Biasanya gaji manager di PT pertamina cukup variatif loh, dari 60 juta ke 150 juta tapi apasih maksudnya itu?
salam #masbro dan #mbaksis
Gaji seorang manajer di PT Pertamina bisa bervariasi tergantung pada jabatan spesifik, pengalaman, serta lokasi kerja. Berikut adalah estimasi berdasarkan data umum:
1. Manager Level Entry hingga Middle (Manager biasa):
- Kisaran Gaji: Rp 20 juta – Rp 40 juta per bulan
- Posisi ini umumnya mencakup manajer di departemen teknis, operasional, atau manajer di bidang pemasaran dan penjualan.
- Tanggung Jawab: Pengelolaan tim, penyusunan strategi departemen, dan pencapaian target operasional.
2. Senior Manager (Manajer Senior):
- Kisaran Gaji: Rp 40 juta – Rp 60 juta per bulan
- Mereka yang memegang posisi manajerial lebih tinggi dengan tanggung jawab yang lebih besar.
- Tanggung Jawab: Pengawasan lintas divisi, menyusun kebijakan strategis, dan melakukan koordinasi antar tim besar.
3. General Manager (Manajer Umum):
- Kisaran Gaji: Rp 60 juta – Rp 80 juta per bulan
- General Manager bertanggung jawab atas keseluruhan operasi bisnis dalam satu unit kerja atau wilayah tertentu.
- Tanggung Jawab: Pengambilan keputusan besar, penentuan anggaran besar, serta memastikan keberlangsungan operasional perusahaan di bidang yang mereka kelola.
4. Vice President (Wakil Presiden atau Direktur Fungsi Spesifik):
- Kisaran Gaji: Rp 100 juta – Rp 150 juta per bulan
- Wakil Presiden atau Direktur di Pertamina memiliki tanggung jawab yang lebih luas, sering kali pada tingkat perusahaan secara keseluruhan atau dalam divisi strategis seperti keuangan, operasional, atau human resources.
- Tanggung Jawab: Perencanaan jangka panjang, pengawasan kinerja divisi, dan pengambilan keputusan strategis yang berdampak pada keseluruhan perusahaan.
Preferensi:
- Pengalaman: Semakin tinggi pengalaman dan tanggung jawab, semakin besar gaji yang ditawarkan.
- Lokasi: Gaji bisa lebih tinggi di wilayah dengan biaya hidup lebih tinggi, seperti Jakarta.
- Industri & Kinerja: Bonus dan tunjangan bisa signifikan, terutama bila target kinerja tercapai, karena Pertamina adalah perusahaan besar dengan sistem insentif yang kompetitif.
Baca Juga:
- Berapa Gaji Developer Advocate Manager Ruang Guru?
- Berapa Gaji Manager PTPN 4?
- Berapa Gaji Brand Manager?
FAQ: