Bangun Web SEO Bagi Pemula, Begini Caranya!

  • by

Cara Membangun Web SEO Bagi Pemula

web seo

Baca juga: Kursus SEO dan Pasarkan Bisnis Secara Online

Semakin banyak orang yang tergiur dengan peluang menghasilkan uang melalui internet. Selain dinilai mudah, mencari uang melalui internet dinilai menjanjikan penghasilan menggiurkan. Tak ayal, banyak orang yang makin serius belajar mendulang rupiah dari internet, salah satunya mencari cara membangun web SEO.

Website SEO dinilai sebagai tempat mendulang rupiah yang mudah karena banyaknya pengguna internet yang berusaha mencari informasi melalui mesin pencari. Bahkan, kita sendiri mungkin merasakannya, ‘sedikit-sedikit tanya google’, benar bukan? Anehnya, Google seakan serba tahu dan bisa memenuhi kebutuhan informasi pengguna internet. Lantas, dari mana informasi tersebut didapatkan google?

Google merupakan sebuah mesin pencari yang terus belajar dan menyerap informasi dari konten yang dimuat di dalamnya. Nah, SEO merupakan sebuah teknik agar konten yang kita muat dikenali sebagai konten yang berguna dan relevan dengan sebuah kata kunci sehingga muncul sebagai hasil pencarian ketika pengguna internet melakukan pencarian kata kunci tersebut melalui mesin pencari.

Lantas, bagaimana cara membangun website SEO? Apakah membangun website SEO yang disukai google susah? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijawab melalui penjelasan berikut!

Cara Membangun Web SEO Bagi Pemula

Sebenarnya membangun sebuah website SEO bukan perkara susah jika kita susah menguasai pakemnya. Pakem yang harus kita ketahui tersebut, antara lain :

  • Setting General

Saat membuat website, kita pasti akan dihadapkan dengan halaman setting general yang meliputi Site Title dan link website yang akan kita bangun. Penting bagi kita untuk menyesuaikan alamat website dengan nama website. Hal ini akan membuat website kita mudah dikenali oleh mesin pencari sekaligus membangun brand awareness.

Selain itu, kita juga harus menyesuaikan nama website dengan konten website tersebut. Misalnya saja, kita ingin memiliki website yang mengulas manfaat bahan alami, maka website dengan nama situs Manfaat Bahan Alami dan alamat situs http://manfaatbahanalami.com lebih disukai oleh mesin pencari.

  • Permalink

Sudah tahu apa itu permalink? Permalink merupakan link yang di-custom untuk merujuk pada sebuah konten website. Para pakar SEO sependapat jika permalink yang singkat dan mengandung kata kunci adalah yang paling disukai oleh mesin pencari. Namun, tidak menutup kemungkinan jika konten yang memiliki alamat atau link yang mengandung angka atau tak di-custom sama sekali yang menduduki halaman satu mesin pencari. Hal ini dikarenakan banyak faktor lain yang turut mempengaruhi SEO ranking.

  • Plugin SEO

Bagi kita yang masih sangat pemula, plugin SEO seperti halnya Yoast SEO akan sangat membantu. Plugin SEO akan membantu kita menghitung kepadatan kata kunci hanya dengan mengetikkan kata kunci yang dibidik melalui kolom yang disediakan. Keberadaan plugin SEO juga memungkinkan kita mengetahui seberapa baik score SEO yang dihasilkan secara otomatis. Jadi, kita bisa mengetahui hasil optimasi SEO on page yang kita lakukan dengan lebih mudah dan cepat.

  • Plugin Site Map

Plugin lain yang juga membantu kita dalam membangun website adalah plugin site map. Plugin jenis ini fungsinya sama dengan daftar isi pada sebuah buku. Daftar isi artikel nantinya bisa dibuat secara otomatis melalui plugin sehingga memudahkan pembaca yang mencari informasi. Site map atau daftar isi semacam ini sebenarnya bukan hal wajib, namun sangat penting bagi website yang memiliki konten cukup panjang.

Jika kita masih bingung dengan fungsi site map, kita bisa mengunjungi halaman Wikipedia. Di sana, kita pasti menemukan daftar isi yang memudahkan mencari informasi. Nah, setiap point dalam daftar isi tersebut dibuat otomatis berdasarkan heading yang termuat dalam artikel.

Keberhasilan Web SEO Tak Lepas dari Kualitas Konten

Website sudah siap? Saatnya kita mulai mengisi konten website kita. Ingat, sebuah website SEO juga harus memuat konten yang menerapkan SEO pula. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memperhatikan teknik SEO dalam pembuatan konten dan kualitas konten itu sendiri.

Sayangnya, masih banyak orang yang ingin memiliki sebuah web SEO yang handal dan menghasilkan, namun tak tahu bagaimana cara membangun konten SEO yang baik. Jika kita juga termasuk orang yang belum piawai membangun konten SEO, perhatikan beberapa hal berikut!

  • Pemilihan Judul yang Menjual

Judul sangat mempengaruhi ketertarikan pengguna internet untuk membaca isi artikel yang disajikan. Pada konten SEO,  judul harus dibuat semenarik mungkin, namun tidak berlebihan. Misalnya saja tidak menggunakan kata WOW, Astaga, dan lain sebagainya dalam judul artikel.

Membuat artikel dengan judul tipe listing lebih disukai dibandingkan judul yang terkesan berlebihan. Namun, kita juga harus memperhatikan kompetitor kita jika ingin menggunakan judul tipe listing. Misalnya saja, ada sebuah artikel dengan judul ‘10 Manfaat Daun Singkong’, maka kita yang juga ingin membidik kata kunci manfaat daun singkong setidaknya menuliskan ‘11 Manfaat Daun Singkong’ sebagai tanda jika artikel yang kita sajikan memiliki informasi yang lebih lengkap.

  • Diksi

Pemilihan diksi dalam artikel juga harus sangat diperhatikan. Pilihlah kata-kata yang enak dibaca dan mudah dipahami. Jangan bertele-tele karena justru membuat informasi yang ingin kita sampaikan pada pembaca tak bisa diserap dengan baik. Pun demikian mesin pencari yang akan kesulitan melakukan crawling pada artikel kita sehingga nilai indexing dan ranking SEO kita rendah.

  • Density

Penulis pemula mungkin hanya akan berbicara tentang density dalam optimasi artikel. Sebenarnya hal ini tidaklah salah karena density juga mempengaruhi keberhasilan SEO. Namun, kita juga harus memperhatikan peletakan kata kunci dalam artikel. Pastikan kata kunci menyebar, terdapat pada judul, 100 kata pertama dan terakhir, dan pada heading.

Density yang digunakan juga tak boleh terlalu tinggi. Hal ini dikarenakan kata kunci yang terlalu sering muncul justru dianggap sebagai kata sampah oleh mesin pencari.

  • Panjang Artikel

Artikel yang baik memiliki jumlah kata yang tak terlalu sedikit. Artikel SEO umumnya memiliki panjang minimal 300 kata. Namun, kita perlu ingat jika perhitungan kata di word dam CMS terkadang berbeda karena ada beberapa simbol dan kata yang tak masuk hitungan. Jadi, baiknya kita melebihkan setidaknya 25 kata dari target minimal jika tak langsung menulis di CMS.

  • Hindari Clickbait

Meski sebelumnya dibahas jika judul yang menarik mempengaruhi keberhasilan SEO, bukan berarti kita bisa menghalalkan semua cara untuk menarik keinginan pembaca mengklik judul artikel. Salah satu yang paling dilarang adalah clickbait, yaitu teknik mmepengaruhi keinginan pengguna internet mengklik judul yang sebenarnya tak mengandung informasi yang sesuai dengan judul yang digunakan. Hal semacam ini perlu dihindari karena mengecewakan pembaca yang akhirnya justru merusak reputasi website kita.

Sudah tahu cara membuat web SEO sekaligus membuat konten SEO yang baik. Lantas, bagaimana cara mendapatkan penghasilan melalui internet? Kita bisa mendaftarkan website kita pada program adsense atau afirmasi untuk mulai menghasilkan uang. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan keahlian kita membangun website SEO untuk membuka jasa pembuatan website, optimasi, maupun penulisan konten.

Tinggalkan Balasan