Melansir dari laman Kabar24.bisnis.com, total gaji presiden pada tahun 2023 setiap bulannya mencapai Rp62.740.000.
#MasBro #MbakBro
Tunjangan Presiden
Presiden mendapatkan tunjangan bulanan dengan jumlah yang ditetapkan dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2001.
Dalam aturan tersebut. besaran tunjangan yang diterima Presiden RI adalah sebesar Rp32.500.000 per bulan.
Disisi lain, Total Gaji Bulanan Presiden Indonesia
Bila pendapatan pokok presiden ditambahkan dengan tunjangan, maka total gaji Presiden Indonesia mencapai Rp62.740.000 per bulan. Selain itu, jumlah ini mencakup berbagai fasilitas dan hak lainnya yang mendukung tugas presiden dalam menjalankan pemerintah.
Inilah pendapatan yang diterima oleh Joko Widodo setiap bulannya.
Jumlah penghasilan ini kemungkinan juga akan diterima Prabowo Subianto setelah dilantik sebagai Presiden Indonesia terpilih pada Oktober 2024 mendatang.
Sebagai orang nomor satu yang memimpin Indonesia, mungkin banyak yang penasaran dengan besaran gaji Presiden Joko Widodo (Jokowi). Beberapa saat lalu, sempat heboh video yang memperlihatkan putra bungsu Jokowi, Kaesang, mengatakan gaji sang ayah kecil.
Lantas Berapa?
Berikut Perkiraan Kasarnya.
Mengutip Zippia, Jokowi tak termasuk dalam 10 kepala negara atau pemerintahan dengan gaji tertinggi di dunia. Riset tersebut menempatkan gaji Jokowi ke peringat 123 terbesar di dunia.
Kisarannya US$ 51.600 atau setara dengan Rp 776 juta per tahun atau sekitar Rp 64 juta per bulan.
Disisi lain
Sebagai informasi, gaji pejabat tertinggi negara selain presiden dan wakilnya yakni sebesar Rp 5.040.000 per bulan yang merupakan gaji untuk pejabat tinggi negara setingkat Ketua DPR dan Ketua MPR.
Hal ini membuat gaji Presiden RI bisa mencapai Rp 30,24 juta atau dengan penghitungan 6 x Rp 5,04 juta per bulan. Sementara itu, gaji wakil presiden mencapai Rp 20,16 juta dengan penghitungan 4 x Rp 5,04 juta per bulan.
Namun, tunjangan yang presiden terima jauh lebih besar, dengan jumlah yang ditetapkan sebesar Rp 32,5 juta per bulan. Sementara itu, wakil presiden juga mendapatkan tunjangan jabatan sebesar Rp 22 juta per bulan.
Secara kotor, presiden mendapat penghasilan sebesar Rp 62,7 juta, sementara untuk wakil presiden mendapatkan penghasilan sebesar Rp 42,16 juta per bulannya.
Singapura membayar penghasilan sebesar US$ 1,4 juta (Rp 19,8 miliar) dan Malaysia memberikan US$ 263 ribu (Rp 3,7 miliar), sementara Indonesia memberikan penghasilan yang jauh lebih kecil kepada Presiden dan Wakil Presiden.
Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa membaca artikel di katadata.co.id, SKORLIFE, CNBC INDONESIA
Baca juga:
dan Berapa Gaji Teknisi di Pertamina?
FAQ:
Berapa Gaji Presiden Kita?
Secara kotor, presiden mendapat penghasilan sebesar Rp 62,7 juta, sementara untuk wakil presiden mendapatkan penghasilan sebesar Rp 42,16 juta per bulannya.
Berapa uang pensiun presiden?
Dalam aturan, para pensiunan presiden dan wapres akan mendapatkan uang pensiun 100% gaji pokok terakhir. Gaji presiden mencapai Rp 30,2 juta atau 6 kali ebih besar dari gaji tertinggi PNS sebesar Rp 5,04 juta per bulan.
Presiden digaji oleh siapa?
Lantas, siapa yang menggaji Presiden Indonesia? Jawabannya adalah rakyat, sumbernya dari pajak. Indonesia merupakan negara yang menganut sistem presidensial, sehingga presiden punya dua jabatan sebagai kepala pemerintahan dan kepala negara.