Kata Bijak : Cinta Butuh Diuji? : #BelajarHidup

Kata Bijak - Cinta Butuh Diuji #BelajarHidup

karya heather mount

Kenapa Cinta harus Butuh Diuji?
Apa Syarat Cinta yang Murni dan Kuat?

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Lagi jatuh cinta?

Udah punya pasangan ato belum?

Seberapa kuat cinta diantara kalian?

Nah, untuk obrolan kali ini soal cinta butuh diuji. Udah seringlah denger kata-kata bijak, “Semakin tinggi pohonnya semakin kencang juga angin yang menerpa” ya. Waktu dan keadaan menguji cinta kita sama pasangan. Entah kita menyadarinya ato ga. Jauh, sebelum hubungan udah terjalin baiknya kita saling menguji sebelum melangkah untuk bercinta. Apalagi sebelum pernikahan sangat perlu diuji.

Mas Bro dan Mbak Bro termasuk tim yang mana?

Setuju cinta butuh diuji ato ga?

Kalo kita ketik di internet banyak tuh referensi kata bijak cinta, kata-kata mutiara cinta sejati, kata motivasi cinta, kata-kata cinta bijak, kata-kata puitis cinta, dan kata indah cinta yang bisa kita dapatin. Huhhhh banyak ya.

Bahkan kita juga bisa buat caption cinta yang keren dan dapat like + komentar. Apa itu cukup untuk uji cinta kita?

Baca Juga : Usaha Untuk Mimpi : Bisa Melawan Orangtua Tapi dengan Karya

Kata Bijak - Cinta Butuh Diuji #BelajarHidup

karya phuoc le

Kenapa Cinta harus Butuh Diuji?

Proses jatuh cinta memang selalu seru ya. Mulai dari pacaran sampe menikah. Seru untuk dialami dan seru juga untuk dibahas. Seru usaha untuk mendapatkannya apalagi buat mempertahankannya. Ga semudah kayak cerita di sinetron.

Kalo kita ibaratkan cinta adalah sebuah produk. Cinta juga perlu melewati yang namanya Quality Control. Ada standar yang harus terpenuhi sebelum sampe ke konsumen. Baiknya sih jangan sampe ada pelanggan yang kecewa. Bahkan kalopun terlanjur ada yang kecewa sama produk cinta kita. Kita tinggal retur aja. Kalo pelanggan lama mau pake produk kita lagi. Ya kita bisa yang namanya CLBK (cinta lama belum kelar). Kalo ga mau, ya tinggal cari pelanggan baru.

Makna cinta dalam produk diatas “berharga” ya. Jadi jangan diangggap bener-bener jadi sebuah jualan.

Tapi dari contoh diatas, kita bisa liat seberapa butuhnya cinta untuk diuji. Kita bisa liat seberapa besar usaha yang harus kita buat. Usahanya harus lebih dari cerita sinetron dan ftv.

Nah, enaknya cinta adalah dia diperbaharui terus-menerus. Kita harus usaha untuk memperbaharui. Usahanya lebih dari usaha di sinetron ya. Mulai dari sebelum menjalin hubungan bahkan sepanjang jalinan hubungan cinta itu.

Uji kelayakan yang kita bahas disini bukan paksaan tapi kebutuhan ya. Karna maknanya akan berbeda. Orang butuh makan bukan karna dipaksa makan. Begitu juga dengan cinta. Makan itu tujuannya bukan sekadar untuk kenyang. Kenyang itu adalah salah satu dampaknya. Jangan salah fokusnya. Kenyang cuma manfaat kecil yang akan kita dapatin dari makan. Makanlah tujuannya agar tubuh kita sehat. Kesehatan kita dapatkan dari nutrisi yang cukup dari makanan.

Cara dapatin makanan, proses memasaknya, dan sampe cara makan itu harus baik dan bener. Jadi kalo setelah makan kita malah sakit. Berarti ada yang salah sama prosesnya. Kita ga harus ganti makanannya tapi cari bagian mana yang salah. Jadi waktu kita makan rendang lalu sakit. Bukan berarti semua rendang salah. Tapi khusus pada waktu kita makan rendang yang itu. Ada hal yang salah. Entah itu dari cara dapatin makanan, proses memasaknya, dan sampe cara makan.

Jadi cinta bukan sekadar untuk bisa gandengan, ciuman, pelukan, dan bahkan berhubungan seksual. Itu bukan tujuan utamanya. Itu cuma dampak dan manfaat kecilnya bercinta. Salah satu tujuan cinta adalah untuk saling membangun karakter masing-masing. Sampe akhirnya dari pacaran karna karakternya udah kuat siap masuk ke pernikahan. Kuat hadapi gosip soal pasangan. Oh catatan nih ya jangan menikah karna sekadar cukup secara ekonomi ya.

Sama seperti makan tadi, cinta juga harus didapatin dengan cara, proses, dan cara menikmati yang baik dan bener. Supaya pada akhirnya membuat tubuh, jiwa dan juga rohani kita sehat. Jadi ketika dengan seseorang kita sakit secara tubuh, jiwa, dan rohani. Belum tentu sepenuhnya salah di pasangan. Belum tentu juga ganti pasangan adalah jawabannya. Ini catatan penting khususnya untuk yang udah pacaran lama dan udah berkeluarga. Coba teliti dalam-dalam apakah semuanya udah baik dan bener?

Jadi kalo manfaat yang didapatin juga udah ga sehat. Berarti ada yang salah sama proses cinta nya dari awal. Jadi bukan pasangannya yang diganti tapi cari tau bagian mana yang salah. Baru berjuanglah sama-sama dengan pasangan untuk benerin bagian yang salah itu.

Sayang dari beberapa mahasiswa dan anggota keluarga yang kita tanyain. Saat ini banyak orang cinta hanya agar bisa dapatin dampaknya aja. Cinta hanya agar bisa pacaran, menikah, dan ada kontak fisik. Kenyataan ini semakin nguatin kalo kita salah kaprah, salah fokus, dan salah tujuan.

Itu lah kenapa cinta butuh diuji. Itu kenapa perlu usaha untuk cinta.

Jadi sebanyak apapun kata bijak cinta, kata motivasi cinta, kata-kata mutiara cinta sejati, kata-kata puitis cinta, kata indah cinta, dan kata-kata cinta bijak yang kita tau ga guna tuh.

Setiap proses berhubungan dengan orang lain perlu untuk terus diuji apakah ada unsur cinta didalamnya. Ga cuma sebelum hubungan terjalin. Saat sedang proses menjalin hubungan juga. Apalagi sebelum nikah ya. Karna ini langkah penting.

Kita harus punya standar yang kuat dan jelas. Jangan asal apalagi ikut-ikutan. Jangan ada foto dan gosip soal pasangan langsung goyah.

Jangan cuma sekadar baik doang. Mbak-Mbak dan Mas-Mas indomaret juga baik. Suka senyum kalo kita apelin, ucapin selamat pagi, nawarin pulsa, eh tapi baik juga sih. Suka maksa kalo nawarin.

Syarat klise kayak gitu udah ga zamannya lagi. Udah ga relevan. Sama kayak sinetron di tipi yang udah ga zaman. Tapi masih maksa ajaUdah ga relevan sama anak muda zaman sekarang.

Baca Juga : SALAH BESAR : Jangan Terlalu Berharap Nanti Malah Kecewa

Kata Bijak - Cinta Butuh Diuji #BelajarHidup

karya drew coffman

Apa Syarat Cinta yang Murni dan Kuat?

Saat jatuh cinta sama yang berbeda kita suka goyah tuh. Tenang-tenang masalah besarnya bukan ada disitu kok. Fokus aja dulu ke cinta yang murni dan kuat.

Kalo kita ngomongin syarat cinta yang murni dan kuat. Pikiran dan hati kita biasanya masuk ke arah agama. INI PENTING.

Kenapa sebuah pernikahan bisa gagal?

Kenapa orang menikah bisa cerai?

Kan kita suka liat tuh foto di acara gosip di tipi. Selebritis begitu mudah menikah dan cerai. Pernikahan semudah itu terjadi dan selesai. Diera media sosial sekarang kita bisa liat caption cinta dan foto-foto pernikahan mereka bertebaran di media sosial.

Eh, akhirnya saat muncul lagi berita gosip selebritis menikah. Ada foto dan caption cinta mereka juga di media sosial. Ada selebritis lain yang berita soal perceraian.

Ya sederhana aja jawabannya. Karna cintanya ga kuat dan murni lagi.

Jadi itu kenapa cinta itu perlu diuji terus. Meskipun kita udah merasa kuat kita harus terus belajar untuk naik level.

Entah apapun syarat cinta menurut Mas Bro dan Mbak Bro. Tapi satu-satunya syarat cinta yang kuat dan murni adalah jujur. Kita harus terbuka atas apapun. Bukan cuma terbuka sama hal baik tapi juga hal buruk. Dalam menjalin komunikasi semua harus berdasarkan kejujuran. Saat jujur bukan garansi ada masalah. Tetep ada aja kemungkinan itu. Tapi saat semua jelas bukannya lebih mudah selesaiin masalahnya?

Apalagi kejujuran pada hal buruk nih. Ini penting banget untuk dilakuinKarna masaujiannya cinta bukan saat senang aja. Ujiannya justru yang terpenting saat ada masalah.

Kenapa ujian sejak dari SD, SMP, SMA, bahkan kuliah selalu ga menyenangkan?

Kenapa ujian itu selalu berat dan menegangkan?

Ujian membuat kita teruji.Saat ujian kekuatan, daya tahan, dan kemampuan kita diuji apakah udah sesuai standar ato belum. Kalo ada ujian yang main-main, tenang, dan menyenangkan saat dijalani. Itu bukan ujian namanya. Kalo ada yang seperti itu cuma ada 2 penyebabnya. Pertama, kita udah tau jawabannya. Kedua ujian itu ga terlalu penting

Saat kitanya memang udah persiapan menghadapi ujian. Kita harus tetep waspada dengan menanggapi ujiannya dengan serius. Hal ini berlaku sama untuk urusan cinta.

Jadi sejauh ini sebanyak apapun kata bijak cinta, kata motivasi cinta, kata-kata mutiara cinta sejati, kata-kata puitis cinta, kata indah cinta, dan kata-kata cinta bijak yang kita tau ga guna kan?

Apa aja masalah cinta Mas Bro dan Mbak Bro?

a.Jatuh cinta tapi ga brani ngomong? Kau ga layak dapatin dia. Orang kuat ya berani lah.
b.Jarak jauh? hajar aja;
c.Berat saingannya? gasss trus.
d.Dianya biasa ajaudah tanya orangnya belum. ASUMSI MEMBUNUHMU.

Oh iya, buat yang merasa minder karna tampang kurang dan dompet tipis. Kita salah fokus tuh.

Karna cinta bukan diuji sama tingkat kegantengan, tinggi badan, banyaknya harta, dan apa jabatannya. Meski itu satu bagian yang ga bisa disepelein ya. Apapun tantangannya, pemenang cuma didapatin sama yang kuat bertahan. Pemenang adalah siapa yang bertahan sampe akhir.

ITU AJA.

Karna cinta kuat seperti maut. Kenapa selalu maut yang menang?

Ya karna maut yang bertahan diakhirnya. Ga ada yang bisa kalahin.

#

Karna cinta kuat seperti maut.
Jadi jangan main-main.

#

Seneng bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Mauliate.

Rumah Syahdan, Kemanggisan
20180811 0622WIB Sabtu

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis

Sumber Gambar
unsplash.com dibuka pukul 06:27 WIB pada Hari Sabtu tanggal 11 Agustus 2018

8 Responses to “Kata Bijak : Cinta Butuh Diuji? : #BelajarHidup

  • Bagussss bg .. aku bisa memahami sama isi Tulisan nya … Aku suka di bagian terakhir2

    • Salam Mbak Bro Dewi
      Wah, terimakasih Mbak Bro.
      Bagian akhir yang mana tuh?
      Mauliate
      terimakasih

  • luar biasa skali !! jangan lupa budayakan membaca sebelum berkomentar

    • Salam Mas Bro
      Hahaha, bener-bener.
      Udah budayain gitu juga ga Mas Bro?
      Mauliate
      Terimakasih

  • manusia fana
    1 bulan ago

    menggapaimu mungkin terlalu jauh, tapi bolehkah sekedar ku titipkan namamu kepada Tuhan di doaku?

    • Salam Mas Bro / Mbak Bro Manusia Fana
      Wow, kalimat buat siapa tuh Mas Bro / Mbak Bro?
      Mauliate
      Terimakasih

  • udah tanya orangnya belum? ASUMSI MEMBUNUHMUi
    jleb
    wkwkwkwk
    ini gw sampai detik ini berasumsi dia gak interest sama gw.
    jadi gw mesti nanya gt

    • Salam Mbak Bro Inez
      Hahahaha
      Kayaknya ada pengalaman nih?
      Mauliate
      Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *