Berapa Gaji Kerja di Kapal?

Berapa Gaji Kerja di Kapal?

Gaji pekerja di kapal di Indonesia bervariasi tergantung pada jabatan dan pengalaman. Untuk posisi seperti Anak Buah Kapal (ABK), gaji berkisar antara Rp4 juta hingga Rp15 juta per bulan.

Jabatan dan perusahaan tempat bekerja berpengaruh besar terhadap jumlah gaji yang diterima.

#Masbro #Mbakbro

Gaji Minimum dan Maksimum untuk Berbagai Posisi

Berikut adalah estimasi gaji minimum dan maksimum untuk berbagai posisi di industri pelayaran di Indonesia:

PosisiGaji Minimum (Rp)Gaji Maksimum (Rp)
Nakhoda10.000.00050.000.000
Engineer Kapal5.000.00025.000.000
AB dan Pelaut Laut3.000.00015.000.000

Perlu dicatat bahwa estimasi gaji di atas hanya berlaku untuk pelaut yang bekerja di Indonesia. Gaji pelaut di luar negeri biasanya lebih tinggi.

Bonus dan Tunjangan Tambahan

Selain gaji pokok, pelaut juga biasanya mendapatkan bonus dan tunjangan tambahan, seperti:

  • Bonus tahunan
  • Tunjangan makan
  • Tunjangan kesehatan
  • Tunjangan perumahan
  • Tunjangan transportasi
  • Tunjangan komunikasi

Perbedaan Gaji antar Perusahaan

Gaji pelaut antar perusahaan juga bisa berbeda-beda. Secara umum, perusahaan pelayaran yang lebih besar dan lebih terkenal biasanya menawarkan gaji yang lebih tinggi.

Jenis-jenis Pekerjaan di Industri Pelayaran

Gaji pelayaran: Types of Jobs in the Shipping Industry
Foto dari Marine Insight

Nakhoda dan Awak Kapal

Nakhoda adalah pemimpin tertinggi di atas kapal. Ia bertanggung jawab atas keselamatan kapal dan awak kapal, serta kelancaran operasi kapal. Awak kapal adalah orang-orang yang membantu nakhoda dalam menjalankan tugasnya.

Tanggung Jawab dan Kewajiban Nakhoda

  • Mengemudikan kapal
  • Mengatur navigasi kapal
  • Menjaga keselamatan kapal dan awak kapal
  • Memantau kondisi kapal
  • Menangani muatan kapal
  • Mengurus administrasi kapal

Skala Gaji untuk Nakhoda

Gaji nakhoda di Indonesia berkisar antara Rp10 juta hingga Rp50 juta per bulan. Gaji nakhoda dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pengalaman, perusahaan pelayaran, dan jenis kapal.

Peran dan Tugas Engineer Kapal

Engineer kapal bertanggung jawab atas mesin dan peralatan kapal. Mereka memastikan mesin kapal berfungsi dengan baik dan aman.

Tugas Engineer Kapal

  • Melakukan perawatan dan perbaikan mesin kapal
  • Mengoperasikan mesin kapal
  • Mengatur pasokan bahan bakar dan pelumas
  • Menangani masalah mesin kapal

Estimasi Gaji untuk Engineer Kapal

Gaji engineer kapal di Indonesia berkisar antara Rp5 juta hingga Rp25 juta per bulan. Gaji engineer kapal dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pengalaman, perusahaan pelayaran, dan jenis kapal.

Fungsi Utama AB dan Pelaut Laut

AB (Able-Bodied Seaman) dan pelaut laut adalah awak kapal yang membantu nakhoda dan engineer kapal dalam menjalankan tugasnya. Mereka bertanggung jawab atas berbagai tugas, seperti menangani muatan, pemeliharaan kapal, dan keselamatan kapal.

Rentang Gaji untuk AB dan Pelaut Laut

Gaji AB dan pelaut laut di Indonesia berkisar antara Rp3 juta hingga Rp15 juta per bulan. Gaji AB dan pelaut laut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti pengalaman, perusahaan pelayaran, dan jenis kapal.

Berikut adalah tautan untuk informasi lebih lanjut tentang berapa gaji kerja di kapal:

Baca juga:

Berapa Gaji Teknik Mesin di Pertamina?

Berapa Gaji Oiler di Kapal

dan Berapa Uang Pensiun Wakil Presiden?

FAQ:

Berapa gaji di pelayaran?

Berikut ketentuan gaji pokok industri pelayaran di Indonesia: Golongan I sekitar Rp319.000 hingga Rp693.000Golongan II sekitar Rp432.000 hingga Rp1.085.000Golongan III sekitar Rp572.000 hingga Rp1.400.300.

Berapa gaji bagian mesin kapal?

Bagi kamu yang memiliki keahlian dalam bidang mesin, tentu terdapat pekerjan juga di pelayaran sebagai kepala mesin atau asisten untuk rata-rata gaji kepala mesin kapal sebesar $100.000 atau sekitar Rp150juta per bulan, dan untuk asisten 1-3 teknisi mesin kapal sebesar $5000 atau sekitar Rp70 juta per bulan.

Siapa posisi tertinggi di kapal?

Pemimpin tertinggi dari semua semua preofesi yang telah dijabarkan di atas adalah seorang nakhoda atau kapten kapal. Orang yang menduduki posisi ini merupakan perwira deck senior yang telah memenuhi persyaratan kompetensi dan memiliki cukup pengalaman berlayar.

panen4d

panen4d

panen4d