Gaji 13

Berapa Gaji 13?

Gaji ke-13 itu buat para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indo. Gaji ini biasanya dibayarkan menjelang Lebaran sebagai bonus buat para PNS.

Tapi, berapa gajinya? Nah itu berbeda-beda tergantung jabatan atau kelas jabatan. Semakin tinggi jabatan, semakin gede gajinya. Aturannya diatur di Pasal 6 UU Nomor 11 Tahun 2022.

Buat lo yang penasaran tentang besaran gaji ke-13 PNS yang cair Juni 2023, lo bisa cek berapa besaran yang bakal lo dapetin dengan ngecek peringkat jabatan atau kelas jabatan lo.

Aturannya terdapat dalam Pasal 2 PP Nomor 15 Tahun 2023 Pasal 12. Nah, buat besarannya, ini rinciannya:

  • Gaji pokok
  • Tunjangan keluarga
  • Tunjangan pangan dalam bentuk uang
  • Tunjangan jabatan atau tunjangan umum
  • 50% tunjangan kinerja

Tapi, ada perbedaan buat CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) pusat. Mereka dapet 80% dari gaji pokok PNS, ditambah tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan umum, dan 50% tunjangan kinerja sesuai jabatan dan pangkat.

Jadi, ini info penting buat para PNS nih, bro! Pastiin lo cek dengan baik buat tau berapa THR yang lo dapat.

Kadang pembayarannya telat dikit gara-gara urusan administrasi.

Semoga info ini membantu, bro! 💼💵😎💼💵😄

Sumber
Arrijal Rachman. 2023. Gaji ke-13 Cair! Ingat Dibayar Tak Full 100% & Tak Serentak. kita baca pukul 07:00 WIB, Senin, 9 Oktober 2023. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230616061623-4-446410/gaji-ke-13-cair-ingat-dibayar-tak-full-100-tak-serentak#:~:text=Adapun%2C%20pencairan%20gaji%20ke%2D13,ASN%20dalam%20membiayai%20sekolah%20anak.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *