Cari Jasa SEO Jakarta? Pilih yang Pakar SEO ato yang Murah?

Apa Sih Syarat Jasa SEO Terbaik?
Apa Manfaat SEO Buat Website?

Mau jualan ga usah mikir kendala
Kenapa kita ga aksi #mulai aja dulu
Ga usah lah terlalu banyak tralala
Isinya cuma omong kosong melulu

Salam #MasBro / #MbakBro

Pas ngetik kata kunci di mesin pencari.

Kalo udah nemu dihalaman 1, masih pergi ke halaman 2 ga?

Ga kan?

Nah, itulah kenapa banyak orang mau website-nya nangkring di halaman 1 Google.

Karna itu juga, kenapa Jasa SEO Jakarta dicari sampe 1093 kali tiap bulan (Menurut data penelitian kecil-kecilan kekitaan sejak Januari 2019 – Maret 2019). Karna makin banyak dicari, jadi pastiin kita tau cara milih Agency Jasa SEO yang bener. Bener-bener pengalaman dan profesional.

Nah, jumlah pencarian dan proses pencarian itu disebut SEO.

SEO adalah

Karya web-savvy-marketing.com

Apa itu SEO?

SEO adalah sebuah proses mengoptimalisasi website sehingga dapat mudah ditemukan secara organik di mesin pencari. SEO akan mempertemukan target konsumen dengan produk (atau layanan) yang relevan sehingga mengubah “pengunjung” menjadi “pembeli”.

Ga cuma buat nyari produk atau layanan doang, tapi, pada dasarnya SEO dapat diterapkan dalam pencarian informasi secara umum.

Misal, kita mau tau mengapa brand identity perusahaan itu penting, mesin pencari atau search engine akan langsung ngarahin kita ke sebuah website yang uda melakukan SEO secara baik dan benar.

SEO Result

Penting buat kita tau bahwa ada 2 macam SEO, yaitu SEO organik dan SEO non-organik/buatan. Berikut adalah beberapa karakteristik dan manfaat dari keduanya:

  • SEO Organik
    • Menunjukkan hasil dalam waktu yang relatif lebih lama, tapi ketika berhasil biasanya akan bertahan dalam jangka panjang.
    • Ga mahal.
    • Dapat hasilin se-ngga-nya 80% search traffic
    • Blogging adalah cara paling ekonomis buat meningkatkan ranking dengan SEO organik.
  • SEO Non-Organik
    • Relatif lebih cepat menunjukkan hasil namun biasanya hanya bertahan dalam jangka pendek.
    • Mahal (biasanya melibatkan iklan berbayar atau iklan pay-per-click).
    • Bagus buat target konsumen secara tepat.
    • Ranking dapat menukik tajam jika berhenti melakukan SEO non-organik.

Ini bedanya SEO organik dan SEO non-organik.

organic vs non-organic SEO
Via SEM & SEO Management

Manfaat dari SEO non-organik (ditandai dengan kotak biru) akan terasa lebih instan (dan cepat).

Tapi …

Biaya yang dikeluarin ga murah. Karna perlu memasang iklan di Google AdWords dan customer re-targeting.

SEO non-organik gampang dikenali, karna pada halaman hasil pencarian Google, akan ditandai dengan kotak kuning yang bertuliskan ‘Ads’ atau ‘Iklan’.

Sedangkan SEO organik (ditandai kotak merah) punya manfaat yang dirasakan lebih lama –konten website kita bakal terus muncul di papan atas pencarian Google. Manfaat SEO ini dicapai dengan pake keyword yang benar dan optimal yang akan di-crawl berdasarkan algoritma Google.

Dengan teknik dan analisis yang cermat, bukan ga mungkin website kita bakal ngerasain manfaat dari SEO organik, tanpa perlu ngeluarin biaya yang mahal.

Karna-nya,disarankan banget, terutama buat perusahaan berskala kecil, menengah dan start-up, buat nerapin pendekatan SEO organik agar keberlanjutan bisnis juga dapat lebih terjamin. Meskipun emang hasilnya ndak instan.

Beberapa hal yang kudu diperhatiin selagi melakukan SEO organik:

1. Pahamin perilaku konsumen dalam memilih kata kunci

Pahami perilaku konsumen dalam menggunakan kata-kata kunci di mesin pencari. Ini penting banget. Karna dengan begitu, kita akan bisa bekerja secara lebih efisien dalam pembuatan konten.

Google masih menjadi mesin pencari paling banyak sampe taun 2019 ini, dan untungnya. Google nyediain layanan Google Keyword Planner yang bisa nunjukkin kata-kata kunci yang paling sering dipake orang. Waktu mereka cari produk ato layanan yang relevan. Klik di sini buat panduan pake tools tersebut.

 

Keyword Planner

2. Pake kata-kata tersebut secara konsisten

Kalo uda tau kata-kata yang biasa dipake sama pembaca di Keyword Planner. Saatnya buat kita pake kata-kata tersebut di dalam konten website kita.

Pake kata-kata tersebut secara strategis di dalam blog maupun jenis konten lainnya, selama ga terkesan memaksa, dan kita bakal ngerasain manfaat dari SEO organik.

3. Perhatiin aspek pendukung SEO

Salah satu aspek pendukung sukses ga-nya sebuah proses SEO adalah desain website itu sendiri.

Secara ilmiah, semua jenis bisnis butuh yang namanya website karna tuntutan pasar. Harus dipertimbangkan aspek, kayak website yang mobile-friendly, navigasinya mudah, desainnya ga bikin pusing.

Kalo ndak, mungkin website ini perlu didesain ulang segera! 

Mantan CEO Yahoo! Indonesia, Budi Putra pernah bilang kalo desain website yang baik bakal memberikan bumbu tersendiri pada konten, sehingga makin menarik banyak pembaca.
4. Sebarkan konten  

Kita kudu punya strategi dalam nyebarin konten website, biar penyebarannya lebih efektif. Jangan pernah lupa sama media sosial dalam proses ini. Di taun 2015, Social Media Marketing (SMM) masih punya pernanan yang penting dalam meningkatkan traffic website e-commerce sebesar 7%.
5. Ukur hasilnya

Dalam proses monitoring dan evaluasi ini, kita bisa memantau tingkat trafik, engagement maupun kunjungan terhadap website kita. Beberapa produk gratis macem Google Analytics atau Google Webmaster Tools bisa dipake buat ngukur aspek-aspek tersebut. Manfaat dari hasil evaluasi ini adalah agar kita bisa nentuin kata kunci mana yang efektif dan ga, atau aspek apa yang memerlukan peningkatan.

Analytics Screenshot

Mengapa SEO Dibutuhkan?

Dalam bisnis, tentu aja seluruhnya kudu bisa diukur, dan salah satu manfaat SEO adalah, setiap elemen di dalamnya bisa terukur dengan baik, dievaluasi dan dikoreksi. Jadi, SEO bisa banget jadi pilihan yang masuk akal dalam berbisnis. Beberapa alasan lainnya adalah:

1. SEO lebih hemat dan efektif

Mungkin terdengar mengejutkan, namun, fakta yang ditunjukkan riset dari Moz, SEO berhasil menaikkan 75% search traffic hanya dengan menggunakan kurang dari 15% biaya marketing.

Sementara, paid-per-click ads cuma ningkatin 25% search traffic dan menghabiskan 80% biaya marketing. Boros banget, kan! *mindblowing*

Jasa SEO Jakarta

Karya Austern International

2. SEO adalah investasi

Di sini kita bakal ngebahas SEO seperti sebuah investasi properti.

  • Fondasi SEO = kata-kata kunci pilihan yang ga dipilih dengan sembarangan.
  • Struktur bangunan SEO = website dan konten di mana setiap keywords dibentuk sedemikian rupa biar enak diliat atau dibaca.
  • Lingkungan SEO = links yang ditautkan di dalam konten (yang kalo makin relevan dan baik kualitas tautannya, akan tercipta juga lingkungan yang baik). Seluruh kontrol ada di tangan kita dalam ngebentuk itu semua.

3. Efek Ganda

Anggap kita baru aja nonton sebuah trailer film baru, dan trailer itu menarik minat kita buat nonton. Ketika kita masih ragu-ragu, teman kita datang dan merekomendasikannya. Trus kita langsung mengambil kesmpulan kalo film ini emang bener-bener bagus.

Nah, ini yang disebut efek ganda. Beriklan dan mengoptimasi website bakal jadi pilihan yang tepat sangat buat ngembangin bisnis kita. Percaya, deh.

4. Meningkatkan Hasil Pencarian

Menurut survei, 50% pengguna cuma ngeklik beberapa hasil pencarian pertama; dan sebanyak 90% pengguna ga pernah ngelewati halaman kedua. Sekarang, tau kan, pentingnya mengoptimalkan website bisnis kita biar nongol di halaman pencarian Google.

5. Optimasi Mesin Pencari

Jasa SEO terbaik di Jakarta ini bakal mencoba mengoptimasi website bisnis kita biar mampu bersaing dan muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google dengan keyword tertentu. Pastikan website kita kedaftar dan nongol di halaman pencarian Google. 

Konten website kita ditentuin sama pemrograman Google. Layanan SEO bakal optimalin konten website kita dengan bantuan mesin pencari. Nantinya situs akan diubah menjadi Cinderella modern buat dipilih sama Pangeran Google!

Jadi Apa Aja Keuntungan yang Kita Dapatin Dari Jasa SEO Terbaik Di Jakarta?

1. Membawa Lebih Banyak Pelanggan

Uda pasti salah satu alasan sebuah bisnis memiliki website, yah. Buat ningkatin jumlah pelanggan dan singkirin kompetitor.

Dengan ditambah SEO yang tepat, kita bisa menarik pelanggan dan mengembangkan bisnis kita DUA KALI lebih cepat dibanding kalo kita ga pake SEO.

Kalo rela ngeluangin waktu mempelajari manfaat dan teknik penggunaan SEO, website kita akan menarik pelanggan yang tepat, yang pada akhirnya akan converted jadi pembeli.

Attract CustomerVia Digital Lighthouse

2. Conversion Rate yang Lebih Bagus

Website dengan loading speed yang lama bakal ngebunuh bisnis kita. Dengan SEO yang bener, website akan berjalan lebih cepat, lebih mudah buat dinavigasi, dan penampilan yang enak diliat di segala macam gadget.

Punya kelebihan ini bakal ngasih kita manfaat berupa pelanggan yang mudah berubah menjadi pembeli tetap bisnis kita.

Increase ROIVia PicReel

3. Meningkatkan Brand Awareness

Ketika SEO dilakukan dengan baik dan benar, maka ranking dan kemunculan website di mesin pencari bakal jadi makin optimal.

Kalo uda gini, brand produk ato layanan milik kita akan makin sering muncul dan relevan, ketika para konsumen nyari di mesin pencari.

brand awareness gifVia Giphy

4. Hemat

SEO dikenal dengan efektivitas dan efisiensinya terutama dalam aspek finansial. Inbound Marketing Report nunjukkin bahwa SEO bisa ngedatengin pengunjung 61% lebih banyak daripada strategi menarik konsumen berbayar.

Oleh karna itu, SEO disarankan banget buat usaha kecil, menengah, dan start-up.

5. Menyingkirkan Kompetitor

Coba bayangkan, dua bisnis yang berkompetisi di industri yang sama, jualan produk yang sama, harga yang mirip-mirip pula.

Perusahaan A punya website dengan penampilan yang menarik dan muncul di halaman pertama pencarian Google.

Sedangkan Perusahaan B cuma punya website dengan penampilan yang biasa aja, ga menarik, loading speed lemot, ga responsif, dan muncul di halaman ke sekian di pencarian Google.

Jelas lah, yah, perusahaan mana yang akan menarik pembeli? Makanya, kalo kompetitor kita uda invest dalam penggunaan SEO dan kita masih belum, ga heran kalo bisnis kita belum berkembang.

SEO Tools

Buat mempermudah kita dalam ngelakuin SEO, internet uda nyediain banyak tools yang bisa dipake secara gratis. Berikut tools yang recommended:

1. Google PageSpeed Insights

Rasa-rasanya kita memang patut buat bersyukur sangat sama mbah Google, karna uda nyediain Google PageSpeed Insights yang bisa dipake dengan mudah dan gratis.

Kita tinggal masukkin URL website yang diinginkan, trus penilaian terhadap performa website-nya bakal ditampilin secara detil mulai dari aspek kecepatannya, performa di desktop dan mobile, dan aspek lainnya.

Google PageSpeed Insights juga ngasih solusi gimana memperbaiki setiap kekurangan yang ada di website kita.

2. SimilarWeb

KIta juga bisa pake SimilarWeb buat ngebandingin traffic dari website dengan domain manapun. Ini bakal ngebantu banget, ketika kita memantau kompetitor kita.

 

3. SEO Site Checkup

SEO Site Checkup adalah platform yang baik buat ngaudit website kita dengan cepat dan juga ngecek potensi error yang mungkin ada.
SEO Site Checkup

Gimana Milih Jasa SEO yang Baik?

Dalam memilih jasa SEO, kita kudu merhatiin beberapa hal biar hasil yang didapet sesuai dengan harapan. Nih, yang kudu diperhatiin:

1. Tentukan Tujuan

Selalu tentuin tujuan yang jelas dalam ngejalanin SEO. Kadan, tujuan itu bisa aja cuma sebatas mengaudit website, mendalami performa kompetitor, atau ngebandingin kualitas konten website. Apapun tujuannya, pastiin tujuan itu jelas.

2. Minta Pandangan Ahli SEO yang Dipercaya

Hal ini jelas ngebantu banget, terutama kalo kita uda kebingungan dalam menentukan tujuan yang jelas dalam melakukan proses SEO. Sribulancer memiliki sejumlah ahli SEO dan nyediain jasa buat itu, dimana kita juga bisa berkonsultasi banyak hal berkenaan dengan SEO.

Kita dianjurin buat minta beberapa saran dari para praktisi SEO, yang mungkin aja bakal ngasih masukan terhadap produk atau layanan kita buat lebih hadir di media sosial, membuat lebih banyak blog ato memperbaiki navigasi website kita.

3. Minta Daftar Cerita Sukses SEO

Kita dianjurin banget buat minta contoh-contoh cerita sukses yang dilengkapi dengan data yang terukur, dari para penyedia jasa SEO.

Dengan ngeliat kesuksesan mereka dengan mitranya di masa lalu, kita bisa ngelakuin pertimbangan dan kalkulasi yang lebih masuk akal dengan bisnis kita.

SEO masih menjadi proses yang relevan dalam ningkatin ranking, traffic dan kehadiran website kita di tengah para konsumen potensial. Dengan menyelaraskan penggunaan tools SEO dan marketing strategy, manfaat SEO bisa terlihat lebih cepat. Lebih jauh lagi, penting banget untuk nentuin tujuan dan mempertimbangkan masukan para praktisi SEO sebelum bener-bener ngelakuin proses SEO.

Mulailah pertimbangin buat pake jasa SEO, kalo memang belum pernah sebelumnya.

Baca Juga : Jasa SEO Bulanan? Apa Untungnya? Apa Ruginya?

#
Kalo bisa hemat kenapa pilih mahal.
#

Semoga bermanfaat.

Senang bisa berbagi.

Sesusah apapun itu #MulaiAjaDulu
Masalah ga selesai pake menggerutu
Biarin imajinasi terbang kayak bulu
Karya nyebar kemana dibantu waktu

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis
moz.com/blog/how-to-choose-seo-company-whiteboard-friday dibuka pukul 12:12 WIB pada hari Kamis tanggal 11 April 2019

Tinggalkan Balasan