berapa gaji arsitek

Berapa Gaji Arsitek di Indonesia?

Gaji arsitek di Indonesia dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti tingkat pengalaman, keterampilan, spesialisasi, dan lokasi pekerjaan, hal ini juga berlaku bagi pekerjaan lainnya, termasuk untuk gaji Urban Planner. Berdasarkan data yang tersedia, rata-rata gaji pekerjaan ini di Indonesia berkisar antara Rp11.300.000 hingga Rp21.700.000 per bulan. 

Angka ini biasanya sudah termasuk berbagai tunjangan, seperti perumahan, transportasi, serta manfaat lain yang ditawarkan oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Nah, untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut!

Gaji Arsitek Berdasarkan Jabatan

Secara umum, gaji mereka di Indonesia untuk posisi reguler atau umum berkisar sekitar Rp15.700.000 per bulan. Namun, ini bisa meningkat seiring dengan peningkatan tanggung jawab dan posisi dalam perusahaan. Selain itu, pendapatan seorang arsitek dapat bervariasi berdasarkan proyek yang ditangani dan peran spesifik mereka dalam tim.

Gaji Arsitek Berdasarkan Pengalaman

Bagi arsitek fresh graduate, yaitu mereka yang baru lulus dan memiliki pengalaman minim di industri, gaji bulanan biasanya berada di rentang Rp3.500.000 hingga Rp5.500.000. Pada tahap awal ini, mereka biasanya akan menangani tugas-tugas dasar, seperti menggambar desain, mempersiapkan presentasi, serta membantu survei lapangan.

Gaji Junior

Jabatan junior dengan pengalaman 1-3 tahun biasanya mendapatkan gaji antara Rp4.000.000 hingga Rp7.000.000 per bulan. Pada posisi ini, mereka sudah mulai terlibat lebih dalam dalam pembuatan desain konseptual, pengembangan gambar teknis, dan berkoordinasi dengan tim yang lebih senior.

Gaji Menengah

Posisi menengah, yang memiliki pengalaman 3-5 tahun, biasanya mendapat gaji antara Rp8.000.000 hingga Rp12.000.000 per bulan. Mereka sering bertanggung jawab atas proyek yang lebih besar, mulai dari mengawasi tim, berkoordinasi dengan klien, hingga memastikan proyek berjalan sesuai rencana.

Gaji Senior

Posisi senior, dengan pengalaman lebih dari 5 tahun, biasanya mendapatkan gaji di atas Rp12.000.000 per bulan. Pada level ini, mereka memiliki tanggung jawab penuh atas proyek besar dan berperan sebagai pemimpin tim desain.

Mungkin kamu mau menjadi arsitek? atau ingin melihat karya arsitek, seperti rumah dan gedung? Cek GroPerti untuk melihat pilihan rumah dengan harga fair Price untuk kamu yang mencari rumah impian!