipersiapin buat giveaway gak perlu terlalu gede, cukup Rp 1 juta aja untuk giveaway awal. Seiring berjalannya waktu, Mas dan Mbak Bro bisa tingkatin jumlah giveaway yang akan diberikan kepada calon pembeli.

8. Memantau Jumlah Keuntungan

Selanjutnya, Mas dan Mbak Bro juga harus ngitung jumlah keuntungan yang udah didapetin selama berbisnis lewat sosial media. Dengan begini, Mas dan Mbak Bro tau gimana perkembangan bisnis apakah nunjukin arus pergerakan positif ato negatif.

9. Nambahin Iklan di Situs Bisnis

Apa guna pemasangan iklan untuk situs bisnis?

Nah, iklan disini sebagai wadah untuk membantu ngebuat bisnis Mas Bro dan Mbak Bro jadi lebih lebih dikenal. Mas Bro dan Mbak Bro bisa milih beriklan di semua media sosial seperti facebook, instagram, twitter, youtube, mesin pencari, dan media sosial lainnya. Pemasangan iklan ini bisa menambah keuntungan bisnis yang Mas Bro dan Mbak Bro. Karna konversinya adalah penjualan, selain bisa sekalian juga brand awareness.

Nah, masalahnya kan ga semua pelaku usaha ngerti pasang iklan yang bener dan bisa tertarget. Untuk itulah Mas Bro dan Mbak Bro pengusaha perlu kita sebagai konsultan digital marketing.

Lewat iklan yang ada pembeli akan diarahin lewat soft marketing dan hard marketing. Sehingga ada konversi mengklik dan melakukan pembelian dari media sosial dan website yang jadi wadah iklan. Mas Bro dan Mbak Bro ga usah kuatir soal KPI-nya (Key Performance Indicators). Karna semua dikerjain otomatis sama robot. Jadi jelas peluang keberhasilan dan targetnya juga jelas.

10. Minimalin Jumlah Iklan

Meskipun iklan bisa membuat bisnis Mas dan Mbak Bro lebih referral dan datangin banyak keuntungan, tapi Mas dan Mbak Bro tetap harus jaga tuh jumlah iklan yang dipasang di website. Jangan sampe jumlah iklan kebanyakan ato malah nutupin halaman utama dari website bisnis yang Mas dan Mbak Bro punya. Kalo ini sampe kejadian, calon pembeli pun bakal kabur karna iklan tersebut emang ngeganggu penglihatan.

11. Sebarin Testimoni

Meskipun bisnis online udah populer. Tapi masih ada aja pembeli yang ragu untuk beli barang secara online. Karna takut barang yang dibeli ga sesuai dengan ekspektasi. Agar pembeli yakin dengan bisnis yang Mas dan Mbak Bro punya, sekali-sekali boleh tuh nyebarin testimoni. Jadi setiap kali barang udah sampe ke tangan pembeli, Mas dan Mbak Bro bisa screenshoot percakapan yang dilakuin dengan pembeli, lalu posting ke sosial media.

Baca Juga : Lengkap!!! 27 Cara Menambah Followers Instagram Termasuk Beli Insta Followers

Peluang Usaha Ternyata Gini 12 Cara Bisnis Online Pake Media Sosial

Sumber Gambar blog.id.jobplanet.com

12. Gabung di Marketplace

Supaya pundi-pundi keuntungan yang Mas dan Mbak Bro dapetin dari bisnis lewat sosmed semakin maksimal, Mas dan Mbak Bro bisa daftarin bisnis tersebut ke Marketplace yang ada di Indonesia. Tapi sebelumnya, Mas dan Mbak Bro harus tau sistem kerja dari setiap marketplace tersebut ya supaya Mas dan Mbak Bro gak kesulitan di kemudian hari.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Mauliate.

Maksimalin fungsi sosial media
Buat dapetin keuntungan ganda
Kalo perlu lakuin tuh cara di atas
Supaya bisnis bisa segera sukses

#PanduanKita
20180527 0701 WIB Minggu
Rumah Semarang

Sumber Tulisan
mebiso.com/ dibuka pukul 06:05 WIB pada Hari Minggu tanggal 27 Mei 2018

Sumber Gambar
blog.id.jobplanet.com dibuka pukul 17:49 WIB pada Hari Selasa tanggal 27 Mei 2018
katadata.co.id dibuka pukul 17:49 WIB pada Hari Selasa tanggal 27 Mei 2018
unsplash.com dibuka pukul 06:50 WIB pada Hari Minggu tanggal 27 Mei 2018

Trackbacks & Pings

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *