14 Tempat Wisata di Jogja Terbaik di 2021 yang Cocok untuk Semua Orang

[16.51, 24/5/2021] Mulyana: Wajib ke berbagai tempat wisata ini saat liburan ke Jogja!
Siapa sih yang enggak pengen liburan ke Jogja?
Jogja memang lengkap banget. Semua jenis tempat wisata ada di Jogja, dan semuanya terasa menyenangkan buat dikunjungi. Kota Pelajar ini punya segalanya: baik itu tempat wisata budaya, kuliner, wisata alam, hingga wisata yang “Instagramable” pun ada.
Baik itu kamu pertama kali liburan ke Jogja, atau udah berkali-kali dan butuh ide tempat wisata baru yang bisa dikunjungi, kamu bakal menemukannya di daftar rekomendasi tempat wisata di Jogja ini!
Manfaatkan Promo Klook x MPWR untuk Liburan Kamu!
KV Klook x MPWR
Menyambut bulan Ramadhan tahun 2021 ini, Klook bersama MPWR menghadirkan promo spesial diskon 10% hingga Rp 50.000 untuk produk-produk Klook!
Diskon ini bisa kamu dapatkan hanya dengan memasukkan kode promo KLOOKPWR saat melakukan pembelian minimal Rp 100.000.
Kode promo ini bisa digunakan untuk pembelian semua produk Klook kecuali . Jadi manfaatkan sekarang juga untuk kebutuhan kamu selama libur Lebaran nanti.
— First Timer Wajib ke Sini! —
Baru pertama kali ke Jogja? Tempat-tempat ini wajib banget kamu kunjungi biar kamu “sah” udah liburan ke Jogja.

  1. Jalan Malioboro
    Klook – Malioboro Street Jogja – Tempat Wisata di Jogja
    Jelas saja tempat wisata di Jogja yang satu ini wajib ada di nomor 1. Kamu betul-betul belum ke Jogja namanya kalau enggak mampir atau paling enggak lewat Jalan Malioboro!
    Selain untuk beli oleh-oleh, kamu juga bisa makan-makan di area Malioboro. Apalagi kalau malam, banyak banget warung tenda berdiri di sini.
    Kalau kamu liburan ke Jogja dengan kereta, kamu bisa langsung berjalan kaki dari Stasiun Tugu Yogyakarta ke Jalan Malioboro karena lokasinya berseberangan. Apalagi kalau kamu tiba di sore hari. Duh, cocok banget untuk langsung isi perut di area Malioboro!
  2. Kraton Yogyakarta
    Keraton Yogyakarta – Tempat Wisata di Jogja
    Kredit Foto: Galih Yoga Wicaksono / Shutterstock
    Jogja adalah sebuah Daerah Istimewa, yang dipimpin oleh seorang raja yaitu Sultan Hamengkubuwono X. Seorang raja tentu saja butuh istana, dan Kraton Yogyakarta adalah istananya. Sejarah panjang Kesultanan Yogyakarta pun bisa kamu lihat langsung di sini.
    Kamu bisa mengunjungi Kompleks Utama Kraton Yogyakarta yang dibuka untuk umum pada pukul 08.30 – 13.00 WIB, kecuali Jumat hanya sampai 11.00 WIB. Ada pemandu yang bisa menemanimu menjelajahi area Kraton. Tetapi kalau kamu ingin berjalan-jalan sendiri pun tak masalah.
    Harga tiket masuk Kraton Yogyakarta sangat murah, hanya Rp 5.000 untuk wisatawan domestik dan tambahan Rp 1.000 untuk izin berfoto.
    Kraton Yogyakarta
    Waktu Buka: Setiap hari, 08.30-13.00 WIB (kecuali Jumat, 08.30-11.00 WIB)
    Tiket Masuk: Mulai dari Rp 5.000 untuk wisatawan domestik
  3. Alun-Alun Selatan
    Alun-Alun Kidul Yogyakarta
    Kredit Foto: Anwar sadad / Shutterstock
    Alun-Alun Selatan merupakan salah satu Sultan’s Ground yang, sesuai namanya, terletak di selatan Kraton, namun masih di dalam area Benteng Kraton Yogyakarta. Sedikit berbeda dengan Alun-Alun Utara yang biasanya hanya ramai ketika ada event besar yang digelar, Alun-Alun Selatan selalu ramai hampir setiap harinya.
    Di sinilah warga lokal maupun wisatawan bisa refreshing sambil bermain badminton, duduk-duduk santai, ngemil di warung tenda, atau malah keliling Alun-Alun menggunakan kereta hias! Semakin sore, biasanya semakin banyak orang yang datang ke sini, membuat area ini makin semarak. Oh ya, kalau pertama kali ke sini, jangan lupa mencoba tantangan berjalan melewati dua pohon beringin di tengah lapangan dengan mata tertutup. Konon, yang kita inginkan akan terkabul jika kamu berhasil melakukannya!
    Alun-Alun Selatan Yogyakarta
    Waktu Buka: 24 jam
    Tiket Masuk: Gratis!
  4. Taman Sari
    Taman Sari Jogja – Tempat Wisata di Jogja
    Kredit Foto: masbet christianto / Pixabay
    Masih berada di dalam area Benteng Kraton Yogyakarta, Taman Sari dulunya adalah pemandian pribadi bagi sultan dan para permaisurinya. Meski kini sudah tak digunakan lagi, Taman Sari kini menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi, terutama jika kamu baru pertama kali ke Jogja.
    Selain area pemandiannya yang unik, kamu juga bisa menelusuri lorong-lorong bawah tanah di Taman Sari yang selain punya nilai sejarah, tapi juga Instagramable banget, terutama area masjid bawah tanahnya yang punya arsitektur tangga yang unik!
    Masjid Bawah Tanah – Sumur Gumuling Taman Sari – Tempat Wisata di Jogja
    Kredit Foto: @afifrikza
    Kredit Foto: | In Frame:
    Taman Sari
    Waktu Buka: Setiap hari, 09.00-15.00 WIB
    Tiket Masuk: Mulai dari Rp 5.000 untuk wisatawan domestik
  5. Tugu Yogyakarta
    Tugu Yogyakarta – Carolus Abi on Unsplash
    Kredit Foto: carolus abi / Unsplash
    Tugu Yogyakarta adalah salah satu area ikonik lainnya di Jogja yang enggak boleh dilewatkan wisatawan, apalagi kalau baru pertama kali liburan ke Jogja. Umumnya, Tugu Yogyakarta adalah tempat berfoto yang wajib dikunjungi untuk membuktikan kalau kamu beneran udah ke Jogja!
    Berfoto dengan latar belakang Tugu memang agak tricky, tapi Klook bisa kasih tipsnya ke kamu: kamu bisa berfoto dari pinggir jalan seberangnya – dengan timing yang bagus, kamu akan bisa mendapatkan foto yang ciamik!
    Cara lainnya adalah dengan mampir ke restoran dan kafe yang terletak tepat di seberang Tugu. Biasanya restoran ini punya teras lantai 2, dan kamu bisa berfoto dari atas sana! Tentu aja kamu harus beli makanan dan minuman dulu ya di sini, jangan langsung masuk dan berfoto gitu aja.
    Tugu Yogyakarta
    Waktu Buka: Setiap hari, 09.00-15.00 WIB
    Tiket Masuk: Mulai dari Rp 5.000 untuk wisatawan domestik
  6. Candi Prambanan
    Klook in Candi Prambanan Yogyakarta – Tempat Wisata di Jogja
    adalah candi Hindu terbesar di Indonesia, dan terletak di Klaten, tepatnya perbatasan antara Jogja dengan Jawa Tengah. Candi ini menjadi salah satu tempat wisata di Jogja yang paling populer, dan bahkan menjadi tempat syuting bagi variety show Netflix, Twogether, yang dibintangi Lee Seung-gi dan Liu Yi-hao.
    Candi Prambanan dibangun sekitar tahun 850 Masehi, oleh Raja Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno. Sebagian area candi berhasil dipugar setelah runtuh karena ditelantarkan dan berbagai bencana alam, namun sebagian lainnya tidak bisa dibangun kembali dan akhirnya dikumpulkan berserakan di sekitar kompleks candi. Diperkirakan, dulunya ada sampai 240 candi di area Candi Prambanan, meski kini hanya tersisa 18 candi saja.
  7. Candi Borobudur
    Candi Borobudur Stupa
    Oke, oke. memang tidak berada di area Yogyakarta, melainkan di Muntilan, Jawa Tengah. Namun candi Buddha terbesar di dunia ini adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi jika kamu sedang liburan ke Jogja! Jaraknya dari pusat kota Jogja adalah sekitar 40km, atau 1,5 jam dengan mengendarai mobil. Enggak terlalu jauh kan?
    Klook in Candi Borobudur
    Berbentu persegi dengan 9 platform dan satu candi utama di puncaknya, bentuk Borobudur benar-benar indah baik dilihat dari sekitarnya maupun dari ketinggian. Dindingnya berukir, dan bukan sekadar ukiran – namun jalinan cerita baik kondisi masyarakat di masa itu hingga cerita-cerita Buddha.
    Candi Borobudur terutama populer banget di masa Waisak, ketika acara pelepasan lampion dilakukan sebagai bagian dari perayaan Waisak di sana. Selain itu, Candi Borobudur juga merupakan tempat wisata terbaik untuk melihat sunrise lho! Enggak heran kamu juga bisa menemukan , di mana kamu bisa menikmati pengalaman sunrise yang berbeda.
  8. Pantai Parangtritis
    Sunset Pantai Parangtritis – Naufal Ilham S on Shutterstock
    Kredit Foto: Naufal Ilham S / Shutterstock
    Meski Pantai Parangtritis memang sangat “turis banget”, tapi bagi kamu yang pertama kali ke Jogja, pantai ini tetap wajib kamu kunjungi. Dengan garis pantai yang cukup panjang dan area pasir pantai yang sangat luas, ada banyak hal yang bisa kamu nikmati di Parangtritis, baik itu berburu foto keren di gundukan pasir, mengendarai ATV atau malah delman, bermain pasir, atau sekadar duduk-duduk menikmati angin laut.
    Pantai Parangtritis juga merupakan salah satu pantai terbaik untuk menikmati sunset, jadi usahakan datang menjelang sore hari untuk mendapatkan pemandangan terbaik di sini!
    — Cocok untuk Pecinta Outdoor —
    Butuh wisata alam saat liburan di Jogja? Tenang, Jogja punya banyak banget tempat wisata alam, kok! Dari yang menantang fisik hingga tempat bersantai, semuanya ada di sini.
  9. Lereng Gunung Merapi
    Gunung Merapi Jogja – Eugenia Clara on Unsplash
    Kredit Foto: Eugenia Clara / Unsplash
    Ada dua pilihan yang bisa kamu pilih untuk mengunjungi Gunung Merapi: mendakinya ataupun mengikuti tour dengan mobil jeep ke area Kaliadem di lereng Gunung Merapi. Jika mendaki menjadi pilihanmu, kamu tentu harus memiliki persiapan ekstra karena mendaki Gunung Merapi tidaklah mudah. Namun jika tour dengan jeep, kamu bisa melakukannya kapan saja.
    Kaliadem Merapi Jeep Tour
    Kamu bisa memesan melalui Klook, di mana kamu bisa memilih berapa jumlah rombongan yang akan mengikuti tour ini. Kamu bisa melihat langsung Bunker Kaliadem, bekas-bekas letusan Gunung Merapi beberapa tahun lalu, dan tentu saja, kegagahan gunung ini dari dekat!
  10. Goa Jomblang
    Jomblang Klook
    adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang meroket popularitasnya dalam 5 tahun terakhir. Penyebabnya apa lagi kalau bukan karena “Cahaya Surga”-nya yang populer banget di Instagram!
    Meski begitu, dibutuhkan fisik yang mumpuni untuk mengunjungi tempat wisata di Jogja yang satu ini karena kamu akan diturunkan ke dasar sebuah cekungan besar sedalam 60 meter, lalu kemudian melanjutkan perjalanan dengan trekking selama beberapa menit ke dalam perut goa. Treknya yang berlumpur menjadikan perjalanan ke dalam Goa Jomblang juga jadi tak mudah.
    Goa Jomblang Klook Trip
    Namun, setelah sampai ke dalam gua, pemandangannya akan bikin kamu melupakan rasa lelah setelah berjalan jauh. Memang sekeren itu!
  11. Hutan Pinus Pengger
    Hutan Pinus Pengger – Tempat Wisata di Jogja
    Hutan Pinus Pengger adalah sebuah tempat wisata di Jogja yang enggak hanya menyajikan pemandangan hutan pinus yang magis, tapi juga punya berbagai struktur unik yang dibuat dari pepohonan! Tempat ini pas banget untuk kamu kunjungi pada pagi atau sore hari, karena udara di sini sangat adem dan kamu bisa mencium harumnya pinus yang menyegarkan.
    Hutan Pinus Pengger – Tempat Wisata di Jogja (3)
    Ada banyak spot foto di Hutan Pinus Pengger – kamu bisa foto-foto di instalasi seni yang berbentuk tangan raksasa di sini. Dengan latar belakang pemandangan panorama kota, kamu bisa berburu banyak foto yang unik di sini, atau di instalasi unik lainnya yang benar-benar terbuat dari kayu.
  12. Goa Pindul dan Sungai Oyo
    Goa Pindul & Sengai Oyo River Tubing Klook
    , yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, merupakan goa wisata yang bisa dikunjungi turis. Bedanya dengan Goa Jomblang, Goa Pindul memiliki sungai bawah tanah yang menyambung ke Sungai Oyo, dan kamu bisa menyusuri sungai dengan ban atau river tubing di sini!
    Kalau kamu belum pernah mencoba river tubing sebelumnya, ini bakal jadi pengalaman yang enggak terlupakan buat kamu! Apalagi harga paket untuk river tubing di Goa Pindul dan Sungai Oyo ini sangat murah, !
  13. Waduk Sermo
    Camping Waduk Sermo Jogja 1
    Camping Waduk Sermo Jogja 2
    Kredit Foto: Nuvantara
    adalah sebuah waduk besar di Kabupaten Kulon Progo. Selain berfungsi sebagai penampungan air untuk saluran irigasi area pertanian dan perkebunan, pemandangan indah di Waduk Sermo bikin tempat ini juga jadi salah satu wisata alam terbaik di Jogja!
    Kalau mau liburan yang berbeda, coba deh pengalaman unik camping di tepi Waduk Sermo untuk liburan outdoor yang seru dan gak terlupakan ! Di sini kamu juga bisa mencoba aktivitas tambahan lain seperti bermain kano atau kayak, serta memancing.
    Kamu bisa ikutan supaya lebih mudah. Kamu tinggal bawa diri karena akan disiapkan tenda dan campervan di sana, serta berbagai fasilitas lain seperti sarapan dan makan malam, api unggun, hingga BBQ.
    Lewat tour ini, kamu pun bisa memesan aktivitas tambahan seperti melukis di tepi danau, pemutaran film outdoor, kayak, dan memancing!
  14. Pantai Nglambor
    Pantai Nglambor – Wisata Alam Jogja
    adalah salah satu dari sekian banyak pantai di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Namun di antara pantai lainnya, Pantai Nglambor cukup unik karena pantainya cocok banget untuk snorkeling dan berenang – sesuatu yang enggak mudah dilakukan pantai lain di selatan Jogja karena ombaknya yang besar.
    Keunikan Pantai Nglambor disebabkan oleh dua gunung karang yang berada di depan bibir pantai, yang memecah ombak sehingga ombak besar tidak sampai di area Pantai Nglambor! Inilah yang bikin Pantai Nglambor cocok buat snorkeling, karena airnya relatif tenang dan bisa dibilang seperti kolam tersendiri.
    Perjalanan ke Pantai Nglambor dari kota Jogja cukup memakan waktu karena jarak yang jauh. Kamu bisa mengikuti jika ingin ke sini dengan lebih mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *