Gaji notaris

Berapa Gaji Notaris di Indonesia?

Gaji rata-rata staff notaris di Indonesia mencapai sekitar Rp2.162.353 per bulan. Meskipun angka ini mungkin tampak lebih rendah daripada rata-rata nasional, ini hanya gambaran umum. Gaji staff notaris bisa bervariasi tergantung pada kantor tempat mereka bekerja dan posisi yang mereka pegang. Notaris dengan pengalaman lebih atau yang bekerja di kantor besar biasanya menerima gaji lebih tinggi.

Honorarium Notaris Berdasarkan Jenis Akta

Honorarium notaris diatur oleh UU No. 30 Tahun 2004 dan ditentukan berdasarkan nilai ekonomis serta sosiologis dari setiap akta. Berikut rincian honorarium notaris:

  • Transaksi hingga Rp100 juta: Honorarium mencapai 2,5% dari nilai transaksi.
  • Transaksi antara Rp100 juta hingga Rp1 miliar: Honorarium sebesar 1,5% dari nilai transaksi.
  • Transaksi di atas Rp1 miliar: Honorarium maksimal sebesar 1% dari nilai transaksi.

Gaji Berdasarkan Jenis Klien

Gaji mereka juga dipengaruhi oleh jenis klien yang mereka tangani. Sebagai contoh, jika notaris mengurus akta perusahaan dengan biaya Rp5 juta per akta dan menangani 10 klien dalam satu bulan, gaji yang diterima bisa mencapai Rp50 juta. Di sisi lain, jika notaris mengurus sertifikat hak milik dengan nilai objek Rp1 miliar, honor yang diterima akan sebesar Rp10 juta, yaitu 1% dari nilai objek.

Gaji notaris di Indonesia sangat bervariasi dan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti jenis akta, klien, dan kantor tempat mereka bekerja. Faktor-faktor ini juga berlaku untuk pekerjaan lainnya, seperti broker dan agen properti.

Ingin menemukan rumah dengan harga yang adil? Kunjungi Groperti.com untuk melihat daftar rumah yang sesuai dengan anggaran. Temukan berbagai pilihan properti yang bisa menjadi investasi atau hunian ideal.


Posted

in

Tags: