Berapa Gaji Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral_11zon_11zon

Berapa Gaji Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral?

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memainkan peran kunci dalam pengelolaan dan pengembangan kebijakan energi serta sumber daya mineral di Indonesia. Dalam konteks tersebut, gaji yang diterima oleh menteri ini menjadi perhatian publik, mengingat tanggung jawab besar yang mereka emban.

Gaji Pokok Menteri ESDM

Berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 30 Tahun 2019 tentang Gaji Pejabat Negara, gaji pokok Menteri ESDM ditetapkan sebesar Rp 5.040.000 per bulan. Ini adalah jumlah dasar yang diterima tanpa mempertimbangkan tunjangan atau fasilitas tambahan.

Tunjangan dan Fasilitas yang Diterima

Menteri ESDM tidak hanya menerima gaji pokok, tetapi juga berbagai tunjangan dan fasilitas yang signifikan. Berikut adalah beberapa komponen gaji yang menjadi bagian dari total penghasilan mereka:

  1. Tunjangan Jabatan:
    • Tunjangan ini diberikan berdasarkan posisi dan tanggung jawab menteri. Untuk Menteri ESDM, tunjangan jabatan dapat mencapai Rp 25.000.000 hingga Rp 30.000.000 per bulan, tergantung pada kebijakan pemerintah yang berlaku.
  2. Tunjangan Kinerja:
    • Tunjangan ini berkaitan dengan kinerja individu dan lembaga. Besaran tunjangan kinerja dapat bervariasi, tetapi biasanya berkisar antara Rp 5.000.000 hingga Rp 10.000.000 per bulan, tergantung pada pencapaian kinerja selama periode tertentu.
  3. Fasilitas Lainnya:
    • Kendaraan Dinas: Menteri ESDM biasanya mendapatkan kendaraan dinas lengkap dengan sopir.
    • Rumah Dinas: Fasilitas tempat tinggal resmi yang disediakan oleh pemerintah.
    • Perlindungan Keamanan: Mengingat posisi penting mereka, menteri juga mendapatkan perlindungan keamanan yang sesuai.

Total Penghasilan

Dengan menggabungkan gaji pokok, tunjangan jabatan, dan tunjangan kinerja, total penghasilan bulanan Menteri ESDM dapat mencapai Rp 30.000.000 hingga Rp 50.000.000. Angka ini mencerminkan besar tanggung jawab yang diemban, terutama dalam mengelola sektor energi dan mineral yang vital bagi perekonomian nasional.

Pentingnya Transparansi

Informasi mengenai gaji dan tunjangan Menteri ESDM penting untuk dipahami oleh publik sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas.

Kesimpulan

Gaji Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral tidak hanya mencerminkan nilai pekerjaan mereka, tetapi juga tanggung jawab besar dalam pengelolaan sumber daya energi yang berdampak langsung pada perekonomian Indonesia.

Sumber :https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20240819120013-92-1134737/intip-gaji-bahlil-lahadalia-usai-dilantik-jadi-menteri-esdm


Posted

in

Tags: