Kata-Kata Bijak : Masa Depan Kita Ditentuin Hal Positif yang Kita Cinta : #BelajarHidup

Kata-Kata Bijak : Masa Depan Kita Ditentuin Hal Positif yang Kita Cinta : #BelajarHidup

karya oleg laptev

Positif Bisa Kalah Kalo Cuma Andalin Kata-Kata Mutiara

Tujuan hidup ga cuma tenar
Seperti di Jawa ada Didi Kempot
Saat tau mana yang benar
Kita ga perlu lagi repot-repot

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Apa kata-kata bijak yang jadi pegangan hidup mu?

Sekarang di sosial media banyak tulisan, gambar, dan video yang berisi kata-kata mutiara. Kata-kata itu kita akui sebagai kebenaran. Kita bisa lebih kuat baik dalam keadaan tenang ato saat ada masalah hanya karna baca aja. Dari hanya sekedar baca doang loh. Lalu gimana kalo bisa lakuin?

Sebenernya pengaruh kata-kata bijak dan kata-kata mutiara itu sangat gede loh. Bukan level anak pengaruhnya. Seminar-seminar kan suka ngundang tuh orang-orang berhasil dibidangnya masing-masing. Berikut beberapa contoh kata orang sukses:

1.Jokowi

Selagi kita masih mampu, jangan lupa berbagi sama saudara kita yang kurang mampu.

2.Nadiem Makarim

Siapa pun bisa mencuri ide Anda, tapi tidak ada yang bisa mencuri eksekusi Anda.

3.Nadiem Makarim

Apapun yang terjadi dalam hidup ini jangan pernah salahkan Tuhan, karena Tuhan tidak pernah salah.

Cukup 3 aja ya. Kan obrolan kita ini bukan obrolan seminar. Tapi kita akuilah ya kalo kata-kata mereka adalah kebenaran.

3 orang diatas adalah orang-orang yang berhasil dengan kata-kata bijaknya. Ramalan masa depan mereka berjalan dengan jelas. Keberhasilan berjalan bukan hanya karna berkata tapi beraksi. Kata-kata bijaknya juga mereka lakuin dan akhirnya setelah berbuah. Mereka sebarin ke orang lain.

Jadi saat ikut seminar-seminar mahal dan bertemu dengan orang-orang hebat. Jangan terlalu seneng dulu. Kita udah ada pada jalan yang bener kalo kita jadi generasi pelaku bukan sekedar generasi penonton. Kebanggan bertemu “mereka” bolehlah. Tapi selanjutnya paling penting adalah konsisten lakuin hal positif yang udah diterima dan ninggalin hal negatifnya. Kita menang dari negatifnya. Jangan jadi bola negatif.

Baca Juga : Kadang Kita Lupa, Bukan. Sering Kita Lupa Bukan Karna Kuat dan Hebat Kita

karya martin widenka

Positif Bisa Kalah Kalo Cuma Andalin Kata-Kata Mutiara

Sebaliknya banyak juga hal-hal negatif di media sosial. Ini kebenaran yang ada disekitar kita. Positif bisa kalah kalo cuma andalin kata-kata mutiara yang kita baca di media sosial. Ramalan masa depan kita jelas negatif diliat dari situ. Hidup itu memang bisa dibilang salah satunya soal pengaruh. Gimana kita bisa mempengaruhi dan dipengaruhi orang lain.

Jadi sejak awal kita harus lahir dengan identitas yang bener. Berawal dari keadaan keluarga. Pengaruh orangtua sangat nentuin sejak awal. Emosi yang disalurin orangtua apakah marah ato cinta. Kalo orangtua mendidik dengan cinta. Maka hal-hal positif akan menjadi identitas kita. Nantinya pada akhirnya waktu akan membuat cinta itu berbuah. Kita lahir dari cinta dan menang hadapi pengaruh orang lain. Kita justru menjadi pengaruh buat hidup orang lain.

Sebaliknya Mas Bro dan Mbak Bro. Kalo dalam keluarga, cinta bukan hal utama. Orangtua karna sulit mendidik anak. Jadinya marah menjadi pelampiasan. Kita akan lahir menjadi generasi negatif. Kita akan kalah sama pengaruh orang lain. Hal-hal negatif akan menjadi idenditas kita. Pada akhirnya nanti waktu akan berbuah sama hal-hal negatif. Sebaik apapun keadaan dan orang lain sama kita, hal negatif aja yang selalu datang.

Ada orang yang kasih sesuatu tanpa ada momen istimewa. Kita mikir, “Wah, ada apa nih. Ada maunya nih.”

Kalo hidup negatif, kita bakal kayak bola. Kita tergantung sama “tendangan dan sundulan orang lain”. Ramalan nasibnya mudah ga usah ribet-ribet. pasti masa depan cerah bukan jatahnya.

Catatan

Bukan berarti orang yang lahir dari keluarga negatif masa depannya dipastiin negatif ya. Semua tergantung sama pilihannya. Kita cuma perlu bertumbuh ditempat dan waktu yang tepat.

Tapi ngomong-ngomong …

Percaya ga sama masa depan cerah?

Percaya ga masa depan kita udah ditentuin?

Percaya ga semua adalah orang-orang udah ditentuin?

Kasih jawaban di kolom komentar dibawah ya Mas Bro dan Mbak Bro.

Setiap masa depan kita cerah itu udah ditentuinTapi pilihan tetep ada sama kita sendiri. Tuhan ga bisa maksa manusia. Meski tujuan itu jelas-jelas positif ya.

Nah, anehnya kita ga sadar kita malah berjalan dikendaliin sama keadaan. Kita jadi bola keadaan. Kita anak kecil yang ga punya kendali. Saat dilampu merah orang lain ga taat kita ga sadar ikutan. Emosi kendaliin kita. Saat dikantor bos kasih perintah salah kita ngikut aja. Kita emosi tapi ga bisa lawan. Saat orang lain bisa berhasil dengan cara negatif kita ikutan. Kita emosi karna ga bisa lebih baik. Kita dikendaliin sama emosi dan kesibukan lalu lupa sama temen dan keluarga.

Meski begitu, kita sadar bukan nentuin kehendak kita. Tapi tetep aja kita ga terpengaruh sama keadaan dan apa kata orang.

Seburuk apapun keadaan jangan marah sama keadaan.

Itu kenapa kita bilang positif bisa kalah kalo cuma andalin kata-kata mutiara. Kita harus bisa “rutin” renungin, pikirin, omongin, dan lakuin kata-kata bijak dan kata-kata mutiara yang menjadi pegangan hidup kita.

Baca Juga : Apa yang Kita Percaya Itu yang Akan Terjadi Sama Kita

karya natalia y

Kata-Kata Bijak : Masa Depan Kita Ditentuin Hal Positif yang Kita Cinta

Sampe disini kita sepakat dong ya. Sepakat kalo kita semua adalah orang-orang udah ditentuin masa depannya. Kita juga sepakat kalo bukan apa yang keadaan dan orang tentuin. Kita ga boleh terpengaruh sama keadaan dan apa kata orang. Kita boeh jadi anak kecil terus. Jangan mau jadi bola keadaan. Itu kebenaran yang harus menjadi identitas kita.

Seperti kita pernah bahas sebelumnya, masa depan = pikiran + hati > perkataan > perbuatan > kebiasaan > karakter.

Jadi masa depan cerah berjalan dimulai dari pikiran dan hati yang cerah. Hal-hal cerah datangnya ya dari hal positif bukan negatif. Pohon pisang akan selalu berbuah pisang. Sayangnya kalo ga dirawat dengan baik, pohon pisangnya hanya akan menjadi pohon pisang. Ga berbuah. Kalo pun berbuah, buahnya ga maksimal.

Begitu juga kita meski masing-masing kita udah punya benih yang baik. Kita udah lahir dari keluarga yang baik. Tapi kalo dirawat dengan sikap hati dan pikiran bijak, kata-kata bijak, dan perlakuan bijak. Lahir nya ga akan bijak.

Itu kenapa setiap hari kita harus siap move on apapun dan seberat apapun keadaannya. Kita harus menang dari keadaan. Ibarat peselancar kita diatas masalah. Ibarat orang dalam mobil kita terlindung dari masalah. Sukai dan cintai aja hal-hal positif. Masuk dalam komunitas positif. Masa depan kita ditentuin hal positif yang kita cinta.

#

Benih pisang yang baik ga akan berbuah durian yang baik.

#

Semoga bermanfaat

Seneng bisa berbagi

Mauliate

Kita bukan yang diomongin orang lain
Apalagi ditentuin pengaruh keadaan
Jadi bukan saatnya lagi hanya main-main
Liat didepan kita ditunggu masa depan

Rumah Syahdan, Kemanggisan
20180724 0850WIB Senin
Tulisan Kita

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis

Sumber Gambar
unsplash.com dibuka pukul 11:34 WIB pada Hari Selasa tanggal 24 Juni 2018

Trackbacks & Pings

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *