4 Media Sosial Populer untuk Bisnis

Salam #MasBro #MbakBro

Media sosial memang sangat cocok buat jadi salah satu tools marketing Anda. Di bawah ini kami uraikan aplikasi media sosial yang populer di Indonesia. Tentunya Anda tak perlu menggunakan semuanya untuk bisnis Anda.

Cukup gunakan platform yang memang sesuai dengan target bisnis Anda. Kira-kira sosmed mana yang bakal sesuai dengan bisnis Anda? Langsung saja lihat uraiannya di bawah ini.

1. YouTube

Tahukah Anda predikat jumlah pengguna media sosial terbanyak dipegang oleh Youtube. Dari total 150 juta pengguna internet di Indonesia, 88 persen penggunanya menggunakan Youtube untuk memutar video, terutama video musik.

Banyaknya jumlah pengguna Youtube di Indonesia ini tentu sangat menguntungkan bagi Youtube. Namun, tak hanya bagi Youtube, para pemilik bisnis yang ingin mengenalkan dan mempromosikan bisnis juga diuntungkan.

Memangnya apa saja manfaat yang didapatkan dari menggunakan YouTube untuk bisnis Anda?

-Mendemonstrasikan produk-Branding bisnis Anda-Meningkatkan brand awareness-Memecahkan masalah customer

Dengan menggunakan YouTube, Anda bisa membuat konten video yang sesuai dengan target audience atau target pasar Anda

2. WhatsApp

Hampir semua pengguna internet di Indonesia menggunakan WhatsApp. Mungkin Anda salah satunya. Ada sekitar 124 juta pengguna internet menggunakan WhatsApp di gadget mereka. Penggunanya pun beragam, mulai dari usia 16 tahun hingga 64 tahun.

Mereka biasanya menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman. Fitur-fitur yang mudah digunakan seperti chat, panggilan suara, dan video jadi favoritnya.

Tak hanya untuk komunikasi antar kerabat dan kolega, kini pemilik bisnis juga bisa memanfaatkannya untuk bisnis mereka. WhatsApp telah meluncurkan platform khusus bisnis, yaitu WhatsApp Bisnis.

Berbeda dengan WhatsApp yang biasa digunakan banyak orang, WhatsApp Bisnis punya fitur khusus yang dapat menunjang kebutuhan komunikasi dan pemasaran pemilik bisnis.

3. Facebook

Facebook merupakan media sosial dengan jumlah penggunanya yang selalu meningkat. Pada 2018, jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai 130 juta pengguna.

Dari jumlah tersebut, rentang usia terbanyak yang menggunakan Facebook yaitu usia 20-29 tahun.

Populernya Facebook sebagai media sosial di Indonesia cocok sekali jadi ladang untuk mengenalkan bisnis Anda. Ditambah lagi target audience Anda banyak yang menggunakan Facebook.

Tak hanya mengenalkan bisnis, Facebook juga bisa Anda gunakan untuk meningkatkan engagement, traffic website, dan mendapatkan leads.

Lalu, bagaimana caranya?

Buatlah halaman Facebook bisnis dan isi dengan konten-konten yang menarik sesuai target bisnis Anda.

Anda bisa membuat tutorial singkat penggunaan produk, update produk, hingga testimoni dari pelanggan. Tak melulu memasarkan produk, Anda juga bisa membagikan konten ringan atau kuis.

4. Instagram

Hampir menyaingi Facebook, Instagram ternyata memiliki lebih dari 61 juta pengguna aktif di Indonesia.

Fakta menariknya, jumlah pengguna Instagram didominasi pengguna usia 18-24 tahun.

Jika target audience bisnis Anda banyak menggunakan Instagram, mempromosikan bisnis di Instagram wajib Anda lakukan.

Apalagi menurut survey, sebanyak 45 persen pengguna Indonesia sering membeli produk yang mereka lihat di Instagram.

Nah, di Instagram, Anda bisa membuat konten menarik dengan memanfaatkan beberapa layanan, seperti Feed, Instagram Story, dan IG TV.

Dengan layanan itu, Anda bisa membuat membuat konten untuk promosi produk, launching produk terbaru, video testimonial, hingga sesi live di Instagram Live. Anda juga bisa membuat video tutorial di IG TV

Misalnya, seperti The Body Shop Indonesia. Mereka membuat membuat konten tutorial makeup dan skincare routine di IG TV akun Instagramnya.

Audiens pun tertarik dengan tutorial tersebut sehingga video itu bisa mendapatkan engagement yang tinggi.

Semoga bermanfaat 😄

4 tanggapan pada “4 Media Sosial Populer untuk Bisnis”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *