Apa Aja Sih Spare Parts Laptop dan Komputer? : #KitaCanggih21

Sepenting Apa Sih Merawat Spare Parts Laptop Dan Komputer?

Di  Jakarta utara ada daerah Sunter
Yang terkenal dengan danaunya
Sebelum pake laptop dan komputer
Kita kenali dulu apa aja sparepartsnya

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Udah tahu belum apa aja spare parts laptop dan komputer?

Agar laptop dan komputer bisa menyala, di perlukan beberapa spare parts ato bagian-bagian mesin yang di satukan agar bisa beroperasi dengan sempurna. Bagian ini yang biasa di sebut hardware ato perangkat keras sebagai mesin yang akan menjalankan sistem kerja komputer.

Semua perangkat keras harus dalam kondisi normal, agar kinerja komputer ga mengalami masalah. Kalo ada salah satu komponen yang rusak, maka akan mengganggu sistem operasi ato bahkan laptop dan komputernya ga mau menyala sama sekali.

Baca Juga
1. 
Apa Aja Sih yang Harus Kita Tau dan Persiapkan Sebelum Beli Laptop Ato Komputer? 
2.  
27 Cara Merawat Laptop Biar Awet dan Tahan Lama

Alangkah baiknya jika kita bisa mengetahui  apa aja sih spare parts dari laptop dan komputer.

12 Spare Parts Utama Dari Laptop dan Komputer

1.Motherboard

motherboard-komputer

Sumber gambar muhafid878.blogspot.co.id

Motherboard adalah induk semua spare parts yang di gunakan sebagai penopang bagian-bagian mesin yang lain. Semua perangkat mesin, terhubung pada Motherboard sebagai pusat dari semua sistem kerja komputer.

Motherboard sebagai papan terminal di mana semua unsur perangkat akan di pasang sesuai dengan tempatnya masing-masing. Semua spare parts laptop dan komputer menempel pada Motherboard seperti Processor, RAM, VGA, dan Soundcard. Sedangkan untuk Harddisk dan power supply, hanya kabelnya saja yang terhubung.

2.Processor

processor-laptop-dan-komputer

Sumber gambar otodidakkomputer.blogspot.co.id

Processor merupakan chip inti yang menjadi sumber data agar laptop dan komputer bisa berjalan. Spare part ini sebagai otak untuk mengoperasikan semua program. Tanpa adanya sebuah processor, maka peralatan komputer ga akan bisa hidup.

Perangkat keras inilah yang membedakan tingkat spesifikasi sebuah komputer. Fungsinya untuk mengolah data sistem operasi agar bisa terinstall dan bisa di jalankan. Banyak sekali jenis processor yang bisa kita gunakan.

Untuk processor Intel, tingkat spesifikasi paling awal adalah Pentium 1 sampe pentium 4. Kemudian levelnya terus meningkat pada Core2Quad, Core i3, Core i5 sampe Core i7. Sedangkan untuk Processor AMD, tingkat spesifikasinya dari Athlon  X4 740 Quad Core dan Phenom II X4.

3.RAM

macam-jenis-RAM

Sumber gambar teknody.com

RAM merupakan Random Acces Memory, sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data perintah sementara, lalu di transfer ke processor. RAM memang berbentuk sebuah memori, tapi cara kerja spare part ini sangat cepat di bandingkan dengan memori Harddisk.

Semakin besar kapasitas RAM yang kita punyai, maka semakin cepat pula akses processor untuk memberikan data yang akan dimunculkan pada layar laptop ato komputer. Dengan ukuran RAM yang besar, kita bisa menjalankan banyak program sekaligus dan loadingnya pun ga akan lambat.

Tapi, jika dengan RAM yang berkapasitas kecil, maka sangat beresiko untuk menjalankan beberapa program secara bersamaan. Hal ini akan mengakibatkan pengiriman data komputer menjadi lambat dan bisa mengalami crash ato juga loading yang sangat lama.

Jika kita sering menggunakan program yang berat seperti aplikasi photoshop, Corel Draw, serta aplikasi games dan video, maka di perlukan RAM dengan ukuran yang besar. Sehingga ga memberatkan kerja komputer dan mesin akan lebih awet. Ram dengan ukuran 4GB udah lebih dari cukup untuk menjalankan segala program komputer yang kita inginkan.

Untuk penggunaan perangkat keras ini pada processor Intel, ada 4 macam RAM yang biasa di gunakan, yaitu RAM DDR1, DDR2, DDR3, dan DDR4. Processor Intel Pentium 1 sampe Pentium 4, menggunakan DDR1. Sedangkan Dual CORE menggunakan DDR2, dan semakin berkembang untuk CORE i3 dengan menggunakan DDR3. Semakin tinggi tingkat DDR, maka semakin cepat pula proses transfer data dari RAM ke processor.

4.VGA

vga-card-komputer

Sumber gambar hardwaregue.blogspot.co.id

VGA atau Video Graphic Accelerator merupakan perangkat yang berfungsi untuk menampilkan program komputer agar bisa terlihat di layar monitor. Pada motherboard, udah ada spare part bawaan yang bernama VGA On Board. Tapi, kemampuan perangkat ini terbatas, hanya pada system kerja yang ringan saja. Karna VGA masih menggunakan memori dari RAM, yang mengakibatkan kinerja mesin menjadi lambat.

Kalo kita biasa menjalankan program yang berhubungan dengan design, seperti Photoshop, Corel Draw,  dan edit video seperti aplikasi Adope Premiere serta yang lainnya. Maka kita perlu meningkatkan spare part ini agar kerja komputer ga semakin berat.

Kita perlu menambahkan perangkat VGA Card (External) baru, agar desain grafis yang akan di hasilkan bisa sempurna. Spare part ini memiliki memori sendiri, sehingga tidak membebani RAM dan kinerja mesin akan menjadi ringan. VGA Card juga merupakan keharusan bagi para pengguna laptop ato komputer yang suka dengan aplikasi game.

5.Soundcard

VGA-laptop-dan-komputer

Sumber gambar arekublblogspot.co.id

Spare part Soundcard bawaan biasanya udah ada pada motherboard, yang berfungsi untuk mengeluarkan suara dari laptop atau komputer. Perangkat ini berfungsi untuk mengubah data menjadi bunyi ato suara, tapi kualitasnya rendah.

Tidak jauh berbeda dengan VGA, untuk menghasilkan suara yang berkualitas tinggi, maka harus menambahkan perangkat soundcard eksternal. Jika kita menginginkan suara dari game ato film agar lebih dahsyat seperti pada home theatre, maka kita harus menambahkan perangkat ini dengan soundcard eksternal.

6.Harddisk

harddisk-laptop-dan-komputer

Sumber gambar apkinsblogspot.co.id

Perangkat ini adalah sebuah memori peyimpanan semua data yang ada di laptop ato komputer secara permanen, dan ga akan hilang sebelum di hapus. Harddisk berfungsi untuk menyimpan semua program yang ada pada komputer.

Kita ga memerlukan harddisk dengan kapasitas yang besar, hanya di sesuaikan menurut kebutuhan saja. Karena besar kecilnya harddisk ga berpengaruh pada kinerja program komputer. Jika file yang tersimpan  udah hampir penuh, maka kita bisa menghapus data yang udah ga di perlukan lagi.

Harddisk dengan kapasitas 160GB, udah cukup bagi laptop ato komputer untuk keperluan berbagai macam program aplikasi dan penyimpanan data.

7.Monitor/LCD/LED/Plasma

monitor-lcd-komputer

Sumber gambar ptifauzanstmik.blogspot.co.id

Sparepart ini berfungsi untuk menampilkan data ato program yang sedang di jalankan laptop ato komputer. Tanpa perangkat ini, kita seperti orang buta yang sedang menjalankan komputer. Sparepart ini bentuknya sama dengan televisi sebagai penampil gambar.

Pada tahun 90an, kita masih menggunakan monitor yang bentuknya kotak cembung dan berisi tabung kaca untuk memunculkan gambar. Tapi sekitar tahun 2006 keatas, kita udah meninggalkan monitor dan pindah menggunakan LCD sebagai penampil gambar di komputer. Bentuknya lebih ramping dan ga memakan  tempat.

Setelah itu, berkembang dengan menggunakan teknologi yang lebih canggih lagi yaitu LED. Bentuknya lebih tipis dengan tampilan gambar yang lebih jernih serta ga membuat mata mudah lelah. Kelebihan lainnya adalah, penggunaan daya listriknya lebih irit dari LCD.

Teknologi yang terbaru yaitu dengan menggunakan monitor Plasma, yang bisa menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi. Perangkat ini adalah sebuah inovasi penggabungan antara monitor tabung dengan LCD.

8.Keyboard

keyboard-komputer

Sumber gambar pressdesainwordpress.com

Keyboard merupakan salah satu sparepart laptop ato komputer berupa tombol-tombol dengan penggunaan perintah yang berbeda-beda. Kita bisa melakukan perintah apa aja yang kita inginkan dengan memencet tombol-tombol tersebut.

Perangkat keras ini berfungsi untuk mengirim perintah kepada komputer agar menampilkan data seperti yang kita minta. Dengan keyboard, kita bisa memencet tombol untuk meng-install aplikasi serta melakukan setting BIOS pada komputer agar bisa mulai beroperasi.

9.Mouse

mouse-wireless-bluetooth

Sumber gambar jakmall.com

Perangkat keras ini fungsinya hampir sama dengan keyboard, dengan hanya memencet mouse untuk memberikan perintah. Bedanya, pada mouse ada penampakannya yaitu bentuk tanda panah yang bisa di geser-geser sesuka hati.

Mouse juga berguna untuk menggantikan peran keyboard agar perintah bisa di lakukan dengan lebih cepat. Tapi pada laptop, peran mouse di gantikan dengan touchpad sebagai spare part bawaan yang udah menyatu dan ga dalam bentuk terpisah seperti mouse pada komputer.

10.Power Supply

powersupply-laptop-dan-komputer

Sumber gambar dudirudiawan8.wordpress.com

Power Supply berfungsi sebagai penyalur tegangan listrik ke semua spare part laptop dan komputer, terutama pada motherboard. Selain itu, sebagai pengubah tegangan listrik yang masuk ke dalam mesin komputer .

Listrik punya tegangan arus AC, sedangkan komputer hanya bisa beroperasi dengan tegangan arus DC. Disinilah peran power supply, dengan mengubah arus AC menjadi DC agar komputer bisa menyala.

Banyak sekali jenis dan merk Power supply yang bisa di gunakan. Namun kita harus menyesuaikan kapasitas listrik yang tersedia ketika menggunakan perangkat keras ini.  Jika kita menggunakan power supply buatan dalam negeri, maka ga perlu khawatir, karna daya serap listriknya lebih irit.

powersupply-laptop

Sumber gambar arthaditya.blogspot.co.id

Tapi, jika menggunakan power supply buatan luar negeri ato built up, maka kita harus waspada ketika ingin menyalakan komputer. Karna power supply buatan luar negeri menyerap daya listrik yang sangat besar ketika komputer akan di hidupkan. Hal ini bisa mengakibatkan listrik menjadi drop karena ga kuat mengalirkan daya kepada power supply.

Listrik dengan daya 400 watt, lebih baik menggunakan power supply buatan dalam negeri aja agar ga sering mati. Sedangkan untuk power supply buatan luar negeri, sebaiknya menggunakan listrik dengan daya lebih dari 900 watt.

11.Casing

casing-komputer

Sumber gambar koneksia.com

Perangkat yang satu ini berbentuk kotak seperti kardus besi, untuk membungkus semua spare part agar ga terbuka. Selain itu, untuk melindungi komponen-komponen yang rentan rusak seperti motherboard dan harddisk dari debu yang bisa membuat kotor.

Jika komponen komputer kena kotoran, maka bisa menjadikan kinerjanya semakin lambat ato bahkan bisa mengalami error. Bagi komputer, bisa bebas menggunakan casing yang sesuai dengan pilihan. Selain itu, bisa gonta-ganti casing jika ingin mengganti dengan yang baru.

Kalo untuk laptop casingnya sangat rapat, sehingga kotoran ga mudah masuk. Selain itu, casing laptop bersifat paten dan agak sulit kalo ingin ganti casing yang baru. Kesulitannya adalah, menemukan casing yang pas dengan type laptop yang kita punya. Karna casing laptop belum tentu bisa di temukan di toko-toko spare part, sehingga harus pergi langsung ke service centernya.

12. Baterai CMOS

baterai-cmos-pada laptop-dan komputer

Sumber gambar pintarkomputer.com

Perangkat ini memang unik, bentuknya memang kecil tapi manfaatnya sangat besar. Karna dari spare parts ini, komputer masih memiliki daya listrik walaupun telah di matikan. Selain itu, berfungsi untuk mengatur tanggal, bulan serta tahun dan jam yang akan tetap hidup walaupun tanpa adanya aliran listrik.

CMOS singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconduktor, yaitu perangkat semi konduktor yang akan tetap menyala. Jika komputer di nyalakan, maka baterai CMOS akan melakukan pengecesan sehingga punya cadangan listrik sendiri ketika komputer mati.

Jika kita menyimpan file dalam komputer, maka akan ada keterangan waktu dan tanggalnya. Hal ini karena adanya baterai CMOS tersebut yang udah di setting untuk memberikan daya pada bios dan menyimpan konfigurasi bios.

Cara Merawat Spare Parts Laptop Dan Komputer Agar Awet Serta Tahan Lama

Pada dasarnya, jika kita menggunakan laptop dan komputer dengan wajar dan ga berlebihan. Maka akan membuat spare parts bisa bertahan lama. Biasanya umur perangkat keras bisa mencapai 5 tahun atau lebih. Tapi semua itu tergantung dari faktor penggunaannya, jika kerja komputer ga terlalu berat, tentu saja performa komputer akan selalu baik dan ga cepat rusak.

Hal-hal yang Perlu Dilakuin Buat Pelihara Laptop dan Komputer

1.Meringankan kinerja Processor

Segera cabut flashdisk jika udah ga di perlukan lagi. Jika ingin lebih ringan, non aktifkan saja penggunaan flashdisk pada laptop dan komputer. Di jaman sekarang ini, perangkat DVD udah ga banyak di perlukan. Untuk meringkankan beban processor, lebih baik non aktifkan saja perangkat DVD.

Jika laptop dan komputer udah selesai di gunakan, sebaiknya matikan saja ato di shutdown. Selain itu, ciptakan kebiasaan untuk melepaskan jek kabel yang terhubung dengan aliran listrik. Hal ini bermanfaat agar mesin bisa istirahat dengan penuh tanpa adanya aliran listrik. Jangan menggunakan sleep mode atau hibernate ketika udah selesai menggunakan komputer.

Hapus semua file-file yang udah ga di butuhkan lagi atau uninstall saja sofware yang jarang di gunakan agar ga memberatkan processor.

2.Merawat Harddisk

Harddisk memerlukan sirkulasi udara yang lancar, untuk itu perlu menempatkan laptop ato komputer berada pada tempat yang terbuka. Selalu mengecek kipas angin yang ada di dalam mesin, apakah udah bekerja dengan baik. Jika ga, perlu menambahkan kipas baru agar bisa memberikan sirkulasi udara yang cukup.

Sebelum mematikan mesin komputer, sebaiknya dokumen yang telah di buka agar di tutup terlebih dahulu. Pastikan juga ga ada aplikasi yang masih terbuka. Lalu klik shutdown, dan tunggu sampai mesin komputer udah benar-benar mati. Hal ini bermanfaat agar harddisk ga mengalami hentakan ketika mesin di matikan.

Harddisk yang sering mendapatkan guncangan, akan cepat rusak. Usahakan untuk ga terlalu sering membawa laptop dengan kendaraan bermotor. Bagaimanapun, harddisk yang sering terguncang memang bisa menimbulkan efek buruk. Efeknya memang sedikit, tapi kalo terlalu sering maka akan menjadi banyak juga.

Selain itu, dengan membuat partisi untuk membagi ruang penyimpanan. Ketika membuat partisi harddisk, cukup 1 atau 2 saja agar kinerjanya lebih ringan.

Melakukan defragment yang akan mengurangi bad sector ato kerusakan pada Harddisk. Bad sector yaitu hilangnya kapasitas pada Harddisk yang di sebabkan kerusakan pada spare parts ato corrupt data.

Manfaatkan fasilitas Disk cleanup untuk membersihkan file-file yang ga penting, sehingga membantu mengurangi beban pada Harddisk.

3. Menggunakan RAM yang berkapasitas besar

Karena besarnya kapasitas RAM sangat mempengaruhi kinerja mesin komputer. Sehingga kita perlu menambahkan kapasitas RAM baik secara fisik ato dengan cara menambahkan virtual memory/virtual RAM. Tapi akan semakin baik kalo dengan menambahkan RAM fisik saja.

4. Memelihara VGA

Untuk meringankan kerja processor dan RAM, sebaiknya menambahkan VGA Card. Biasanya, pada motherboard udah ada tempat atau slot khusus jika ingin menambahkan VGA Card. Agar VGA bisa awet, kita harus menjaga suhu udara agar tetap stabil. Hal ini bisa di lakukan dengan menambahkan heatsink, sehingga suhu udara bisa lebih terkontrol.

5.Menghapus Registry yang tidak di perlukan

Registry berguna untuk mengatur kinerja hardware dan software. Jika setting Registrynya bagus, maka tentu saja performa mesin komputer akan berjalan sangat baik. Banyak sekali Registry yang tersedia pada program komputer dan laptop untuk mengelola perangkat keras dan software.

Tapi ga semua Registry akan kita gunakan. Karna itu, gunakan registry yang di perlukan aja dan hapus atau non-aktifkan yang ga akan kita gunakan. Sehingga bisa membantu memaksimalkan kerja mesin.

6.Mengosongkan Recycle Bin

Recycle Bin yang penuh, bisa mengakibatkan komputer crash dan lama saat membuka file. Sebaiknya selalu mengosongkannya paling lambat 2 minggu sekali.

7.Uninstall add-ons pada browser

Menambahkan ekstensi atau add-ons pada browser, hanya akan membebani kerja mesin komputer. Akan lebih baik kalo ga menggunakan add-ons pada browser agar processor ga terlalu berat dalam melakukan star up.

8.Download Software Pembersih Registry

Aplikasi ini berfungsi untuk meningkatkan sistem dengan mengatur Registry. Selain itu, bisa membersihkan, menghapus file, cookies serta dokumen sementara yang memberatkan Harddisk.

Software ini juga bisa di gunakan untuk mendeteksi Registry yang ga di perlukan. Sehingga kita bisa tahu, mana  Registry yang memang ga berguna bagi kita dan menghapusnya, agar beban file menjadi berkurang.

Baca Juga
1. 
Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita
2.  
Apa Aja Merk dan Spesifikasi Laptop Games Buatan Indonesia?

Kalo bisa menggunakan laptop dan komputer dengan hati-hati, tentu saja spare partsnya akan terpelihara.

Semoga tulisan ini bisa menjadi informasi tambahan untuk merawat spare parts laptop ato komputer bagi Mas Bro dan Mbak Bro.

Tentu saja tulisan ini bisa di bagikan pada media sosial Mas Bro dan Mbak Bro. Jika masih punya pertanyaan, silahkan ajukan aja pada kolom komentar ya.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Setiap hari pergi ke sekolah biar pinter
Ga lupa selalu minta doa restu ayah dan mama
Pelajari dulu cara merawat laptop dan komputer
Agar spare patsnya bisa awet dan tahan lama

Buaran, Pekalongan
Rabu 06.01 WIB 18 Maret 2017
Tulisan Temen kita – MY

Sumber Tulisan
Edo Chrisnado. 2016. Inilah Hal Dasar Yang Kamu Harus Ketahui Tentang Ram. winpoin.com/inilah-hal-dasar-yang-harus-kamu-ketahui-tentang-memory-ram/ diakses pukul 19.45 WIB pada hari Kamis 16 Maret 2017
Caramaster. 2017. Komponen Komputer Dan Fungsinya. caramaster.net/komponen-komputer-dan-fungsinya/ diakses pukul 01.03 WIB pada hari Jum’at 17 Maret 2017
Khavidz’s blog. 2013 Nama, Gambar Dan Fungsi Bagian Komputer. khavidz.wordpress.com/namagambardan-fungsi-bagian-komputer/ diakses pukul 01.20 WIB pada hari Jum’at 17 Maret 2017
Kabar Tekno. 2016.  Perbedaan dan Tingkatan Antara Processor Intel dan AMD. kabartekno15.blogspot.co.id/2016/03/perbedaan-dan-tingkatan-antara.html  diakses pukul 01.32 WIB pada hari Jum’at 17 Maret 2017
Sadripurnama Yudi. 2015.  Cara Kerja Dan Fungsi Ram. sadripurnama31.blogspot.co.id/2015/10/pengertian-ram-cara-kerja-dan-fungsinya.html  diakses pukul 01.46 WIB pada hari Jum’at 17 Maret 2017
Aditya Nugroho. 2015.  Pengertian, Cara Kerja dan Fungsi VGA Card. aditya-web.com/2015/08/pengertian-cara-kerja-dan-fungsi-vga-card.html diakses pukul 02.35 WIB pada hari Jum’at 17 Maret 2017

Sumber Gambar
muhafid878.blogspot.co.id/2013/07/komponen-komponen-komputer.html Kamis 16 Maret 2017 pukul 1945 pukul 20.49
panduanmembeli.com/apa-itu-notebook-netbook-desktop-all-in-one-tablet-pc-331 Kamis 16 Maret 2017 pukul 1945 pukul 21.03
tokolaptopmalang.com/ Kamis 16 Maret 2017 pukul 1945 pukul 21.22
apaperbedaan.blogspot.co.id/2013/10/perbedaan-amd-dan-intel.html Kamis 16 Maret 2017 pukul 1945 pukul 21.29
teknody.com/perbedaan-ram-ddr1-ddr2-ddr3-dan-ddr4 Kamis 16 Maret 2017 pukul 1945 pukul 21.47
arekubl.blogspot.co.id/2014/05/pengertian-soundcard-dan-fungsinya.html Kamis 16 Maret 2017 pukul 1945 pukul 21.57
apkins.blogspot.co.id/2015/07/komputer-penuh-simpan-gambar-anda.html Kamis 16 Maret 2017 pukul 1945 pukul 22.05
terserah.info/harga-keyboard-pc-terbaru-maret-2015/ Kamis 16 Maret 2017 pukul 1945 pukul 22.22
perangkatkeras.net/jenis-jenis-mouse-komputer-dan-fungsinya/ Kamis 16 Maret 2017 pukul 1945 pukul 22.29
dudirudiawan8.wordpress.com/2014/10/14/241/ Kamis 16 Maret 2017 pukul 1945 pukul 22.42
arthaaditya.blogspot.co.id/2015/02/Perbedaan-Motherboard-Komputer-dengan-Laptop.html Kamis 16 Maret 2017 pukul 1945 pukul 22.46
koneksia.com/tips-memilih-casing-cpu-pc-terbaik/ Kamis 16 Maret 2017 pukul 22.57
perangkatkeras.net/jenis-jenis-vga-card-berdasarkan-slo/ Sabtu 18 Maret 2017 pukul 09.31
pintarkomputer.com/apa-fungsi-baterai-cmos-dan-kenapa-motherboard-membutuhkannya/ Sabtu 18 Maret 2017 pukul 10.37

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *