Cara Kerja SEO Checker

Salam #MasBro #MbakBro

Udah pada tau kan, kalo SEO merupakan hal penting dari sebuah website? Dengan memaksimalkan SEO, maka web dan juga konten-konten dalamnya bisa nongol di halaman satu mesin pencari. Untuk memastikan SEO maksimal, dibutuhkan pemeriksaan konten oleh seorang SEO checker.

SEO Checker akan memindai semua elemen yang memengaruhi kesehatan halaman. Kesehatan halaman merupakan parameter kalau SEO website bagus. Nah, sebelum membahas tentang ‘Gimana Sih Cara Kerja dari SEO Checker Itu’, kita perlu tau dulu mengapa kesehatan halaman penting.

Dengan halaman yang sehat SEO-nya, maka:

1. Halaman jadi mudah ditemukan di mesin pencari.

Jika website muncul di halaman satu Google, maka trafik kunjungan akan melesat. Web makin dinotice sama pengguna internet. Selain itu konten-konten dalam website akan makin banyak dibaca, makin banyak yang membagikannya.

Supaya kunjungan naik, website harus muncul di halaman satu mesin pencari agar mudah terlihat.

Kalo masih belum muncul, coba deteksi dan perbaiki kesalahan dengan menambahkan atau mengubah meta tag, optimisasi konten, indeksasi dan kecepatan halaman. Pastikan halaman terpenting situs web kamu memiliki kesehatan teknis yang sempurna.

2. Halaman mendapatkan peringkat lebih baik

Kalo web sudah muncul di halaman pertama pencarian, website yang sehat akan memperoleh peringkat yang lebih baik. Halaman yang sehat memperbesar kemungkinan websitemu naik menjadi peringkat satu!

Cara meraih peringkat atas itu bukan hanya dengan mengubah konten saja. Mulai juga dengan memperbaiki tag meta, menambah dan memaksimalkan backlink, dan meningkatkan hasil kecepatan halaman.

3. Tingkat konversi dan penjualan akan tumbuh

Pengguna menyukai halaman yang dioptimalkan dengan baik, yang ga ngebosenin.  Desain yang eye catching dan bermutu, didukung dengan konten yang unik dan bermanfaat, akan membuat pengunjung betah berlama-lama menggali semua informasi di dalamnya . Hapus tautan yang rusak, perbaiki navigasi dan pemuatan halaman untuk mendapatkan lebih banyak konversi dan arahan.

Kalo semua perbaikan sudah dilakukan, web akan berada pada peringkat atas yang membuat trafik semakin meningkat. Buat kamu yang berbisnis online, hal ini secara tidak langsung akan membuat penjualanmu bertumbuh.

Setelah mengoptimalkan usaha agar halaman web menjadi sehat, sekarang saatnya untuk  memeriksa apakah SEO website  kamu bagus.

SEO Checker bertugas memberikan gambaran tentang parameter-parameter serta indikator kualitas SEO. Dengan demikian kamu jadi tahu apa saja yang kurang, yang perlu dioptimasi, apa yang perlu ditambahkan, apa yang perlu dimodifikasi, dan apa yang harus dihilangkan dalam website kamu.

SEO checker sumber: cleanpng

Gimana Sih Cara Kerja dari SEO Checker Itu?

Lalu website apa aja sih yang bagus untuk SEO checker?

Ada banyak situs atau tool/ alat gratis maupun berbayar yang bisa digunain untuk mengetahui apakah strategi SEO  sudah tepat dan berhasil dengan baik.

1. sitechecker.pro

Pemeriksa SEO situs web ini  terdiri dari tiga alat di dalamnya:

  • Pemeriksa SEO On-Page (cek langsung untuk satu URL).
  • Alat Audit Situs Web (periksa seluruh situs web dalam satu jendela).
  • Alat Pemantau Situs Web (memantau perubahan pada situs web kamu).

SEO checker

 Cara menggunakan Sitechecker.pro

  1. Masukan URL website  pada kolom yang tersedia.

SEO checker

  1. Tunggu pengecekan sampai selesai.

SEO checker

Model analisis yang dilakukan oleh Sitechecker.pro menggunakan berbagai elemen indeks mulai dari meta tag, on page, off page, backlink dan lain sebagainya.

Skor yang ditampilkan dimulai dari angka 0-100. Jadi semakin besar skornya semakin tinggi kemampuan situs untuk bersaing di mesin pencari.

Selain Skor SEO, sitechecker.pro juga menyajikan hasil cek  web seperti:

  • Critical Errors menunjukkan info terkait dengan template blog yang digunakan dan dampaknya pada SEO mulai dari deskripsi meta dan tag judul skor SEO.
  •  Warnings biasanya berisikan info tentang duplikat H1 dan url kanonik yang mungkin berdampak pada kemampuan SEO.
  • Notices adalah elemen-elemen dalam web yang bisa meningkatkan kemampuan situs. Pada data ini biasanya akan ditunjukkan rasio kode SEO blog,  judul yang terlalu pendek atau panjang, dan lain sebagainya.

Selain itu sitechecker.pro juga menyiapkan info lain tentang halaman mana saja yang dapat memengaruhi Skor SEO. Info yang tersaji bisa langsung didownload dan digunain untuk melakukan audit pada website.

2. neilpatel.com

Neilpatel.com adalah SEO checker dari Neil Patel, seorang praktisi SEO berpengalaman. Aplikasi ini sudah ada sebelumnya sebagai bagian pada fitur Keyword Planner di Ubersuggest buatan Neil Patel namun sekarang aplikasi web SEO Check Analyzer sudah tersendiri dan memberikan laporan yang lebih lengkap.

SEO checker

Di situs ini, web diperiksa secara menyeluruh. Mulai check SEO header, check SEO meta tags, check Google SEO score, hingga SEO speed check.

Neil Patel’s SEO Analyzer membuat pengguna dengan cepat bisa menemukan kelebihan dan kekurangan yang ada pada web yang dianalisa. Terhitung hanya 3 menit waktu yang dibutuhkan Ubersuggest melakukan check SEO audit ‘ serta melaporkan hasil cek SEO.

Selain digunakan untuk Cek skor SEO on page, cek SEO template, cek SEO ranking dengan cukup detil, kamu juga bisa mengetahui ranking kompetitor melalui menu Tools Ubersuggest di homepage Neil Patel.

Neil Patel’s SEO Analyzer juga memberikan analisis terhadap parameter-paremeter SEO yang diaudit. Hasil analisis SEO tersebut akan memberikan saran terhadap apa saja kekurangan web dan apa saja yang perlu dioptimasiin. Di bawah ini contoh parameter hasil serta rekomendasi pengoptimasian yang disajikan jika menggunakan Neil Patel’s SEO Analyzer.

SEO checker

On-page SEO Score adalah nilai keseluruhan optimasi blog anda dengan rentang nilai 0-100. Skor SEO ini merepresentasikan perbandingan antara jumlah parameter SEO yang lolos audit dengan parameter yang perlu diperbaiki. SEO score inilah yang menjadi acuan dan panduan agar SEO web teroptimasi dengan baik.

Organic Monthly Traffic

Istilah ini merujuk pada jumlah trafik yang dimiliki domain tersebut terkait penulusuran terhadap kata kunci (keyword) organik.

Organic Keyword

Menunjukkan jumlah keyword yang dimiliki web terhadap hasil penelusuran di mesin pencari.

Backlinks 

Parameter ini merujuk pada berapa jumlah hyperlink dari website lainnya yang menuju ke web #Masbro dan #Mbakbro.

Nah, sekarang #MasBro dan #MbakBro udah tahu tentang seluk-beluk SEO Checker. Silakan lanjut belajar tentang SEO lainnya.

Seneng bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.

Sumber tulisan :
googelio.com/2019/06/cara-cek-seo-score-di-neil-patel-seo-checker.html
seogratis.co.id

2 tanggapan pada “Cara Kerja SEO Checker”

  1. Pingback: Gimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Jadi Penulis - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  2. Pingback: Gini Cara Membuat Tulisan Masuk ke Halaman Pertama Google - Jasa SEO Jakarta Indonesia

Tinggalkan Balasan