Apa itu Traffic Website dan Darimana Asalnya?

  • by
Apa itu Traffic Website dan Darimana Asalnya?
Gimana
Cara Dapetin Traffic Website Pake Jasa SEO Jakarta?

Semua mulai belajar SEO dari Nol
Ga ada yang langsung bisa dan ahli
Ga usahlah merasa ilmunya cebol
Ilmu itu ga kayak barang tingal beli

Salam #MasBro & #MbakBro

Gimana cara naikin traffic website?

Traffic website bisa naikin penjualan?

Masi ingatkan di artikel sebelumnya Menurut Jasa SEO Jakarta, Apa itu Traffic Website? kita uda bahas sekilas tentang traffic website. Nah, sekarang bakalan kita bahas lebih mendalam yaa …

Traffic website bisa dibilang sebagai jumlah data yang dikirim dan diterima oleh para pengunjung yang mampir ke situs-situs. Data itu bisa berupa tulisan, gambar, dan video.

Oh iya …

Traffic website disini ga termasuk traffic yang dihasilin oleh bot loh.

Contoh
Kalo ada orang di Jakarta Utara yang sedang mencari cara menaikkan pengunjung website nya. Maka kekitaan membuat konten di internet dengan kata kunci Jasa SEO Jakarta Utara. Contoh salah satu kontennya adalah tulisan ini.
Maka saat ada yang ketik Jasa SEO Jakarta Utara di mesin pencari. Maka pembaca bakal diarahin ke tulisan ini.
Itulah salah satu sumber traffic website berasal.

Kembali ke jalan yang bener …

Semenjak pertengahan 1990-an, traffic website udah jadi bagian terbesar dari traffic Internet . Karna tingginya traffic angka masuk dan keluar nya pengunjung. Ada banyak cara buat mantau traffic ini, bisa dicek pake aplikasi pihak ketiga kayak alexa, google analytic, ato similar website. Aplikasi pihak ketiga ini dijelasin dibawah ya.

Data yang dikumpulin dari aplikasi pendeteksi traffic itu bisa  digunain buat ngebantu benerin situs dan maksimalin konten yang ada.

Nah saat ini di Indonesia …

Ga semua traffic website bisa dikerjain sendiri. Konsultan Digital Marketing bakal nawarin Jasa SEO, Jasa SEM, dan iklan online, buat ningkatin traffic website (pengunjung).

Maksudnya adalah …
#MasBro / #MbakBro tinggal di Jakarta Utara nih
Mau naikin traffic websitenya
Maka tinggal cari di mesin pencari Jasa SEO Jakarta Utara

Tapi harus hati-hati …

Ada juga yang namanya “traffic palsu”, yaitu traffic bot yang dihasilin oleh pihak ketiga. Jenis traffic website kaya gini nih yang bisa ngerusak reputasi situs website. Nantinya visibilitasnya website kita di Google jadi jelek.

Jadi pastiin nemu Jasa SEO Jakarta Utara yang udah pengalaman dan profesional.

Apa itu Traffic Website dan Darimana Berasal karya christian

Karya: Christian

Traffic Website dari Mesin Pencari

Mayoritasnya traffic situs website tuh berasal dari search engine.

Kenapa?

Ilustrasi gini …

Ada jutaan orang yang gunain mesin pencari setiap harinya buat neliti beragam topik, beli produk, dan sekedar browsing. Mesin pencari gunain kata kunci buat ngebantu para pengguna buat nemuin informasi yang relevan. Masing-masing mesin pencari utama udah ngembangin algoritma unik buat nentuin di mana situs website ditempatin dalam hasil pencarian.

Nah pas pengguna nge-ngklik salah satu daftar di hasil pencarian, mereka bakalan diarahin ke situs website yang sesuai dan datanya ditransfer dari server situs website, sehingga bisa ngehitung pengunjung terhadap keseluruhan arus traffic ke situs website tersebut.

Optimisasi mesin pencari (SEO), merupakan praktik yang sedang berlangsung buat ngoptimalin situs website buat ngebantu meningkatkan peringkatnya di mesin pencari. Ada beberapa faktor internal dan eksternal terlibat yang bisa ngebantu ningkatin daftar situs di dalam mesin pencari. Semakin tinggi peringkat situs dalam mesin pencari buat kata kunci tertentu, makan akan semakin banyak pula traffic yang bakalan mereka terima.

Apa itu Traffic Website dan Darimana Berasal?

Setelah nemu Jasa SEO Jakarta Utara terbaik sesuai pilihan #MasBro / #MbakBro. Kita sendiri bisa cek hasil kerja mereka dengan aplikasi pihak ketiga, seperti udah kita singgung diatas.

Menurut analisis Website, termasuk Google Analytics, Traffic Sources merupakan laporan yang ngasih gambaran tentang beragam jenis sumber yang ngirimin traffic ke situs website kita.

Traffic atau pengunjung website itu datangnya dari berbagai sumber. Se-engganya ada beberapa sumber traffic yang umum buat kita ketahui.

1. Direct Traffic

Contoh
1. Kaya orang yang sengaja pergi ke KFC karena emang niatnya pengen makan ayam kentucky (ini bukan iklan lho yaa), nah hal ini merupakan kunjungan dari orang-orang yang ngetik langsung alamat website di browser karena udah tau nama domainnya.
2. karena kita udah sering buka kekitaan, makanya kita terbiasa ngetik alamat https://kekitaan.com

Dengan Direct Traffic kita bisa :

  • Nandain kunjungan dari para pengunjung yang setia
  • Branding nama domain yang mudah buat diingat
  • Bisa jadi salah satu cara ngukur keberhasilan promosi non-online kaya iklan di TV ataupun majalah.

2. Refferal Traffic

Kalo yang ini adalah kunjungan dari visitor yang nge-klik link yang ada di website lain. Refferal artinya rujukan. Contohnya tuh, pas kita ngebuka website suara.com, di sebelah kanan munculkan timeline berita saibumi.com yang judulnya menarik, trus kita klik. Nahh si saibumi.com bakalan dapet referral traffic dari suara.com.

3. Social Media

Secara khusus, Google Analytics ngedeteksi refferal traffic dari situs-situs kaya Facebook, Twitter, Google+ dan antek-anteknya sebagai traffic dari media sosial.

4. Search Traffic

Search traffic merupakan traffic yang datangnya dari para pengunjung yang nge-klik hasil pencarian di situs pencarian kaya Google, Yahoo!, atau Bing.

Ada dua jenis search traffic nih :

  • Organic Search : asalnya tuh dari pencarian yang ga berbayar
  • Paid Searchkalo ini dari program periklanan Pay Per Click (PPC), macam Google Adwords.

Keterangan :

  • Umumnya strategi digital marketing ngincar traffic dari organic search, karena ga perlu bayar buat ngedapetin traffic dari pencarian.
  • Makanya berkembanglah jasa layanan SEO (Search Engine Optimization), yang merupakan upaya buat ngoptimalin website biar lebih nyaman digunakan dan mudah ditemuin para pengguna Internet.
  • SEO tuh bukan proses yang instan lho. Butuh waktu buat ngedapetin atau ningkatin traffic dari situs pencari.

5. Traffic Source Lain

Selain traffic source yang umumnya pasti ada di setiap website seperti yang kita bahas di atas, ada juga beberapa sumber traffic lain.

Display

Asalnya dari banner yang terpasang di website lain.

Email

Kalo yang ini tuh berasal dari aktivitas email marketing. Jadi, kita ngirimin email newsletter ke para pelanggan email kita, dan nempatin link ke website kita.

Pas mereka nge-klik link itu dan masuk ke website kita, kunjungan mereka itu dikategorikan sebagai traffic email.

Gimana Cara Tahu Sumber Kunjungan Website Kita ?

Caranya tuh dengan nge-gunain tools Digital Analytics. Beberapa tool yang biasa digunakan yaitu :

Google Analytics

Google Analytics merupakan standar industri buat digital analytics. Yang perlu dilakuin, daftarin website kita di sana, dan pasang semacam kode tracking di tiap halaman website kita.

Sumber Data Analytics : saibumi.com

Pas kita udah paham fitur-fitur yang ada di sana, Google Analytics tuh powerful banget! Yang bisa dilihat dan dianalisa di sana bukan cuman traffic source, tapi masih banyak hal lain kaya profil dan perilaku pengunjung, juga analisa konten.

Histats

Histats.com merupakan alternatif lain buat nganalisis traffic & perilaku pengunjung website kita. Fungsinya tuh sama persis dengan Google Analytics. Caranya pun juga sama, dengan daftarin website kita lalu pasang kode tracking.

SimilarWeb

Google Analytics & Histats diperuntukkan buat kita sendiri yang pengen lihat & ganalisa traffic ke website kita. Nah, gimana kalau misalnya kita pengen lihat traffic ke website kompetitor? Jawabannya, SimilarWeb.

Kita bisa ngeliat dan bandingin performa digital marketing dari website kita maupun website kompetitor. Mulai dari sumber traffic source mereka, apa keywords yang banyak digunain buat masuk ke websitenya, darimana referral website-nya, dan sebagainya.

Sumber data analytics : saibumi.com

Perlu dipahami ya kalo data yang ada di SimilarWeb ga 100% akurat kaya data dari Google Analytics atau Histats, karena ga ada kode tracking yang dipasang di website kita. SimilarWeb hanya ngebuat estimasi atau perkiraan aja.

Analisis Traffic Website

Analisis website merupakan pengukuran perilaku pengunjung ke situs web. Di konteks komersial, hal ini terutama mengacu ke pengukuran aspek mana dari situs website yang bekerja menuju tujuan bisnis inisiatif pemasaran Internet ; contohnya, landing page mana yang ngedorong orang buat ngelakuin pembelian. Vendor perangkat lunak dan layanan analisis website terkemuka macam Google Analytics , IBM Digital Analytics (sebelumnya Coremetrics) juga Adobe Omniture .

Pengukuran Traffic Website

Nah, ini jadi penentu keberhasilan dari Jasa SEO Jakarta Utara yang #MasBro / #MbakBro rekrut nih.

Traffic website penting buat ukuran popularitas sebuah website. Setiap halaman, tulisann, gambar, bahkan video yang terliat dalam sebuah website akan terekam. Nah itu yang dipake buat mengukur traffic website. Traffic website juga kadang diukur dengan Packet Sniffer.

Jenis-jenis informasi berikut sering dikumpuin pas mantauin traffic web:

  • Jumlah para pengunjung.
  • Jumlah rata-rata tampilan halaman yang dibaca per pengunjung – jumlah yang tinggi bakalan nunjukin kalo rata-rata pengunjung masuk jauh ke dalam situs, mungkin karena mereka suka atau situsnya berguna.
  • Durasi kunjungan rata-rata – total panjang kunjungan para pengguna. Sebagai aturan, makin banyak waktu yang mereka habisin semakin mereka tertarik sama perusahaan kita dan lebih berkemungkinan buat dihubungi.
  • Durasi halaman rata-rata – berapa lama halaman dilihat. Semakin banyak halaman dilihat, semakin bagus buat perusahaan kita.
  • Kelas domain – semua tingkat informasi pengalamatan IP yang diperlukan buat ngirimin halaman website dan konten.
  • Waktu sibuk – waktu paling populer dari situs bakalan nunjukin kapan waktu terbaik buat melakukan kampanye promosi dan waktu ideal buat melakukan pemeliharaan.
  • Halaman yang paling banyak untuk diminta – halaman yang paling populer diantara para pengunjung.
  • Halaman masuk yang paling banyak dimintai – halaman masuk adalah halaman pertama yang dilihat oleh para pengunjung dan nunjukin halaman mana yang paling narik pengunjung.
  • Halaman yang paling banyak dimintai – halaman yang paling banyak diminta bisa ngebantu kita buat nemuin halaman yang buruk, tautan yang rusak bahkan halaman keluar yang mungkin punya tautan eksternal yang populer.
  • Jalur teratas – urutan halaman yang dilihat sama pengunjung dari entri hingga keluar, dengan jalur teratas untuk mengidentifikasi cara sebagian besar pelanggan yang melewati situs.
  • Perujuk; tuan rumah bisa ngelacak sumber (jelas) dari tautan dan nentuin situs mana yang ngasilin traffic terbanyak buat suatu halaman tertentu.

Situs website ngasilin peringkat dan statistik traffic berdasarkan orang-orang yang ngakses situs sambil ngegunain alat dan cara mengukur online lainnya. Kesulitan disini yaitu kita ga lihat gambar traffic lengkap untuk sebuah situs. Situs besar biasanya nyewa layanan perusahaan kaya Nielsen NetRatings atau Quantcast, tapi laporan mereka hanya tersedia dengan berlangganan.

Kontrol Traffic Website

Jumlah traffic yang dilihat sama situs website adalah ukuran popularitasnya. Dengan menganalisa statistik pengunjung, ada kemungkinan buat ngeliat kekurangan situs dan mencari cara buat ningkatin area tersebut. Ada kemungkinan juga buat ningkatin popularitas suatu situs dan jumlah orang yang mengunjunginya.

Membatasi Akses Traffic Website

Kadang penting buat ngelindungin beberapa bagian situs dengan kata sandi, yang hanya ngasih ijin orang yang berwenang buat ngunjungin bagian atau halaman tertentu.

Beberapa administrator situs udah milih buat nge-blokir halaman mereka buat traffic tertentu, berdasarkan lokasi geografis. Situs kampanye pemilihan ulang untuk Presiden AS George W. Bush ( GeorgeWBush.com ) diblokir buat semua pengguna internet di luar AS pada 25 Oktober 2004 setelah serangan yang dilaporin terhadap situs tersebut. [4]

Dimungkinkan juga buat ngebatesin akses ke server website berdasarkan jumlah koneksi dan bandwidth yang dikeluarin sama setiap koneksi. Di server HTTP Apache, hal ini dilakuin sama modul limitipconn dan lainnya.

Kelebihan Traffic Website

Banyak banget traffic website yang secara dramatis bisa ngelambatin atau nyegah semua akses ke situs web. Nah ini tuh disebabkan sama banyaknya permintaan file yang masuk ke server daripada yang bisa ditangani dan kemungkinan juga merupakan serangan yang disengaja pada situs atau hanya disebabkan sama popularitas yang berlebihan. Situs website berskala besar dengan banyak server sering bisa ngatasi traffic yang diperlukan, dan kemungkinan besar layanan yang lebih kecil dipengaruhi sama kelebihan traffic. Beban traffic yang tiba-tiba juga bisa gantungin server kita atau menyebabkan layanan kita mati.

Denial of Service Attack

Denial of Service Attack udah memaksa situs website buat ditutup setelah adanya serangan berbahaya yang membanjiri situs dengan lebih banyak permintaan daripada yang bisa diatasi. Virus juga telah digunain buat nge-koordinasi serangan penolakan layanan berskala besar yang didistribusikan.

Popularitas Mendadak Traffic Website

Ledakan publisitas yang tiba-tiba bisa ga sengaja buat traffic website yang berlebihan. Item berita di media, email yang menyebar cepat, atau tautan dari situs populer dapat mengakibatkan peningkatan pengunjung (kadang-kadang disebut flash crowd atau Slashdot effect ).

Secara Keseluruhan di Seluruh Dunia

Dari info Mozilla, sejak Januari 2017 lebih dari setengah traffic website telah dienkripsi dengan HTTPS.

Menurut perkiraan (sumber Biro Iklan Interaktif) pada tahun 2014, sekitar sepertiga dari traffic website dihasilkan sama bot Internet dan malware .

Truss truss…

Gimana caranya naikin traffic website?

Traffic website bisa ditingkatin dengan cara …
1. Jasa SEO dan Jasa SEM
Nempatin situs di mesin pencari.
2. Iklan
Termasuk dengan email massal, iklan pop-up, dan iklan dalam halaman.

Nah untuk bisa jalanin hal diatas #MasBro perlu orang yang ahli soal traffic website. Buat bantu  ngasih traffic bertarget ke website mu. Mereka akan bantu narik traffic dari internet buat dikonversi jadi penjualan.

Peningkatan traffic website ga hanya dengan narik lebih banyak pengunjung ke situs, tapi juga dengan nge-dorong pengunjung individu buat “berlama-lama” di website kita.

Gimana caranya?

Kalo halaman website ga terdaftar di halaman pertama pencarian apa pun, peluang seseorang buat menemukannya sangat berkurang (apalagi kalo ada kompetisi lain di halaman pertama). Dikit banget orang yang ngelewatin halaman pertama, dan persentase yang masuk ke halaman berikutnya jauh lebih rendah. Sehingga, penempatan yang tepat di mesin pencari, praktik yang dikenal sebagai SEO, sama pentingnya dengan situs website itu sendiri.

Traffic website bisa naikin penjualan?

Mauliate

Seneng bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Ga ada proses belajar sia-sia
Semuanya berawal dari niat
Mau jadi sukses seperti dia
Apa gunanya kalo ga berbuat

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis
dewaweb.com/blog/meningkatkan-traffic-website/ dibuka pukul 20.00 WIB pada hari Rabu tanggal 31 Juli 2019
indosmartdigital.com dibuka pukul 17.00 WIB pada hari Kamis tanggal 1 Agustus 2019
wikipedia.org/wiki/Web_traffic dibuka pukul 17.00 WIB pada hari Kamis tanggal 1 Agustus 2019

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: