#BelajarSEO Tingkat Menengah (2): Artikel SEO Harus 2.000 Kata?

niche blog adalah karya elegantthemes,com

Salam #MasBro #MbakBro, pelanggan Jasa SEO Jakarta Barat.

Udah pernah nulis Artikel SEO?

Ato udah pernah denger soal artikel SEO harus 2.000 kata?

Tulisan kali ini kita buat khusus untuk pelanggan kekitaan, Jasa SEO Jakarta Barat, ya.

Tema belajar SEO kali ini ngebahas pendapat pakar SEO, baik pakar dari Indonesia maupun dari luar, tentang jumlah kata dalam artikel SEO.

Sebagian besar, sih, ngomongnya semakin banyak jumlah kata semakin baik, malahan ada yang bilang kalo angka 1.500 sampai 2.000 kata merupakan jumlah kata terbaik untuk artikel SEO.

Menulis artikel SEO merupakan salah satu strategi paling powerful bagi blogger untuk ningkatin jumlah visitor blog. Selain lebih baik kualitasnya, Search Engine Optimization atau yang dikenal dengan SEO diakui mampu memberikan efek yang lebih besar daripada strategi optimasi media sosial.

jasa seo jakarta barat

Baca juga: #BelajarSEO Tingkat Menengah (1): Bener Harus Fokus 1 Niche Aja?

1. Apa itu Artikel SEO?

Artikel SEO adalah artikel yang dibuat dengan memenuhi unsur optimasi untuk mesin pencari, dengan tujuan membuat artikel tersebut masuk ke halaman satu mesin pencari, seperti Google, dengan kata kunci yang ditargetkan.

Bedanya antara artikel SEO dengan artikel pada umumnya ada di penggunaan kata kunci. Jadi, pada artikel untuk SEO ada yang namanya kata kunci yang disisipkan di beberapa tempat, sedangkan artikel umum biasanya sama sekali ngga butuh dan ngga pake kata kunci di dalamnya.

#SekilasTentang Artikel SEO

2. Mitos ato fakta Artikel SEO ?

Di tulisan kali ini kita bakal ngebahas jumlah kata dalam artikel SEO dari berbagai sudut pandang, salah satunya mengutip perkataan dari analisis trend webmaster di Google, yaitu John Mueller. Sebagai tambahan, kita juga bakal ngebahas dari pengalaman kekitaan dalam mengoptimasi berbagai website.

Salah satu teknik yang sering kita denger ato kita baca untuk nge-optimasi artikel SEO adalah harus ditulis lebih dari 1.000 kata. Makin banyak jumlah kata, maka akan makin baik artikel tersebut.

Belakangan ini, banyak pakar Jasa SEO Jakarta Barat yang menyarankan untuk menulis artikel sepanjang 2.000 kata, bahkan lebih.

Pertanyaannya, emang bener artikel SEO harus ditulis sepanjang itu?

Mengenai jumlah kata yang pas dan powerful untuk SEO, ada dua pendapat yang bisa kita gunakan.

3. Bener Ga Artikel SEO Harus 2.000 Kata?

a. Pendapat ke-1 : Jumlah kata yang pas dan paling direkomendisaiin untuk SEO adalah 600–800 kata.

Pendapat ini juga didukung oleh sejumlah penyedia jasa tulis artikel yang menjamur di internet. Mereka selalu merekomendasikan 600 sampai 800 kata untuk artikel SEO Powerful.

Kalo kita merujuk ke Yoast SEO, salah satu plugin SEO terbaik, minimal banget untuk standar Yoast menyala hijau, kita kudu menulis setidaknya 300 kata. Itu MINIMAL!

Pendapat #MasBro John Mueller

Jumlah Kata dalam Artikel SEO

Kurang lebih terjemahan gini :

Ada juga yang nanya
Memiliki jumlah kata yang sama dengan artikel peringkat teratas tidak akan membuat halaman Anda peringkat pertama, sama seperti memiliki banyak pengisi daya USB tidak akan membuat Anda ke bulan. Tapi, saya masih tergoda untuk membeli beberapa pengisi daya USB itu …

Dari kata-kata di atas, bisa disimpulin kalo jumlah kata sama sekali ngga memengaruhi peringkat, karna meskipun jumlah kata artikel kita disamakan dengan jumlah kata pada artikel pesaing yang berada di peringkat 1 Google, hal tersebut ngga bakal samsek buat artikel website kita menempati peringkat pertama.

b. Jadi ngga masalah, ya, artikel ditulis pendek atau kurang dari 1.000 kata?

Tunggu dulu, pembahasan belum kelar. Itu kan pendapat dari John Mueller, kita liat pendapat pakar SEO dan berdasarkan pengalaman pribadi kekitaan dalam mengoptimasi.

c. John Mueller, kan, orang Google, masa ngga percaya?

Satu hal yang kudu kita paham, untuk SEO, jangan pernah menelan mentah-mentah alias jangan percaya 100% siapapun yang menyampaikan terkait teknik SEO, bahkan walaupun dia adalah orang dari Google.

Kecuali kita uda praktekin dan ngeliat sendiri hasilnya.


d. Pendapat ke-2 : Untuk mencapai puncak halaman 1 Google, kita perlu nulis artikel pilar. Menurut Kontensiana, artikel pilar sendiri setidaknya ditulis minimal 2.000 sampai 10.000 kata.

PanduanIM, situs yang fokus ngebahas internet marketing ini ngerekomendasiin supaya artikel ditulis minimal 2000 kata. Itu pun tetep kudu ngeliat kualitas kompetitor. Selama jumlah kata yang kita tulis kalah dengan kompetitor, maka jangan harap bisa menyainginya.

Di lansir dari situs Whiteboard Marketing, menurut Forbes, rata-rata laman web yang memuat 600 sampai 700 kata sangat optimal untuk SEO. Forbes melanjutkan, laman web yang memuat tidak lebih dari 300 kata, sangat kecil bisa muncul di laman satu mesin pencarian.

Sedangkan, menurut Searchengingland, konten yang lebih panjang, 1000 kata ato lebih, cenderung lebih gampang buat masuk ke laman satu Google.

So, karna kedua pendapat di atas samakuatnya, kita saranin untuk boleh memilih salah satu dari keduanya. Kalo kita nulis artikel ringan, silahkan ikuti pendapat Forbes. Tapi, kalo kita menulis artikel pilar, silahkan ikuti nasehat Searchengingland.

e. Pendapat Pakar SEO Indonesia dan Luar

Sebagian besar pakar Jasa SEO Jakarta Barat, Pakar SEO Indonesia, maupun luar negeri berpendapat, makin panjang sebuah artikel, semakin bagus peringkatnya di halaman pencarian Google.

f. Berapa jumlah kata yang direkomendasikan pakar SEO?

Jumlah kata yang direkomendasikan berbeda-beda, berikut beberapa pendapatnya :

  • Ada yang mengatakan 1.000 kata
  • Ada yang mengatakan 1.500 kata
  • Ada yang mengatakan 2.000 kata

g. Mana yang harus diikuti?

Nah, balik lagi, jangan mudah percaya sebelum kalo kita belum nyoba sendiri. Tes dan ukur, artikel dengan jumlah kata berapa yang mudah masuk halaman satu Google.

h. Berdasarkan pengalaman

Kali ini kita bahas berdasarkan pengalaman dalam mengoptimasi. Ini berdasarkan pengalaman kita, ya, mungkin akan berbeda dengan pengalaman yang lain, atau praktisi SEO lainnya.

Pada tahun 2019 saat badai update algoritma Google datang, banyak website yang kita kelola peringkatnya turun drastis. Walau ada juga yang justru sebaliknya, peringkatnya naik.

Dari sini kita ngelakuin analisa, kenapa website A peringkatnya turun dan kenapa website B peringkatnya justru naik. Dan dapatlah beberapa perbedaan yang mencolok antara keduanya.

Jadi, dari data yang ada, salah satu penentunya adalah terkait jumlah kata. Berikut fakta yang didapatkan:

  • Halaman website dengan jumlah kata di bawah 1.000, kebanyakan peringkatnya turun. Kebanyakan ya, tidak semua.
  • Halaman website dengan jumlah kata di atas 1.000, kebanyakan peringkatnya tetap atau justru naik. Ini juga kebanyakan, tidak semua.

Berdasarkan data ini, salah satu perbaikan yang dilakukan adalah menambah jumlah kata di dalam halaman yang peringkatnya turun. Berikut hasilnya :

Optimasi Artikel SEO

Ini adalah diagram traffic dari salah satu web yang kami kelola, dapat dilihat pada bulan Oktober 2019 traffic-nya masih stabil dan di November 2019 mengalami penurunan, terus menurun sampai di Desember 2019.

Pada pertengahan Desember 2019, setelah melakukan berbagai analisa dan menemukan masalah yang salah satunya adalah jumlah kata pada artikel yang terlalu sedikit.

Kita melakukan perbaikan termasuk menambah jumlah kata pada halaman website yang terdampak dan hasilnya bisa dilihat pada akhir Desember 2019 traffic-nya mulai kembali naik.

Di Januari 2020, traffic terus naik hingga di Februari 2020, traffic masih terus mengalami kenaikan.

Apakah semua website yang turun peringkatnya kembali naik setelah penambahan jumlah kata?

Sebagian besar iya, masih ada beberapa website yang traffic-nya belum kembali dan masih kami analisa mengapa hal ini bisa terjadi.

Kalau secara persentase, 80-90% traffic kembali naik setelah kami lakukan perbaikan termasuk dengan menambah jumlah kata. Hanya sekitar 10-20% yang belum kembali. Namun, saat ini sudah menunjukan tanda-tanda peningkatan traffic setelah kami optimasi dengan teknik lainnya.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa kita ambil adalah:

  1. Tidak ada yang salah dengan perkataan John Mueller yang seolah-olah mengatakan jumlah kata tidak mempengaruhi peringkat.
  2. Tidak ada yang salah juga dengan perkataan Pakar SEO yang mengatakan jumlah kata sangat mempengaruhi peringkat.

Jadi semakin banyak jumlah kata semakin baik dalam optimasi itu?

Dari hasil analisa dan perbaikan yang dilakukan terhadap halaman website yang peringkatnya turun, penambahan jumlah kata memang bisa memperbaiki peringkat.

Yang perlu diingat bukan hanya karena itu, namun juga ada faktor lainnya yang perlu kita perhatiin.

Apa itu?
Kembali ke User Experience

Maksudnya seperti apa?
Menulis artikel sepanjang apapun, ato ngeakuin perbaikan peringkat dengan menambah jumlah kata sebanyak apapun bakal sia-sia kalo ngga merhatiin faktor user experience.

Kebanyakan orang, mungkin juga kita juga, bisa menulis dengan jumlah kata yang sangat banyak. 1.000 bahkan sampai 2.000 kata pun mampu ditulis.
Tapi:
1. Apakah tulisan tersebut nyaman dibaca?
2. Apakah user akan bertahan membaca tulisan kita sampe habis?
3. Apakah tampilan dari halaman website kita uda bagus sehingga menarik untuk dibaca?
4. Apakah waktu liat tulisan kita, pembaca langsung ninggalin blog kita karna mereka ngerasa tulisan kita terlalu panjang.
5. Apakah saat membaca tulisan itu pembaca hanya bertahan membaca beberapa paragraf aja.

Hal ini juga yang perlu kita perhatiin selain nulis artikel yang cukup panjang.

Dapat dipahami, ya?

Masih ada pertayaan #MasBro #MbakBro pelanggan Jasa SEO Jakarta Barat ?

Ada juga yang nanya
artikel seo adalah, contoh artikel seo, cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca, cara membuat artikel dan contohnya, cara membuat artikel kesehatan, contoh artikel 2000 kata, contoh artikel yang menarik untuk dibaca, cara membuat artikel untuk tugas kuliah,

Masih ada pertanyaan tentang SEO?
Ato… butuh Jasa SEO Jakarta Barat buat promosi ato naikin penjualan?
Silahkan ngobrol sama konsultan SEO kita ya.
Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber tulisan
defriansyah.net dibaca 12:14 WIB pada hari Jumat tanggal 6 Maret 2020
panduanmenulis.com dibaca 12:14 WIB pada hari Jumat tanggal 6 Maret 2020

5 tanggapan pada “#BelajarSEO Tingkat Menengah (2): Artikel SEO Harus 2.000 Kata?”

  1. Pingback: Domain Authority adalah ... - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  2. Pingback: #BelajarSEO Tingkat Menengah (3) : SEO Konten Visual - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  3. Pingback: #BelajarSEO Tingkat Menengah (3) : 19++ Cara Mempercepat Loading Website - Jasa SEO Jakarta Indonesia

  4. Pingback: Tingkatkan Traffic dan Penjualan dengan 7++ Cara Content Marketing Ini

  5. Pingback: 6++ Cara Tingkatkan Traffic dan Penjualan dengan Content Marketing Ini

Tinggalkan Balasan