Cerita Hot : Jangan Biarin Takut dan Ragu Bullying Masa Depan Kita : #BelajarHidup

karya sydney sims

Gimana Caranya Kalahin Ketakutan Kita?

Musisi dulu banyak keluarin album
Sekarang bisa cuma 1 lagunya
Cara berbicara didepan umum
Ga semua orang tau lakuinnya

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Apa cerita hot yang paling kita ga sukai?

Apa hal yang paling berat buat kita lalui?

Semua orang punya masalah yang beda-beda Mas Bro dan Mbak Bro. Setiap orang punya cerita hot nya masing-masing. Setelah kita lakuin penelitian kecil-kecilan dengan orang-orang disekitar tim kekitaan. Berikut hasilnya:

1.Intimidasi

Ada yang susah konsentrasi kalo terintimidasi. Peluang mereka berkembang itu jadi berkurang. Peluang gagal untuk urusan usaha, jodoh, dan uang mereka ga bisa mandiri. Perlu ada orang membantu biar intimidasi ga mainin hari-harinya.

2.Takut

Ada yang rasa takut berlebihan. Ketakutan adalah cerita hot nya. Ga sadar mereka investasi ketakutan berlebih dalam hidupnya. Perluang mereka untuk jadi pribadi lebih baik dikendaliin sama rasa takutnya. Ga sadar kalo investasi takut itu ga menguntungkan.

3.Ragu

Ada yang ragu dalam ambil keputusan. Apalagi kalo udah berhubungan sama lawan jenis.

4.Bullying

Ada lagi yang mengalami bullying. Pengertian bullying adalah intimidasi dan ketakutan terbesarnya. Arti bullying punya kedalaman sendiri buat korban-korbannya. Mas Bro dan Mbak Bro pernah alami?

Sekarang, bullying adalah musuh bersama semua orang. Bullying di sekolah coba dihapus lewat program-program tertentu. Bullying di dunia maya juga.

5.Berbicara Di Depan Umum

Ada yang ga tau cara berbicara di depan umum. Kalo udah berhubungan sama orang banyak. Itu udah kayak neraka buat dia. Jadi dunia maya itu seperti surga buat kalangan ini. Karna alami bullying di sekolah maka sekolah jadi nerakanya. Kalo bisa tempat-tempat yang sering jadi TKP bullying nya. Ga usah kesana deh seumur hidup.

Jadi jangan kayak temen yang datang dari kampung ya. Ini bukan bullying buat yang datang bukan dari kota ya. Jangan tanya apa itu bullying. Cari dulu di google. Karna datang dari kampung jangan bilang juga ga tau apa itu google. Ini bukan bullying juga.

6.Gagal

Saat banyak orang berusaha dan berjuang untuk mimpinya. Orang-orang yang ga sengaja memasukkan gagal dalam cerita hot hidupnya. Takut berbuat sesuatu, takut berjuang untuk mimpinya. Masih masuk dalam kategori takut. Tapi untuk yang lain-lain dia ga takut. Khusus untuk gagal aja dia merasa hidupnya seperti neraka.

Masa depan itu seolah ilang gitu ajaKalo ngalamin kegagalan. Biasanya nya sih gagal yang paling berat adalah soal jodoh. Sejak dulu memang masalah soal lawan jenis selalu punya cerita menarik ya.

7.Kehilangan

Selanjutnya soal kehilangan masih masuk juga dalam hal ketakutan. Tapi sama kayak takut gagal, bukan takutnya yang menjadi masalah buat merekanya. Tapi kehilangannya yang menjadi cerita hot nya. Kalo kehilangan barang yang paling disayang. Wuoh, bisa aja drop mood nya. Ato paling parah emosinya ga terkendali.

8.Lawan Jenis / Jodoh

Bukan hanya soal kehilangan pasangan. Segala sesuatu yang berhubungan sama lawan jenis seperti duri durian. Lebih baik ga bersentuhan karna ga bisa dan ga tau cara hadapinya. Ga tau harus usaha kayak apa. Kalo harus ngobrol sama lawan jenis apalagi sampe harus nyatain perasaan. Itu neraka mereka.

Entah gimana dimasa depan bisa dapat jodoh nya.

Tuhan punya rencana lah ya.

9.Uang/Harta/Tahta

Kalo biasanya ada harta tahta dan Raisa. Nah ini beda, urusan uang (harta) dan tahta punya dominasi yang beda sama raisa (baca : wanita/pria). Urusan yang berhubungan sama uang dan tahta itu selalu jadi sensitif buat kalangan ini.

Jadi kalo ada temen dan keluarga yang urusan duit dan urusan pinjam meminjam, ribet sendiri. Nah … 

10.Manja / Mandiri

Ada orang-orang tertentu Mas Bro dan Mbak Bro yang ga bisa sendiri. Apapun kegiatannya harus ada temennya. Bukan dia ga bisa tapi dia udah terdidik kayak gitu. Bukan juga mereka pada dasarnya manja. Meski bisa disebut manja juga. Tapi lebih tepatnya mereka terbiasa menjalani segala sesuatu itu selalu ada tandemnya. Mandiri itu kayak merindukan bulan.

Entah gimana peluang orang ga mandiri untuk lanjutin hidup ini.

11.Tuhan

Saat ada orang yang ga percaya Tuhan. Dan ada orang yang percaya Tuhan. Ada juga orang ngaku percaya Tuhan tapi ga bener-bener percaya. Kayak hubugan LDR aja. Asal ada komitmen, eh bukan asal ada status pacaran ajaKalo ditanya orang percaya Tuhan ato ga dia bisa menjawab karna memang ada hubungan. Meski ga percaya. Dikejauhan dianya jalin hubungan sama “tuhan”nya yang lain. Bisa aja kesibukannya, harta, dan … . Sebut aja sendiri ya.

Ada juga yang merasa keTuhanan itu hanya sekedar konsep. Nah, ini lebih parah lagi. Silahkan komentar dibawah lah apapun masalah Mas Bro dan Mbak Bro.

Wow …

Baru mulai bahasan kita udah berat aja ya Mas Bro dan Mbak Bro.

karya h heyerlein

Cerita Hot : Jangan Biarin Takut dan Ragu Bullying Masa Depan Kita

Masa depan kita terjadi atas apa yang kita denger, omongin, dan  lakuin. Jadi banyak-banyakin denger hal-hal yang bisa ngurangin kelemahan kita. Banyak-banyakin denger hal-hal yang ngembangin kelebihan kita. Lalu cari tau cara berbicara di depan umum. Berani ngomong apa yang kita percaya ke orang lain. Lalu lakuin.

Jangan takutlah. Jangan ragu.

Jadi kalo kita masih takut dan ragu hadapin apapun “cerita hot” kita. Masa depan juga akan takut dan ragu datang sama kita.

Kok bisa?

Yah, ungkapan aja sih itu Mas Bro dan Mbak Bro.

Tapi masa iya orang takutan dan raguan masa depannya cerah?

karya marc olivier jodoin

Gimana Caranya Kalahin Ketakutan Kita?

Baiklah trus gimana caranya hadapi cerita hot – cerita hot kita diatas?

1.Akuin

Semua orang punya kekurangan Mas Bro dan Mbak Bro. Trus ga ada kelemahan yang lebih lemah dari orang lain. Lemah ya lemah aja ga usah berlomba-lomba paling lemah.

Jadi kelemahan itu perlu diakui buat dibenerin. Biarin orang lain tau kelemahan kita. Biarin kelemahan kita itu terbuka. Biar orang lain dan tau mereka mau bantu kita buat benerin.

Nah, catatannya adalah hanya akuin sama orang yang bisa dipercaya dan mau bantu. Kalo ga, … jangan. Nanti senjata makan tuan.

2.Benerin

Udah diakuin … benerin.

Ga mudah. Bener. Ga mudah juga jalanin hidup bareng-bareng sama kelemahan kita. Masa mau bawa beban terus.

Benerin ini ga bisa sendirian Mas Bro dan Mbak Bro. Kita harus ada yang membimbing dan ngingetin terus. Cari orang yang bisa dipercaya. Cari komunitas yang bisa ngembangin kemampuan kita. Karna harus diakui kalo keluarga ga selalu bisa menjadi tempat kita bertumbuh. Ada aja hal yang ga bisa kita dapat dari keluarga.

Apalagi saat kita udah mentok dan mendekati stress, frustasi, impot**si, eh bukan …

3.Ulangin

Saat jatuh bangkit lagi ya anak muda.

Yap Mas Bro dan Mbak Bro. Ada aja kemungkinan kita ga bisa kalahin rasa takut 1-11 tadi. Karna itu kita perlu tandem. Kita perlu mentor untuk membimbing. Kita perlu komunitas untuk ngembangin kemampuan. Kita perlu komunitas untuk ngurangin kekurangan kita.

Lalu, kalo kita bisa kalahin 1 kelemahan. BAGUS ITU. Usaha kita berhasil.

Lanjut lagi bantai kelemahan-kelemahan lain.

Kalo udah tau cara berbicara didepan umum. Kalahin kelemahan-kelemahan lain. Jangan mau dibullying sama kelemahan lain. Kalahin bullying-mu itu.

Lanjut terus, ulangin proses yang sama. Sampe ga akan ada musuh yang bisa menyentuh.

3.Pengaruhin

Pelan-pelan kita harus nunjukin bahwa kita adalah generasi yang ga bisa di hancurin oleh musuh. Radiasi perubahan kita harus dirasain sama orang lain. Buah dari perubahan kita harus bisa dinikmatin sama orang lain.

Jangan sampe kelemahan-kelemahan kita terus bullying kita. Pengertian bullying harus kita balik. Apa itu bullying justru kita yang membullying kelemahan kita itu.

Sampe akhirnya …

Saat perubahan itu udah berakar dalam kebiasaan hidup kita sehari-hari. Pelan-pelan ga ada lagi kelemahan lama yang bisa sentuh kita. Lalu peluang masa depan cerah itu semakin besar Mas Bro dan Mbak Bro. Kita bisa semakin mandiri jalani hidup. Investasi kita dalam berubah ga akan sia-sia. Urusan uang dan jodoh bakal mudah.

Intimidasi apapun ga akan bisa mempengaruhi kita. Keadaan apapun diluar, apapun omongan orang lain diluar, ga mempengaruhi.

#

Seperti pohon berakar kuat, siap hadapi terpaan angin yang kencang.
Jadi kalo ada orang yang keliatannya dan masih jatuh juga>
Kesimpulannya, belum cukup kuat.

#

Semoga bermanfaat.

Seneng bisa berbagi

Mauliate

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis

Sumber Gambar
unsplash.com dibuka pukul 08:57 WIB pada Hari Selasa tanggal 14 Juni 2018

Trackbacks & Pings

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *