27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan : #KitaSiap196

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar berdesa.com.jpg
27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar learnmine.blogspot.co.id.jpg

Sumber Gambar learnmine.blogspot.co.id

Perlu Ga Persiapan Sebelum Buka Usaha Hotel dan Penginapan?
Apa Aja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Buka Usaha Penginapan?

Hewan aja perlu pasangan
Apalagi kita sesama manusia
Buat hotel perlu persiapan
Jangan sampe usaha sia-sia

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Liburan adalah salah satu kebutuhan yang makin marak dipenuhi di tengah penatnya rutinitas manusia masa kini. Ada juga sih yang liburan karna liat orang-orang lain berfoto cantik di suatu objek. Ga mau kalah, jadi deh, sekeluarga ramai-ramai pergi ke tempat tersebut.

Sering kali tempat yang lagi hits itu ada di luar kota tempat kita tinggal, misalnya di Jogja atau Belitung. Pasti kita dan keluarga akan mencari penginapan di kota itu, hotel di Belitung, atau mungkin pilihan lain homestay di Jogja. Tentu di kota wisata semacam itu perhotelan merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Kalo kita tertarik untuk memulai bisnis perhotelan.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar wkcnet.com.jpg

Sumber Gambar wkcnet.com

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Buka Usaha Penginapan?

Ada beberapa hal yang harus kita siapkan seperti di bawah ini:

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar gomuslim.co.id

Sumber Gambar gomuslim.co.id

1.Siapa Targetnya?

Potensi usaha perhotelan memang menggiurkan, tapi pastikan kita ga salah langkah. Membuat usaha mandiri ga semudah dan secepat kilat. Kita harus melakukan banyak survei dan teliti terlebih dahulu. Siapa yang sesungguhnya ingin kita bidik, keluarga, traveler muda, atau kaum sosialita?

.

Baca Juga
1. 27 Tempat Wisata Paling Indah di Indonesia
2. 
4 Tempat Wisata yang Direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara

Setelah mengetahui kaum seperti apa yang ingin kita sasar, tentukanlah di mana lokasi yang sesuai untuk membangun usaha kecil kita. Usaha kecil yang akhirnya akan berbuah besar.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar rumahdijual.com

Sumber Gambar rumahdijual.com

2.Cari Tanah

Carilah tanah untuk usaha sampingan atau usaha utama kita ini yang sesuai dengan poin nomor satu. Jangan merasa lelah mencari lokasi yang sesuai, teruslah berburu sampai kita menemukan yang benar-benar pas. Jika target kita adalah penginapan yang dekat tempat wisata.

Bangunlah penginapan yang memang dekat dengan wahana pariwisata. Target kita membuat penginapan dengan ketenangan dan ekslusivitas yang tinggi?

Pilihlah tempat yang memang bisa digunakan untuk istrihat, ga terlalu berisik.

Ga ada dong yang mau liburannya terganggu sama suara berisik ga penting. Jadi Mas Bro dan Mbak Bro jangan buru-buru ambil keputusan, pikirin dan bandingin macam-macam harga tanah dan aspek lainnya dari lokasi yang kita taksir agar ga menyesal pada akhirnya.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar megapolitan.kompas.com

Sumber Gambar megapolitan.kompas.com

3.Memperhatikan Keamanan Lingkungan

Siapa sih yang mau tinggal di daerah yang ga aman?

Ga ada, kan. Makanya, ini poin penting juga yang harus kita perhatikan sebelum memulai usaha perhotelan. Cari tau secara rinci lokasi yang kita pilih seperti apa, rawan tindakan kriminal ato ga. Selain itu, saat bangunan penginapan kita sudah jadi, buatlah pengunjung merasa aman dengan adanya satuan pengamanan yang khusus kita pekerjakan untuk menjaga usaha kita.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar lombokwisata.com

Sumber Gambar lombokwisata.com

4.Ketersediaan Air

Penginapan kita, dengan siapapun targetnya, akan membawa kita pada masalah jika tempatmu ga memiliki cukup air. Mana ada yang mau pergi jalan-jalan tapi ga mandi. Atau kalo kita bikin homestay di daerah yang dingin, tapi ga nyediain air hangat buat fasilitasnya.

Pastiin tempat yang kita inginkan memiliki akses mendapatkan air yang cukup dan keadaan air yang ga kotor.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar lihat.co.id.jpg

Sumber Gambar lihat.co.id

5.Halaman Luas

Kita pasti ingin usaha kita ini jadi usaha yang besar, kan?

Siapin halaman yang luas untuk menampung banyaknya tamu yang ingin menikmati udara pagi di halaman. Halaman yang hijau juga akan membuat para tamu nyaman.

Oh ya catatan merah nih. Jangan pernah buat pengunjung merasa seperti dirumah sendiri.

Promosi feels like home itu omong kosong.
Ngapain liburan jauh-jauh kalo masih merasakan suasanan rumah.

@kekitaan

Untuk kenyamanan halaman bisa kita beri fasilitas tambahan juga untuk mereka yang membawa anak-anak.

Tamu nyaman kita pun pasti senang.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar pikiran-rakyat.com

Sumber Gambar pikiran-rakyat.com

6.Memiliki Tempat Parkir Kendaraan terutama Mobil

Penginapan kita harus memiliki lahan parkir yang memadai. Orang yang menginap di suatu daerah cenderung memilih membawa mobil untuk mengeksplorasi daerah baru. Memang ga semua tamu akan membawa mobil, tapi pikirkanlah segala kemungkinan yang akan terjadi. Jangan sampai tamu harus parkir di pinggir jalan, yang nantinya ga aman dan malah mengganggu orang lain.

Ga mau kan usaha kita di demo warga sekitar hanya karna masalah seperti ini?

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar startupbisnis.com

Sumber Gambar startupbisnis.com

7.Sesuaikan Lahan dengan Modal yang Dimiliki

Setelah kita menimbang luas lahan yang kita perlukan untuk usaha homestay atau usaha hotel kita, lihatlah berapa harga yang ditawarkan untuk luas tanah yang sesuai dengan kebutuhan kita. Sesuai ga tuh harganya sama modal yang kita punya. Kalo memang ga cukup, jangan beli lahan yang terlalu besar. Jangan sampai kita bangkrut di tengah usaha kita.

Inget loh kita masih harus mengeluarkan dana untuk membangun.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar amriconsulting.wordpress.com

Sumber Gambar amriconsulting.wordpress.com

8.Buat Studi Kelayakan

Poin-poin diatas udah oke kita laksanain, siap untuk bangun usahanya dong. Jangan terlalu buru-buru membeli lahan membangunnya. Buat dulu studi kelayakan bisnis kita ini. Mengandalkan insting saja ga bisa menjamin kita berhasil.

Studi kelayakan ini penting supaya kita bisa melihat gambaran gimana sih usaha yang akan kita jalankan. Hotel kita jenisnya kaya apa, kamarnya perlu berapa banyak, fasilitasnya apa aja, harga sewa berapa, dan bisa bertahan ga nih usaha homestay kita ini.

Kalo kita dan tim kita bisa membuat studi kelayakan bisnis ini dengan fair, bagus. tapi kalo ga, lakukanlah kerja sama usaha ini dengan pihak lain yang ada di poin 9.

Kalo kita suka pilih hotel yang bagus dan nyaman. Pelanggan juga sama.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar ystudioarsitek.com

Sumber Gambar ystudioarsitek.com

9.Melibatkan Konsultan Hotel

Konsultan hotel akan sangat membantu kita melihat usaha yang akan kita jalankan ini loh. Konsultan hotel akan berindak bijak dalam memaparkan studi kelayakan bisnis kita. Konsultan ini nantinya akan merekomendasikan kita mana yang sebaiknya dibeli, mana yang ngga. Desain seperti apa yang sebaiknya kita terapkan dan hal lainnya juga akan dipertimbangkan oleh sang konsultan. Kita jadi bisa terhindar dari pengeluaran berlebihan.

Satu lagi, pake konsultan hotel pasti membuat pikiran kita lebih ringan, karna ada pihak yang mendukung dan selalu memberi nasihat untuk kita.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar blog.misteraladin.com.jpg

Sumber Gambar blog.misteraladin.com

10.Konsep Penginapan

Penginapan yang kita buat harus memiliki konsep. Setelah kita melihat modal, target, dan luas lahan yang kita sasar, kita bisa menentukan penginapan seperti apa yang kita perlukan. Konsep hotel, wisma, cottage, atau yang lainnya. Konsep-konsep tematis juga bisa kita usung untuk menambah daya jual penginapan kita. Misalnya kita mau membuat penginapan dengan konsep rimba, kartun, atau istana. Sesuaikan saja dengan target kita.

Sekali lagi, jangan paksakan keadaan uang kita, jika memang ga memungkinkan. Biarkan saja kita ”mencicil” bisnis kita sedikit demi sedikit. Mulai dari penginapan kecil hingga hotel berbintang.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar blog.urbanindo.com

Sumber Gambar blog.urbanindo.com

11.Menentukan Arsitek

Sudah beli lahannya? Oke, lahan sudah siap dibangun. Siapa yang mau merancangnya tapi, ya?

Kalo kebetulan kita seorang arsitek, tentu mudah bagi kita, tapi kalo bukan, kita harus mencari arsitek. Arsitek akan memberikan gambaran yang terbaik agar pemanfaatan lahan kita efektif, ga ada yang kebuang percuma. Biaya yang kita keluarkan pun menjadi lebih efisien.

Tentukan arsitek yang sesuai, bisa dari rekomendasi teman kita, teman kita, atau bahkan keluarga sendiri. Arsitek ini nantinya akan menggambar seluruh arsitektur bangunan, ga lupa gambar mekanikal, elektrikal, dan plumbing juga. Rencana biaya juga bakal dibikinin, loh!

Dan kita juga pasti perlu gambar-gambar seperti ini untuk mengurus perizinan bangunan kita.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar jakarta.go.id

Sumber Gambar jakarta.go.id

12.Mengurus Perizinan

Sebelum membangun, kita harus mengurus semua perizinan yang disyaratkan. Izin yang pertama kali harus diurus adalah izin lokasi. Dengan adanya izin lokasi tersebut, izin-izin lainnya baru bisa didapatkan. Beberapa perizinan yang harus kita urus ialah izin lokiasi/pemanfaatan urang, site plan, IMG, izin sementara/tetap usaha pariswisata, beberapa sertifikasi seperti bintang, lift, dan genset.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar inforiau.co

Sumber Gambar inforiau.co

13.Menentukan Kontraktor dan Konsultan Pengawas

Setelah mendapatkan gambar arsitektur, kita siap deh membangun lahan kita menjadi usaha yang sudah kita idam-idamkan. Untuk membangunnya, tentukan kontraktor yang bisa membuat sesuai dengan gambar rancangan yang telah ada tentunya dengan harga yang bersahabat. Selain itu kita juga sebaiknya memilih konsultan pengawas, apalagi kalo kita menjadikan ini usaha sampingan dan ga bisa kita awasi secara langsung. Konsultan pengawas ini akan mengawasi proses pembuatan penginapan supaya berjalan sesuai rencana dan dapat selesai di hari yang sudah disepakati.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar arsindociptakarya.com

Sumber Gambar arsindociptakarya.com

14.Gaya Interior

Bangunan udah jadi, nih. Udah keren lah pokoknya. Lanjut dengan bagian dalamnya, supaya tamu nanti ga ada yang kecewa karna tampilan dalam dan luar ga seimbang. Kita kan di awal sudah menyiapkan konsep untuk penginapan kita.

Kalo memang bersifat tematis, desainlah bagian interior sesuai dengan tema tersebut. Sesuaikan pula gayanya dengan target yang kita bidik. Pilih warna-warna serta pajangan yang sesuai dengan target kita.

Buat deh satu spot yang bisa dijadikan tempat tamu kita berfoto, yang instagram-able, gitu. Biar pengunjung kita bisa pamerin ke kerabatnya.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar infounikmenarikterbaru.blogspot.co.id.jpg

Sumber Gambar infounikmenarikterbaru.blogspot.co.id

15.Fasilitas

Ini salah satu poin yang ga boleh dilupain. Fasilitas. Zaman sekarang bangunan yang bagus aja ga cukup. Semakin banyak kemudahan dan kenyamanan yang kita tawarkan, semakin baik. Mulai dari adanya pendingin/penghangat ruangan, makan pagi gratis, layanan antar jemput, kolam renang, dan yang ga boleh ketinggalan di masa kini adalah free Wifi!

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar referensirumah.com

Sumber Gambar referensirumah.com

16.Kamar yang Banyak

Kenapa kok harus punya kamar banyak?

Kita ingin usaha perhotelan kita ini menjadi besar dan diminati semua orang, kan? Pikirin deh kalo yang nginep langsung rombongan besar atau keluarga besar. Jangan sampai mereka kabur, karna tempat kita ga bisa menampung mereka.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar kancyl.com

Sumber Gambar kancyl.com

17.Izin ke Tetangga

Sebagai makhluk sosial, kita selalu perlu orang lain dan orang lain juga perlu kita. Untuk memulai usaha, harus diawali dengan hal yang baik. Pastikan kita sudah mendapat “restu” dari tetangga sekitar untuk usaha kita ini. Hal ini penting, supaya ga ada masalah yang terjadi ke depannya.

Setelah dapat “restu”, terus pertahankan hubungan baik kita, ya.

Langkah ini sangat penting dan harus kita persiapkan sebelum mulai usaha hotel dan penginapan. Karna akan besar kemungkinan muncul masalah kalo kita ga jalin hubungan baik sama warga sekitar.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar ibu-zahraa.blogspot.co.id

Sumber Gambar ibu-zahraa.blogspot.co.id

18.Persaingan

Sebelum memulai usaha perhotelan kita, liat seberapa banyak saingan yang kita miliki di tempat yang akan kita pilih. Banyaknya saingan memang merupakan tantangan besar untuk suatu usaha. Jika kita memang melihat adanya peluang besar di lokasi yang kita pilih, pelajari keadaan saingan kita, dan buatlah suatu inovasi unik yang bisa menjadi nilai plus bagi bisnis kita. Milikilah apa yang saingan kita ga miliki agar kita memiliki pelanggan setia.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar 99.co

Sumber Gambar 99.co

19.Harga Sewa Harus Realistis

Menentukan harga sewa mungkin membingungkan, tapi hal yang harus selalu diperhatikan adalah harga yang kita tetapkan harus realistis. Jika usaha kita memang mewah, fasilitas banyak, lokasi strategis, mematok harga yang cukup tinggi memang ga masalah. tapi jangan sampai kita memasang harga yang tinggi untuk sesuatu yang ga ada apa-apanya. Kebalikannya juga jangan, ya. Demi dapet banyak tamu, kita pasang harga serendah mungkin untuk semua fasilitas keren yang kita siapin. Tekor, kitanya!

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar berdesa.com.jpg

Sumber Gambar berdesa.com.jpg

20.Memiliki Legalitas yang Lengkap

Berpikir itu sebaiknya hal yang baik-baik saja. Namun, kita juga harus siapa akan segala kemungkinan terburuk yang bisa saja menimpa usaha kita. Misalnya suatu saat ternyata kita dituntut karna lokasi yang kita miliki ada masalah sengketa atau masalah lain yang harus dibuktikan dengan adanya surat legal. Kalo kita ga punya senjata sah berupa surat-surat legal, jangan harap deh kita bisa menang dalam suatu perkara.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar jualsofabandung.com

Sumber Gambar jualsofabandung.com

21.Belanja Kebutuhan Barang dan Perlengkapan Hotel

Sebelum bisnis kita benar-benar berjalan, pasti dong harus berbelanja semua pernak-pernik kebutuhan hotel. Belanja bukan hal yang sulit, kita bisa lakukan hal itu sendiri, bisa juga untuk lebih baiknya bertanya-tanya dengan konsultan. Saat berbelanja, kita ga boleh laper mata.

Pilih yang sesuai dan bisa menekan biaya operasional kita. Selain itu, pilih juga barang-barang yang nantinya ga mengganggu kenyamanan ruangan, misalnya kamar penginapan yang kita buat ga terlalu luas, jangan pilih furnitur yang terlalu besar. Pilih saja yang lebih ringkas, praktis, atau yang memiliki material lain, tapi tetap dengan fungsi yang sama.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar daftarhoteldiindonesia.blogspot.com

Sumber Gambar daftarhoteldiindonesia.blogspot.com

22.Membuat Standar Operasional dan Prosedur

Kita yang memiliki usaha kita sendiri, pasti kita punya hal-hal yang jangan dan boleh dilakukan terhadap usaha kita. Buatlah terlebih dahulu standar operasional dan prosedur (SOP) usaha penginapan kita ini. Dengan adanya hitam di atas putih tentang SOP itu, kita punya dasar yang kuat untuk menegur atau memberi reward karyawan atau tamu yang ada di penginapan kita.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar tribunnews.com

Sumber Gambar tribunnews.com

23.Dapatkan Karyawan Terpercaya

Membuat usaha penginapan pastinya memerlukan tenaga kerja yang cukup banyak. Ga mungkin kan kita bekerja sendiri mulai dari pengangkat koper, resepsionis, koki, sampai yang membersihkan ruangan. Kita harus mempertimbangkan penginapan kita memerlukan berapa tenaga kerja dan berapa gaji yang harus kita berikan bagi para karyawan yang bekerja untukmu.

Satu hal lagi yang paling penting, carilah karyawan yang dapat dipercaya. Memiliki karyawan yang seperti itu akan membuat kita lebih yakin jika suatu saat kita harus pergi dan meninggalkan penginapan kita selama beberapa saat.

Coba mulai mencari dari keluarga dan kerabat, siapa tau mereka ada kenalan yang bisa dipercaya.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar ocimblog.com

Sumber Gambar ocimblog.com

24.Selalu Jaga Kebersihan

Percuma kalo penginapan kita setara dengan cottage keren di Maldives, tapi sampah ada di mana-mana. Baru mau masuk, eh gatau deh udah ada tumpukan sampah dari berapa lama. Masuk kamar, ternyata banyak debu, bahkan ada sarang laba-labanya. Duh, ini mau nginep apa wisata rumah hantu. Kebersihan pasti membuat para tamu betah dan senang menginap di tempat kita.

Baca Juga
1. 
10 Tempat Wisata Terbaik yang Direkomendasikan di Sumatera Utara
2. 4 Tempat Wisata yang Direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara

Memang akan lebih sulit jika hanya pihak penginapan yang menjaga kebersihan. Karna itu, kita bisa tempelkan stiker-stiker himbauan dengan bahasa yang menarik, supaya para tamu kita selalu menjaga kebersihan.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar www.suaradesa.com.jpg

Sumber Gambar www.suaradesa.com

25.Kerja Sama Dengan Komunitas Ato Endorser

Lagi zaman, kan, endorse sana endorse sini. Nah, promosiin aja tempat wisata kita dengan bantuan kaya gitu. Kita bisa kerja sama dengan suatu komunitas, artis, atau para selebgram. Cari endorser yang memiliki citra yang sesuai dengan konsep dan target penginapan yang sudah kita buat.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar blog.riodesign-web.com

Sumber Gambar blog.riodesign-web.com

26.Tentukan Nama yang Sesuai

Apalah arti sebuah nama?

Ya, berarti banget, dong! Gimana coba cara promosiin usaha kita kalo ga ada namanya. Buatlah nama yang unik yang sesuai dengan penginapan kita. Kenapa namanya harus unik?

Supaya penginapan kita menjadi the one and only dan mudah diingat oleh khalayak ramai.

27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan - Sumber Gambar bisnisukm.com

Sumber Gambar bisnisukm.com

27.Promosi

Pikirkan berapa macam cara yang harus kita lakukan untuk mempromosikan tentang penginapan kita. Promosi bisa mulai dari iklan di media elektronik atau cetak, bisa juga dengan memiliki web sendri. Bentuk promosi yang ga boleh ketinggalan juga ialah promo harga! Buatlah harga promo yang ga buat kita merugi dan tetap bisa menarik banyak tamu menginap di tempat kita.

Sekarang, kita pasti sudah siap menjalankan usaha kita! Semoga berhasil!

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Makan ikan mas keselek duri
Hati-hati jangan sampe kena pas
Semua orang punya cara sendiri
Tapi jangan sepelekan 27 diatas

Tembalang, Semarang
Kamis, 00:01 WIB 17 Nopember 2016
Tulisan Temen Kita – MHF

Sumber Tulisan
homestay 2014 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Homestay Terbaik sebagai Sarana Bisnis homestaydijogja.net/hal-yang-perlu-dipersiapkan-untuk-homestay-terbaik-sebagai-sarana-bisnis/diakses pukul 05:02 WIB pada hari Senin, 17 Oktober 2016
Priscilla Silaen 2015 Ini Dia Trik Membangun Penginapan Murah Untuk Kamu Pengusaha Bermodal “Lemah” veryfund.co/blog/ini-dia-trik-membangun-penginapan-murah-untuk-kamu-pengusaha-bermodal-lemah/ diakses pukul 05:02 WIB pada hari Senin, 17 Oktober 2016
Rohayadi Supriyatno 2011 Langkah Memulai Bisnis Hotel knhotelconsultant.wordpress.com/2011/04/15/langkah-memulai-bisnis-hotel/diakses pukul 05:02 WIB pada hari Senin, 17 Oktober 2016

Sumber Gambar
berdesa.com diakses pukul 17:00 pada hari Selasa, 25 Oktober 2016
blog.misteraladin.com diakses pukul 00:17 pada hari Kamis, 17 Nopember 2016
infounikmenarikterbaru.blogspot.co.id diakses pukul 00:01 pada hari Kamis, 17 Nopember 2016
learnmine.blogspot.co.id diakses pukul 00:11 pada hari Kamis, 17 Nopember 2016
lihat.co.id diakses pukul 00:07 pada hari Kamis, 17 Nopember 2016
wkcnet.com diakses pukul 17:00 pada hari Selasa, 25 Oktober 2016
www.suaradesa.com diakses pukul 17:00 pada hari Selasa, 25 Oktober 2016

Tentang Kita
Twitter :
kekitaan_
Line :
@kekitaan
Facebook :
Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Linkedin : Kekitaan Kita
Pinterest : Kekitaan Kita
Instagram : kekitaan_

Tinggalkan Balasan