Berapa Gaji Human Resource Development (HRD) PT IWIP_11zon_11zon (2)

Berapa Gaji Supply Chain PT PELNI?

Gaji dari Supply Chain PT Pelni Bervariasi, tergantung dari Posisi Pekerja tersebut.

Salam #masbro #mbakbro

Gaji Dari Supply Chain PT PELNI adalah kisaran Rp. 7.150.000

Rincian dari gaji Supply Chain PT PELNI tercantum di dalam slip Gaji, Gajinya mencakup dari Gaji Pokok, Tunjangan, dan Bonus Gaji.

Apa itu pekerjaan Supply Chain PT PELNI?

Pekerjaan supply chain, atau dalam bahasa Indonesia “rantai pasok,”

merupakan jaringan kompleks yang melibatkan berbagai individu dan perusahaan dalam penciptaan dan pengiriman suatu produk ke konsumen akhir.

Secara umum, rantai pasok adalah jaringan perusahaan-perusahaan yang bekerja bersama untuk menciptakan dan menghantar suatu produk ke tangan pemakai akhir23.

 Ini termasuk arus barang dari bahan mentah hingga produk jadi, serta aliran uang dan informasi yang relevan.

Beberapa Komponen utama pekerjaan Supply Chain Diantaranya:

  1. Supplier: Produsen bahan mentah yang menyediakan bahan dasar bagi proses produksi.
  2. Produsen: Perusahaan yang mengolah bahan mentah menjadi produk jadi.
  3. Gudang/Pusat Distribusi: Tempat penyimpanan dan distribusi produk sebelum dikirim ke konsumen.
  4. Konsumen Akhir: Orang-orang yang akhirnya menggunakan produk tersebut.

Tugas Utama Supply Chain.

  1. Merancang Produk Baru (Product Development): Merancang desain dan spesifikasi produk baru.
  2. Mendapatkan Bahan Baku (Procurement): Mengurus pembelian bahan mentah dari supplier.
  3. Memastikan Distribusi Tepat Waktu: Mengawasi suplai dan distribusi produk agar tepat waktu dan efisien.
  4. Mengintegrasikan Strategi Koordinasi: Mengatur taktik koordinasi dengan perusahaan mitra untuk mencapai tujuan bersama seperti menjangkau konsumen akhir.
  5. Mengoptimalkan Biaya dan Efisiensi: Meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya dalam proses produksi dan distribusi tanpa mengurangi kualitas produk.

Apa Manfaat Pekerjaan Supply Chain Management?

Supply chain management membantu perusahaan dalam mengatasi berbagai masalah produksi dan distribusi secara efektif agar tercipta produk berkualitas, kompetitif, dan penyaluran tepat waktu.

 Selain itu, supply chain juga digunakan sebagai alat perencanaan strategis terkait kebijakan bisnis untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen.

Karir di bidang Supply Chain Management.

Karir di bidang Supply Chain Management Cukup bagus. Diantaranya:

  1. Purchasing Manager/Pembelian
    • Merancang dan mengembangkan strategi pembelian, serta mengelola hubungan dengan supplier.
  2. Manajer Logistik
    • Mengawasi logistik, gudang, dan operasional lainnya, memastikan pengiriman barang tepat waktu.
  3. Supply Chain Manager/Rantai Pasok
    • Mengawasi seluruh rantai pasok beserta nilai dan informasi terkait; menganalisis data dan kinerja rantai pasok.

Skill yang dibutuhkan

Untuk menjadi Supply Chain Management, Ada beberapa skill yang mencakup soft skill, dan hard skill yang kalian butuhkan agar dapat menguasai pekerjaan tersebut dengan baik.

  1. Data Analyst
    • Kemampuan untuk mengorganisasikan dan mengambil insigh dari data terkait rantai pasok.
    • Data analysis membantu manajer rantai pasok menentukan rute pengiriman terbaik, mengoptimalkan anggaran, dan mengidentifikasi ketidak efektifan produksi.
  2. Logistik dan Transportasi:
    • Kemampuan untuk mengelola operasi logistik dan transportasi agar berlangsung lancar.
    • Operasi ini mencakup penyimpanan, pembelian, dan distribusi sumber daya ke lokasi tertentu.
  3. Pengelolaan Gudang dan Persediaan:
    • Optimalisasi ruang penyimpanan fasilitas gudang.
    • Manajer rantai pasok harus memastikan gudang tidak menyimpan barang-barang yang tidak perlu lama-lama dan memastikan perusahaan tidak ketinggalan dalam pengiriman.
  4. Prosedur Pembelian dan Pencairan
    • Pengetahuan dan pengalaman praktik dalam bidang ini sangat esensial.
    • Manajer rantai pasok yang ahli dalam strategi pembelian dapat memesan produk yang tepat dari supplier terbaik sementara menjaga biaya rendah.
  5. Manajemen Mutu dan Kontrol:
    • Kemampuan untuk menentukan apakah ada masalah mutu produk, serta mengeliminasikan ketidakefektivan dalam proses produksi untuk meningkatkan kepuasan konsumen.

Baca juga:

Pengen lebih tahu tentang pekerjaan Supply Chain PT Pelni lebih dalam, dan gajinya? baca Artikel lainnya, atau diskusi di kolom komentar.

Senang dapat berbagi ilmu, semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam membuat perencanaan pekerjaan kalian kedepannya.

  • Sumber
    • https://upahgaji.com/gaji-karyawan-pt-pelayaran-nasional-indonesia-persero/
    • https://gajipt.biz.id/gaji-pt-pelni/

Posted

in

Tags: