10 Panduan Sebelum Melakukan Sewa Rumah Biar Ga Salah Pilih : #PanduanKita18

Apa yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Sewa Rumah? - 10 Panduan Sebelum Melakukan Sewa Rumah Biar Ga Salah Pilih - Sumber Gambar www.merdeka,com

10 Panduan Sebelum Melakukan Sewa Rumah Biar Ga Salah Pilih - Sumber Gambar halloapakabar,com

Sumber Gambar halloapakabar,com

Apa yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Sewa Rumah?
10 Hal Penting Sebelum Kita Memutuskan Menyewa Rumah

Apa panduan sebelum sewa rumah
Kenapa langsung sewa dan bayar aja
Kita seharusnya bisa ambil hikmah
Dulu modal lembek kini harus baja

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Mau sewa rumah?

Tapi masih ragu?

Khususnya buat pengantin baru yang tinggal dikota besar. Urusan sewa rumah Jakarta, Bandung, Medan, dan Surabaya misalnya. Sebenarnya bukan hal yang sulit. Cuma keinginan punya rumah baru harus dipertimbangkan dengan baik. Karna kita sama-sama tau harga rumah masih meleset jauh dari dompet kita.

Buat keluarga baru alasan pengen punya rumah sendiri itu karna ga mau tinggal satu rumah sama orang tua terus. Apalagi udah menikah. Gengsi dong.

Sedangkan buat yang udah berkeluarga lama. Kalo anak-anak udah mulai besar. Kesannya itu rumah semakin sempit. Itu berita baiknya. Nah berita buruknya buat yang pengen rumah baru harga rumah ga turun. Begitu juga dengan pilihan rumah lainnya, harga apartemen pun semakin naik harganya.

Nah, gimana dengan sewa rumah?

Apa yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Sewa Rumah? - 10 Panduan Sebelum Melakukan Sewa Rumah Biar Ga Salah Pilih - Sumber Gambar www.merdeka,com

Sumber Gambar www.merdeka,com

Apa yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Sewa Rumah?

Itu sepertinya bisa jadi jalan keluar yang baik ya.

Baiklah, itu tadi masalah sama orang yang mau sewa rumah Jakarta, Bandung, Medan, dan Surabaya serta kota besar lainnya. Lalu gimana sama yang punya rumah dan mau disewakan. Pasang iklan sewa rumah dimana?

Kita bahas satu persatu aja ya.

Nah buat buat yang baru pertama kalinya ingin sewa rumah, gimana caranya ya?

Baca Juga
1. 7 Kegiatan Produktif Biar Akhir Minggumu Ga Sia-sia
2. 7 Sikap Hati yang Benar Terhadap Kekayaan

Udah sering sekali dong kita liat papan bertuliskan “Rumah Disewakan”. Ada yang bentuknya rumah minimalis, berukuran sedang, atap tinggi. Ada juga yang bentuknya besar dan halaman luas. Nah Mas Bro dan Mbak Bro pasti pengen sewa besar tapi uang ga cukup. Mau sewa yang kecil ga suka.

Gimana dong?

10 Hal Penting Sebelum Kita Memutuskan Menyewa Rumah

Jadi sebelum memutuskan untuk sewa rumah, ada beberapa hal nih yang perlu kita perhatikan sebelum melakukan sewa rumah. Antara lain :

Melihat Harga Rumah Terlebih Dahulu - 10 Panduan Sebelum Melakukan Sewa Rumah Biar Ga Salah Pilih - Sumber Gambar jateng.tribunnews,com

Sumber Gambar jateng.tribunnews,com

1. Melihat Harga Terlebih Dahulu

Awal yang paling penting adalah melihat harganya terlebih dahulu. Usahakan harga sewa perbulannya sesuai dengan pendapatan Mas Bro dan Mbak Bro. Dengan menghitung harga sewa rumah dengan pendapatan. maka Mas Bro dan Mbak Bro ga akan mendapatkan hambatan soal ekonomi keluarga.

Perhatikan Lokasi Rumah - 10 Panduan Sebelum Melakukan Sewa Rumah Biar Ga Salah Pilih - Sumber Gambar sentananews,com

Sumber Gambar sentananews,com

2. Perhatikan Lokasi Rumah

Nah, Mas Bro dan Mbak Bro, dalam memilih rumah pun juga harus memperhatikan lokasi rumah yang disewakan. Dengan memilih tempat yang strategis, maka ga akan sulit bagi Mas Bro dan Mbak Bro jika membutuhkan apapun. Contohnya saja Alfamart, Indomaret, ATM, maupun lokasi tempat makan yang dekat dengan rumah.

Melihat Kondisi Rumah - 10 Panduan Sebelum Melakukan Sewa Rumah Biar Ga Salah Pilih - Sumber Gambar www.tanjungpinangpos.co.id

Sumber Gambar www.tanjungpinangpos.co.id

3. Melihat Kondisi Rumah

Sebelum kita menyetujui akan memilih rumah tersebut, kita perlu sekali nih melihat kondisi rumah. Atap tinggi, batasan slot ruangan yang sedikit, dan halaman rumah yang luas pun harus di perhatikan. sehingga jika Mas Bro dan Mbak Bro udah memilih, ga akan menyesal di kemudian hari.

Cukup sesuaikan dengan kebutuhan pribadi kita, pekerjaan kita, dan anak-anak.

Mengenal Orang yang Menyewakan Lebih Dalam - 10 Panduan Sebelum Melakukan Sewa Rumah Biar Ga Salah Pilih - Sumber Gambar caramembuatjatuhcinta.blogspot,com

Sumber Gambar caramembuatjatuhcinta.blogspot,com

4. Mengenal Orang yang Menyewakan Lebih Dalam

Menyewa rumah bukan berarti hanya sekedar sewa aja, bayar, dan selesai. Mengenal orang yang menyewakan lebih dalam jauh lebih baik Mas Bro dan Mbak Bro. Dengan mengenal sama yang menyewakan dengan baik. Maka, jika kita menemukan kesulitan dalam hal sewa rumah, penjual dapat membantu secara maksimal.

Perhatikan Lingkungan Rumah - 10 Panduan Sebelum Melakukan Sewa Rumah Biar Ga Salah Pilih - Sumber Gambar balidalamlensa.wordpress,com

Sumber Gambar balidalamlensa.wordpress,com

5. Perhatikan Lingkungan Rumah

Lingkungan rumah yang bersih dan asri, menjadi salah satu pilihan terbaik untuk di jadikan tempat tinggal. Dengan rumah yang memiliki system pembuangan sampah rutin, pembersihan selokan, maupun pengecekan air dan listrik secara teratur, maka Mas Bro dan Mbak Bro dapat hidup dengan nyaman.

Kebersihan dan keaman adalah dua hal wajib yang harus dijadikan batasan. Kalo ga bersih dan ga aman kita harus berani bilang ga meskipun harganya miring.

Mengenal Sosialisasi Lingkungan - 10 Panduan Sebelum Melakukan Sewa Rumah Biar Ga Salah Pilih - Sumber Gambar ardiantozone.blogspot,com

Sumber Gambar ardiantozone.blogspot,com

6. Mengenal Sosialisasi Lingkungan

Tetangga adalah kawan terdekat Mas Bro dan Mbak Bro. Dengan memiliki tetangga yang baik makan akan menambah rasa aman. Disamping hubungan sosial pasti terjalin dengan baik.

Jika Mas bro dan mbak bro dapat bersosialisasi dengan baik. Maka terkadang hal-hal kecil yang kita lewatkan akan dibantu sama tetangga. Saat ada surat masuk misalnya tapi ga ada orang dirumah. Maka dengan rela mereka akan meminta dan menyimpannya sebelum kita pulang. 

Melaporkan Jika Rumah Ada Cacat - 10 Panduan Sebelum Melakukan Sewa Rumah Biar Ga Salah Pilih - Sumber Gambar narahaki,com

Sumber Gambar narahaki,com

7. Melaporkan Jika Rumah Ada Cacat

Lakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada rumah yang dipilih. Baiknya kita periksa sendiri.

Kalo Mas Bro dan Mbak Bro menemukan cacat dari dalam rumah maupun luar rumah ketika pemeriksaan. Bisa segera dilaporkan kepada penjual rumah dan minta perbaikan.

Jadi Mas Bro dan Mbak Bro ga dikenakan biaya lebih untuk perbaikan rumah yang disewa.

Bawa Kerabat - 10 Panduan Sebelum Melakukan Sewa Rumah Biar Ga Salah Pilih - Sumber Gambar www.klikhotel,com

Sumber Gambar www.klikhotel,com

8. Bawa Kerabat

Hal kecil ini adalah panduan tersendiri yang jarang dilakukan. Mas Bro dan Mbak Bro bisa nih membawa kerabat atau saudara dekat jika ingin bayar uang sewa. Selain alasan keamanan kita sendiri juga jadi merasa lebih nyaman karena ada yang bisa diminta pendapat

Baca Juga
1. 2 Alasan Penting Menggunakan Kemampuan Untuk Kebaikan Banyak Orang
2. Cara Mendekati Seseorang yang Belum Dikenal dengan Mudah dan Cepat

Terlepas nantinya pendapat yang diberikan kerabat baik ato buruk. Tapi jelas bisa jadi pertimbangan untuk kita sebelum akhirnya jadi sewa rumah.

Ada Hitam diatas Putih - 10 Panduan Sebelum Melakukan Sewa Rumah Biar Ga Salah Pilih - Sumber Gambar fanyfebriany.wordpress,com

Sumber Gambar fanyfebriany.wordpress,com

9. Ada Hitam diatas Putih

Pastikan Mas Bro dan Mbak Bro kalo udah setuju dengan rumah yang akan disewakan. Langkah selanjutnya adalah tanda tangan hitam diatas putih.

Seringkali kita kalah sama rasa saling percaya ato tau sama tau. Sekarang unsur saling percaya dan tau sama tau udah ga cukup. Perlu ada perjanjian sewa rumah. Didalamnya harus ada rincian siapa penyewa dan yang menyewa, lokasi, fasilitas, harga, kapan mulai dan kapan selesai. Terakhir paling penting kalo ada masalah maka penyelesaiannya gimana.

Selalu ada peluang untuk terjadinya kesalahpahaman di masa datang. Maka perjanjian sewa rumah akan jadi jawabannya.

Jangan Malu Bertanya - 10 Panduan Sebelum Melakukan Sewa Rumah Biar Ga Salah Pilih - Sumber Gambar pemudafm,com

Sumber Gambar pemudafm,com

10. Jangan Malu Bertanya

Saat sewa rumah ada aja ide nakal ato rasa penasaran yang tinggi. Misal bisa ganti warna ato ga. Bisa rumah bentuk rumah ato ga. Setiap orang punya keinginan masing-masing.

Nah kalo Mas Bro dan Mbak Bro merasa ada yang ingin ditanyakan. Janga ragu buat bertanya sama penjual ato tetangga disebelah rumah. Jawaban pemilik rumah akan menutup semua kemungkinan yang ada.

Oh ya untuk mencegah fenomena pemilik rumah yang baik diawal dan jahat diakhir. Pengalaman tetangga akan sangat berguna. Sebelum sewa rumah, baiknya minta pendapat mereka dan tanya pengalaman mereka..

Jadi gimana Mas Bro dan Mbak Bro?

Sedikit ada gambaran?

Itu dia 10 panduan sebelum melakukan sewaan rumah. Rumah besar ato kecil yang akan sewa akan sama aja kalo udah sesuai sama kebutuhan kita. Buat yang tinggal dikota besar bukanlah hal sulit. Misalnya untuk sewa rumah jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, dan kota lainnya. Sekarang ga perlu ribet kunjungan langsung kerumah yang mau disewa karena ada situs yang udah menunggu kunjungan kita. Salah satunya untuk sewa rumah jakarta.

Nah, buat kita yang mau pasang iklan sewa rumah situs ini juga akan sangat membantu dengan berkunjung ke. Ga usah bingung soal promosi rumah yang akan disewakan. Serahkan sama situs dan pengelolanya. Kita tinggal terima beres aja.

Ada yang niat sewa rumah?

Jangan lupa sebarkan tulisan ini buat temen ato keluarga yang butuh ya. Kalo ada yang mau ditanya. Jangan ragu buat tinggalin jejak komentar dibawah ya.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Jakarta kota adalah yang besar
Otomatis rumahnya juga besar
Ga perlu risau akan harganya
Sewa rumah tepatpilihannya

Surabaya, Jawa Timur
15.00 WIB / Sabtu  27 Agustus 2016
Tulisan Teman Kita

Sumber tulisan :
properti.liputan6.com/read/2526558/tiga-hal-yang-harus-diperhatikan-sebelum-kontrak-rumah diakses pada pukul 14:35 WIB hari Minggu, 29 Agustus 2016

Sumber Gambar :
ardiantozone.blogspot,com diakses pada pukul 22:07 WIB hari Senin, 29 Agustus 2016
balidalamlensa.wordpress,com diakses pada pukul 22:09 WIB hari Senin, 29 Agustus 2016
caramembuatjatuhcinta.blogspot,com diakses pada pukul 22:07 WIB hari Senin, 29 Agustus 2016
fanyfebriany.wordpress,com diakses pada pukul 22:06 WIB hari Senin, 29 Agustus 2016
jateng.tribunnews,com diakses pada pukul 22:32 WIB hari Senin, 29 Agustus 2016
narahaki,com diakses pada pukul 22:26 WIB hari Senin, 29 Agustus 2016
pemudafm,com diakses pada pukul 22:27 WIB hari Senin, 29 Agustus 2016
sentananews,com diakses pada pukul 22:17 WIB hari Senin, 29 Agustus 2016
www.klikhotel,com diakses pada pukul 22:07 WIB hari Senin, 29 Agustus 2016
www.maxmanroe.com/ingin-melakukan-proses-jual-beli-rumah-pelajari-dulu-syarat-syaratnya.html diakses pada pukul 14:35 WIB hari Minggu, 28 Agustus 2016
www.tanjungpinangpos.co.id diakses pada pukul 22:07 WIB hari Senin, 29 Agustus 2016
www.merdeka,com diakses pada pukul 22:13 WIB hari Senin, 29 Agustus 2016

Tentang Kita
Twitter : kekitaan_
Line : @jat6583f
Facebook : Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Linkedin : kekitaan_
Pinterest : kekitaan_
Instagram : kekitaan_

3 tanggapan pada “10 Panduan Sebelum Melakukan Sewa Rumah Biar Ga Salah Pilih : #PanduanKita18”

  1. Ke 10 pointnya tepat banget.
    Terutama point no. 9 ‘ ada hitam diatas putih’ … perjanjian antara si empunya rumah dan pengontrak masing-masing ada point yang disetujui keduanya sebelum penandatanganan perjanjian

    1. Salam Mas Bro Himawan Sant
      Bener banget Mas Bro. Hitam diatas putih itu penting banget.
      Saling percaya itu bagus sih.
      Tapi kalo ada masalah, disitulah baru hitam diatas putih itu penting.
      Mauliate
      Terimakasih

Tinggalkan Balasan