27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama : #PanduanKita79

  • kekitaan 
27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar monitorday.com
27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar zettamedia.com

Sumber Gambar zettamedia.com

Siapa Sih Ahok Sebenernya?
Apa Aja Keunikan yang Tersembunyi Dibalik Ahok, Basuki Thahja Purnama?

Ibukota Indonesia namanya Jakarta

Paling enak pergi ke taman mini

Pemimpinnya semuanya luar biasa

Indonesia emang selalu di hati

 

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Ga perlu kenalin siapa itu Ahok, Basuki Thahja Purnama ya?

Siapa sih yang ga kenal ahok, seorang gubernur DKI Jakarta yang tenarnya sama kayak artis. Berikut 27 Keunikan pak Basuki Thahja Purnama ato yang lebih dikenal sebagai ahok

1.Lahir dan Besar di Kota Kecil Belitung Timur

Walaupun Ahok merupakan gubernur Jakarta dan memiliki KTP sebagai orang Jakarta. Ternyata Ahok sebenernya lahir dan besar di kotakecil Belitung Timur. Manggar merupakan ibukota kabupaten Belitung Timur.

Baca Juga
1. 27 Lagu yang Diciptakan Untuk Ahok
2. 27 Pemuda Indonesia yang Berhasil di Usia Muda

Manggar dikenal sebagai kota seribu satu warung kopi karna banyak yang menjual kopi di kota ini. Ahok yang bernama asli Basuki Tjahaja Purnama ini baru hijrah ke Jakarta saat menyelesaikan pendidikannya di Sekolah Menengah Pertama.

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar bp.blogspot.com

Sumber Gambar bp.blogspot.com

2.Pernah Dilarang Jadi Penggerek Bendera

Saat kecil Ahok telah merasakan pengalaman ga mengenakan loh Mas Bro dan Mbak Bro. Karna warna kulitnya Ahok waktu kecil pernah dilarang jadi penggerek bendera. Saat Ahok menceritakan kepada ayahnya, sang ayah malah menyuruhnya untuk bersabar

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar hernotes.com

Sumber Gambar hernotes.com

3.Selalu Menjadi Juara Kelas

Ga cuma berprestasi saat menjabat menjadi Gubernur Jakarta aja. Ahok dari kecil ternyata selalu juara kelas loh. Ahok sengaja memanfaatkan waktu subuh untuk belajar. Ini yang menjadi jurus ampuh Ahok agar senantiasa menjadi juara kelas.

Selain pada dasarnya beliau merupakan anak cerdas. Ketidakhadiran teknologi canggih pada zaman itu juga ikut andil membuatnya fokus belajar. Perlu di coba nih Mas Bro dan Mbak Bro yang pengen juara kelas terus.

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar okezone.com

Sumber Gambar okezone.com

4.Ahok Terinspirasi Dari Film Rhoma Irama

Ahok di masa kecinyal ternyata banyak terinspirasi dari film-film bang haji loh. Bahkan beliau pernah mengatakan bahwa beliau tidak suka berjudi dan begadang. Basuki saat kecil, mengatakan bahwa ayahnya memiliki bioskop keliling. Dan kebayakan film-film yang diputar merupakan film Rhoma Irama.

Katanya “Itu orang-orang kampung sampe ngantre nontonnya. Film Rhoma Irama sehari bisa diputar sampe tiga kali. Itu tentu bisa mempengaruhi kita, bisa jadi inspirasi.”

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar thepresidentpost.com

Sumber Gambar thepresidentpost.com

5.Penggemar Film India

Ga cuma gemar nonton filmnya bang haji aja. Ahok juga ternyata sangat menggemari film India loh. Ternyata ga cuma ibu-ibu aja yang gemar nonton film india. ” Dulu aku sempat suka nonton film India gitu. Nontonnya di bioskopyang murah-murah itu loh. ” kata Ahok. Baginya, film-film India sangat menarik untuk ditonton. ”

Jadi apa itu film India, yang tiga idiot (Three Idiot) itu kan menarik musiknya, jadi Bollywood bisa mengalahkan Hollywood kan, dangdut emang awalnya dipengaruhi dari India gitu. ” ujarnya

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar bp.blogspot.com

Sumber Gambar bp.blogspot.com

6.Ahok Ga Pernah Pacaran Dengan Istrinya

Ternyata Pak Ahok dan Bu Veronika ga pernah pacaran loh. Kok bisa sih? Jadi ceritanya Pak Ahok dan Ibu Veronika  pertama kali berkenalan pada tahun 1994. Perkenalan mereka terjadi saat sama-sama melakukan pelayanan di gereja. Dan tak selang lama setelah perkenalan itu, hubungan mereka berlanjut ke pernikahan. Lucu juga ya Mas Bro dan Mbak Bro?

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar pixmix.it.co.id

Sumber Gambar pixmix.it.co.id

7.Ahok Termasuk Orang yang Ga Romantis

Ahok ternyata termasuk orang yang ga romantis loh Mas Bro dan Mbak Bro. Walaupun ga romantis ibu Veronika ga pernah tuh merasa kurang perhatian. Meskipun beliau juga terkenal tegas, galak serta emosional. Tapi malah sifat beliau ini yang bikin bu Veronika Tan jatuh hati.

Lucu juga ya Mas Bro dan Mbak Bro? Yang namanya uda terlanjur jatuh cinta, sikap gimana pun pasangan kita. Malah bikin tambah sayang dan makin cinta. Semoga langgeng terus ya pak Ahok dan bu Veronika.

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar detik.com

Sumber Gambar detik.com

8.Sering Menghadiri Pernikahan Warganya

Siapa bilang gubernur ga bisa menghadiri pernikahan warganya? Ternyata pak Ahok sering loh mengujungi pernikahan warganya. Ga buat pencitraan ya, beliau kesana tanpa menghadirkan awak media. Kunjunga ini biasa dilakuin saat beliau sedang ga berkantor ato di akhir pekan.

Bahkan ada loh salah satu mempelai wanita. Yang memposting foto serta ucapan terima kasih kepada Ahok. Karna kesediaan beliau hadir dalam pesta pernikahannya

“Terima kasih pak Ahok uda menghadiri resepsi kami dan terima kasih buat angpaonya, sama bikin heboh pesta kami.” ujar pengantin wanita yang bernama Lea Vauziah.

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar sewarga.com

Sumber Gambar sewarga.com

9.Pak Ahok Ternyata Jago Menembak Loh

Ga cuma jago mimpin jadi gubernur, beliau juga ternyata jago menembak. Pak Ahok pernah menunjukkan kelihaiannya di depan awak media. Beliau waktu itu sedang menghadiri acara di Kopassus tanggal 17 Juni 2015. Ahok menunjukan kemampuannya dengan menggunakan pistol Elita G2 buatan PT Pindad.

Pada kesempatan pertama, beliau cuma mampu menyarangkan peluru ke 3 sasaran dari total 8 sasaran tembak. Di kesempatan kedua, beliau bisa memperbaikinya menjadi 4. Dan pada kesempatan ketiga, Ahok bisa menembakkan peluru pada 7 sasaran.

Pak Ahok juga pernah mempertunjukan kemampuannya pada tanggal 27 Oktober 2014. Saat itu beliau masih menjabat sebagai pelaksana Tugas (Plt) Gubernur. Ahok kali itu mencoba sebuah pistol baru di Markas Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Pada saat itu dia menghabiskan sekitar 20 lebih peluru bersama Panglima Kostrad Letjen TNI Mulyono. Pada kesempatam itu beliau menggunakan pistol jenis Sig Sauer p226. “Katanya tuh ada lapangan tembak dalam ruangan baru diperbaiki. Terus ada pistol baru, saya ga pernah coba. Ya uda coba ajalah.” ujar Ahok.

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar motulz.com

Sumber Gambar motulz.com

10.Ahok Sering Makan Bersama Staff

Meski terkenal galak serta sering merotasi anak buahnya. Bahkan ga segan memarahi para stafnya. Ternyata ahok sering loh bercengkerama dengan para pegawainya. Beliau ternyata sering mengajak makan bareng para stafnya. Jadi jangan nilai orang dari luarnya aja ya Mas Bro dan Mbak Bro.

Ga cuma sama para pegawai PNS ato Kepala Dinas. Ahok sering juga kok mengajak staf khususnya makan bareng dengannya. Salah satu Staf khususnya pernah berbagi cerita. Waktu itu Ahok pengen pergi meninggalkan Balai Kota DKI Jakarta.

Tapi beliau mengajak para stafnya untuk makan martabak. Dengan duduk di teras Balai Kota. Ahok memandangi langit serta keindahan Monumen Nasional (Monas) di malam hari. Para staf ga ada yang menyangka kejadian itu loh. Soalnya beliau sering mengajak makan bersama para stafnya itu setelah rapat ato saat makan siang.

“Bapak (Ahok) pernah duduk di kursi teras Balai Kota, terus makan martabak, sambil ngeliatin Monas di malam hari. Kata Bos, keren juga kalo gini. Terus para staf disuruh duduk dan makan bareng sama bapak,” tuturnya.

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar majelismujahidin.com

Sumber Gambar majelismujahidin.com

11.Ahok Ternyata Bisa Stand Up Comedy

Jika mendengar nama Ahok, kalian akan langsung mebanyangkan sosoknya yang galak. Tapi siapa sangka bahwa Ahok seringkali melakukan stand up comedy di beberapa kesempatan. Ga nyangka kan Mas Bro dan Mbak Bro?

Beliau juga pernah bilang kalo pengen menjadi komedian. Pak Ahok mengatakan hal itu saat stand up comedy pada acara delegasi parlemen Uni Eropa, 18 Maret 2015.

Ga cuma pas itu aja, Ahok pernah mengatakannya saat beliau tengah mempersiapkan diri menjadi seorang komedian. Saat tengah bergulirnya isu hak angket yang dilakukan DPRD DKI Jakarta. Bahkan pada suatu kesempatan, Ahok sempat berani menggoda mantan rekannya dulu. Yaitu  Presiden RI, Joko Widodo tentang masalah blusukan dan warna kulit. Pada saat itu banyak kabinet kerja Jokowi yang turut menyaksikannya.

“Pak Jokowi jadi gubernur blusukan gampang, kalo saya sih pikir-pikir. Pak Jokowi enak kulitnya uda item, saya kan masih putih,” canda Ahok, yang disambut dengan gelak tawa penonton.

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar poskotanews.com

Sumber Gambar poskotanews.com

12.Partai Pertama Ahok PIB

Ayo tebak Mas Bro dan Mbak Bro, Apa partai pertama yang dipilih Ahok saat memulai karir politiknya?

Pada bingung ya?

Ternyata partai pertama Ahok memulai karir politiknya adalah Partai Perhimpunan Indonesia Baru (Partai PIB). Beliau bergabung pada tahun 2004 sebagai ketua DPC Partai PIB Kabupaten Belitung Timur loh. Kemudian dia mencalonkan diri jadi anggota legislatif. Bahkan terpilih jadi anggota DPRD Kabupaten Belitung Timur tahun 2004-2009. Partai PIB sendiri merupakan partai yang didirikan oleh Alm. Sjahrir loh.

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar static6.com

Sumber Gambar static6.com

13.Ahok Suka Tupai Goreng

Mungkin Mas Bro dan Mbak Bro baru tau kalo ada makanan tupai goreng?

Ternyata Basuki Tjahaja Purnama ato pak Ahok gemar makan makanan ini loh. Tupai merupakan binatang pengerat berekor lebat yang bisa dijumpai di pohon-pohno. Katanya nih,daging tupai ato bajing terus diburu masyarakat loh.

Buat apa sih? Ternyata banyak yang meyakini dan percaya daging binatang hewan ini bisa nyembuhin berbagai penyakit. Kayak sakit gula, ginjal, serta kanker loh. Selain itu daging bajing punya efek samping yang lain yaitu menetralisir gula darah. Mungkin Mas Bro sama Mbak Bro bisa nyoba nih khasiatnya.

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar i.ytimg.com

Sumber Gambar i.ytimg.com

14.Ahok Suka Durian Dan Pisang

Siapa sih yang ga seneng makan pisang? Apalagi makan durian? Mas Bro dan Mbak Bro juga pasti doyan banget kan sama makanan ini. Ternyata pak Ahok juga salah satu penggemar kedua buah ini loh. Bahkan katanya selalu ada pisang di meja kerjanya. Bahkan beliau bisa menghabiskan satu buah durian saat makan.

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar cdn.tmpo.co

Sumber Gambar cdn.tmpo.co

15.Ahok Memelihara Burung dan Tanaman Anggrek di Ruang Kerja

Mas Bro dan Mbak Bro pasti sering kan ngeliat bapak-bapak pada melihara burung? Ternyata pak Ahok juga sama kayak bapak-bapak pada umumnya. Bahkan katanya nih, beliau melihara burung sama tanaman anggrek di ruang kerjanya loh. Gubernur DKI Jakarta yang satu ini cukup unik ya Mas Bro dan Mbak Bro.

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar vebma.com

Sumber Gambar vebma.com

16.Ahok Suka Makan Mie dan Olahan Makanan Laut

Siapa sih yang ga seneng makan mie sama seafood.

Mas Bro dan Mbak Bro juga pasti seneng kan?

Ternyata nih, Pak Ahok juga gemar loh makan mie sama seafood. Tapi tetep, katanya beliau paling seneng sama masakan ibunya. Emang masakan ibu ga ada tandingannya deh, selalu dihati anak-anaknya.

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar tmpo.com

Sumber Gambar tmpo.com

17.Ahok Dianggap Lebih Seram Dari Hantu The Conjuring

Mas Bro dan Mbak Bro pasti uda pernah kan nonton film hantu the conjuring?

Tau ga, katanya nih Pak Ahok lebih seram dari hantu the conjuring loh. Apalagi mengingat cara-cara yang ga biasa, cara-cara yang berani, sedikit menentang arus sering dilakukan Pak Ahok.

Ga heran sih kalo beliau di bilang lebih serem dari hantu the conjuring. Apalagi ngeliat masalah Jakarta,  bagi sebagian orang cara-cara itu patut mendapat dukungan dari banyak pihak. Apalagi yang pengen Jakarta lebih baik dari yang sebelumnya.

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar gstatic.com

Sumber Gambar gstatic.com

18.Ahok Takut Naik Kuda

Saat Jakarta Karnaval yang digelar untuk memperingati HUT ke 486 berlangsung meriah. Acara makin riuh saat Joko Widodo diarak menaiki kuda besar berwarna coklat tua. Semua orang langsung mengabadikan Jokowi dalam ponsel kamera mereka masinng-masing. Yang lucu, sampai kuda yang membawa Jokowi mulai berjalan, Pak Ahok ga muncul-muncul.

Ternyata beliau masih asyik duduk di kursi dekat panggung. Begitu ditanya kenapa ga ikut menunggang kuda, Ahok bilang takut. Ga, saya di sini saja (di Balai Kota), ga berani, kata Ahok pada panitia. Saat menawarinya naik kuda usai membuka acara Jakarnaval 2013.

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar kompasiana.com

Sumber Gambar kompasiana.com

19.Ahok Berencana Modifikasi Monas

Basuki Thajaja Purnama berencana akan ‘memodifikasi’ Monas dengan fasilitas canggih loh. Bahkan berencana menyelenggarakan pesta warga ibu kota yang diadakan rutin. Ahok mengatakan Monas merupakan tempat ideal merayakan kemegahan kota ini bagi warga.

Beliau pengen melengkapi bangunan ini dengan fasilitas yang lebih lagi. Jadi ga heran kalo tugu yang dibangun pada zaman Presiden pertama Indonesia. Bisa menjadi magnet yang mengundang masyarakat dan wisatawan berkunjung kesana. Jadi penasaran ya Mas Bro dan Mbak Bro?

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar monitorday.com

Sumber Gambar monitorday.com

20.Ahok Menerima Banyak Penghargaan

Ga cuma keliatan galak, ternyata pak Ahok banyak loh mendapatkan penghargaan. Basuki memperoleh penghargaan sebagai Tokoh Anti Korupsi dari unsur penyelenggara negara. Penghargaan ini diberikan pada tanggal 1 Februari 2007. Mereka menilai beliau berhasil menekan angka korupsi pejabat pemerintah daerah. Berkat program beliau yang mengalihkan tunjangan bagi pejabat pemerintah buat kepentingan rakyat. Yaitu buat penyelenggaraan pelayanan kesehatan serta pendidikan gratis bagi masyarakat Belitung Timur.

Pak Ahok juga kembali mendapat penghargaan anti korupsi dari Bung Hatta Anti Corruption Award. Yang ditberikan kepadanya pada tanggal 16 Oktober 2013. Beliau dapat penghargaan ini karna usahanya membuka laporan mata anggaran DKI Jakarta buat dikaji ulang. Keren kan Mas Bro dan Mbak Bro?

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar stackpathdns.com

Sumber Gambar stackpathdns.com

21.Ahok Ga Pernah Ikut Pramuka

Siapa sih yang ga kenal sama kegiatan pramuka. Kegiatan yang identik sama sandi morse dan acara kemah. Mas Bro sama Mbak Bro pasti pernah ikut kan? Bahkan mungkin banyak yang seneng banget pas ikut acara ini. Tapi ternyata pak Ahok ga pernah loh ikut pramuka. Kok bisa sih? Soalanya mamanya pak ahok takut kalo anaknya menjadi bahan bercandaan teman-temannya.

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar jakpost.net

Sumber Gambar jakpost.net

22.Ahok Diam-Diam Pindah Jurusan

Ahok ternyata sempat merasakan berkuliah di Fakultas Kedokteran UKI. Tapi beliau merasa ga cocok. Dan memutuskan untuk pindah jurusan ke Geologi Trisakti. Saat itu, sang Ayah  merasa kecewa atas keputusan ahok. Tapi langsung ahok membela diri “kalo saya jadi dokter nanti pasien akan cepat meninggal  karna dokternya koboi”.

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar tmpo.com

Sumber Gambar tmpo.com

23.Ahok Harus Makan Tepat Waktu

Katanya sih Ahok kalo lagi lapar bakalan jadi emosian. Jadi Mas Bro dan Mbak Bro yang pengen ketemu beliau.  Pastiin dulu deh pak ahok udah makan siang apa belum. Daripada kena semprot beliau.  Makanan kesukaan Ahok antara lain kepiting asam manis, ikan pindang, kacang bali, duren sama pisang loh. Tapi tetep, pak Ahok paling suka sama masakan ibunya.

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar kompas.com

Sumber Gambar kompas.com

24.Lagu Penyanyi Ini Bisa Meredam Amarah Ahok

Ga ada yang menyangka nih kalo obat amarah ahok ternyata lagunya Raisa.

Mas Bro dan Mbak Bro pasti sering denger lagunya yang Terjebak Dalam Nostalgia kan

 Ternyata kalo ahok lagi marah-marah. Cukup disetelin aja lagu ini Mas Bro dan Mbak Bro. Ntar seketika ahok bakalan reda kok marahnya kalo uda denger lagu ini. Siapa yang mau nyoba?

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar bp.blogspot.com

Sumber Gambar bp.blogspot.com

25.Ahok Pernah Menulis Buku Biografi

Ternyata pak Ahok juga pernah loh nulis buku biografi. Pasti Mas Bro dan Mbak Bro baru tau kan?

Pak Ahok pada tahun 2008 menulis buku biografi berjudul “Merubah Indonesia”. Buku ini menceritakan kisah hidupnya dan perjuangannya ketika pertama kali memasuki dunia politik. Penasaran sama isinya?

Buruan Baca Mas Bro dan Mbak Bro kalo penasaran.

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar kompasiana.com

Sumber Gambar kompasiana.com

26.Ahok Termasuk 10 Tokoh yang Mengubah Indonesia Versi Tempo

Pada tahun 2006, Majalah TEMPO menobatkan Ahok sebagai salah satu dari 10 tokoh yang mengubah Indonesia. Di tahun 2007 beliau juga kembali dinobatkan sebagai Tokoh Anti Korupsi. Penghargaan ini didapat dari penyelenggara negara oleh Gerakan Tiga Pilar Kemitraan yang terdiri dari KADIN.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, serta Masyarakat Transparansi Indonesia. Kalo melihat sepak terjangnya, banyak yang mengatakan berpolitik ala Ahok merupakan politik atas dasar nilai pelayanan, ketulusan, kejujuran, serta pengorbanan. Jadi ga ada tuh yang namanya politik instan ato politik yang sarat pencitraan.

27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama - Sumber Gambar smeaker.com

Sumber Gambar smeaker.com

27.Memulai Karir Politik Sebagai Anggota DPRD Belitung Timur

Ahok memulai karir politiknya sebagai Anggota DPRD bidang Komisi Anggaran, 2005 – 2006. Walaupun mendapat tentangan dari keluarganya. Tapi Ahok tetap maju dengan uang pas-pasan. Dan Beliau membuktikan bahwa dia bisa terpilih. Kinerja ahok yang langsung terjun ke lapangan, membuat banyak warga memintanya untuk masuk menjadi anggota DPR. Mulai dari sinilah kiprah ahok di dunia politik mulai berkembang.

Baca Juga
1. 
27 Pahlawan Sosial Indonesia yang Patut Untuk Ditiru
2. 27 Pemuda Indonesia yang Paling Berpengaruh di Media Sosial

Itulah 27 Kenyataan Unik Tentang Ahok Basuki Thahja Purnama. Walaupun memulai karir dengan susah payah, beliau bisa menunjukan ketulusannya membangun negeri. Pak ahok merupakan sosok yang patut dijadikan panutan bagi generasi muda. Dibalik sikapnya yang galak ternyata beliau menyimpan keunikan kan Mas Bro dan Mbak Bro.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Tembalang, Semarang
Rabu 11:21 WIB, 01 Februari 2017
Tulisan Temen Kita – E

Sumber Tulisan
Bengkulutime. 2016. 7 Keunikan Gubernur DKI Jakarta Basuki. bengkulutime.com/2016/06/7-keunikan-gubernur-dki-jakarta-basuki.html diakses pukul 16.03 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
Beritafakta. 2016. 15 Fakta Unik Ahok Basuki Tjahja Purnama Gubernur DKI Jakarta. beritafaktaterbaru.blogspot.co.id/2016/06/15-fakta-unik-ahok-basuki-tjahja-purnama-gubernur-dki-jakarta.html diakses pukul 16.34 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
Kompasiana. Beberapa Fakta Menarik Tentang Ahok. kompasiana.com/katabijak/beberapa-fakta-menarik-tentang-ahok_552c6f006ea834881d8b4583 diakses pukul 16.55 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017

Sumber Gambar

bp.blogspot.com diakses pukul 19.34 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
cdn.tmpo.co diakses pukul 19.44 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017 diakses pukul 16.34 WIB, pada hari Sabtu 28 Januari 2017
detik.com diakses pukul 20.32 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
gstatic.com diakses pukul 20.13 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
hernotes.com diakses pukul 20.46 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
i.ytimg.com diakses pukul 20.55 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
jakpost.net diakses pukul 21.13 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
kompas.com diakses pukul 21.16 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
kompasiana.com diakses pukul 21.22 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
majelismujahidin.com diakses pukul 19.48 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
monitorday.com diakses pukul 19.10 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
motulz.com diakses pukul 19.54 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
okezone.com diakses pukul 22.12 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
pixmix.it.co.id diakses pukul 22.23 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
poskotanews.com diakses pukul 19.37 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
sewarga.com diakses pukul 19.59 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
smeaker.com diakses pukul 22.43 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
stackpathdns.com diakses pukul 22.55 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
static6.com diakses pukul 23.00 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
thepresidentpost.com diakses pukul 22.44 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
tmpo.com diakses pukul 23.04 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
vebma.com diakses pukul23.16 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017
zettamedia.com diakses pukul 23.19 WIB, pada hari Senin 30 Januari 2017

Tinggalkan Balasan