10 Alasan Kenapa Film Indonesia Susah Berkembang : #UlasanKita14

10 Alasan Kenapa Film Indonesia Susah Berkembang #UlasanKita - Sumber Gambar www.marketing.co.id
10 Alasan Kenapa Film Indonesia Susah Berkembang #UlasanKita - Sumber Gambar www.marketing.co.id

Sumber Gambar www.marketing.co.id

Apa Film Indonesia Terbaru yang Disukai?
Apa Alasannya Film Indonesia Kurang Disukai?
Kapan Film Indonesia Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri?

Bosan nonton filem Indonesia
Karena ceritanya gitu-gitu aja
Baiklah, lalu mau tahu kenapa
Saatnya kita tau 10 alasannya

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Hobi nonton film Indonesia?

Apa film terbaru Indonesia coba?

Bingung jawabnya kan. Bingung kenapa kok filmnya begitu-begitu aja. Memang bukan masalah satu orang. Mas Bro dan Mbak Bro ga sendirian. Kita merangkum ada 10 alasan kenapa film Indonesia susah berkembang.

Film Indonesia Terjebak Pasar - 10 Alasan Kenapa Film Indonesia Susah Berkembang #UlasanKita - Sumber Gambar www.salaminzaghi.com.jpg

Sumber Gambar www.salaminzaghi.com

1. Terjebak Pasar

Ada permintaan ada penawaran. Hukum ekonomi ini berlaku di bidang apa aja. Termasuk di industri perfilman. Kalau pasar ga menghendaki, produser juga ga akan membuat film aliran tertentu. Gimana mau berkembang, wong semua latah bikin tontonan yang senada seirama. Yang penting laku. Itu prinsip ekonomi banget.

Film Indonesia Ga Kreatif - 10 Alasan Kenapa Film Indonesia Susah Berkembang #UlasanKita - Sumber Gambar Karya Kita

Sumber Gambar Karya Kita

2. Ga Kreatif

Ini kesalahan rame-rame. Ya sutradara, ya penulis naskah, ya produser. Semua ikut andil dalam menahan perkembangan film Indonesia. Kalau naskah ga bagus, gimana sutradara bisa bikin film bagus? Kalau film ga bagus, gimana produser mau modalin lagi? Kalau bayaran kecil, gimana pembuat naskah mau kreatif? Muter terus kayak lingkaran setan.

Tapi bisa juga ga kreatif karena memang kualitasnya cuma segitu. Mau gimana lagi? Tanya pada rumput yang bergoyang, kata Ebiet G. Ade.

Film Indonesia Kurang Modal - 10 Alasan Kenapa Film Indonesia Susah Berkembang #UlasanKita - Sumber Gambar economy.okezone.com

Sumber Gambar economy.okezone.com

3. Kurang Modal

Emang bikin film bagus ga perlu modal? Film bagus perlu penulis naskah, sutradara dan pemain yang bagus juga. Nah, yang top-top seperti itu bayarannya gedhe (besar) bok

Baca Juga
Menghayal Bisa Menghasilkan Uang : Review Kelemahan dan Kelebihan tees.co.id
5 Fakta Unik Bengkel Rotary Bintaro

Ini salah satu penyebab film Indonesia mandeg dan jalan di tempat.

Film Indonesia Kalah Saingan - 10 Alasan Kenapa Film Indonesia Susah Berkembang #UlasanKita - Sumber Gambar www.micecartoon.co.id

Sumber Gambar www.micecartoon.co.id

4. Kalah Saingan

Faktor ekonomi lagi. Kali ini datangnya dari pemilik bioskop atau stasiun tipi. Kalau ada pilihan antara film Indonesia bagus tapi mahal dengan film Amrik yang lebih murah, mereka pilih yang mana? Nenek-nenek juga tahu! Pasti pilih film Amrik yang pasarnya jelas dan harganya murah dong.

Film Indonesia Kurang Idealisme - 10 Alasan Kenapa Film Indonesia Susah Berkembang #UlasanKita - Sumber Gambar www.sabirin.net

Sumber Gambar www.sabirin.net

5. Kurang Idealis

Ga banyak sutradara idealis sekarang ini. Kayaknya bisa dihitung dengan jari sebelah tangan aja deh. Tapi memang seperti makan buah simalakama deh, ‘Dimakan bapak mati, ga dimakan ibu mati’.

Idealis, film bisa bagus tapi risiko tinggi kalau ga laku. Ikut pasar mutu begitu-begitu aja, film Indonesia jadi ga berkembang. Terus gimana baiknya dong…?

Film Indonesia Kejar Setoran - 10 Alasan Kenapa Film Indonesia Susah Berkembang #UlasanKita - Sumber Gambar bisnis.liputan6.com

Sumber Gambar bisnis.liputan6.com

6. Kejar Setoran

Udah disinggung di atas kalau film bagus perlu dukungan pemain yang bagus juga. Tapi gimana kalau yang bagus lagi terjun ke dunia sinetron dengan sistem kejar tayang? Bayarannya lebih bagus. Dilema lagi.

Film Indonesia Ketinggalan Teknologi - 10 Alasan Kenapa Film Indonesia Susah Berkembang #UlasanKita - Sumber Gambar ikhsanicus.blogspot.com

Sumber Gambar ikhsanicus.blogspot.com

7. Teknologinya Ketinggalan

Film bagus sekarang tuh datang banyak dari Hollywood, Amrik – banyak didukung teknologi. Baik animasi, visual efek, atau pun suara. Itu semua teknologi canggih yang harganya tentu saja ga murah.

Baca Juga
5 Tanaman Hias yang Baik Buat Kesehatan
Menghayal Bisa Menghasilkan Uang : Review Kelemahan dan Kelebihan tees.co.id

Insan perfilman Indonesia sanggup biayain? Kalau ga sanggup ya pakai apa yang ada aja. Tapi kualitas jadi ga berkembang.

Film Indonesia Kurang Ilmu - 10 Alasan Kenapa Film Indonesia Susah Berkembang #UlasanKita - Sumber Gambar www.republika.co.id

Sumber Gambar www.republika.co.id

8. Kurang Ilmu

Belum ada kesadaran untuk terus menambah ilmu perfilman. Mungkin alasannya ga ada waktu. Sibuk dengan kegiatan kejar setoran seperti main sinetron kejar tayang atau jadwal promosi yang padat.

Pembajakan Film Indonesia - 10 Alasan Kenapa Film Indonesia Susah Berkembang #UlasanKita - Sumber Gambar www.beritateratas.com

Sumber Gambar www.beritateratas.com

9. Pembajakan

Ini masalah klasik. Dari dulu ga selesai-selesai. Alasannya klise, ‘yang penting bisa nonton murah.’ DVD bajakan memang lebih murah dari yang asli karena ga bayar pajak dan royalti.

Juga jauh lebih murah daripada nonton di bioskop. Nonton berdua dengan pacar mana cukup uang 50 rebu? Sementara DVD bajakan cukup ditebus dengan 10 rebu aja.

Film Indonesia Butuh Dukungan Pemerintah - 10 Alasan Kenapa Film Indonesia Susah Berkembang #UlasanKita14 - Sumber Gambar www.merdeka.com

Sumber Gambar www.merdeka.com

10. Kurang Dukungan Pemerintah

Supaya bisa berkembang, iklim usaha perlu kondusif. Di sini peran pemerintah sangat besar dengan aturan yang dibuat, insentif atau pajak. Kalau Pemerintah ga peduli dan bikin peraturan yang memberatkan, matilah industri perfilman.

“Film Indonesia butuh dukungan pemerintah”

@kekitaan

Ayo dukung film Indonesia. Nonton bikinan anak negeri dan beli produk yang asli. Selamat menikmati film Indonesia yang semakin bagus.

Gimana Mas Bro dan Mbak Bro setuju?

Kalo iya, jangan ragu buat dibagikan ke temen dan keluarga di media sosial ya.

Tapi tunggu kalo punya pendapat lain. Kasih komentar dibawah ya.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Ga perlu cari salah siapa
Semua punya andilnya
Bagusin filem Indonesia
Tanggung jawab kita bersama

Balikpapan, Kalimantan Timur
15:37 WIB, Minggu 24 Juli 2016
2016/07/07/7-271
Tulisan Temen Kita

Sumber Gambar :
bisnis.liputan6.com diakses pukul 19:10 WIB pada hari Selasa 26 Juli 2016
economy.okezone.com diakses pukul 19:10 WIB pada hari Selasa 26 Juli 2016
ikhsanicus.blogspot.com diakses pukul 19:10 WIB pada hari Selasa 26 Juli 2016
Karya Kita

www.beritateratas.com diakses pukul 19:10 WIB pada hari Selasa 26 Juli 2016
www.marketing.co.id diakses pukul 19:10 WIB pada hari Selasa 26 Juli 2016
www.micecartoon.co.id diakses pukul 19:10 WIB pada hari Selasa 26 Juli 2016
www.merdeka.com diakses pukul 19:10 WIB pada hari Selasa 26 Juli 2016
www.republika.co.id diakses pukul 19:10 WIB pada hari Selasa 26 Juli 2016
www.sabirin.net diakses pukul 19:10 WIB pada hari Selasa 26 Juli 2016
www.salaminzaghi.com diakses pukul 19:10 WIB pada hari Selasa 26 Juli 2016

Tentang Kita
Twitter : kekitaan_
Line : @jat6583f
Facebook : Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Linkedin : kekitaan_
Pinterest : kekitaan_
Instagram : kekitaan_

Tinggalkan Balasan