Berapa Gaji Satpam

Berapa Gaji Satpam?

Berapa Gaji Satpam? di Indonesia bervariasi tergantung pada lokasi, industri, dan perusahaan tempat mereka bekerja. Pada tahun 2024, gaji ini rata-rata di berbagai provinsi adalah sebagai berikut:

  • Banten: Rp 4.200.000 hingga Rp 5.500.000
  • Jawa Tengah: Rp 2.800.000 hingga Rp 4.000.000
  • Jawa Timur: Rp 3.000.000 hingga Rp 4.200.000
  • Sumatera Utara: Rp 3.500.000 hingga Rp 4.500.000
  • Papua: Rp 4.200.000 hingga Rp 5.500.000

Kisaran ini dipengaruhi oleh Upah Minimum Provinsi (UMP) setempat dan pengalaman kerja satpam. Selain gaji pokok, beberapa satpam juga menerima tunjangan seperti uang lembur, tunjangan kesehatan, dan BPJS​

Gaji satpam di Indonesia bisa bervariasi tergantung pada beberapa faktor:

  • Lokasi: di kota besar umumnya lebih tinggi dibandingkan daerah kecil.
  • Perusahaan: Perusahaan-perusahaan besar, terutama BUMN atau perusahaan multinasional, biasanya menawarkan gaji yang lebih baik.
  • Tugas dan Tanggung Jawab: dengan tugas tambahan seperti pengawasan CCTV, patroli rutin, atau penanganan darurat mungkin mendapatkan gaji yang lebih tinggi.
  • Jam Kerja: Satpam yang bekerja shift atau lembur seringkali mendapatkan tambahan gaji.
  • Sertifikasi: Satpam dengan sertifikasi keamanan tertentu biasanya memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Kisaran Gaji Satpam di Indonesia

Berdasarkan data dari berbagai sumber, seperti Jobstreet dan Indeed, rata-rata gaji ini di Indonesia berkisar antara Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan. Namun, ini hanya perkiraan dan bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada faktor-faktor yang disebutkan di atas.

Contoh Gaji Satpam di Berbagai Sektor:

  • Satpam di Perkantoran: Sekitar Rp 3.500.000 – Rp 4.500.000.
  • Satpam di Pusat Perbelanjaan: Sekitar Rp 3.500.000 – Rp 5.500.000.
  • Satpam di Industri: Sekitar Rp 3.500.000 – Rp 5.500.000.
  • Satpam di Bank: Sekitar Rp 4.000.000 – Rp 5.500.000.
  • Satpam di Pertambangan: Bisa mencapai Rp 6.500.000 – Rp 12.000.000.

Faktor Lain yang Mempengaruhi Gaji

Selain gaji pokok, juga bisa mendapatkan berbagai tunjangan seperti:

  • Tunjangan makan: Untuk menutupi biaya makan selama bekerja.
  • Tunjangan transportasi: Untuk membantu biaya transportasi ke tempat kerja.
  • Tunjangan kinerja: Berdasarkan pencapaian target dan kinerja individu.
  • Asuransi kesehatan: Untuk melindungi dari risiko kesehatan.

Tips untuk Meningkatkan Gaji sebagai Satpam

Negosiasikan Gaji: Jangan ragu untuk menegosiasikan gaji saat Anda mendapatkan tawaran kerja.

Tingkatkan Keterampilan: Ikuti pelatihan keamanan atau bahasa asing untuk meningkatkan nilai jual.

Cari Sertifikasi: Dapatkan sertifikasi keamanan untuk menunjukkan kompetensi.

Bergabung dengan Asosiasi: Bergabung dengan asosiasi satpam untuk mendapatkan informasi tentang peluang kerja dan pengembangan karir.


Posted

in

by

Tags: