Berapa Gaji Receptionist?

Berapa Gaji Receptionist?

Gaji untuk posisi receptionist di Indonesia bervariasi tergantung pada lokasi, perusahaan, dan pengalaman.

Secara umum, gaji receptionist berkisar antara Rp4 juta hingga Rp6 juta per bulan di perusahaan-perusahaan besar. Di beberapa tempat, terutama perusahaan yang lebih kecil atau di luar kota besar, gaji bisa mulai dari Rp3 juta hingga Rp4 juta.

#MasBro #MbakBro

Resepsionis adalah orang yang bekerja di meja depan (front desk) atau pintu masuk suatu bisnis maupun organisasi.
Biasanya, area resepsionis yaitu kantor tempat pengunjung diterima. Letaknya di dekat pintu masuk utama kantor.

Tanggung jawab seorang resepsionis meliputi:

  1. Menyambut tamu dan pengunjung dengan ramah.
  2. Menjawab panggilan telepon dan meneruskan pesan.
  3. Mengatur jadwal pertemuan atau janji temu.
  4. Memberikan informasi tentang layanan atau produk perusahaan.
  5. Mengelola surat-menyurat yang masuk dan keluar.
  6. Menjaga area resepsionis tetap rapi dan teratur.
  7. Mengarahkan tamu ke bagian atau orang yang tepat.

Resepsionis juga sering menjadi penghubung antara perusahaan dan tamu, serta berperan dalam menciptakan kesan pertama yang baik.

Skill yang harus dikuasai

oleh seorang resepsionis meliputi:

  1. Komunikasi Efektif – Mampu berinteraksi dengan jelas dan sopan, baik secara langsung maupun melalui telepon atau email.
  2. Layanan Pelanggan – Memberikan pelayanan ramah dan profesional, serta mampu menangani keluhan dengan baik.
  3. Manajemen Waktu – Mengelola waktu dengan efisien, termasuk mengatur jadwal, janji temu, dan berbagai tugas administratif.
  4. Multitasking – Mampu menangani beberapa tugas secara bersamaan, seperti menjawab telepon sambil melayani tamu di meja resepsionis.
  5. Penggunaan Teknologi – Menguasai perangkat lunak kantor seperti Microsoft Office, email, dan sistem telepon.
  6. Kemampuan Organisasi – Menjaga catatan, file, dan dokumen tetap teratur serta memastikan area resepsionis bersih dan profesional.
  7. Etika Profesional – Bersikap sopan, menjaga kerahasiaan, dan selalu tampil rapi serta profesional.
  8. Keterampilan Interpersonal – Mampu berhubungan baik dengan berbagai macam orang dan bekerja sama dalam tim.

Kemampuan ini sangat penting untuk memastikan operasional kantor berjalan lancar serta memberikan kesan positif kepada pengunjung.

Tunjangan

untuk resepsionis biasanya meliputi:

  1. Gaji pokok
  2. Tunjangan kesehatan
  3. Tunjangan transportasi
  4. Tunjangan makan
  5. Tunjangan liburan
  6. Tunjangan pendidikan
  7. Tunjangan kinerja

Tunjangan ini bervariasi tergantung perusahaan dan industri.

Kisaran Gaji Resepsionis Menurut beberapa laman karir di Indonesia, umumnya gaji seorang resepsionis adalah berkisar dari Rp 3-5 jutaan per bulan di Indonesia. Namun, kisaran gaji resepsionis juga akan tergantung dari seberapa besar pengalaman dan di mana tempat ia bekerja.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai gaji dan tanggung jawab seorang resepsionis, Anda dapat mengunjungi detikfinance, Rubuh atau Hotel.or.id.

Baca juga:

Berapa Gaji Finance Prodia?

Berapa Gaji Customer Service Prodia?

dan Berapa Gaji Golongan III PT PELNI?

FAQ:

Berapa standar gaji resepsionis?

Gaji bulanan rata-rata untuk pekerjaan Resepsionis di Indonesia berkisar dari Rp 4.250.000 hingga Rp 5.280.000.

Resepsionis lulusan apa?

Hal penting yang diperlukan untuk menjadi seorang Resepsionis adalah memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan sopan. 1. Merupakan lulusan SMK Perhotelan atau memiliki gelar S1 Manajemen, S1 Administrasi Perkantoran, atau sebidang.

Berapa Gaji Finance Prodia?

Gaji Finance Prodia berkisar antara Rp 5.000.000 hingga Rp 8.000.000 per bulan, tergantung pengalaman dan posisi yang dimiliki.