Apa Itu URL?

Cari Uang di Internet

Salam #MasBro #MbakBro

URL konten udah ada kata kuncinya?
Emang harus ya?
Sebenernya apa itu URL?

Obrolan kita ini adalah lanjutan dari pembahasan kita sebelumnya tentang judul.
Berikut daftar video tentang Cara Membuat Judul SEO…
1. 1++ Cara Gampang Membuat Judul Menarik
2. 3++ Prinsip Dasar Membuat Judul Berkualitas dan Menarik 1000++ Pembaca
3. Bermodal Judul!!! Website Ini Dapat Pengunjung 1 JUTA 1 Bulan
4. Kenapa Penting Membuat Judul Artikel yang Menarik?
5. Ga Banyak yang Tau!!! 15++ Format Judul Artikel SEO Ini

Pembahasan judul diatas itu ga dipisahin dari URL. Judul itu penting. Dalam judul harus ada kata kunci. Dalam URL pun sebaiknya ada kata kunci. Oh iya, Faktanya #MasBro #MbakBro banyak orang yang mikir kalo URL adalah alamat website. Padahal ga semata-mata kek gitu.

APA ITU URL?

Kepanjangan dari URL adalah Uniform Resource Locator dimana hal ini merujuk pada karakter tertentu, biasanya berupa angka, huruf, dan simbol, yang menuju ke alamat di world wide web (www). URL dipake buat mengidentifikasi lokasi sebuah file dalam internet. URL dipake ga hanya buat membuka sebuah website, tapi juga buat mengunduh video, gambar, halaman hypertext, dan yang lainnya.

Penggunaan URL sama dengan ketika #MasBro #MbakBro ingin membuka sebuah file di komputer atau laptop yang bisa dilakuin hanya dengan double click. Tapi, karna #MasBro #MbakBro ga punya akses fisik langsung pada file yang ada di remote computer atau dalam hal ini website di internet, jadi harus menggunakan URL untuk mengetahui dimana letak file tersebut.

#MasBro #MbakBro
Tau ga?
URL baru ditemuin oleh Tim Barnes-Lee di tahun 1991 dengan tujuan untuk memudahkan penulis membuat dokumen ato artikel dan mempublikasikannya ke world wide web.

APA FUNGSI URL?

1. Identifikasi alamat website;
2. Mindahin user dari satu halaman ke halaman lain lewat hyperlink.
3.
URL bisa juga dipake buat penamaan file yang tersimpan dalam website.
4. Identifikasi file (dokumen, gambar, video, tulisan, dan lain-lain) dalam website.
5.
Bisa dipake buat pemberian alamat pada setiap web yang berisi dokumen.
6.
Mempermudah user mengingat alamat dokumen yang pernah diakses.

JENIS DAN STRUKTUR  URL

Ada 2 jenis URL, yaitu …
1. URL Relative
URL yang dipake buat mengalamatkan direktori dokumen pada domain yang sedang aktif.
Contoh | …image.png.
2. URL Absolute
URL yang menjadi domain yang berisi lengkap dengan direktori file.
Contoh | https://dewaweb.com/images/images.png

Sebenarnya, #MasBro #MbakBro ga harus mengetahui detail struktur URL. Saat akan mengakses sebuah website ato dokumen di internet. Tapi, tau lebih dalam tentang struktur URL sama aja waktu #MasBro #MbakBro pengen tau kode telepon di suatu area.

Sebagai contoh, alamat URL https://niagahoster.kekitaan.com/od/driversites/tp/apa-itu-url.html: strukturnya adalah sebagai berikut:
1. https://

Nunjukin protokol dimana fungsinya adalah nentuin jenis
server yang berhubungan dengan kita;
2. niagahoster.
adalah nama host untuk mengakses website khusus;
3.
kekitaan.
nama domain
4.
com.
top level domain
5.
/od/driversites/tp/
adalah nama folder yang kita klik untuk membuka dokumen yang dituju, sekaligus mewakili direktori untuk pengaturan halaman
web ato file.
6.
apa-itu-url.html:
merupakan file yang sebenernya ditunjuk oleh URL.

Tapi, untuk lebih mudahnya, URL bisa dibagi menjadi 3 bagian tertentu yaitu protokol, domain, dan permalink / path. Berikut penjelasannya…

  1. Protokol
    Protokol dalam URL berguna sangat penting, karna kasih informasi kepada Server apakah suatu Website HTTP, HTTPS dan WWW.
  2. Domain
    Biasanya menjadi 1 paket dengan Web Server. Biasanya Developer web pake jasa Domain dan Server gratis seperti blogger dan wordpress. Terkadang juga pake versi berbayar seperti niagahoster.
    Ada domain ada juga yang namanya sub domain yang pada awalnya mengikuti Domain aslinya.
    Contohnya seperti seo-kekitaan.com yang memiliki domain kekitaan.com.
  3. Permalink / Path
    Pada umumnya URL pake Permalink / Path absolute. Permalink ini ngikutin pengaturan yang dibuat sama developer website. Semakin banyak halaman website maka permalink pada URL ini akan semakin banyak. Hal ini sesuai dengan kategori ato urutan yang dibuat developer. Permalink ini biasanya akan dikasih tanda (/) garis miring untuk penanda dari direktori.

Selain itu, ada juga aturan sintaks URL yang dipake dalam bahasa pemrograman. Aturan ini bisa ngarahin kita ke website ato direktori file yang lebih spesifik. Kesalahan dalam URL biasanya ditandai dengan munculnya error 404 yang disebabkan oleh kesalahan kode status 400. Itu jawaban kalo #MasBro #MbakBro bertanya apa arti http url not found?.

Selain itu, kemudahan lain yang ditawarin sistem URL adalah kita ga perlu tau alamat sebenernya buat mengakses alamat IP server. Hal ini karna IP server address dapat berfungsi menjadi Homepage URL dan alternative link URL. #MasBro #MbakBro bisa pake keduanya untuk bisa mengakses sebuah direktori dokumen.

Masih ada pertanyaan tentang istilah SEO lainnya?
Ato… butuh Jasa SEO buat promosi ato naikin penjualan?
Silahkan ngobrol sama konsultan SEO kita, klik kekitaan.com/tanyaSEO

Seneng bisa berbagi.
Pasti bermanfaat.

Sumber tulisan
dewaweb.com dibaca 10:27 WIB pada hari Jumat tanggal 20 Mei 2020
nextekno.com dibaca 10:27 WIB pada hari Jumat tanggal 20 Mei 2020

Kata kunci lain yang dicari…
contoh url, url wishlist adalah, cara membuat url, jaringan url, url web, fungsi url, contoh alamat website, apa yang dimaksud dengan url dan contohnya, url singkat deskriptif, url, apa itu url, apa yang dimaksud dengan url, kepanjangan dari url, apa arti url, apa yang dimaksud url, bagian url, url artinya, cara membuat url di google, membuat url, apa kepanjangan dari url, pengertian url dan contohnya, cara membuat situs url di google adsense, apa kepanjangan url, apa yg dimaksud url, apa arti http url not found, apa yg dimaksud url, kepanjangan url adalah, apa arti dari url, apa maksud url, apa yg dimaksud dengan url, url situs adalah, penjelasan url, url kepanjangan, apa singkatan dari url, apa itu alamat url, contoh url dan penjelasannya, apa pengertian url, url adalah dan contohnya, jenis url, apa itu url situs web, pengertian url adalah, url apa itu, pengertian url dan homepage, apa singkatan url,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *