Udah Coba Makanan Minuman Enak Ini?? 27++ Makanan Khas dan Minuman Tradisional Aceh yang Terkenal

Makanan Minuman Enak Makanan Khas Minuman Tradisional Aceh

Udah pernah coba ini?

Udah makan enak hari ini?

Makan apa coba?

Kita kali ini bakal ngobrol soal 27++ makanan khas aceh yang terkenal. Udah pernah main kesana?

Kalo udah …

Udah pernah coba makanan enak ini??

Sumber Gambar Hamba Allah

1. Mie Aceh

Kalo ada yang nanya …

Apa sih nama makanan tradisional Aceh?

Ya Mie Aceh dong.

Makanan khas Aceh yang 1 ini kalo disejajarin sama warteg. Yah termasuk ada dimana-mana lah. Buat kalian yang tinggal di Jakarta. Di foodcourt Monas ada Mie Aceh yang enak tuh.

Makanan Makanan Khas NAD ini bisa dinikmati kering dengan digoreng ato pun berkuah.

#MasBro / #MbakBro tim kering ato kuah?

Mie aceh paling kalo pedes sih. Kalo mau berskperimen tambahin aja potongan daging, suiran ayam, ato dibuat kalo seafood juga enak kok.

Sumber Gambar Hamba Allah


2.Rujak Aceh

Rujak aceh sebagai makanan khas tradisional aceh ini memiliki ciri khas rasa yang sangat berbeda dengan jenis rujak lainnya. Rasa yang berbeda ini diperoleh dari buah-buahan yang dipakai dalam sajian kuliner rujak aceh. Rujak aceh berisi buah rumbia aceh yang disiram dengan saus rujak ini sangat nikmat disajiin dalam keadaan dingin ataupun ditambah dengan es serut. Cuaca yang terik di siang hari adalah suasana yang paling cocok untuk menyantap rujak buah ini.

kue adee Udah Coba Makanan Minuman Enak Ini?? 27++ Makanan Khas dan Minuman Tradisional Aceh yang Terkenal

Sumber Gambar @benubuloe

3. Kue Adee ato Bingkang

Kue adee atau kue bingkang manis ini asalnya dari kabupaten Pidie Jaya, Pidie Jaya adalah salah satu wilayah hasil pemekaran baru di aceh. Tekstur kue adee ini lembut, legit, dan manis. Sepintas kue ini memang mirip dengan bingkang. Kue adee menjadi hidangan istimewa untuk tamu yang disajiin bersama dengan kopi atau teh.

Sumber Gambar @culinarypurple

4. Kue Timphan

Selanjutnya, yuk kita simak resep makanan khas aceh yang bernama kue timphan. Banyak sekali fariasi cara membuat kue  timphan, salah satu caranya adalah dengan mencampur ketan atau kelapa muda, srikaya, pisang baranang, dan tepung ketan menjadi suatu adonan. Setelah itu dibentuk dan dibungkus gunain daun pisang gampang sebelum dikukus. Jangan lupa tambahin isian berupa ketan atau srikaya sebelum dikukus ya agar rasanya tambah enak.

Sumber Gambar @bunda.anshar

5. Martabak Aceh

Cita rasa martabak aceh satu ini tentunya sangat berbeda dengan martabak yang sering kita temui. Berbahan dasar roti cane sebagai kulitnya ditambah taburan bawang merah, cabai hijau, dan disajiin dengan kuah sambal, marbatak aceh ini cocok dinikmati dengan secangkir kopi di sore hari.

Sumber Gambar @normahsabran

6. Gulai Kambing

Makanan khas banda aceh selanjutnya adalah gulai kambing. Gulai kambing khas aceh ini selalu dihidangin dalam keadaan panas. Dagingnya empuk dan ga berbau ditambah dengan bumbu khas aceh cukup membuat lidah bergoyang. Jangan lupa bubuhin perasan jeruk nipis saat menyantap gulai kambing ini agar ada sedikit kesegaran saat menyantapnya.

Sumber Gambar @patriaprima

 

7. Ayam Tangkap

Makanan khas aceh ayam tangkap bahan bahannya terbuat dari ayam goreng dicampur dengan cabe hijau dan daun teumuru. Rasanya memang ga jauh beda seperti kebanyakan ayam goreng, tapi campuran daun teumurunya ada sensasi tersendiri. Olahan daging ayam dalam masakan ini disajiin dengan cara dipotong kecil-kecil dan disembunyiin dibawah tumpukan daun teumuru dan cabai hijau serta taburan bawang goreng, maka dari itu waktu makan kuliner yang satu ini, kita akan merasakan sensasi seperti sedang nangkap ayam yang sedang bersembunyi.

Sumber Gambar @zumara_juni

8. Ungkot Kemamah

Ungkot kemamah merupakan makanan khas suku aceh yang terbuat dari ikan tuna rebus kemudian dikeringin dan diiris kecil-kecil. Ungkot kemamah biasa juga dimasak pake campuran santan, kentang, cabai hijau, serta bumbu rempah lainnya. Masakan yang satu ini terkenal sejak perang aceh melawan belanda karna proses pembuatannya yang gampang.

Sumber Gambar @muhajir_azhari


9. Kuah Masam Keu-eung

Masam keu-eung mempunyai arti masam pedas. Kuliner ini banyak ditemuin ga hanya di wilayah aceh aja, namun juga hampir di seluruh Indonesia dengan nama yang bermacam-macam. Seperti namanya, cita rasa dari masakan khas aceh ini merupakan campuran dari rasa asam dan pedas. Kuah masam keu-eung bisa bikin semua orang yang baru pertama kali nyobain masakan ini jadi ketagihan.

Sumber Gambar @hallym_adie

10. Manisan Pala

Makanan khas aceh selatan ini bernama manisan pala bahannya terbuat dari buah pala. Manisan pala banyak sekali di produksi secara industri rumahan oleh masyarakat Kabupaten Aceh Selatan. Pala merupakan komoditi terbesar yang dihasilin dari kabupaten aceh selatan. Kalo ga heran jika kamu sedang berkunjung ke aceh selatan, kamu akan menemukan beragam jenis olahan dari buah pala.

Sumber Gambar @chocoeshanshopjkt

11. Pisang Sale

Kalau berkunjung ke daerah Aceh Timur pasti akan mudah menemukan makanan khas pisang sale ini. Bahkan sentra penghasil pisang sale terbesar se-aceh adalah aceh timur tepatnya di dapuk. Makanan tradisional ini mempunyai rasa dan aroma yang sangat khas. Dibuat dari pisang matang yang dikupas kulitnya, kemudian dijemur sampe kering untuk kemudian diasapi agar tahan lama. Lalu olahan pisang itu diolesi dengan gula tebu baru siap di santap.

Sumber Gambar @dapudewi

12. Kuah Sie Itek

Makanan khas nanggroe aceh darussalam selanjutnya berasal dari Bireun, yaitu kuah sie itek atau jika diartiin dalam bahasa Indonesia menjadi masakan dari itik atau bebek. Masakan ini berbeda dari segala jenis olahan daging itik atau bebek, karna resepnya khusus warisan leluhur dari aceh. Hampir di setiap restoran yang ada di aceh nyajiin sajian kuliner kuah sie itek ini.

Sumber Gambar @acehpungo


13. Kuah Pliek U

Makanan khas dari Aceh Barat ini merupakan salah satu makanan khas Aceh yang cukup populer, namanya adalah Kuah Pliek U. Kamu bisa dibilang belum berkunjung ke aceh jika belum menyantap kuah pliek u yang disajiin oleh hampir setiap rumah makan yang ada di aceh. Kuah pliek u lambangin eratnya kekerabatan dan keragaman masyarakat aceh yang dipersatuin dalam satu kuali, sehingga hasilin cita rasa unik. Makanan jenis ini berisi sayuran yang tumbuh di Aceh.

Sumber gambar @keukarah_bhoi

14. Kue Bhoi

Makanan khas aceh besar ini udah dikenal seantero aceh. Bentuk dari kue bhoi juga cukup berfariasi, ada yang bentuknya ikan, bintang, bahkan bunga. Harga dari kue bhoi ini cukup murah, yaitu 5000 sampe 10000 per kemasan. Meskipun ada juga yang menjual kue bhoi dengan ngebandrol harga hingga ratusan ribu. Kue bhoi biasa dijadiin bingkisan untuk seserahan yang dibawa oleh calon pengantin pria pada upacara pernikahan. Jika kamu ingin menikmati kue ini, datang aja ke pasar-pasar tradisional.

Sumber Gambar @hala0814

15. Bohromrom

Bohromrom atau dikenal juga dengan kue boh duek beudeh, cocok dijadiin oleh oleh makanan khas aceh. Kue yang terbuat dari tepung ketan dibalut parutan kelapa ini terbilang gampang dalam proses pembuatannya. Sekilas tampilannya mirip dengan kue klepon yang ada di Jawa hanya aja kue ini ga berwarna hijau, melainkan agak kecoklatan. Rasakan sensasi gula jawa yang meleleh di mulut waktu kamu menggigit kue bohromrom ini.

by Instagram @pu3lubis

16. Kembang Loyang

Makanan khas aceh tamiang yang terbuat dari tepung roti yang di campur dengan gula dan telur serta sari pati santan. Campuran adonan tersebut lalu di aduk hingga rata dan dicetak dalam cetakan kembang loyang untuk digoreng. Kembang loyang bisa kamu jumpai pada acara hajatan dan hari besar keagamaan, seperti hari raya idul fitri.

Sumber Gambar Hamba Allah

17. Lepat

Makanan yang satu ini terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan gula merah kalis, dibungkus dengan daun pisang dimana bagian tengahnya diberi taburan kelapa parut gongseng atau dikenal dengan inti kemudian dikukus. Lepat banyak disajiin saat perayaan hari-hari besar masyarakat Gayo. Makanan ini bisa bertahan sampe dua minggu jika diasapi.

Sumber Gambar @tjoetcha

18. Meuseukat

Makanan tradisional aceh yang satu ini merupakan salah satu kue khas dari aceh darussalam. Dapat juga disamain dengan dodol khas aceh. Meuseukat berbahan dasar tepung terigu dan buah nanas. Meuseukat sangat jarang ditemukan di jaman sekarang, bahkan jika kamu ingin mencicipinya, kamu harus memesan terlebih dahulu. Meuseukat sangat cocok dijadikan oleh-oleh setelah kamu berkunjung ke aceh.

Sumber Gambar @listiamusfirah

19. Pacri Nanas

Selanjutnya, akan kami paparin salah satu makanan khas aceh dan resepnya yang dikenal dengan pacri nanas. Pacri nanas yang berbahan dasar buah nanas kemudian diberi bumbu berupa merica, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, cengkeh, cabai merah, serto bawang. Cara membuatnya gampang, pertama cairkan gula putih sampe menjadi layaknya karamel. Lalu masukin air dan semua bumbu yang telah disiapkan. Tunggu sampe mendidih baru masukkan nanas, beri garam secukupnya agar terasa gurih. Pacri nanas matang dan siap dihidangkan.

Sumber Gambar @maddyfoodiedaily

20. Jadah Lemang

Makanan khas aceh singkil ini bahannya terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan kelapa yang telah dibubuhi garam. Cita rasa gurih yang dihasilin cocok benget dipaduin dengan daging rendang menjadi sajian wajib saat perayaan hari-hari besar Islam, seperti Idul fitri maupun Idul Adha. Jadah lemang dimasak dengan media bambu, wah media yang cukup unik yah. Tertarik untuk mencoba memasakkah kamu?

Sumber Gambar @megawatisalim


21. Nasi Gurih

Sama dengan nasi uduk khas betawi, nasi gurih bercita rasa gurih karna dimasak gunain santan kelapa ditambah paduan rempah-rempah khas aceh. Aromanya wangi dan gurih. Jangan lupa juga tambahin lauk pauk seperti telur dadar, ikan lado, maupun ikan goreng supaya saat menyantap nasi gurih terasa lebih nikmat.

sate matang Udah Coba Makanan Enak Ini?? 27++ Makanan Khas Aceh yang Terkenal

Sumber Gambar @riririana57

22. Sate Matang

Kalo ada yang tanya apa aja makanan khas Aceh?

Sate Matang akan muncul.

Namanya sebenernya ini bukan karna kondisinya udah matang.

Tapi …

Karna berasal dari daerah Matang.

Matang ada di Kabupaten Bireuen yang punya 17 kecamatan dan 609 gampong.

Isi sate matang biasanya adalah daging kambing ato daging sapi yang diungkep dengan bumbu khas aceh untuk kemudian dibakar. Sate matang cocok disajiin dengan kuah soto beraroma khas yang kaya akan rempah-rempah.

Sumber Gambar @darni_kitchen

23. Bubur Kanji Rumbi

Makanan khas dari aceh ini akan gampang kamu temui menjelang bulan ramadhan. Bubur yang satu ini erbuat dari beras pulen yang ditumbuk kasar dan direbus dengan campuran rempah-rempah khas aceh menjadikan bubur kanji rumbi ini sebagai makanan favorit masyarakat aceh.

Sumber Gambar @dewi_lisnadia

24. Eungkot Paya

Eungkot paya mempunyai rasa dominan asam dan pedas. Bahan dasarnya terbuat dari ikan payau yang dicampur dengan santan, rebung kala, jantung pisang, dan ketumbar yang disangrai. Eungkat Paya itu sendiri merupakan salah satu kuliner warisan aceh yang masih eksis hingga sekarang.

Sumber Gambar @sitiernita92

25. Sie Reuboh

Satu lagi masakan warisan kuliner khas aceh besar, yaitu sie reuboh. Sie reubeh adalah masakan yang terbuat dari daging sapi rebus biasa juga ditambahin dengan bumbu-bumbu khas aceh yang dimasak dengan ditambah cuka secara bertahap ke dalam masakan. Cuka ini dibubuhin agar daging bisa bertahan lama dan terasa lebih empuk.

Sumber Gambar @hijrah25

26. Mie Jalak Sabang

Masakan khas aceh utara ini bertekstur kenyal dan warnanya pucat. Biasanya sih disajiin dengan kuah kaldu bening gurih ditambah dengan potongan daging cincang, telur rebus, dan juga tauge.

Sumber Gambar @lilis.arianto

27. Sambal Ganja (Asam Udeung)

Mendengar namanya pasti kamu bakal ngerutin dahi. Terlepas dari namanya yang agak kontroversial, sambal ini nyatanya bukan terbuat dari daun ganja. Sambal ini dinamain sambal ganja karna siapapun yang pernah mencobanya pasti akan ketagihan. Sambal ini pada dasarnya gunain daging udang yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sambal.

Sumber Gambar @nina_culinaire

28. Roti Canai Aceh

Roti canai aceh terbuat dari tepung terigu yang berbentuk bulat dan pas proses memasaknya membutuhkan tenaga ekstra. Roti canai ini udah sangat terkenal, apalagi varian rasanya yang beragam. Favorit kami adalah roti canai gula pasir karna rasanya pas ga terlalu eneg dimakan.

Sumber Gambar @hengun22


29. Kuah Beulangong

Kuah beulangong dikenal sebagai masakan aceh besar. Makanan yang satu ini bahan dasarnya adalah daging kambing atau sapi yang dimasak menggunakan belangan dengan ditambah buah nangka sebagai campuran. Kuah beulangong biasa disajiin diacara kenduri besar di aceh.

Sumber Gambar @andinarostaviani

30. Dendeng Aceh

Kuliner khas aceh yang satu ini terbuat dari daging sapi yang telah diiris tipis, dikeringin dengan dijemur untuk kemudian dicampur dengan rempah dan bumbu tradisional. Dendeng aceh dapat dengan gampang kamu temui di toko oleh-oleh yang tersebar di seantero kota aceh.

Sumber Gambar @mona_jjalst


31. Bakpia Aceh

Selain dendeng, kuliner khas yang cocok kamu jadiin buah tangan adalah bakpia aceh. Pusatnya penghasil bakpia aceh itu ada di kawasan pantai kasih, sabang. Harganya murah dan tahan hingga tujuh hari.

Sumber Gambar Hamba Allah


32. Rujak Samalanga

Rujak yang satu ini asalnya dari Bireun, Samalanga, aceh. Jenis buah-buahan dalam rujak samalanga pada dasarnya sama dengan rujak yang biasa kamu temui di daerah lain. Rujak samalangan ini juga punya campuran rasa antara asam, manis dan pedas. Hmm.. lezat!

Sumber Gambar @zent15

33. Kue Keukarah

Makanan ringan khas aceh ini terasa renyah dan manis waktu disantap. Cemilan ringan yang cocok buat teman secangkir kopi ini berbentuk mirip sarang burung yang terbuat dari tepung beras dicampur gula pasir. Kue keukarah juga merupakan salah satu oleh-oleh khas tanah rencong yang worth to buy.

Sumber Gambar @dinaperanginangin

34. Tasak Telu

FYI : Makanan khas aceh tenggara yang satu ini dalam namanya mempunyai arti masakan tiga jenis loh. Maksudnya bumbu yang dipakai dalam masakan tasak telu hanya terdiri dari tiga jenis aja, yaitu cabe rawit, batang serai, dan bawang merah.

Tapi …

Seiring perkembangan jaman, bumbu yang biasa dipakai dalam tasak telu juga bertambah dan mengalami modifikasi.

Cara memasak tasak telu tergolong gampang . Pertama-tama bahan dan bumbu yang telah ada direbus, batang serai dipipihin untuk dimasukin ke air yang mendidih. Setelah itu masukkan daging bebek ke dalam rebusan air yang mendidih, bubuhin garam secukupnya dan tunggu sampe daging bebek tersebut lembek.

Tasak telu siap disantap!

Sumber Gambar @komet025

35. Kopi Aceh

Kopi aceh termasuk masuk dalam list makanan dan minuman khas aceh yang wajib banget dicoba oleh para pecinta kopi. Salah satu varian dari kopi Aceh yang cukup terkenal adalah varian aceh gayo. Cita rasanya yang  khas dan aromanya kuat, itulah ciri dari kopi aceh gayo. Kopi aceh mengandung antitoksin yang dapat menambah stamina tubuh dan ngencangin kulit.

Sumber Gambar @podrozne_opowiesci

36. Sanger

Sanger merupakan satu jenis minuman khas aceh. Kopi sanger ini sekilas mirip dengan kopi susu yang sering kita jumpai di cafe-cafe. Meskipun begitu, sanger tentu memiliki cita rasa khas yang berbeda dari kopi susu pada umumnya. Salah satu warung terkenal yang nyajiin sanger adalah warung solong yang terletak di kawasan Ulee Kareng dan juga di sekitar Masjid Raya Baiturrahman yang temasyhur.

Gimana?

Masih penasaran dengan rasanya?

Makanan Minuman Enak Makanan Khas Minuman Tradisional Aceh

Karya kita

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke kota serambi makkah untuk mencicipi sajian makanan khas aceh ini, ada baiknya untuk mencatat tempat wisata aceh mana aja yang dekat dengan penjual kuliner aceh tersebut. Kalo, selain kamu bisa manjain mata, kamu juga bisa manjain perut. Selamat berlibur ke aceh!

#

Makan bukan untuk kenyang
Makan untuk hidup

#

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Mau belajar masak #MulaiAjaDulu
Masalah enak ga enak urusan nanti
Kalo masak daging eh masih ada bulu
Hahaha ga apa-apa asal hati-hati

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis
tempatwisataindonesia.id/makanan-khas-aceh/ dibuka pukul 16:57 WIB pada hari Selasa tanggal 08 Januari 2019

Sumber Gambar
instagram,com dibuka pukul 16:57 WIB pada hari Selasa tanggal 08 Januari 2019

2 tanggapan pada “Udah Coba Makanan Minuman Enak Ini?? 27++ Makanan Khas dan Minuman Tradisional Aceh yang Terkenal”

    1. Salam #MbakBro Anita

      Terimakasih pujiannya
      Bagus nya kenapa nih?

      Boleh disebarin kok tulisannya.
      Emang sengaja dibolak-balik sih.

      Mauliate
      Terimakasih

Tinggalkan Balasan