Berapa Gaji Security

Berapa Gaji Security?

Berdasarkan catatan iklan lowongan Indeed, rata-rata Gaji Security ditawarkan sekitar Rp3,1 juta dalam sebulan. Sementara, di Jobstreet mencantumkan besaran rata-rata gaji satpam mulai dari Rp4,2 juta – Rp4,8 juta.

Salam #MasBro #MbakBro

Tanggung jawab satpam tersebut bahkan tercantum dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Di pasal 3, satpam disebut sebagai satuan pengaman swakarsa yang juga mengemban fungsi kepolisian di masyarakat atau tempatnya bertugas.

Biasanya, satpam akan masuk ke dalam perusahaan outsourcing. Lalu, perusahaan yang membutuhkan seorang pengaman akan menghubungi tempat outsourcing tersebut. 

Selanjutnya, yuk simak syarat-syarat nya

Syarat umum untuk melamar pekerjaan sebagai Security.

  • Minimal memiliki sertifikat pelatihan satpam atau Gada Pratama
  • Minimal SMK/SMK atau sederajat dari semua jurusan.
  • Memiliki Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih aktif.
  • Usia maksimal 30 tahun.
  • Tinggi badan minimal 170 cm
  • Kekuatan fisik yang sehat jasmani dan rohani.
  • Tidak memakai kacamata dan buta warna.

Tidak semua orang bisa menjadi satpam. Bahkan, untuk menjadi satpam profesional harus memiliki sertifikat bertugas dengan biaya mahal, yaitu:

  • Sertifikat Gada Pratama berbiaya Rp5.200.000ā€“Rp5.800.000
  • Sertifikasi Gada Madya berbiaya Rp7.900.000ā€“Rp8.400.000
  • Sertifikasi Gada Utama berbiaya Rp9.900.000ā€“Rp10.600.000.

Gaji satpam atau penjaga keamanan:

Gaji satpam dapat berbeda-beda di setiap tempatnya. Hal ini memiliki berbagai faktor, mulai dari tingkat sertifikasi yang dimiliki, perusahaan dan lokasi bekerja, hingga pengalaman bekerja.

Salah satunya, gaji security ditentukan sesuai kebijakan perusahaan dimana mereka bekerja yakni sebagai berikut.

  1. Gaji satpam di bank

Setiap gaji satpam di bank biasanya memiliki jumlah nominal yang berbeda, seperti bank BCA sekitar Rp2,8 juta, bank Mandiri sekitar Rp2 juta, bank BRI sekitar Rp3,1 juta, dan bank BNI sekitar Rp3,8 juta.

2. Gaji satpam di kantor atau mall
Gaji mereka umumnya sebesar Rp 3.000.000 hingga Rp 4.500.000 per bulan.

3. Gaji satpam di pabrik

Gaji mereka biasanya berkisar antara Rp3,5 juta – Rp5,5 juta.

4. Gaji satpam di hotel

Rata-rata gaji satpam di hotel bisa sekitar Rp3,5 juta – Rp5,5 juta.

5. Gaji satpam di komplek perumahan

Gaji satpam di perumahan sekitar Rp3 juta – Rp5 juta.

6. Gaji satpam di industri minyak dan gas
Gaji satpam di industri minyak gas ini biasanya sekitar Rp6 juta – Rp10 juta.

Selain gaji pokok tersebut, satpam kerap diberikan tunjangan kinerja. Namun, hal ini tergantung kebijakan perusahaan dimana mereka bekerja. Umumnya, tunjangan satpam dapat berupa tunjangan tetap, biaya lembur, bonus, biaya makan dan transportasi, tunjangan hari raya (THR), dan lainnya.

Tugas dan Tanggung Jawab Satpam:

Berikut adalah tugas dan tanggung jawab satpam yang bisa kamu ketahui:

  • Membantu polisi untuk menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.
  • Menjaga ketertiban dari berbagai masalah yang mungkin saja terjadi.
  • Mewaspadai hal-hal yang mencurigakan untuk kemudian dilakukanĀ cross checkĀ data dan observasi untuk menanggulangi terjadinya kejahatan.
  • Jika bekerja di bank, satpam akan melakukan penjagaan terhadap mobil pengangkut uang tunai atau pengisian ulang mesin ATM.

Pangkat Satpam:

Untuk sistem perpangkatan satpam diatur oleh Peraturan Polisi Nomor 4 Tahun 2020 Pasal 22 tentang Kepangkatan Satpam. Nah, berikut adalah pangkat satpam selengkapnya:

  1. Pangkat Manajer

Untuk mendapatkan pangkat manajer keamanan, satpam harus memiliki pengalaman minimal 2 tahun.Ā 

2. Pangkat Supervisor

Panjang supervisor bisa didapatkan dengan pengalaman menjadi satpam minimal 4 tahun.

3. Kepangkatan Pelaksana

Untuk mendapatkan pangkat pelaksana madya, satpam harus memiliki pengalaman minimal 2 tahun.Ā 

Tunjangan Satpam:

  • Tunjangan tetap dari perusahaan
  • Uang makan dan transportasi
  • Upah lembur
  • Bonus kinerja
  • Jamsostek paket A dan B
  • Tunjangan seragam
  • Tunjangan pembinaan
  • Tunjangan hari raya
  • Tunjangan jabatan

FAQ

Berapa gaji per bulan satpam?

Gaji bulanan rata-rata untuk pekerjaan Penjaga Keamanan di Indonesia berkisar dariĀ Rp 4.250.000 hingga Rp 4.840.000.

Jadi satpam lulusan apa?

Memiliki pendidikan minimal SMA/SMK.Ā 

Tes security apa saja?

Prosedur seleksi calon satpam meliputiĀ pemeriksaan administrasi, tes fisik, tes kemampuan (samapta), tes tulis, dan wawancara. Tes fisik dan samapta mencakup lari 12 menit, push up, sit up, pull up, dan lari membentuk angka 8.

Security pensiun umur berapa?

Batas usia pensiun Satpam yang diatur dalam Pasal 31 Perpol No.04 Tahun 2020 mencpaiĀ maksimal usia 70 tahun.

Berapa harga ijazah satpam?

Sedangkan untuk PNBP penerbitan ijazah satpam disahkan pemerintah senilaiĀ Rp.85 ribu per penerbitan.

Senang bisa berbagi
Pastinya bermanfaat!

Sumber:

https://www.antaranews.com, https://www.kitalulus.com/. Kita baca pada pukul 14:38. Rabu, 16 Oktober 2024.

ā€


Posted

in